Perayaan 200 Tahun Serat Centhini dalam Borobudur Writers & Cultural Festival 2016

Lathiva - Sunti Melati
13 Oktober 2016

ilustrasi. Foto: Pasebanjati[dot]com

HarianBernas.com – Borobudur Writers & Culutural Festival (BWCF) ialah festival tahunan yang diadakan oleh Samana Foundation. Festival ini merupakan wahana bertemunya para penulis dan juga pekerja kreatif serta aktivis budaya yang membuat sebuah kerangka dialog lintas batas serta pemahaman intercultural dengan dengan basis pengembangan dan perluasan pengetahuan atas berbagai khazanah.

Oleh karena itu, para creator budaya maupun masyarakat yang hidup dalam berbagai budaya itu sehingga bisa dapat mendayagunakan semua khazanah yang dengan kebutuhan saat ini.

Baca juga Segera Digelar, Bernas Writing Academy

Pastinya festival ini merupakan sarana pertemuan antarkomunitas, antarkelompok dan juga menjadi ruang dialog secara aktif diantara berbagai karya budaya kepada masyarakat. Dari sinilah adanya pemahamam yang snagat mendalam di antara individu atau komunitas buaya ini di dalam mencakup ruang serta waktu yang tidak ada batasnya.

Tentu saja ini merupakan sebuah festival yang digunakan sebagai ruang untuk segala imajinasi di dalam berbagai bentuk ekspresif.

Borobudur Writers & Culutural Festival (BWCF) 2016 kali ini mempunyai tema setelah 200 tahun Serat Centini, Erotisme & Religiusitas Dalam Kitab-kitab Nusantara yang diadakan pada pekan ke-2 di bulan Oktober 2016. BWCF kali ini dilakukan di 2 kota yakni Yogyakarta dan Magelang.

BWCF 2016 Merayakan 200 Tahun Serat Centini Sebagai Karya Besar Nusantara

Serat Centhini merupakan sebuah karya besar di dunia kesusastraan Jawa yang sudah disusun di awal abad ke-19. Serat yang mempunyai genre puisi panjang dan dapat digubah di dalam bentuk lagu atau tembang macapat.

Serat Centhini sendiri diprakarsai oleh Putera Mahkota Kerajaan Surakarta yakni Adipati Anom Amangkunagara III serta telah menduduki tahta yang mempunyai gelar Sunan Paku Buwana V.

Kemudian setelah beliau menjadi raja maka Sunan Paku Buwana V mempunyai tiga pujangga keraton yang mahir untuk dapat membuat serat , yakni Ranggasutrasna, Yasadipura II serta Sastradipura yang bertujuan untuk meneruskan penulisan cerita tentang segala hal bagaimana kehidupan di dalam bentuk tembang macapat.

Selain itu, Serat Centhini sudah ditulis selama lebih kurang 9 tahun dimana dari tahun 1814 sampai 1823 Masehi.

Jika dilihat, isi  dari Serat Centhini ini terdiri dari sejarah, pendidikan,  arsitektur, falsafah,geografi,  agama, mistik, sulapan, ilmu kekebalan, ramalan, perlambang, bahkan sampai bercerita tentang ?ora, fauna, serta seni.

Baca juga Sweet Museum / Yuk Main ke Museum, Upaya Museum Sonobudoyo Tarik Pengunjung

Di dalam kitab ini pun mempunyai berbagai ulasan tentang khazanah erotika. Tetapi ini bisa dikatakan juga sebuah buku seluruh pengetahuan atau ensiklopedia tentang kehidupan orang Jawa yang dimulai dari awal abad ke-19.

Jika berbicara tentang ulasan mengenai seksualitas, tentu saja hal ini akan dapat memperlihatkan pandangan khas yang memiliki perbedaan dari Tantrayana yang sudah berkembang dari waktu yang sebelumnya, yakni di masa Singasari serta Majapahit.

Bahkan pandangan tentang adanya seksualitas seperti ini bukan hanya memiliki berbagai kitab sastra klasik sehingga dapat berlanjut dalam karya sastra kontemporer.

