Kemapanan Bandara-Bandara Kita Menunjang Kejayaan Dirgantara Indonesia


21 Oktober 2016

Ilustrasi (Sumber foto: bloglet[dot]com)

HarianBernas.com - Percepatan dan perkembangan penumpang transportasi udara sejak tahun 2001 dengan lahirnya banyak maskapai LCC nampaknya diluar dugaan pemerintah, regulator itu sendiri. Contoh saja bandara ibu kota Negara kita Sukarno Hatta International Airport (Soetta) yang diresmikan tahun 1986 didesain menampung penumpang 30 juta per tahun. Namum tahun-tahun terakhir sudah melayani penumpang di Soetta 62 juta/per tahun, 3 kali lipat dari keadaan normal.

Antisipasi pemerintah nampak gagap sekali, awal tahun 2014 baru dilakukan perluasan terminal 3, run way hanya 2 runway saja, letak bandara yang dikepung kampung pemukiman penduduk membuat otoritas bandara tidak berkutik menambah run way ke 3, dan akhirnya diambil keputusan membuat bandara alternatif di Karawang, namun bandara yang akan datang di Karawang paling cepat akan bisa beroperasi tahun 2018.

Kita semua tahu sebaran penumpang ke penjuru tanah air, bermula dari stasiun keberangkatan Sukarno Hatta. Artinya semua penumpang udara di Indonesia yang semakain lama merogoh kocek semakin dalam karena berbagai kenaikan airport tax, sangat muskil mendapat pelayanan yang layak selama di bandara Sukarno Hatta, mengingat kedaan akan berubah 4 tahun ke depan. 

Menunggu bandara Karawang jadi dan dioperasikan, sebuah keadaan darurat hak pelayanan penumpang maskapai yang masyarakat pengguna maskapai tidak bisa berbuat banyak. Belum lagi akses ke bandara yang buruk mengingat kemacetan di dalam kota semakin menggila, untung sebentar lagi ada harapan kereta bandara ke Soetta walau kurang ideal, mengingat stasiun-stasiun yang disinggahi masih stasiun tertentu .

Daya tampung Bandara Soetta Cengkareng yang idealnya hanya mampu menampung 30 juta penumpang per tahun, saat ini harus menampung pergerakan penumpang 62 juta per tahun. Maka tidak heran bandara kebanggan RI Sukarno hatta menjadi super padat baik dari sisi penumpang maupun traffic pergerakan frekuensi pesawatnya. Tak heran di Soekarno Hatta traffic pesawat menjadi traffic grid locked, macet total padat dan tidak ada tambahan slot sama sekali.

Kita harus bersabar dengan rencana pemerintah akan membangun bandara alternatif sebagai pendamping bandara Soetta yakni pembangunan bandara Kertajati di Karawang yang sudah direncanakan era Presiden SBY akan jadi terealisir pada tahun 2018. Masih ada lagi akan dibangun bandara Aerospacepark, bandara terintegrasi di Majalengka sebagai bandara Hussein sastranegara yang terintegrasi ada lapangan terbang, sekolah pilot, perumahan dan rumah sakit pegawai udara serta sekolahan untuk anak-anak pilotnya, meniru konsep di bandara Qatar, one stop shopping airport era modern terkini.

Seolah tidak mau kalah dengan presiden pendahulunya, Presiden kita saat ini Jokowi dalam running text di sebuah televisi terkenal awal minggu Maret 2015 setelah kunjungan di Sabang Aceh, mencanangkan beberapa terobosan untuk mengembangkan gairan bisnis penerbangan di Indonesia dengan segera membangun: 13 jalur rel kereta api yang terkoneksi ke bandara. 

