Inferiority Complex: Kenapa Mesti Minder dan Inilah Obatnya!


11 Oktober 2016

orang minder (foto: ayopreneur[dot]com)

HarianBernas.com - Baru-baru ini, di salah satu topik siaran radio saya, saya meminta pendengar berkomentar soal sebuah kasus. Ada seorang Indonesia dengan latar belakang pendidikan lokal S-2. Saat ini, dia bekerja di perusahaan multinasional di bidang desain yang kebangsaannya berbeda-beda di Singapore.

Kalau dengan sesama Asia ia merasa masih bisa pede. Tapi kalau dengan bule, seringkali dirinya minder. Seringkali kalau ada bule, presentasinya jadi kacau. Nah, bagaimanakah agar dia bisa lebih pede?”

Ternyata, saya mendapatkan banyak tanggapan atas kasus ini. Salah satunya mengatakan,

“Akrabin para bule itu. Semakin kita akrab, semakin kita tahu bahwa ternyata mereka tidak seperti yang kita kuatirkan sikapnya”.

Dan ada pula yang menganjurkan,

“Jangan minder! Justru lawanlah keyakinan itu. Perdalam bidangmu dan jadilah yang terbaik. Justru, gunakan rasa kuatir itu untuk buktikan bahwa dirimu bisa lebih baik dari apa yang mereka mungkin pikirkan”.

Begitulah, kasus ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Bahkan di berbagai belahan di Asia ternyata mengalami kasus serupa.

Namun, dalam kesempatan ini, saya bukan hanya bicara soal rasa mender terhadap bule. Tetapi juga perasa minder lainnya secara umum. Dan dalam istilah psikologinya, biasanya awalnya hanya berupa perasaan minder yang sifatnya situasional saja (terhadap orang yang dirasa lebih hebat, yang lebih cantik dan langsing, yang lebih borju, dll).

Akan tetapi, jika rasa minder ini menetap dan terus menerus terjadi serta mengganggu, ia pun menjdi suatu inferiority complex. Parahnya, ia pun masuk menetap di alam bawah sadar kita. Mempengaruhi segala pola sikap dan perilaku kita.

Ini Dia yang Sering Bikin Orang Minder di Kantor!

Dari hasil pertanyaan saya kepada para pendengar radio dan pembaca buku saya, tenyata kebanyakan penyebab rasa minder orang –orang kita umumnya adalah berikut.  Pertama, yang paling umum adalah soal penampilan. Inilah yang paling lumrah. Misalkan ia merasa dirinya kurang cakep, merasa terlalu gendut, merasa kekurusan, dll.

Berikutnya, adalah soal kemampuan (skills). Di sini, seseorang merasa dirinya nggak bisa, merasa orang lain lebih pintar dari dirinya, misalkan lebih pintar ngomong, dll. Lalu bisa juga terkait soal keuangan. Misalkan, ia merasa dirinya lebih kere, lebih miskin.

Ada juga minder dari sisi pendidikan. Di mana seseorang merasa dirinya kurang dalam hal pendidikannya, merasa lebih bodoh dari yang lain. Dan yang terakhir, adalah faktor kolektif. Inilah rasa minder yang juga dialami oleh orang lain yang berada satu kelompok. Hal ini banyak terkait dengan soal labeling. Misalkan tadi, orang Asia yang merasa dirinya lebih minder dari orang bule, mungkin karena trauma ataupun pernah merasa dijajah.

Penyebab Orang Bisa Jadi Minder

Pertanyaan berikutnya adalah, apakah yang menyebabkan orang menjadi minder, khususnya dalam konteks pekerjaan? Ada beberapa alasannya sih.

Alasan pertama, sikap minder ternyata terkait erat dengan pola asuh orang tua yang penuh celaan, larangan dan kritikan. Bayangkanlah seorang anak yang dididik dengan “Jangan ini, jangan itu. Nggak boleh itu. Nggak boleh ini”. Apa jadinya ketika anaknya setelah besar? Lama-lama anak jadi belajar nggak pede, dan melihat dirinya selalu penuh kekurangan.

