Berita Nasional Terpercaya

Berani Memberi Feedback untuk Perbaikan

0

HarianBernas.com-Satu hal yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan Memberi dan Menerima Feed Back. Ini mirip mirip dengan memberikan pujian. Kalau pujian memberitahu kalau pekerjaannya baik. Kalau feed back adalah menolong karyawan dengan memberikan masukan dan arahan untuk memperbaiki hal yang belum baik.

Yang namanya pekerjaan ya pasti tidak selalu berjalan dengan lancar. Di sinilah perlunya feed back agar orang merasa dihargai dan orang merasa diperhatikan perkembangannya.

Feed back adalah ibarat kritik yang membangun, tapi dengan penyampaian yang tepat. Karena kalau penyampaiannya tidak tepat bisa berakibat tersinggungnya hati dan malah membuat orang menjadi marah.

Berikut adalah tips bagaimana memberikan feedback membangun yang baik, yaitu:

1. Lakukan sesegera mungkin
Kenapa feed back sebaiknya dilakukan sesegera mungkin? Karena feed back paling berimpact saat itu juga. Kalau sudah lewat maka orang juga tidak jelas dengan mana yang perlu diimprove.

2. Berlatihlah
Latihlah diri untuk memberikan feed back sebaik mungkin agar orang yang menerima tidak tersinggung dan mau menerima masukan dan saran yang Anda berikan. Jangan sampai hal ini menjadi ajang saling menghujat dan marah-marah karena penyampaian yang kurang tepat.

3. Lakukan dengan percakapan
Cara tercerdas yang dilakukan atasan adalah menanyakan dulu pendapat karyawan tersebut tentang performance karyawannya sebelum memberikan feedback.
Hal ini bagus karena dapat menjadi ajang intropeksi diri yang membuat orang mau menerima dan memperbaiki diri.

4. Mendengar lebih banyak daripada berbicara
Ketika memberikan feedback, Anda pastikan berhenti dan biarkan orang untuk merespon dengan berbicara apa yang dipikirkannya. Saat orang didengarkan barulah dia mau mendengarkan, Setuju?

Yang perlu diingat adalah feed back adalah kejujuran untuk menolong menjadi lebih baik. Oleh karena itu, selalu ingat untuk selalu tenang, sabar dan terbuka.

 

Salam dahsyat!!

Jansen Frank | Service Excellence Trainer

Bila Anda ingin mengundang saya sebagai Trainer di perusahaaan Anda ATAU bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari di WhatsApp Anda, silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: [email protected].

Leave A Reply

Your email address will not be published.