Bisa jadi setelah sukses Kuala Namu disusul ,bandara Soetta yang terkoneksi jalur kerata api, maka jalur rel kereta api bisa dipertimbangkan untuk bandara-bandara sebagai berikut: Juanda (Sidoarjo), Yogyakarta (Kulon Progo), Padang, Palembang, Semarang, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Bandung, dan Pekanbaru, adalah beberapa bandara yang mempunyai kepadatan penumpang memadai dan jarak kota ke bandara lumayan cukup jauh. Kenyamanan penumpang udara yang sudah membayar tiket pesawat mahal memang patut diganjar dengan fasilitas yang memadai dan manusiawi, serta menciptakan moda transportasi yang bersinergi, darat, dan udara.

Dengan banyaknya pesawat jenis turbo propeller ATRnya juga Wings Air, Garuda, Tri Nusa, Sky Aviation, maka akan terhubung kota-kota ke Pinangsori, Gunung Sitoli, Lhokshumauwe, belum lagi rute ruteke Medan–Padang, Batam, Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Tanjung Karang, Bengkulu, Saumlaki, Langgur Pulau Kei, Meulaboh di Aceh, serta kota tetangga Johor Bahru, Singapore adalah contoh beberapa kota yang mulai dibuka kembali dari Medan.

Saya rasa beberapa bandara di kota kota besar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, bahkan Surabaya, Bali, Balikpapan, Makassar, Manado dalam waktu dekat akan mengalami kepadatan penumpang dan frekuensi yang semakin mendera. Mengingat saat ini beberapa maskapai mengembangkan networking ke kota kota kecil kabupaten sebagai bagian dari percepatan ekonomi daerah–otonomi daerah yang terus digenjot utamanya di sektor perhubungan udara.

Di jawa saja beberapa rute untuk kapasitas pesawat kecil Cessna, Atr mulai merambah kota kota Halim Jakarta timur ke Pangandara, Semarang Cilacap oleh Susi Air, Surabaya –Banywungi, disediakan penerbangan Wing's air dan Garuda Indonesia. Belum lagi di bandara Balikpapan dan Makassar, banyak sekali saat ini dibuka rute-rute misalnya Makassar ke Luwuk, Kolaka, Mamuju, atau dari Balikpapan ke Berau, tarakan yang tentu lambat laun akan meningkatkan traffik frekuensi maskapai di beberapa bandara favorit. 

Bila hal ini tidak cepat di antisipasi oleh pemerintah dan otoritas bandara akan banyak merugikan akselerasi pertumbuhan bisnis di daerah serta maskapai juga akan sulit mengembangkan ekspansi bisnisnya di market lokal. Memang karakter bisnis penerbangan di Indonesia sedikit unik, dilain hal, secara makro bisnis penerbangan niaga masih dihantui kurs dollar yang lumayan diatas assumsi pebisnis penerbangan. Namun di lain hal, masyarakat Indonesia sudah lebih 10 tahun sudah menikmati mudahnya serta efisiennya melakukan perjalanan bisnis dengan memakai moda transportasi udara, utamanya setelah lahirnya beberapa maskapai berkonsep LCC, sehingga tarifnya bisa berkompetsisi dengan tiket Kereta api dan kapal Pelni.

Namun di sisi lain, nampaknya pihak pemerintah regulator otoritas penerbangan di Indonesia sangat telat mengantisipasi pertumbuhan bisnis penerbangan niaga di Indonesia. Dengan kekuatan kekayaan 233 bandara di Indonesia, armada pesawat komersial yang menerbangi udara Indonesia ada 500 kabupaten, 16 maskapai niaga berjadwal dan 240 juta potensi penumpang transport udara. Sungguh potensi ekonomi udara RI luar biasa besarnya.

Kalau kita kembali ke kesiapan otoritas bandara di ibukota, sangatlah miris keadaannya. Di tengah dinaikkannya airport tax di 5 kota bandara RI beberapa bulan yang lalu, sungguh miris melihat pembangunan bandara di Kulonprogo yang relatif telat 2 tahun molor. Di ibukota bandara Sukarno Haatta baru terminal 3 Ultimate yang dibenahi namun sebenarnya yang sangat diperlukan adalah run way ke 3, mengingat dengan pergerakan 72x per jam saat ini, sudah di luar kapasitas dimana 2 run way sebenarnya hanya di design untuk 30 x pergerakan pesawat 1 jam nya. Sebagai Sriwijaya Air Ingin IPO?

