Berita Nasional Terpercaya

Tips Menulis Ala Penulis Supernova, Dewi ‘Dee’ Lestari

0

HarianBernas.com – Menulis cerita pendek, menulis novel, menulis berita, menulis blog selalu memiliki keasyikan sekaligus tantangan yang berlainan. Jika ada yang bilang bahwa menulis itu susah-susah gampang, mungkin memang ada benarnya. Susah ketika dilakukan, seolah gampang ketika sekadar dibayangkan.

Akan tetapi, tidak ada ilmu atau keterampilan yang tidak bisa dipelajari. Segala sesuatu yang kasat mata tentu bisa dipelajari. Jika kita niat untuk mempelajarinya.

Belajar menulis dari ahlinya adalah salah satu hal yang bisa dilakukan. Membaca tulisan atau buku penulis ternama sambil sedikit mencuri-curi ilmu dan teknik penulisan mereka, bisa menjadi angin segar untuk ide yang mulai mandek di kepala.

Salah satu penulis Indonesia namun berkaliber internasional adalah Dewi Lestari dalam beberapa kesempatan sering bercerita tentang kebiasaan menulisnya. Hal ini bisa Anda contek, siapa tahu dengan mengikuti kebiasaanya Anda pun bisa menghasilkan tulisan yang indah.

Baca juga: Cara Membuat Tugas Resume Bagi Mahasiswa dan Pelamar Kerja

Menulis adalah soal kenyamanan, jadi pilih tempat nyaman untuk menulis

Setiap orang memiliki kenyamanan masing-masing dalam melakukan sesuatu. Maka, kenalilah apa yang paling Anda gemari. Jika sambil mendengarkan musik adalah hal yang membuat Anda semakin produktif, maka lakukanlah. Jika menulis di udara terbuka adalah hal yang paling bisa mencairkan ide Anda yang beku, maka lakukanlah.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

 

Lancar menulis adalah banyak membaca

Bagaimanapun juga, menulis adalah kegiatan ilmiah. Sekalipun yang Anda tulis adalah cerita fiksi, tetap saja anda memerlukan data-data sebagai bahan tulisan anda. Dari mana Anda mendapatkan data tersebut? Riset! Rajinlah membaca dan melakukan observasi terhadap berbagai macam buku dan tulisan. Ini penting untuk menambah pengetahuan Anda dan memperkaya kosa kata Anda. Semakin banyak yang Anda tahu, semakin banyak pula yang bisa Anda tulis.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

 

Pandai mendengar pendapat orang

Apapun yang sudah Anda tulis, akan ada orang yang suka dan tidak suka pada tulisan Anda. Teruslah menulis tanpa terlalu memikirkan pendapat orang. Dewi Lestari pernah berpesan, jika memang ingin jadi penulis maka menulislah. Mulai menulis apa yang Anda sukai, mulai menulis tentang diri Anda sendiri. Yang penting adalah rutin dilakukan dan konsisten. Tidak akan ada yang bisa menandingi tulisan Anda, apa pun hasilnya. Sejatinya, terus menulis adalah berlatih menulis itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

 

Buat Rencana Penulisan

Perang tidak akan menang tanpa strategi. Demikian juga dengan menulis. Ketika Anda merencanakan untuk menulis sesuatu, maka buatlah rencana penulisan. Ini bisa Anda tuangkan dalam kerangka penulisan. Melalui kerangka, Anda bisa tahu kebutuhan akan tulisan tersebut. Misal Anda menulis tentang kondisi terkini ibu kota, maka Anda akan perlu data penunjang. Dengan demikian, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dahulu sebelum menulis.

Baca juga: Inilah Penggunaan Kata Sambung Di dan Kata Depan Di yang Benar

Leave A Reply

Your email address will not be published.