Sebagai apresiasi dari karya serat centhini, di dalam 1 dasawarsa terakhir ini. Kitab ini pun diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sedangkan untuk versi bahasa Inggrisnya terdapat dalam versi yang lebih singkat, seni tari, pelbagai novelisasi, fotografi. Selain itu, juga di lakukan ziarah perjalanan di berbagai tempat serta rekonstruksi kuliner yang terdapat dalam isi kitab ini.

Tentu saja berbagai hal yang dilakukan tersebut merupakan sebagai bentuk apresiasi tinggi terhadap Serat Centhini yang merupakan kitab klasik budaya Jawa.

Baca juga Puluhan Penyair Dunia Akan Bertemu di Banda Aceh

Di samping Serat Canthini, sebenarnya di tanah air ini juga terdapat epos panjang bahkan dapat dikatakan merupakan epos paling panjang di dunia yakni Sureq Galigo atau disebut juga dengan nama I La Galigo yang dibuat oleh masyarakat Bugis pada abad ke-13.

I La Galigo merupakan kitab paling besar yang menceritakan kisah penciptaan manusia serta petualangan tokoh Sawerigading yang ada di seluruh penjuru dunia.

Jika Serat Centhini merupakan ensiklopedia masyarakat Jawa di awal abad ke-19 maka I La Galigo adalah ensiklopedia dari Bugis yang berbicara tentang kehidupan manusia serta segala hal yang mempunyai kaitannya dengan alam semesta.

Oleh karena itu, Borobudur Writers & Cultural Festival (BWCF) 2016 akan kembali memberikan apresiasi terbaiknya kepada 2 karya sastra klasik ini. Sehingga di tahun 2016 ini, BWCF akhirnya telah memasuki tahun ke-5.

Pastinya festival ini secara konsisten untuk mengangkat berbagai tema budaya klasik Nusantara. Oleh karena itu, Perayaan Serat Centhini dan I La Galigo merupakan suatu upaya untuk dapat menggali khazanah klasik yang bermanfaat untuk memahami serta membentuk kebudayaan Nusantara yang ada di dalam konteks kekinian serta masa depan.

Berbagai Acara di Borobudur Writers & Cultural Festival 2016

  • Seminar Penulis

Acara seminar ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 8 Oktober 2016 di Plataran Restaurant. Acara seminar ini melibatkan penulis serta para pakar tentang Serat Centhini dan juga berbagai kitab klasik, dengan memakai tema utama yakni “Erotisisme dan Religiusitas di Nusantara” yang kemudian dibagi di dalam beberapa sub-tema.

Baca juga Tips Menulis Ala Penulis Supernova, Dewi 'Dee' Lestari

Beberapa sub tema tersebut ialah,

Tema pertama – Tafsir Serat Centhini

Tafsir Serat Centhini ini membahas tentang berbagai tafsir dari dimensi seksualitas serta religiusitas di dalam perspektif kebudayaan Jawa di dalam umumnya, deskripsi geografis terkait perjalanan para tokohnya. Selain itu ada juga khazanah kuliner yang kemudian diceritakan dalam kitab ini dengan berbagai alih wahana seperti seni lainnya yakni novel di dalam kancah sastra modern.

Dalam tema ini terdapat dua sesi seminar yakni,

1. Seksualitas dan religiusitas di dalam Serat Centhini dan juga hubungannya dengan tradisi Islam di Nusantara.

Pembicara dalam seminar ini ialah Elizabeth D. Inandiak, Kartika Setyawati dan Dr. Manu Widyaseputra. Dengan moderator Sudibyo, M.Hum

2. Khazanah kuliner dan Jawa Klasik di dalam Serat Centini, Seks dan Religiusitas dalam karya sastra Jawa Klasik dan Serat Centhini dimana dilakukan juga Pengenalan tokoh Serat Centhini di Jawa Timur.

Pembicara dalam seminar sesi 2 ini ialah Agus Wahyudi, Prof. Dr. Timbul Haryono dan KH, Agus Sunyoto. Dengan moderator Otto Sukatno CR.