Garuda Indonesia juga dirugikan karena sebagai anggota aliansi global Skyteam yang dituntut memberikan service level kelas dunia namun kenyataannya terbalik. Salah gate di T3U masih sering terjadi hingga saat ini. Begitu juga kondisi bandara di Adi Sucipto Yogyakarta sebagai kota destinasi wisata, bila pasawat mendapatkan parking stand paling timur ujung di Yogyakarta maka akan sangat menyiksa penumpang bila hendak turun menuju arrival hall di terik panas matahari atau kehujanan bila hujan karena ketiadaan aero bridge dan atau tidak tersedia bus yang mengantar penumpang dari passenger stair dari parking stand ke arrival hall yang berjarak kira kira 150 meter.

Bisa Anda bayangkan bila opa-opa dan oma-oma mau berlibur ke Yogyakarta sudah dihadapkan hal yang menjengkelkan saat kali pertama di landasan Adi Sucipto karena berjalan terik atau kehujanan (yang tersedia hanya payung). Penderitaan penumpang pesawat di Bandara Adi Sucipto nampaknya akan terus berlanjut sampai dengan tahun 2020, dimana Bandara pengganti Kulon Progo akan rampung dan bisa dioperasikan.

Segera benahi bandara-bandara kita

Berikut kami ilustrasikan mantan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam sebuah seminar menyatakan sebagai berikut: “Indonesia sebagai negara kepulauan dengan populasi penduduk kurang lebih 270 juta saat ini memiliki 233 bandara komersial. 25 bandara dari 233 bandara komersial tersebut dikelola oleh Angkasa Pura I (Persero) dan Angkasa Pura II(Persero). 80% penumpang di Indonesia melewati 25 bandara tersebut. Wajar jika bandara menjadi infrastruktur yang vital bagi sistem transportasi dan perekonomian nasional.”

Namun apa kenyatannya kondisi saat ini bila anda landing di Sukarno Hatta Airport dan pesawat Anda mendapatkan parking di remote area, naik bus lalu ke arrival, dan tempat bagasi. Konyolnya bandara ini Soetta mengklaim dirinya sebagai bandara yang menuju level servis kelas dunia. Bila keluar mencari taksi favorit karena di ibukota hanya 1 atau 2 taksi yang dipercaya masyarakat, terjadilah antrian taksi sudah menunggu puluhan penumpang lainnya. 

Hawa sangat gerah karena kita harus menunggu di luar area. Bukan main hak-hak penumpang dan maskapai begitu mudah diabaikan utamanya dalam mendapat kenyamanan saat di bandara sementara otoritas bandara menaikkan airport tax tanpa sungkan sungkan walau dengan dalih menaikkkan level service ke penumpang. 

Per 1 Oktober airport tax untuk T3U naik menjadi rp.130.000 dari semula rp.60.000, bukan main kenaikkan airport t3u yang mendadak. Nampaknya memberatkan konsumen penerbangan tentunya. Demikian juga dengan penderitaan maskapai, utamanya di Bandara Soetta karena lambatnya antispasi perluasan dan tambahan run way ke 3, tak pelan tiap hari sampai dengan saat ini terjadi delays untuk take off, landing dan itu biaya terbuang untuk fuel burn, rata-rata dihitung biaya fuel burnt karena delay 10 juta rupiah per pesawat per delays.

Belum lagi informasi simpang siur dan mendadak dari airport otority saat pesawat mau landing, sering tiba-tiba terjadi perubahan aircraft akan parkir di garbarata dirubah mendapat parking stand di remote area. Ini sangat merugikan maskapai dan penumpang, karena akibatnya terjadi penurunan level service serta bisa juga kompalin dari penumpang maskapai karena seringnya terjadi perubahan parking stand di remote yang tidak menyenangkan penumpang apalagi penumpang tua dan ibu-ibu dengan bayinya, bikin repot.