Bicara soal ini, saya pun jadi teringat kisah motivator dan pelopor Psychocybernetics, Dr.Maxwell Maltz. Ia bercerita tentang seorang eksekutif yang meminta anaknya di konseling. Kisahnya si anak tunggal satu-satunya ini, tidak mau melanjutkan bisnis bapaknya, meskipun sudah diiming-imingi dengan hadiah uang banyak.

Usut punya usut, ternyata hal itu terkait dengan pengalaman masa lalu dimana sang ayah selalu bermain lemparan 10 bola dengan si anak. Dan biasanya, antara lemparan pertama sampai kesembilan, si anak akan bisa menangkapnya. Tetapi, kalau sudah masuk lemparan ke sepuluh maka si ayah akan melakukan cara apapun untuk membuatnya gagal, lantas si ayah berkata “uh kan jangan sombong dulu. Kemampuan kamu belumlah sempurna”.

Tapi apa yang dmaksudkan memotivasi oleh sang ayah, ternyata tidak dirasakan demikian oleh si anak. Dan waktupun berjalan. Hingga anak ini dewasa, ternyata si anak semata wayang ini menolak untuk melajutkan bisnis ayahnya.

Dan alasan utamanya adalah, “Percuma. Setiap kali lemparan ayah tak pernah memujiku. Buat apa menjalankan bisnisnya? Paling ya aku akan ters-menerus tidak dianggap mampu”. Ternyata pengalaman itu membekas menjadi pengalaman traumatis dalam hidupnya si anak itu.

Bisa juga, alasannya karena transfer pengalaman dan pikiran dari orang lain. Misalkan yang berasal dari  orang tua, ataupun lingkungan yang minder. Yang satu ini, hasil pembelajaran. Bisa jadi bukan pengalamannya sendiri, tapi pengalaman orang lain yang dia adopsi. Misalkan ayahnya dulu pernah pacarin anak orang kaya, tapi diusir. Akibatnya, dia jadi ajarin anaknya bahwa orang kaya itu suka menghina!

Atau bisa jadi, pengalaman buruk dengan seseorang atau pribadi tertentu. Jadi pernah dihina, nggak dianggap, ataupun dilecehkan. Nah, tiap kali bertemu dengan orang yang profilnya mirip, jadi kumatlah mindernya! 

Ataupun brasal dari self talk negatif yang dipelajari dari lingkungan. Lingkungan ini bisa lingkungan keluarga, guru, pergaulan atau bahkan karena hasil tontonan media, misalkan iklan cewek gendut yang dijauhi, akhirnya dirinya pun jadi minder!

Obat Minder!

Pertanyaannya sekarang: adakah obat minder itu? Ada dong! Utama dan yang paling mudah adalah adalah stop self talk negatifmu! Terutama saat melakukan kesalahan, stop salahkan diri. Daripada mengkritik diri, pikirkan apa yang bisa diperbaiki di kemudian hari.

Obat berikutnya adalah stop mendiskon kemampuan Anda dan terlalu melebihkan diri orang lain. Pikirkanlah secara realistis. Justru kebalikannya, pikirkanlah apa kelebihanmu.

Okelah untuk satu hal orang lain itu memang bagus di bidang tertentu, tapi ingatlah pasti ada sesuatu pula yang kamu ketahui, yang tidak dikuasai oleh orang itu. Fokuskanlah pada hal yang kamu bisa lebih hebat dari dia.

Tips berikutnya, justru yang semakin kamu merasa minder, harusnya makin kamu akrabi. Seperti salah satu saran di atas. Misalkan kalau minder dengan bule, justru usahakan lebih banyak mencoba bergaul dan menyelami kehidupan mereka. Jadinya kita tahu, oh ternyata apa yang kita minderkan nggak benar.