Tema Kedua - Erotisisme di dalam Kitab-kitab Klasik Nusantara

Dalam tema ini seminar akan membahas tentang berbagai permasalahan khazanah erotisisme di dalam kitab klasik maupun tradisi lisan yang sudah beredar di berbagai budaya di Nusantara.

Serta, kaitannya dalam pandangan seksualitas yang ada di dalam budaya-budaya lokal, seperti kitab I La Galigo serta tradisi Bissu di Bugis Makassar, Kidung Malat yang berasal dari Bali serta berbagai kitab klasik yang berasal dari Sunda, Batak, Padang, serta Papua.

Dalam tema kedua ini terdapat dua sesi seminar yakni,

1. Sejarah dan tafsir I La Galigo, Bissu di dalam tradisi Bugis, Bali dan juga tradisi Malat.

Pembicara di dalam seminar ini ialah Dr. Halilintar Latief, Dr. Muhlis Hadrawi, Drs. Dwi Cahyono, M.Hum dan Dr. Sirtjo Koolhof. Dengan moderator Dr. Kris Budiman.

Baca juga Bernas Writing Academy, Cara Mudah Jadi Penulis Buku

2. Erotisme dan religiusitas dalam naskah klasik, kitab batak, sastra Padang dan Masyarakat Jawa.

Pembicara ialah Dr. Robert Sibaranai, Salfia Rahmawati dan Raja Suzana. Dengan moderator ialah Prof. Dr. Suwardi Endraswara.

Tema ketiga - Erotisisme dalam Sastra Indonesia Kontemporer

Bercerita tentang khazanah erotik yang ada di dalam sastra Indonesia kontemporer. Oleh karena itu, apakah karya sastra kontemporer Indonesia sudah mengangkat isu seksualitas yang mempunyai hubungan serta khazanah sastra klasik atau sesuatu yang terpisah?

Lantas apa yang menjadi konteks kebudayaan dari kemunculan topik seksualitas yang ada di dalam sastra Indonesia kontemporer? Lantas apa makna seksualitas yang berada di dalam kebudayaan kontemporer?

Baca juga Kritik Kelompok Penulis Global India pada Budaya Intoleransi

Sedangkan untuk tema terakhir ini pembicaranya adalah Dr. Gadis Arivia, Dr. Emanuel Subangun, Dr. Katrin Bandel dan Dinar Rahayu. Sedangkan untuk moderator ialah Prof. Dr. Faruk HT.

  • Pentas Seni, Pameran dan Pertunjukan

Suatu acara foto dan pementasan seni pertunjukan, sastra, teater, tari dan musik yang sudah mengangkat tema Serat Centhni dan Erotisme di dalam Kebudayaan Nusantara. Acara tersebut diadakan  diadakan di beberapa tempat sekitar Borobudur, di antaranya adalah Desa Mantran Wetan yang berada di Bukit Andong.

Pengisi acara dalam pementasan ini adalah Komunitas Lima Gunung, PM Toh dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk pembaca puisi ialah Oka Rusmini, Ali Arsy, dan Chyntia Hariadi. Pementasan ini berlangsung pada tanggl 6 Oktober 2016.

Pementasan pun dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2016 di Seminari Menengah St. Petrus Kanisius Mertoyudan Magelang. Dengan pementasan seni yang berasal dari orchestra siswa seminari Mertoyudan, Komunitas Lima Gunung, Komunitas Bissu yang berasal dari Sulawesi Selatan, Reyog Bulkiyo yang berasal dari Blitar, Ganzer Lana yang berasal dari NTT dan Heri Lentho yang menarikan tari tentang Centhini serta tari suprapto Suryodarmo.

Untuk pembaca puisi dalam pementasan terakhir ialah Norman Erikson Pasaribu, F. Aziz Manna dan Sosiawan Leak. 

Selain seni pertunjukan juga diadakan pameran foto karya foto Fendi Siregar dengan cara mendokumentasikan khazanah kultural yang melakukan perjalanan napak tilas dari Serat Centhini. Ada juga pameran lukisan oleh Langgeng Art Foundation yang juga menampilak beberapa karya pelukis terkemuka Indonesia yang memakai Tema Yang Erotis, Yang Religius.