Dalam keadaan fasilitas bandara yang basik saja masih banyak kekurangan, akankah dunia aviasi Indonesia akan siap bertarung dan berbenah menghadapi Asean Open sky dengan maskapai Negara tetangganya? Bila hal mendasar di bandara bandara kita saja masih banyak kekurangan. Belum lagi masalah binatang peliharaan penduduk lokal kadang masuk menerobos ke runway –di Indonesia timur hal tersebut adalah biasa yang sangat membahayakan keselamatan penerbangan mengingat rata-rata bandara di pelosok pagar pembatasnya seadanya atau boleh dibilang –bandara tiada berpagar. 

Maka tidak heran ICAO (International Civil Aviation Organization) organinasi dunia yang berwenang mengontrol keselamatan penerbangan dunia, menilai keselematan penerbangan niaga di Indonesia dinilai belum layak berdasar level kelas dunia .Bandara adalah wajah muka kita paling depan, bila maskapai-maskapai luar negeri (ASEAN) tahun 2015 memasuki wilayah kita dan membawa wisman Negara, alangkah malunya kita, gembar-gembor destinasi wisata kita adalah tujuan unggulan dunia, namun begitu landing di bandara kita, harus kehujanan di apron, naik turun bus dari remote area saat landing jam 22 malam, eskalator berjalan yang sangat pendek di terminal 3 Ultimate, anteran taksi yang panas dan yang antri berjibun, semua itu adalah pekerjaan rumah kita yang mendasar tapi sangat lambat penyelesainnya. Semoga kita cepat berbenah.

Oleh: Arista Atmadjati,SE.MM

Wadir Akpar Buana Wisata Yogyakarta


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Politik

HUT RI ke-74, Jokowi: NKRI Jangan Dikorbankan Karena Beda Pilihan Politik

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo berpesan agar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dijaga dan jangan sampai dikorbankan. Ia tidak ingin adanya konflik karena perbedaan pilihan politik. “Keutuhan Negara Kesat ...

DIY

PKL Gelar Upacara HUT RI di Malioboro

YOGYA, BERNAS.ID - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Kaki Lima di Kawasan Malioboro mengadakan upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 di depan gerbang Kantor Gubernu ...

Pariwisata

Warga Sleman Senang Alat Pertahanan Utama TNI Digeser ke JCM

SLEMAN, BERNAS.ID- Ada yang berbeda di halaman Jogja City Mall (JCM), siang ini, Sabtu tangal 17 Agustus 2019. Deretan alat utama sistem pertahanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tampak dipajang di jalan masuk utama mall dalam rangka memp ...

DIY

Unik, Seluruh Petugas dan Peserta Upacara Bernama Agus

JOGJA, BERNAS.ID- Upacara 17 Agustus 2019 di halaman Museum TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta kali ini sungguh unik. Istimewanya, para peserta dan petugasnya bernama Agus semua. Agus Raka, Ketua Komunitas Agus Bumi Indonesia mengatakan b ...

Politik

Bocoran dari Seorang Sahabat, Kaltim Jadi Ibu Kota RI yang Baru

JAKARTA, BERNAS.ID - Seorang sahabat yang berprofesi sebagai konsultan lingkungan hidup mendadak diperintahkan untuk ‘terbang’ ke Kalimantan Timur. Awalnya dia tidak tahu untuk kepentingan apa diperintahkan datang ke salah satu ...

Hukum dan Kriminal

Gara-gara Kasus Suap Impor Bawang Putih, Pejabat Kementan Dicopot

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) mencopot sejumlah pejabat di Ditjen Holtikultra yang diduga terkait kasus suap impor bawang putih. Pencopotan para pejabat itu bagian dari langkah mitigasi risiko. Kementan membantah ...