Akhirnya, ingatlah selalu bahwa minder itu imajinatif. Hanya ada dalam gambaran mentalmu yang akhrinya membuatmu makin kecil. Kamu sering mengerdilkan kemampuan diri . Dan itulah yang sering diimajinasikan. Maka, lawanlah dengan yang sebaliknya. Ingat kembali kisah suksesmu. Film itulah yang semestinya diputar di kepalamu. Bukannya dengan memutar-mutar terus pengalaman salah dan gagalmu.

Kalau perlu, tatkala minder menghantuimu, justru lakukan hal yang ditakutkan untuk membiasakannya. Misalkan saya teringat dulunya, saya mengalami minder luar biasa kalau bicara di depan orang banyak. Malahan, saya mengambil langkah sebalinya, saya mencoba angkat tangan, ambil kesempatan untuk bicara di setiap kali ada kesempatan menyampaikan sesuatu.

Ambil kesempatan ngomong di meeting atupun seminar. Lama kelamaan, dengan berjalannya waktu, saya pun akran dengan dunia menyampaikan pendapat…malah ketagihan ngomong!

Tulisan ini ingin saya akhiri dengan kalimat sederhana, “Banyak otak yang superior, tetapi terbelenggu oleh pikian yang inferior!”  Jangan biarkan otakmu yang superior, terbelenggu oleh pikiranmu yang terus-terusan merasa dirimu inferior!

****

 

Anthony Dio Martin, "Best EQ trainer Indonesia", pembicara, ahli psikologi, penulis buku best seller, host program motivasional di radio SmartFM "Smart Emotion" dan program "Emotional Inspiration" di  TV Excellent. Sosmed: FB: anthonydiomartinofficial ;  twitter: @anthony_dmartin ; IG: anthonydiomartin. Email: info@hrexcellency.com

 

 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Masyarakat Jogja Beri Dukungan kepada KPU dan Bawaslu

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Masyarakat Jogja Dukung KPU (Masjaduk) menggelar aksi damai memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang telah melaksanakan Pemilu secara damai dan aman, Selasa ...

DIY

Pemerintah dan DPR Didorong untuk Kaji Ulang Pemilu Serentak

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Pemerintah dan DPR RI didorong untuk mengkaji ulang penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) serentak. Hal ini dimaksudkan agar menjadi panduan bagi revisi UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum untuk mencapai p ...

Pendidikan

Perpusdes Sumber Ilmu Balecatur Fokus Pemberdayaan Perempuan dan Difabilitas

SLEMAN, BERNAS.ID-Menanggapi tuntutan zaman, perpustakaan tidak boleh hanya sebagai pusat informasi saja, tetapi juga sebagai tempat untuk ruang beraktivitas yang kreatif (experience center). Merespon tuntutan tersebut, Perpustakaan Desa (p ...

DIY

Audit Medik dan Otopsi Ungkap Penyebab Kematian Penyelenggara Pemilu

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hingga kini penyebab pasti sakit maupun kematian ratusan penyelenggara Pemilu 2019 belum diketahui. Hal ini terjadi karena sampai saat ini belum dilakukan audit medik dan otopsi bagi penyelenggara pemilu yang sakit m ...

DIY

Angkasa Pura I Musnahkan 2.779 Barang yang Dilarang dalam Penerbangan

SLEMAN, BERNAS.ID- Di lapangan NDB Angkasa Pura I, Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melakukan kegiatan pemusnahan barang dilarang (prohibited items) yang ditemukan setelah melalui pemenuhan prosedur pemeriksaan dalam keaman ...

DIY

Foreder Adakan Bakti Sosial dan Buka Bersama Anak-anak Yapitu Piyungan

BANTUL, BERNAS.ID -- Forum Relawan Demokrasi (Foreder), salah satu organ relawan pendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'aruf Amin, tetap aktif dalam kegiatan sosial meski pemilihan umum, baik pemilihan presiden-w ...