Baca juga Dibilang Sastrawan di Buku Soal Sekolah, Raditya Dika Pilih Disebut Penulis Ganteng

  • Musyawarah Penulis dan Penerbit Bersama BEKRAF

Ini merupakan acara pertemuan penerbit dan penulis bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) agar dapat merintis Asosiasi Penulis-Penerbit Indonesia.

  • Workshop Cerpen Kompas

Ini merupakan acara workshop membuat cerita pendek yang diadakan oleh Kompas bersama dengan Putu Fajar Arcana dan Joko Pinurbo.

  • Penghargaan Sang Hyang Kamahayanikan Award

Ini merupakan pemberian penghargaan untuk para penulis, tokoh ilmu pengetahuan dan budaya yang sudah memberikan kontribusi besar terhadap sebuah pemahaman khazanah kebudayaan terlebih khazanah erotisme serta religiusitas yang ada di Indonesia. Selain itu diadakan juga Deklarasi Asosiasi Penerbit –Penulis oleh BEKRAF dan juga Pentas Seni oleh Agnes Christina dan DnD Music.

 

 

 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Pendidikan 8 Menit lalu

Saat Anak Tidak Mau Masuk Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan?

Bernas.id - Tidak hanya dialami oleh pelajar sekolah dasar yang baru masuk sekolah, saat ini sering anak minta untuk tidak pergi ke sekolah dengan berbagai alasan. Ada yang bilang malas, atau ada yang pura-pura sakit. Padahal, saat dicek ko ...

Properti 48 Menit lalu

Tahun Depan Perumahan Senilai Rp3,5 Triliun Diincar Perumnas

JAKARTA, Bernas.id - Tren positif di industri properti banyak diprediksi akan mengalami peningkatan. Untuk itu banyak pengembang yang mulai berbenah untuk menyongsong pergolakan industri perumahan di tahun depan. Terkait dengan itu, Peru ...

Internasional 58 Menit lalu

Peraih Nobel Perdamaian Bahas Akhir Peradaban Manusia

Bernas.id – Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, International Campaign to Abolish Nuclear Weapons (ICAN), menganggap bahwa munculnya senjata nuklir akhir-akhir ini hanyalah luapan amarah yang tergesa-gesa. Itu artinya, piha ...

Properti 58 Menit lalu

Proses Pembelian Properti, Konsumen Banyak Keluhkan Soal Ini

JAKARTA, Bernas.id - Hingga kini konsumen masih saja ada yang kesulitan dalam melakukan proses pembelian sebuah properti. Kebanyakan konsumen sulit dalam mengurus pembelian properti yang sudah dibelinya Hal tersebut berdasarkan banyak la ...

Nasional 1 Jam lalu

Soal Polemik Penunjukkan Ketua DPR, Ini Komentar Mendagri

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menanggapi soal pergantian pucuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Mendagri mengungkapkan pergantian Ketua DPR itu ada mekanismenya sendiri. "Pemerint ...

Nasional 1 Jam lalu

Kasus Novel Baswedan, Mendagri: Sketsa Wajah Memang Sulit

JAKARTA, Bernas.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku siap membantu Kepolisian RI untuk mengungkap peneror penyidik senior KPK Novel Baswedan. Bantuan yang dimaksud berupa pencocokan sketsa wajah dengan data kependudukan. " ...

Nasional 2 Jam lalu

Keseriusan Jokowi Tutup Celah Korupsi Pejabat Daerah, Ini Rencananya

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk memperkecil celah korupsi. Pria yang akrab disapa Jokowi itu serius ingin memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi yang sudah seperti penyak ...

Nasional 3 Jam lalu

Menkes Minta Produksi Vaksin Diperbanyak

JAKARTA, Bernas.id-Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek meminta PT Biofarma mempercepat produksi vaksin (DPT-HB-Hib, DT, Td-red), karena stok vaksin saat ini hanya cukup untuk Outbreak Response Immunization (ORI) pada 2017. '' ...