Ekonomi

Bekraf Siapkan Pelaku Startup Pemula agar Berdaya Saing dan Inovatif

SLEMAN, BERNAS.ID- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) 2019 di Convention Hall Fisipol, UGM, 16-17 Agustus 2019. Kegiatan ini diikuti sekitar 110 peserta dari penjaringan. Program BEKUP 2019 mer ...

Ekonomi

Wakil Walikota Minta Warga Jogja Manfaatkan Bulan Bebas Denda Tunggakan PBB

YOGYA, BERNAS.ID- Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta wajib pajak yang masih memiliki tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk memanfaatkan program Bulan Bebas Denda yang hanya berlaku selama Agustus 2019. &l ...

Lifestyle

Ribuan Motor Antik Siap Kumpul di Djogjantique Day 2019

YOGYA, BERNAS.ID- Komunitas Motor Antique Club Indonesia (MACI) Yogyakarta kembali menghadirkan event nasional bertajuk Djogjantique Day 2019. Ajang ini  akan berlangsung di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada 23-25 Agustus mendatang ...

Kesehatan

Fasilitas Olah Terbatas, Limbah Medis yang Menumpuk Ancam Kesehatan Masyarakat

SLEMAN, BERNAS.ID- Kuliah perdana Prodi Magister Ilmu Kemasyarakatan (IKM), FK-KMK UGM mengajak mahasiswa untuk membahas kebijakan pengolahan limbah medis dari rumah sakit dan fasilitas kesehatan masyarakat seperti puskesmas dan klinik. Par ...

Politik

Pancasila Sudah Tegas dan Final, Jangan Keseringan Dibahas Lagi

SLEMAN, BERNAS.ID - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta Pancasila tidak dijadikan tujuan, melainkan sebuah dasar yang perlu dipahami dan dihayati. Menurutnya, Pancasila sudah sangat tegas, tapi masih saja ada menafsirkannya berbeda s ...

DIY

Naik KA Prameks dan Batara Kresna Gratis saat HUT RI

YOGYA, BERNAS.ID - PT KAI siap menggratiskan tiket untuk sejumlah kereta lokal dan perintis selama satu hari bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Di Daerah Operasi 6 Yogyakarta ada dua kereta yang digratiskan, yakni ...

Politik

Pesan dari Buya Syafii untuk Jokowi: Cari Menteri yang Petarung

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertamu ke kediaman tokoh nasional, Syafii Maarif di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (15/8/2019) pagi. Dalam kesempatan itu, Buya Syafii menitipkan pesan ke JK untuk disampai ...

Pendidikan

JK Ingin Pembahasan Pancasila Tidak Dipersulit Agar Mudah Dipahami

SLEMAN, BERNAS.ID- UGM melalui Pusat Studi Pancasila kembali mengadakan Kongres Pancasila XI bertajuk "Aktualisasi Pancasila dalam Merajut Kembali Persatuan Bangsa" di Balai Senat, Kamis 15 Agustus 2019. Dalam Kongres Pancasila ...

Pendidikan

Menkominfo Gelorakan Perlawanan Terhadap Hoaks

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menggelorakan perlawanan terhadap hoaks (berita palsu) kepada masyarakat Indonesia karena berbahaya. Ia mencontohkan, Polsek di Madura yang dibakar massa gara-gara ...

DIY

BMKG Yogyakarta Sosialisasi Agroklimat untuk Ketahanan Pangan

JOGJA, BERNAS.ID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengadakan sosialisasi Agroklimat kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kabupaten Kulonprogo dengan total pe ...

Olahraga

Hidupkan Kembali Olahraga Tradisional, Kodim 0912/Kutai Barat Gelar Lomba Panahan Sumpit

KUTAI BARAT, BERNAS.ID - Kian memudarnya olahraga panahan sumpit di masyarakat menjadi perhatian tersendiri bagi Kodim 0912/ Kutai Barat. Guna melestarikan kembali budaya asli Kalimantan ini dan dalam rangka memperingati HUT RI ke 74, Kodim ...

