Berita Nasional Terpercaya

Bisnis Online yang Cocok untuk Ibu Muda

0

HarianBernas.com ? Selama ini, ibu-ibu selalu diidentikkan dengan pel, peralatan dapur, setrika, sapu, dan sejenisnya. Walaupun ibu sudah memiliki berbagai aktivitas yang padat, mereka masih sempat untuk nonton sinetron, ngrumpi dengan tetangga, dan melakukan berbagai aktivitas yang tidak produktif.

Kegiatan yang kurang produktif ini, bisa diganti dengan kegiatan produktif lho. Misalnya saja bisnis online. Dengan bisnis online, ibu-ibu bisa menambah penghasilan keluarga tanpa harus pergi jauh dari keluarga.

Berikut ini adalah lima potensi bisnis digital yang bisa dijadikan referensi ibu untuk membuat hari-hari Anda jadi makin produktif.

 1. Mendesain undangan

Berbagai produk bisa dihasilkan hanya dengan memiliki skill mendesain. Misalnya undangan pernikahan, undangan pesta, dan yang lainnya. Namun, pada saat ini, undangan pernikahan yang paling booming.

Tiap bulannya sekitar 33.000 orang mengetikkan keyword “undangan pernikahan” di google. Berarti ada 3.000 orang yang mencari undangan pernikahan di google setiap harinya. Sehingga, ada baiknya jika Anda memiliki skill mendesain, bisa membuka usaha online desain undangan.

Anda bisa mempromosikan usaha Anda ini lewat media sosial seperti facebook, Instagram, BBM, WhatsApp, dan lain sebagainya. Jika Anda bertemu dengan teman ? teman Anda, jangan lupa juga untuk mempromosikannya.

2. Menjadi seorang YouTuber

Inspirasi bisa didapatkan dimana saja. Tidak hanya dari keluarga sendiri, seringkali inspirasi datang ketika Anda melihat cara hidup orang lain. Anda hanya perlu smartphone dengan kamera 13 mega pixel dan daya tampung memori yang longgar, Anda sudah bisa menjadi seorang YouTuber. Abadikan tiap kegiatan yang Anda lakukan dengan keluarga, setidaknya dengan durasi lima menit.

Tidak usah membuat video yang terlalu lama, karena penonton akan cepat bosan. Usahakan untuk meminimalisir obrolan yang dinilai kurang penting.

Tidak harus kegiatan bersama keluarga. Anda juga bisa memberikan tips memasak, persiapan traveling, wisata kuliner, dan menghias rumah.

Apabila Anda mengupload video di YouTube dan banyak yang menonton, maka Anda akan digaji oleh YouTube.

3. Menyewa rumah

Apakah Anda tahu bahwa ada perusahaan yang melayani jasa sewa properti dan tidak memiliki properti sama sekali? Perusahaan yang seperti ini dikenal dengan nama Airbnb. Mereka mengandalkan kekuatan online yang menyewakan properti milik orang lain.

Hal ini juga bisa Anda terapkan pada rumah. Jika Anda memiliki rumah yang tidak dipakai, masukkan spesifikasnya ke dalam Airbnb. Pihak mereka yang akan mencarikan penyewa untuk rumah Anda.

Anda tinggal duduk manis, dan menunggu adanya penyewa yang datang. Atau Anda juga bisa menjadikan rumah Anda sebagai homestay.

4. Konten berbayar

Anda hobi menulis? Dan tulisan Anda dirasa suda bagus? Anda bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai pilihan. Sudah banyak ibu muda yang berkecimpung dalam usaha ini. Kerjanya cukup fleksibel. Anda bisa mengerjakannya dimana saja. Di cafe, di kamar, bahkan di taman.

Dengan menulis artikel, Anda bisa memperoleh penghasilan. Misalnya satu artikel dengan 500 kata dihargai Rp15.000. Jika dalam sehari, Anda mampu membuat empat konten, maka Anda bisa mendapatkan Rp1.200.000 per bulannya.

Pekerjaaan ini bukanlah pekerjaan yang dituntut target. Anda hanya perlu skill merangkai kata dan betah untuk membaca berbagai artikel. Konten yang Anda masukkan nanti, akan muncul ketika klien menuliskan keyword yang sesuai dengan permintaanya.

5. Marketplace

Mungkin hal ini belum terlalu familiar bagi Anda. Apakah Anda tahu Bukalapak dan Tokopedia? Keduanya itu merupakan marketplace terbesar di Indonesia. Jika di offline kan, maka mereka seperti Alfamart dan Indomaret. Jika pihak A meluncurkan produk baru, pihak yang lainnya juga tidak mau kalah.

Kedua marketplace tadi, juga menawarkan fitur dropship. Sistem dropship akan memungkinkan mereka yang tidak memiliki produk, mampu menjualkan barang yang ada dalam marketplace tersebut.

Sistem dropship juga tidak perlu membuat Anda harus menyetok produk. Selain itu, Anda juga tidak usah pusing untuk mengirim barang. Menjadi seorang dropshiper akan memudahkan Anda dalam bisnis online.

Leave A Reply

Your email address will not be published.