Budaya

Didik Nini Thowok Semarakkan Waisak 2019 di Candi Sewu

KLATEN, BERNAS.ID - Waisak Nasional 2563 BE/2019 Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) di Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah pada Kamis (18-19/5/2019) berlangsung semarak. Acara yang penuh dengan nuansa seni dan budaya ini dihadiri ribuan umat B ...

DIY

Danrem 072 Yogyakarta Ajak Komponen Masyarakat Jaga Persatuan

JOGJA, BERNAS.ID- Korem 027/Pamungkas Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan silahturahmi kebangsaan dengan komponen masyarakat Yogyakarta di Monumen Diponegoro, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Jumat sore 17 Mei 2019. Dalam sambutannya, Bimo ...

Ekonomi

Meski Harga dan Stok Aman, Kandungan Berbahaya dalam Bahan Makanan Perlu Diwaspadai

YOGYA, BERNAS.ID—Selama Ramadan harga kebutuhan pokok di DIY dinilai masih stabil, stok kebutuhan juga masih mencukupi. Meski begitu makanan mengandung bahan berbahaya masih ditemukan dibeberapa takjil maupun di pedagang pasar. Sek ...

Pendidikan

Status Aset Hambat Pengembangan UPNVY jadi PT Kelas Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Status aset UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY), terutama tanah dan bangunan, yang belum seluruhnya dihapuskan dalam SIMAK BMN Kementerian Pertahanan, menyebabkan Kemenristekdikti belum mencatatkan atau memasu ...

DIY

Jual Ganja, Sarjana Teknik Diringkus Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) berhasil meringkus pengedar ganja berinisial IAF (24), warga Randusari, Teras, Boyolali, Jawa Tengah di rumahnya, 8 Mei 2019 yang lalu. Dari informasi, rupanya IAF ini mer ...

Ekonomi

Elemen Masyarakat Jogja Laporkan Warga Asing yang Berbisnis Tidak Sesuai Ijin

SLEMAN, BERNAS.ID- Tak dipungkiri, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tempat tujuan warga negara asing (WNA) untuk melakukan usaha atau bisnis karena potensinya yang besar. Namun, potensi yang besar itu seringkali membuat oknum untuk ...

Pendidikan

UPN Veteran Yogyakarta Adukan Nasib Pegawai Non PNS ke DPR RI

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -- UPN "Veteran" Yogyakarta mengadukan nasib pegawai tetap yayasan/pegawai swasta atau non PNS/ASN UPN "Veteran" Yogyakarta kepada Komisi X DPR RI, Kamis (16/5/2019). Pengaduan dilakukan karena hing ...

Lifestyle

Indonesian Scooter Festival Siap Digelar September di Jogja, Ada Atta Halilintar

YOGYA, BERNAS.ID - Indonesian Scooter Festival (ISF), event otomotif tahunan yang digelar sejak 2017 bakal kembali digelar di Jogja Expo Center, 21 & 22 September 2019. Ini adalah ajang berkumpulnya puluhan ribu skuteris dari dalam dan ...

Olahraga

Kapolda DIY Ajak Suporter Klub Sepakbola Jaga Kondusifitas di Liga 1

SLEMAN, BERNAS.ID- Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengajak suporter masing-masing klub yang bakal berlaga di Liga 1 2019 untuk menjaga kondusifitas. Ia menyampaikan imbauan tersebut karena konflik antarsuporter sudah sangat sering terj ...

Ekonomi

Bupati Sleman Ajak Pelaku UMKM Jual Produknya Secara Online

SLEMAN, BERNAS.ID- Bupati Sleman, Sri Purnomo membuka Pasar Lebaran 2019 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman di Jalan Candi Sari, sisi selatan Lapangan Pemda Sleman. Pasar Lebaran yang dibuka mulai hari ini, Selasa ...

Wacana

Menagih Janji para Pemimpin

SETELAH Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pileg) 17 April 2019 lalu dilaksanakan serentak, kini seluruh rakyat sedang menantikan selesainya rekapitulasi real count oleh Komisi Pemilihan ...