Nasional 3 Jam lalu

Wasekjen Golkar: Penunjukkan Ketua DPR Itu Cacat Prosedur

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengungkapkan bahwa penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Golkar Aziz Syamsuddin oleh Setya Novanto sebagai calon Ketua DPR RI cacat prosedur. ...

Nasional 3 Jam lalu

Soal Kesehatan Setnov Jelang Sidang, KPK Siap Berkoordinasi dengan IDI

JAKARTA, Bernas.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan Setya Novanto yang mendekam di rumah tahanan KPK dalam kondisi sehat. Kesehatan tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP itu masih terus akan dipantau ...

Olahraga 3 Jam lalu

Legenda BMX, Kevin Robinson Meninggal di Usia 45, Ini 4 Fakta tentang Dirinya

Bernas.id – Dunia olahraga BMX kini sedang berduka yang sedalam-dalamnya. Sang legenda BMX, Kevin Robinson, meninggal dunia pada hari Sabtu (10/12) lalu di usia 45 tahun akibat penyakit stroke. Robinson, yang sudah melegenda di kal ...

Nasional 3 Jam lalu

Tidak Usah Buru-Buru, Pengganti Ketua DPR Setelah Munaslub

JAKARTA, Bernas.id - Setya Novanto telah menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI. Penunjukkan itu melalui surat Novanto ke pimpinan DPR lewat kesetjenan dewan sejak awal Desember.  Anggota Dewan Pembina DPP Partai Golkar Fadel ...

Tokoh 4 Jam lalu

Berpikir Besar, Jangan Takut untuk Bermimpi

Bernas.id - Ryo Juara menceritakan kegemarannya membaca buku-buku biografi yang berisi cerita perjalanan hidup tokoh-tokoh besar. Dari kisah-kisah tokoh besar ini, ia pun memetik nilai-nilai hidup dan terinspirasi untuk menulis alur cerita ...

Inspirasi 4 Jam lalu

Punya Sahabat? Begini Cara Menakar Kualitas Persahabatan Anda!

Barnes.id - Menurut anda apa yang menjadi penguat jalinan persahabatan? Tentunya ada banyak hal yang bisa kita sebutkan. Mulai dari hal yang paling mendasar hingga paling sepele, masing-masing memiliki peran. Persahabatan sejatinya ada ...

Lifestyle 4 Jam lalu

Inilah Indikasi Teman yang Patut Dipertahankan, Jangan Sia-siakan!

Bernas.id - Sebagai makhluk sosial, manusia tidak hidup sendirian. Manusia membutuhkankan satu sama lain untuk hidup. Karena manusia adalah makhluk sosial, setiap manusia pasti memiliki teman. Meskipun hanya satu orang, teman yang baik sang ...

Ragam 4 Jam lalu

Semakin Tinggi Gedungnya, Semakin Besar Kemungkinan Kucing yang Jatuh Bisa Selamat. Benar-benar Punya Sembilan Nyawa?

Bernas.id - Pernahkah mendengar istilah 'kucing memiliki sembilan nyawa?' Istilah itu telah familier di telinga kita. Kucing disebut memiliki sembilan nyawa, karena kemampuan bertahan hidupnya yang sangat tinggi.  Salah ...

Sudut Pandang 4 Jam lalu

Lihatlah Sekelilingmu, Penyedap Rasa Yang Satu Ini Bertebaran Di Mana-mana!

Hidup tanpa cinta, bagai taman tak berbunga Bernas.id - Masih ingatkah lagu yang dinyanyikan raja dangdut kita, Rhoma Irama? Apa sebenarnya makna dari lirik tersebut? Taman tak berbunga, berarti hampa, tanpa warna, dan kosong, k ...

Sudut Pandang 4 Jam lalu

Hai Cowok, Tanpa Kalian Sadari 5 Kontak Fisik yang Kalian Lakukan Ini Sukses Membuat Cewek Baper, Lho!

 Bernas.id - 'Baper' adalah penyakit anak muda saat ini. Kebanyakan korban baper adalah para cewek. Karena para cewek memang makhluk yang lebih banyak menggunakan perasaan daripada logika, wajar saja kami mu ...

Menulis 5 Jam lalu

Mau Jadi Penulis? 3 Buku Ini Wajib Kamu Baca!

