Berita Nasional Terpercaya

Hati-hati Menomorduakan Service

0

HarianBernas.com-Kadang banyak pebisnis yang kurang peduli dengan service, padahal service adalah faktor penentu dari apakah bisnis Anda terus ada atau malah bangkrut.

Kadang pebisnis lebih peduli dengan marketing dan sales karena hal tersebut yang berpengaruh langsung terhadap profit dari perusahaan. Namun, mereka tidak sadar bahwa pelayanan justru lebih berpengaruh terhadap profit di masa yang akan datang.

Marketing diartikan adalah soal bagaimana anda memancing calon pembeli.

Sales diartikan adalah soal bagaimana anda mengubah calon pembeli menjadi pembeli.

Service adalah soal bagaimana anda mengubah pembeli menjadi customer yang loyal (membeli berkali-kali)

Perhatikan perbandingannya. marketing hanya memancing pembeli dan belum tentu pembelinya beli. Sales membuat orang mau beli 1 kali dan belum tentu beli lagi. Servicelah yang membuat orang mau beli berkali-kali.

Artinya, servicelah yang perlu dibenahi, kenapa? Jawabanya, karena service yang membuat orang untuk membeli lebih banyak.

Selain itu, biaya yang digunakan untuk mencari customer baru jauh lebih besar dibanding biaya untuk mempertahankannya dengan memberikan pelayanan yang baik. Daripada harus memilih, tentu lebih baik  memilih dua-duanya. Marketing & salesnya bagus dan pelayanannya dahsyat. Dijamin bisnis Anda jauh lebih berkembang lagi.

Bagaimana menurut Anda?

Bagian mana yang Anda prioritaskan?

 

Salam dahsyat!!

Jansen Frank | Service Excellence Trainer

Bila Anda ingin mengundang saya sebagai Trainer di perusahaaan Anda ATAU bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari di WhatsApp Anda, silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: [email protected].

Leave A Reply

Your email address will not be published.