DIY

Umat Ratu Rosari Berbagi Kasih dengan SLB Marganingsih

SLEMAN, BERNAS.ID - Umat Lingkungan St Maria Ratu Rosari Perumahan Citra Ringin Mas Purwomartani, Kalasan, Sleman, Paroki Santo Petrus dan Paulus Babadan melakukan anjangsana ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Marganingsih Pokoh, Wedomartani, Ngem ...

DIY

Forum Pemred DIY Minta Semua Pihak Menahan Diri

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) DIY meminta semua pihak untuk menahan diri dalam menyikapi proses dan hasil pemilihan umum (pemilu), baik pemilihan calon anggota legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden-wakil pre ...

DIY

Masakan Jawa Mendominasi Menu Buka Puasa di H-Boutique Hotel

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Aneka jenis masakan khas Jawa mendominasi menu buka puasa bersama di H-Boutique Hotel Jalan Prof Yohanes Sagan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Setiap hari menu yang disajikan mulai pukul 17.00 di Amboja Krama Resto H ...

DIY

Kemenpar: Kota Yogyakarta Perlu Ikon Kuliner

JOGJA, BERNAS.ID- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia mengatakan kuliner, sektor dari pariwisata yang sepele karena pendapatan yang diperoleh dari kuliner ternyata begitu besar. Untuk itu, diperlukan desain strategi dan ren ...

Ekonomi

Kebutuhan Uang Kartal Ramadan dan Idulfitri DIY Diprediksi Sebesar Rp5,6 Triliun

YOGYA, BERNAS.ID -Bank Indonesia memprediksi, permintaan yang kartal perbankan DIY untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 2019 sebesar Rp5,6 triliun. Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Hilman Tisnawan mengatakan jumlah ...

DIY

Tahun 2019, Pilkades Sleman Terapkan Sistem E-Voting

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah Kabupaten Sleman akan menerapkan e-voting dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2019. Pilkades dengan e-voting akan mewujudkan pelaksanaan pemilihan kepala desa yang akurat, akuntabel, efektif, dan efisi ...

DIY

Penyanyi Ibukota Isyana Sarasvati Meriahkan Bosa Raya di TBY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penyanyi ibukota Isyana Sarasvati ikut memeriahkan event Bosa Raya 2019 di Concert Hall TBY, Rabu (8/5/2019) malam. Keputusan menghadirkan Isyana Sarasvati dalam event Bosa Raya 2019 dimaksudkan agar siswa/siswi SMA ...

DIY

Kastorius Sinaga : Menkopolhukam Tepat Bentuk Tim Bantuan Hukum

JAKARTA, BERNAS.ID - Rencana Menkopolhukam Wiranto untuk membentuk Tim Bantuan Hukum sangat tepat untuk mengantisipasi dinamika politik sehubungan dengan aksi gerakan delegitimasi hasil Pilpres 2019 menjelang pengumuman resmi KPU, 22 Mei 20 ...

DIY

Inilah Beberapa Catatan Penting Terkait Pemilu 2019 di DIY

YOGYA, BERNAS.ID - Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) DIY menilai, pelaksanaan Pemilu 2019 secara umum sudah berlangsung dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Meski demikian, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. ...

Pendidikan

Intelektual Yogyakarta Serukan Persatuan Indonesia Pasca Pemilu

SLEMAN, BERNAS.ID-Berpijak dari keprihatinan pro dan kontra di tengah masyarakat pasca pemilu, intelektual Yogyakarta menyerukan agar seluruh komponen bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Komandan Korem 027/Pamungkas, Brigjen ...

DIY

KA Bandara Mulai Layani Penumpang Pesawat

YOGYA, BERNAS.ID - Kereta Api Bandara mulai beroperasi, Senin (6/5/2019) bersamaan dengan operasional Yogyakarta International Airport. EVP PT KAI Daop 6 Eko Purwanto mengatakan KA Bandara sudah disiapkan baik dari sisi sarana maupun pra ...