Bernas.id - Banyak orang yang ingin menjadi penulis, tetapi merasa kesulitan untuk memulai. Mereka tertarik dengan literasi, tetapi tidak paham langkah-langkah yang diperlukan untuk menulis. Banyak yang masih bertanya-tanya tentang ber ...

Properti 5 Jam lalu

Kejar Target Pasar Rumah Subsidi, Tiga Jalur KRL Ini Dilirik Ciputra

TANGERANG, Bernas.id - Berencana meluncurkan 1.000 unit rumah bersubsidi dengan harga Rp 140 jutaan di kawasan Maja, Lebak, Banten, pengembang Ciputra melirik 3 (tiga) stasiun kereta rel listrik untuk menggaet target pasar masyarakat. Ti ...

Properti 5 Jam lalu

Rumah Subsidi Seharga Rp 140 Jutaan Akan Diluncurkan Tahun Depan

TANGERANG, Bernas.id - Tahun depan sebuah pengembang properti ternama akan meluncurkan rumah bersubsidi seharga Rp 140 jutaan. Perumahan subsidi tersebut rencananya akan di bangun sebanyak 1.000 unit di wilayah Banten. Ciputra Group mela ...

Properti 5 Jam lalu

Lahan Meikarta yang Direkomendasikan Pemprov Jawa Barat Hanya 84,6 Hektar

BANDUNG, Bernas.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, merekomendasikan lahan untuk mega proyek Kota Baru Meikarta hanya 84,6 hektar. Padahal, rencananya kota baru Meikarta tersebut akan digarap dilahan seluas 500 hektar, oleh Lippo ...

Nasional 6 Jam lalu

Wakil Ketua MKD Angkat Bicara Soal 2 Surat Kiriman Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI sudah menerima surat pengunduran diri Setya Novanto dari kursi Ketua DPR. Namun, ada dua surat yang dikirim oleh tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP itu. Wakil Ketua MKD ...

Nasional 7 Jam lalu

Jelang Munaslub, Titiek Soeharto Siap Bertarung dengan Kader Golkar

YOGYAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Pakar Golongan Karya (Golkar) Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto maju dalam pencalonan ketua umum Golkar. Titiek akan bertarung dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan nama ...

Nasional 7 Jam lalu

Pengacara Setnov: Kami Mohon Diselesaikan Apapun Keputusannya

JAKARTA, Bernas.id – Pengacara Setya Novanto, Ketut Mulya Arsana mengaku tidak akan mundur sampai praperadilan kliennya selesai. "Kami mohon diselesaikan, apapun keputusannya," ungkap Ketut, Senin (11/12/17). Pada sida ...

Nasional 7 Jam lalu

Sudirman Said: Saktinya Orang Bernama SN, Kejahatan Berumur Pendek

JAKARTA, Bernas.id – Sudirman Said ikut menanggapi soal kasus pengadaan e-KTP yang menjerat Setya Novanto. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyambut positif kabar mundurnya Setya Novanto dari kursi K ...

Nasional 7 Jam lalu

KPK Berharap Setya Novanto Sehat Hadapi Sidang Perdana

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengharapkan tersangka kasus dugaan korups e-KTP, Setya Novanto dalam keadaan sehat  menjelang sidang perdana pada Rabu (13/12/17). Ia mengungkapk ...

Regional 8 Jam lalu

Lions Club "Puspita Mataram" Gelar Baksos

KULON PROGO, Bernas.id – Lions Club Yogyakarta “Puspita Mataram” mengadakan bakti sosial (baksos) di Posko Bencana Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (10/12/17). Baksos kali ini ...

Pendidikan 16 Jam lalu

Perlukah Office Boy Di Sekolah? Ini Jawabannya

Bernas.id - Office boy merupakan pekerjaan yang mulia, ketika orang lain mulai mengotori maka mereka siap untuk membersihkan. Terkadang banyak sekali yang tidak memerhatikan pekerjaan mereka, bahkan tidak sedikit yang merendahkan merek ...

