Berita Nasional Terpercaya

Teleskop Radio Terbesar di Dunia Diresmikan di Tiongkok

0

HarianBernas.com – Tiongkok kembali mendemontrasikan pencapaiannya di bidang iptek. Pada hari Minggu (25/9/16) waktu setempat, Negeri Tirai Bambu tersebut meresmikan teleskop radio barunya.

Bangunan berbentuk cekungan logam raksasa ini diberi nama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST). FAST rencananya akan difungsikan untuk menangkap gelombang radio yang datang dari luar angkasa.

Sesuai dengan namanya, FAST memang memiliki diameter sebesar 500 m. Ukuran yang dimilikinya tersebut sekaligus menjadikan FAST sebagai teleskop radio terbesar di dunia. Sebelum FAST berdiri, teleskop radio terbesar berada di Puerto Riko dan memiliki diameter 305 m.

FAST dibangun di atas cekungan alam yang terletak di Provinsi Guizhou, Tiongkok barat daya. Pembangunannya memakan waktu lima tahun dan menelan biaya $180 juta. Pembangunan FAST juga berdampak pada direlokasinya 8.000 penduduk setempat supaya tanah yang sebelumnya mereka tinggali bisa digunakan untuk mendirikan FAST.

Walaupun sudah resmi dibuka, FAST masih belum bisa langsung dioperasikan sepenuhnya. Dibutuhkan waktu tambahan sebanyak kurang lebih tiga tahun untuk mengkalibrasikan instrumen-instrumen yang menyusun teleskop radio ini sebelum bisa digunakan secara optimal.

Peng Bo selaku kepala proyek FAST mengaku sangat gembira atas selesainya pembangunan FAST. Selama ini ilmuwan Tiongkok harus pergi ke luar negeri jika mereka ingin melakukan pengamatan gelombang di luar angkasa. Namun dengan dibangunnya FAST, kini para ilmuwan Tiongkok bisa melakukan pengamatan dari negeri mereka sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.