Pariwisata

Sejumlah Alumnus Ikamaya Tolak Wisata Halal di Labuanbajo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Sejumlah alumnus Ikamaya (Ikatan Mahasiswa Manggarai Yogyakarta) secara tegas menolak penerapan wisata halal di Labuanbajo, Manggarai Barat, NTT. Karena wisata halal sangat tidak tepat dengan budaya dan kebiasaan mas ...

DIY

Presiden Jokowi Laksanakan Shalat Tarawih Pertama di Bogor

YOGYAKARTA, BERNAS ID - Presiden Joko Widodo melaksanakan ibadah shalat tarawih pertamanya di bulan Ramadan 1440 H, di Masjid Jenderal Besar Soedirman di komplek Museum Peta, Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad), Bogor Tengah, Kota Bog ...

Lifestyle

Ramadhan Buffet Dinner Grand Inna Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -- Paket Buka Puasa “From Nusantara to Eastern“ di Grand Inna Malioboro, bertempat di Pelataran Hotel (outdoor) dan Malioboro Coffee Shop (indoor). Menu Nusantara tersedia setiap hari Senin hingga Kamis, de ...

DIY

Cucu Ki Hadjar Dewantara Ditemukan Meninggal di Dalam Kamar Rumahnya

SLEMAN, BERNAS.ID -Pensiunan Dosen Fakultas Teknik UGM, Lalitasari (67,) ditemukan meninggal dunia di dalam rumahnya, Jalan Kakap Raya No 30 Minomartani, Ngaglik, Sleman, Sabtu (4/5/2019) siang. Jenasah Lalita ditemukan dengan kaki yang mem ...

Pendidikan

Sekretaris Milenial Harus Cinta Lingkungan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 program Studi Sekretaris ASMI Santa Maria Yogyakarta, Sabtu (27/4/2019) lalu, diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain lomba orasi bahasa Indonesia, pidato bahasa Jawa, micro ...

Pendidikan

JK Resmikan Gedung Program Pascasarjana UNY

SLEMAN, BERNAS.ID- Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla (JK) berkesempatan hadir untuk menghadiri seminar nasional "Format Pendidikan untuk Meningatkan Daya Saing Bangsa" di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sekaligus meresmik ...

DIY

Buka Puasa Bersama di @K Hotel Kaliurang Sambil Menikmati Keindahan Alam

SLEMAN, BERNAS.ID -@K Hotel Kaliurang menawarkan program buka bersama bertajuk Super BukberKaliurang sambil menikmati keindahan alam di sekeliling hotel. Dalam program yang dilaunching Jumat (3/5/2019) sore oleh Manajer @K Hotel Kaliurang H ...

DIY

Kelompok Moderat Harus Bersatu Melawan Paham Radikal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemilihan umum (Pemilu), baik pemilihan calon anggota legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden-wakil presiden (pilpres) harus dipahami sebagai sebuah bentuk kontestasi politik dalam sistem demokrasi. Namun, melih ...

Pendidikan

Tingkatkan Kebiasaan Anak Baca Alquran Lewat Tahfidz Alquran

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perkembangan teknologi yang kian pesat tiap harinya membuat sejumlah aktivitas manusia mulai disinergikan dengan teknologi. Berbagai media sosial hadir dan sering digunakan oleh anak-anak seperti YouTube dan Instagra ...

DIY

Ribuan Warga Ikuti Senam Masal di Alun-alun Utara

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Ribuan warga DIY dari berbagai latar belakang mengikuti senam masal di Alun-alun Utara Yogyakarta, Jumat (3/5/2019) pagi. Kegiatan senam bertajuk Senam Rakyat, Jogja Sehat Indonesia Kuat yang dibuka dan dihadiri GKR ...

DIY

Marching Band TK Negeri 2 Yogyakarta Sabet Juara Umum

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Memaknai peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada kamis 2 Mei 2019 dengan berbagai cara salah satunya seperti yang dilakukan oleh tim Marching Band TK Negeri 2 Yogyakarta dengan mengikuti  dua ke ...