Hukum dan Kriminal

Kemampuan Jenderal Polisi Bintang 2 Ini Dibutuhkan Pimpin KPK

JAKARTA,BERNAS.ID - Wakil Kepala Badan Reaerse dan kriminal Mabes Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Antam Novambar menjadi salah satu perwira aktif Polri yang sejauh ini lolos tahapan seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pember ...

Pendidikan

Di UPN, Menhan Ingin Ada Kurikulum Pancasila

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu menegaskan bahwa sudah menjadi tugas kita bersama untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa, terutama kalangan mahasiswa. Untuk itu, ia member ...

Budaya

Film "Bumi Manusia" Banyak Dikritik, Hanung Bramantyo Cuek Bebek

SLEMAN, BERNAS.ID - Hanung Bramantyo, sutradara film "Bumi Manusia" mengakui, sejak pemutaran perdana film "Bumi Manusia" di Surabaya, Jumat (9/8/2019) lalu, banyak kritik ditujukan kepadanya. Namun ia merasa cuek, karen ...

Politik

Demokrat Merapat Ke Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ?

JAKARTA,BERNAS.ID - Partai Demokrat membuka diri masuk dalam Kabinet Kerja jilid II yang akan segera dibentuk Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan, setelah dilakukan pembicara ...

Politik

Waketum Gerindra Sebut Penumpang Gelap Isapan Jempol

JAKARTA,BERNAS.ID - Kabar adanya penumpang gelap di kubu Prabowo kembali dibantah. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono menyatakan, tidak ada penumpang gelap yang selama ini berkembang. "Nggak ada, wong merek ...

DIY

Legislator PKB: Petani di Sleman Barat Sering Tidak Panen, Menderita

SLEMAN, BERNAS.ID- Wawan Prasetya, legislator dari PKB yang dilantik hari ini, Senin (12/8) di Pendopo Parasamya, Kabupaten Sleman mengatakan petani di Sleman sering tidak bisa panen, khususnya di daerah Sleman barat karena serangan hama ti ...

Politik

Pembentukan Fraksi Jadi Agenda Awal DPRD Kota Jogja Usai Dilantik

YOGYA, BERNAS.ID - Sebanyak 40 Caleg Terpilih DPRD Kota Yogyakarta dilantik dalam rapat paripurna pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Yogyakarta masa jabatan tahun 2019-2024, Senin (12/8/2019). Para anggota dewan yang baru menjadikan ...

Hukum dan Kriminal

Ibu Beranak 1 Raup Rp22 Juta dengan Modal Screenshot Transfer Palsu

SLEMAN, BERNAS.ID- Ibu beranak satu berinisial KH (23), warga Tegal Jawa Tengah harus berurusan dengan berwajib karena melakukan penipuan secara online melalui aplikasi Line terkait pembelian barang alat-alat rumah tangga, kosmetik, atau sp ...

Hukum dan Kriminal

Ngaku-ngaku Pemilik Galeri Batik Ternama, Warga Kalasan Tipu Korbannya Ratusan Juta

SLEMAN, BERNAS.ID- Seorang pria berinisial DH (41), warga Kalasan, Sleman, harus berurusan dengan hukum setelah melakukan penipuan melalui aplikasi chatting WhatsApp dengan mengaku sebagai pemilik usaha batik Hamzah Batik dengan total kerug ...

Pendidikan

Mahasiswa KKN UGM Hilang di Sungai Rungan Kalteng

JOGJA, BERNAS.ID- Humas Protokol Universitas Gadjah Mada (UGM) mengabarkan adanya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada (UGM) yang hanyut di Teluk Pulau Kaja atau Pelabuhan Sei Gohong, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Mi ...

