Berita Nasional Terpercaya

Gua Bekas Tambang di Kulon Progo Bisa Menjadi Tempat Wisata Geoheritage

0

Kulon Progo, HarianBernas.com- Warga Dusun Ngruno, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta menemukan gua bekas tambang mangan zaman Pemerintahan Kolonial Belada tahun 1917, Kamis (15/9).

Ngruno Muhammad Ngadino, tokoh masyarakat di Kulon Progo, penemuan gua bekas tambang mangan ini berawal saat masyarakat kerja bakti. Ketika membuat tempat sampah, tiba-tiba alat dan tanah ambles ke bawah.

“Kemudian warga mencari dan menggali. Dari situ, ditemukan lubang untuk masuk,” terang Ngadino.

Sejumlah warga lantas masuk ke dalam dengan memasang tali sepanjang 160 meter dan memasang tali lagi hingga kedalaman 200 meter. Warga sebetulnya sudah tahu ada gua tersebut. “Cerita dulu di tambang mangaan di atas banyak airnya kemudian dialirkan lewat sini,”jelasnya.

Harapannya, gua bekas tambang ini dapat menjadi lokasi wisata sehingga menggerakan perekonomian apalagi berdekatan dengan objek wisata Waduk Sermo dan Kalibiru serta kebun kelengkeng.

“Kami berharap menjadi tempat wisata geoheritage,”imbuhnya.

Ahmad Subandrio, Ahli Geologi UPN Yogyakarta menjelaskan kedalaman gua kira-kira 160 meter dengan lebar 3 meter. Bagian bawah, banyak ditemukan sumur-sumur bekas penambangan mangan. Usia bebatuan sekitar 22 sampai 23 juta tahun.

Singgih Hapsoro, Kabid Warisan Budaya, Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kulon Progo memerlukan tim geoheritage dari DIY untuk penelitian lebih lanjut tentang gua bekas tambang ini. ?Seperti apa langkah ke depan, kata dia, akan dikoordinasikan dengan pimpinan,?kata Singgih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.