Olahraga

Ribuan Warga Semangat Ikuti Senam Rakyat di Alun-Alun Utara

YOGYA, BERNAS.ID - Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan Gebyar Senam Rakyat, Jumat 03 Mei 2019 pagi di Alun-alun Utara Yogyakarta. Acara diikuti oleh oleh masyarakat Yogyakarta. ...

DIY

Bambang Soepijanto akan Terima dengan Legawa Hasil Pemilu yang Diumumkan KPU

YOGYAKARTA, BERNAS.ID --Sikap ksatria dan legawa ditunjukkan Dr Ir H Bambang Soepijanto MM, salah satu calon Anggota DPD RI dari Dapil DIY. Ia mengaku akan menerima apa pun hasil pemilihan anggota legislatif (pileg) dan senator (DPD) 17 Apr ...

Ekonomi

Kementrian Perdagangan Sidak Harga Sembako Jelang Ramadan di Pasar Beringharjo

YOGYA, BERNAS.ID - Kepala Bappebti Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana, melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, dalam rangka koordinasi terkait stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Ramadan, Kamis ...

Kesehatan

Ribuan Buruh Jalan Sehat di Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam peringatan Hari Buruh Internasional 2019 sekaligus memperingati Hari Jadi Sleman ke 103, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman selenggarakan jalan sehat bersama Lembaga Kerjasama T ...

DIY

Perampok Spesialis Konter HP Lakukan Aksinya dengan Pistol Buatan Dalam Negeri

SLEMAN, BERNAS.ID -Polda DIY berhasil mengulung komplotan perampok spesialis konter handphone di wilayah hukum Yogyakarta. Komplotan berjumlah empat orang, yaitu AD, warga Bandung, ASS dan SBH warga Karawang, Jawa Barat serta FB, warga Ngaw ...

Ekonomi

Kemendes PDTT Berharap Lulusan Pelatihan Kerajinan Rajut Tularkan Ilmunya ke Masyarakat Desa

SLEMAN, BERNAS.ID- Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Harlina Sulistyorini menutup pelatihan kerajinan rajut berbasis ekonomi kreatif tahu ...

Ekonomi

Produk Kuliner Rumahan Jogja Didorong Tembus Pasar Modern

YOGYA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan mendorong produk kuliner rumahan untuk bisa menembus gerai toko atau minimarket modern. Berbagai upaya pun sudah dilakukan Pemerintah Ko ...

DIY

Orangtua Ikut Berkontribusi Banyak Anak Meninggal Kecelakaan Lalu-lintas

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Orangtua ikut berkontribusi banyak anak atau pelajar yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu-lintas di DIY maupun di Indonesia. Sebab, orangtua ikut mendorong anak menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua ma ...

DIY

Kecelakaan Lalu-lintas di DIY Tinggi, Terbanyak di Bantul, dengan Ratusan Korban Jiwa

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -Angka kecelakan lalu-lintas di DIY sangat tinggi. Bahkan hanya dalam waktu 3 bulan sejak Januari hingga Maret 2019, angka kecelakaan lalu-lintas di DIY mencapai 1.831 kasus dengan memakan korban jiwa 117 orang. Dari 1 ...

Pendidikan

Persiapan Kepala Sekolah dan Guru di Sleman Menghadapi Revolusi Industri 4.0

SLEMAN, BERNAS.ID - Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo RI bersama Center of Education Regulation & Development Analysis (Cerdas) menggelar Seminar dan Workshop Menyiapkan Kepala Sekolah dan Guru dalam Menghadapi Revolusi Indus ...

DIY

Dasar Apes, Niat Jual HP Malah Disekap Calon Pembelinya

SLEMAN, BERNAS.ID- Nasib apes menimpa Salafudin (22), warga Kaliangkrik, Magelang. Pasalnya, niat mau jual HP, tapi malah disekap calon pembelinya, CN alias Yoyok (32), warga Jalan Kaliurang Km 10,5. Gara-gara penyekapan selama tiga hari ...