Mutiara Iman 16 Jam lalu

Awas, Ini Bahayanya Menyebutkan Binatang Saat Marah

Bernas.id - Anjing merupakan mamalia yang sering kita jumpai di mana-mana, hewan ini merupakan jenis karnivora yang tidak memilih milih, asalkan itu daging dia pasti memakannya. Untuk umat muslim memelihara anjing itu tidak boleh bahka ...

Umum 16 Jam lalu

Korupsi Menjadi Salah Satu Alasan Generasi Milenial Apatis Terhadap Politik

Bernas.id - Penyakit para pelaku politik yang belum juga bisa disembuhkan dari Indonesia hingga saat ini adalah korupsi. Sebelum akhirnya para koruptor ditetapkan menjadi tersangka, mereka pada awalnya adalah orang-orang terdidik ...

Pendidikan 16 Jam lalu

Para Guru, Perlukah Diadakan Monev Kurikulum 2013?

Bernas.id - Monev kurikulum terhadap guru sasaran kegiatan yang luar biasa dilakukan oleh guru-guru yang sudah berkompeten, tugas yang berat untuk meluruskan kesalahan yang diperbuat pada masa lalu. Segala yang diberikan baik ilmu ...

Pendidikan 17 Jam lalu

6 Cara Menyikapi Kegagalan Pelajar. Nomor 3 Sering Dilupakan!

Bernas.id – Semua orang pasti pernah mengalam kegagalan. Tidak terkecuali para pelajar. Mereka sudah berikhtiar keras dengan cara giat belajar, mengikuti bimbingan belajar baik secara langsung maupun bimbingan belajar online, meningka ...

Inspirasi 19 Jam lalu

Ini Dia Fakta-Fakta Generasi Milenial. Fakta Nomor 8 Harus Dihindari!

Bernas.id - Generasi milineal adalah seseorang yang lahir pada tahun 1981 sampai 2000. Generasi ketika dilahirkan sudah bisa merasakan TV berwarna, handphone, dan internet di mana-mana. Nah, kamu termasuk generasi Y atau X? Usia g ...

Games 19 Jam lalu

Bermain, Belajar, dan Menjadi Kaya Melalui Cashflow Game. Seru!

Bernas.id – Dunia bermain selalu banyak diminati anak-anak dari zaman dahulu hingga masa kini. Seperti kita zaman kecil dulu. Ketika sudah asik berada dalam permainan selalu saja kita lupa waktu, lupa makan, dan lupa belajar. Masih sa ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Waspada! Biduran Bukan Masalah Sepele

Bernas.id - Dari sekian banyak orang, pasti diantaranya pernah mengalami biduran. Tiba-tiba muncul merah, bentol-bentol dan gatal di kulit. Tentunya sangat gatal dan kadang terasa panas. Berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari. Keingi ...

Kesehatan 20 Jam lalu

Benarkah Jatuh di Kamar Mandi Berakibat Stroke? Begini Jawabannya

Bernas.id – Seorang bapak bernama AA tiba-tiba jatuh di kamar mandi dan terkena serangan stroke. Kejadian ini sering sekali terjadi di sekitar kita. Pertanyaannya, benarkah jatuh di kamar mandi mengakibatkan stroke? Jawabannya akan An ...

Kesehatan 24 Jam lalu

Waspada, Ternyata Begini Tanda-Tanda Penyakit Difteri yang Mencemaskan! Adakah Resep Pengobatan Herbalnya?

Bernas.id - Tahukah anda, baru-baru ini masyarakat Indonesia sempat dibuat cemas dengan pemberitaan kasus luar biasa Difteri? Bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun telah menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan ter ...

Ragam 24 Jam lalu

Wow, Ternyata di Pedalaman Halmahera Ada Sebuah Suku yang Bermata Biru Lho!

Bernas.id - Sudah tak dapat dipungkiri lagi jika Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku dan budaya. Keragaman suku bangsa di Indonesia sangatlah beragam, membuat negara kita kaya akan budaya dan ras.  Tapi, pernahkah A ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Untukmu yang Selalu Bekerja di Depan Komputer, Baca Tips Berikut Supaya Kesehatan Mata Tetap Terjaga!