Budaya

Joko Anwar Angkat Superhero Lokal Gundala ke Kancah Internasional

SLEMAN, BERNAS.ID - Film terbaru karya sutradara Joko Anwar,Gundala siap tayang pada 29 Agustus 2019 mendatang. Meskipun baru akan ditayangkan pada akhir bulan ini, film yang diangkat dari cerita karakter pahlawan super Indonesia gubahan ...

DIY

KAI ESPORT EXHIBITION Goes to Jogja 2019 Dibuka di JEC

BANTUL, BERNAS.ID - Gelaran KAI ESPORT EXHIBITION Goes to Jogja resmi dibuka pada Sabtu (10/8/2019) di Jogja Expo Center (JEC). Gelaran yang menjadi gelaran esport pertama yang diselenggarakan PT KAI ini merupakan perwujudan nyata o ...

Ekonomi

Ignite The Nation, Mesin Lokomotif Penciptaan Kreator Lokal dengan Karya Inovatif

SLEMAN, BERNAS.ID- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Ignite The Nation, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di GRHA Saba Pramana, Sabtu 10 Agustus 2019. Ignite ...

Lifestyle

Game Online Bisa Memberikan Hidup yang Lebih Menjanjikan bagi Milenial

SLEMAN, BERNAS.ID- Dulu bermain game identik dengan hal negatif bagi anak-anak karena membuat malas belajar. Kini, hal itu sudah berbalik 180 derajad karena semakin diapresiasinya para pemain setelah menorehkan prestasi di turnamen e-sport ...

Politik

Waspada Poros Baru, Rusak Poros Teuku Umar-Kertanegara

JAKARTA,BERNAS.ID - Berkembang wacana terbentuknya poros Kartanegara (kediaman Prabowo Subianto) dan Teuku Umar (kediaman Megawati), pasca pertemuan Prabowo dan Megawati. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono menyatakan,&n ...

Politik

Ada Nama Risma, Ini Daftar Pengurus DPP PDIP 2019-2024

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan dan melantik pengurus DPP PDIP Periode 2019-2024. Struktur pengurus tetap berjumlah 27 posisi. Pelantikan dilakukan di Grand Inna Bali Beach ...

Budaya

Ustadz Yusuf Mansur, Khatib Pada Sholat Idul Adha Di Masjid Istiqlal

JAKARTA,BERNAS.ID - Pemerintah resmi menetapkan perayaan Idul Adha jatuh pada Minggu (11/8/2019). Pada sholat Idul Adha yang digelar di Masjid Istiqlal, Ustadz Yusuf Mansur dijadwalkan menjadi khatib pada salat Idul Adha 1440 H ...

Politik

Survey Cyrus Network: 58% Responden Survei Setuju Ormas Anti Pancasila Dibubarkan

JAKARTA, BERNAS.ID - Cyrus Network merilis hasil survei nasional mengenai pendapat publik terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dari hasil survei menyatakan 47% publik menilai Pancasila sebagai alat perekat dan pemersat ...

Pendidikan

KSAD Saksikan 10 Formasi Simbol Persatuan Indonesia di UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Ribuan mahasiswa baru (maba), Universitas Gadjah Mada (UGM), membentuk formasi simbol persatuan setiap sila Pancasila dengan ukuran besar di Lapangan Pancasila, Grha Sabha Pramana. Sebanyak 8.408 maba UGM berkreasi membua ...

Politik

Prabowo Ikut Rapat dengan Parpol Pendukung Jokowi?

BALI, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengikuti pertemuan antara Jokowi dengan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Apa yang dibicarakan? Hal itu terungkap dari akun Facebook Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono ta ...

Daerah

Gara-gara Beda Pilihan Politik, Makam Dipindahkan

PALEMBANG, BERNAS.ID - Sebuah makam di Serigeni Lama, Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, dipindahkan keluarga karena alasan beda pilihan calon Kepala Desa (Kades). Camat Kayuagung Dedy Kurniawan mengatakan m ...

