Berita Nasional Terpercaya

Tampilan Fisik Cerminan Kepribadian Orang

0

HarianBernas.com – Adanya ungkapan ‘Don’t Judge The Book By Its Cover” atau “Jangan Menilai Buku Dari Sampulnya” memang sering digaungkan untuk mengingatkan kita untuk tak boleh menilai seseorang dari tampilannya. Namun, tetap saja orang menilai penampilan seseorang ketika bertemu dengannya untuk kali pertama.  

Memang tidak bisa dipungkiri jika penampilan fisik seseorang merupakan hal yang menggambarkan orang tersebut, entah dimulai dari kesehatan, kesejahteraan seseorang, dan masih banyak lagi. Seringkali, kesan pertama itu lebih akurat, meski kadang jauh dari kenyataan.

Baca juga Owen Cheshire, Memperbaiki Penampilan Untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

Mengambil dari Business Insider, inilah beberapa hal yang kita lihat ketika menilai seseorang dari penampilannya:  

Kekuatan Fisik serta Bentuk Wajah

Di dalam sebuah penelitian, responden diperlihatkan 10 foto orang yang berbeda. Dalam foto tersebut, 5 foto mempunyai ekspresi wajah yang berbeda. Responden pun kemudian diminta untuk menilai seberapa bersahabat, dapat dipercaya, dan kuatnya para objek dalam foto.

Tidak mengherankan, responden cenderung untuk menilai objek berekspresi bahagia lebih ramah dan dapat lebih dipercaya daripada objek dengan ekspresi penuh kemarahan. Namun, jika berbicara tentang kekuatan fisik, mereka yang memiliki wajah lebar dinilai akan lebih kuat.

Baca juga Ingin Tahu Perasaannya? Coba Trik Ini dan Buat Dia Jatuh Hati Dalam Waktu Tujuh Hari

Foto dan Kepribadian

Orang banyak bilang jika kesan pertama dapat menipu. Namun, kenyatanya orang juga bisa menyimpulkan banyak hal tentang kepribadian Anda melalui foto. Di dalam sebuah penelitian, responden diperlihatkan foto 123 sarjana di University of Texas, Austin.

Di dalam foto pertama, objek akan melihat kamera dengan ekspresi netral. Sedangka,  foto kedua, objek melakukan gaya bebas. Para responden kemudian diminta untuk menilai kepribadian objek foto. Penilaian responden ternyata bisa dibilang cukup akurat. Mereka benar dalam memperkirakan seberapa dalam aspek religius, ekstrovet, bahkan harga diri objek dalam foto.

Baca juga Natasha Archer, Perempuan Dibalik Penampilan Memukau Kate Middleton

Penampilan dan Kesehatan

Kulit keriput ternyata bukan hanya mencerminkan usia yang mereka miliki. Berdasarkan penelitian, banyaknya keriput di wajah serta lengan atas bagian dalam juga bisa dapat menggambarkan kondisi kesehatan.

Perbandingan yang dilakukan antara 261 orang yang mempunyai orangtua dengan umur yang sama dengan 253 orang lain seumuran dan terpilih secara acak membuktikan hal tersebut. Perempuan dengan risiko penyakit jantung akan lebih rendah tampak dua tahun lebih muda dengan usia yang dimiliki. Hal ini berbeda dengan perempuan yang berisiko lebih tinggi dan mendapatkan hasil sebaliknya.

Baca juga Kini Instagram dapat Mengetahui Tingkat Depresi dari Foto Anda

Wajah dan Kemampuan Memimpin

Sebuah riset pada tahun 2013 pernah dilakukan dengan meminta responden untuk melihat foto 47 pria dan 83 perempuan. Respoden dapat menebak tinggi badan serta kemampuan mereka menjadi pemimpin. Para peneliti mengungkapkan jika dalam melakukan penilaian, responden memakai beberapa faktor yang sama dalam menilai keduanya. Sebagai contoh, wajah orang yang lebih jangkung biasanya dianggap lebih mampu untuk menjadi pemimpin.

Baca juga Zaman Semakin Berkembang, Apakah Cinta juga Berkembang?

Anda boleh saja tak terlalu memperhatikan penampilan. Namun, Huffington Post menjelaskan jika penampilan mempengaruhi besar kecilnya gaji yang diterima karena hal tersebut beberapa kali telah dibuktikan dalam sebuah survei. Untuk itu,mulai sekarang berhati-hatilah dengan penampilan Anda. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.