Bernas.id - Mata adalah jendela dunia. Tanpa mata,apalah arti hidup. Akan kosong, hampa, dan gelap. Dewasa ini, mata sering dipaksa melakukan pekerjaan berat dengan menatap layar komputer terus-terusan. Radiasi dari alat elektronik pun ...

Pendidikan 1 Hari lalu

Menumbuhkan Minat Membaca Masyarakat Indonesia dengan Diagram Fishbone. Bisa?

Bernas.id - Memprihatinkan, minat membaca masyarakat Indonesia ada pada urutan terakhir kedua dari 60 negara di dunia! Padahal dari membaca, kita dapat mengetahui banyak keterbatasan yang kita miliki lalu memperkaya keterbatasan itu menjadi ...

Olahraga 1 Hari lalu

INASGOC Gelar Training Volunteer Khusus Bidang International Relations & Protokol

JAKARTA, Bernas.id-Babak baru para volunteer yang akan terlibat di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dilakukan Koordinator International Relations & Protocol Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) dengan menggelar Job Spesif ...

Nasional 1 Hari lalu

Fahri Akui Setnov Tunjuk Aziz Sebagai Ketua DPR

JAKARTA, Bernas.id - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menegaskan kalau Setya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai penggantinya (Setnov), dalam posisi Ketua DPR RI. "Saya sudah dihubungi oleh pihak SN (Setya Novanto) soal it ...

Nasional 1 Hari lalu

Mendarat di Gunungkidul, Jokowi Tanam Pohon Jati

GUNUNGKIDUL, Bernas.id – Presiden Joko Widodo menanam pohon di perbukitan karst Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (9/12/17). Acara ini merupakan rangkaian acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasion ...

Home Living 1 Hari lalu

Bina Tumbuh Kembang Anak Secara Komprehensif dan Berkualitas. Orang Tua Wajib Tahu!

Bernas.id - Semua orangtua di belahan bumi pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal. Akan tetapi, tidak sedikit orangtua tidak sadar akan pentingnya diri sendiri yang berkewajiban untuk memantau setiap hari. Ketika te ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Inilah Hukum Alam yang Berkaitan Dengan Hidup Manusia, Nomor 5 Ngeri Nih!

Bernas.id - Allah menciptakan manusia dan alam semesta beserta hukum yang mengatur keduanya. Alam memiliki hukumnya tersendiri yang ternyata sangat bersinggungan dengan manusia. Karena sejatinya manusia diciptakan oleh Allah selain untuk me ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Sudah Lihat Perut Anda Hari Ini? Waspadalah, Perut Buncit Itu Indikasi Penyakit!

Bernas.id – Banyak orang di sekitar kita terlihat berkecukupan dan hidup makmur. Tandanya tampak pada tubuhnya yang besar, kekar, gemuk, dan perutnya buncit. Siapa sangka kondisi perut buncit ini justru menjadi indikasi penyakit? P ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Mau Hidup yang Luar Biasa? Ambillah Kesempatan Untuk Berubah, Ini 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan

Bernas.id - Untuk bisa sukses dalam hidup ini dibutuhkan sebuah mindset yang positif. Jika cita-cita atau keinginannya memiliki kekayaan miliaran rupiah maka harus punya pola pikir seorang miliarder atau disebut Billionaire Mindset. ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Siapa Bilang Kadar Gula Darah Tinggi Tidak Bisa Disembuhkan? Cek di Sini!

Bernas.id – Sudah lama penyakit kadar gula tinggi (istilah medis: diabetes) berada di tengah-tengah masyarakat kita. Jumlah penderitanya semakin hari kian bertambah dan muncul anggapan di masyarakat bahwa ini adalah penyakit keturunan ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Penting! Tips Untuk Para Pecinta Online Agar Tetap Menjaga Kesehatan Mata

Bernas.id - Zaman semakin berkembang. Paradigma bergeser semakin jauh. Hampir seluruh lapisan masyarakat mulai usia bayi sampai lanjut usia mempunyai akun media sosial. Dengan alasan iseng sampai bisnis besar-besaran. Stay tune online berja ...