DIY

Mesjid Nur Maunah Gunungkidul Dapat Bantuan Sapi Berbobot 1 Ton dari Jokowi

JOGJA, BERNAS.ID- Mesjid Nur Maunah, Gunungkidul, Yogyakarta, mendapat kesempatan yang istimewa di hari Idul Adha nanti karena menerima bantuan sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa seekor sapi gemuk berwarna hitam jenis Simmetal s ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tetapkan Anak Buah Mega Sebagai Tersangka Suap Impor Bawang

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan I Nyoman Dhamantra sebagai tersangka kasus dugaan suap impor bawang putih. Selain Nyoman Dhamantra, KPK juga menetap ...

Politik

Sah, Megawati Jadi Ketua Umum PDIP Lagi

DENPASAR, BERNAS.ID - Megawati Soekarnoputri secara resmi dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024. Prosesi pengukuhan Megawati dilakukan tertutup dalam acara Kongres V PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bal ...

Hukum dan Kriminal

Suap Proyek Meikarta, Eks Presdir Lippo Cikarang Jadi Tersangka

JAKARTA, BERNAS.ID - Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto, ditetapkan sebagai tersangka kasus suap perizinan proyek Meikarta. Bartholomeus ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa KPK, namun tidak ditahan. Bar ...

Kesehatan

Perlu Deteksi Dini, Angka Autisme Meningkat Secara Global

SLEMAN, BERNAS.ID- Di Indonesia diperkirakan ada sekitar 4 juta orang menderita austisme. Autisme merupakan gangguan perkembangan otak yang ditandai dengan adanya gangguan dan kesulitan kepada penderita untuk berinteraksi sosial, kesulitan ...

Ekonomi

Wakil Walikota Yogyakarta : Gandeng Gendong bukan Program Belas Kasihan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema Peran Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan Lembaga Agama Islam dalam ...

DIY

Rangkaian Kemanunggalan TNI dan Rakyat di Sorosutan Diakhiri

YOGYA, BERNAS.ID - Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Jogja mengadakan upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Lapangan Sidokabul, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kamis (8/8/2019). Upacara d ...

Politik

Prabowo Hadiri Kongres V PDI P, Fadli Anggap Biasa Saja

JAKARTA,BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menghadiri Kongres V PDI Perjuangan di Bali.  Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, diundang dalam sebuah perhelatan internal partai itu hal bia ...

Hukum dan Kriminal

Titik Terang Viral Video Penjambretan Emak-emak

SLEMAN, BERNAS.ID- Sejak hari Selasa (6/8) lalu, masyarakat Yogyakarta dibuat penasaran terkait tempat, waktu, dan identitas emak-emak yang menjadi korban penjambretan dalam sebuah rekaman CCTV yang viral di akun Instagram Ndorobeii. Namun, ...

Hukum dan Kriminal

Pura-pura Akan Sedekah Anak Yatim, Kuras Isi ATM Korban

SLEMAN, BERNAS.ID- AB (56), warga Rungkut Kidul Surabaya dan AW (50), warga Sawahan Surabaya harus berurusan dengan hukum karena melakukan pencurian dengan pemberatan, menukar kartu ATM, lalu menguras isi saldo rekening korbannya. Kedua pel ...

Pendidikan

Menteri PPN/Bappenas Resmikan Peluncuran Sekolah Terintegrasi Berpola Asrama dan Demontrasi Telemedicine

JAYAPURA, BERNAS.ID – Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi fokus utama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Seluruh penjuru Indonesia, termasuk Papua, menjadikan kesejahteraan manusia sebagai fok ...

Politik

Sepertinya Megawati Bersedia Jadi Ketua Umum PDIP Lagi

DENPASAR, BERNAS.ID - Megawati Soekarnoputri mengisyaratkan dirinya bersedia memimpin kembali PDI Perjuangan selama lima tahun ke depan. Sikapnya ini sesuai dengan aspirasi dari seluruh DPD dan DPC PDIP. "Apakah Ibu Megawa ...