Berita Nasional Terpercaya

Dikecam Buat Komik dengan Tema Asusila, Komikus Jogja Kharisma Jati Akhirnya Minta Maaf

0

HarianBernas.com ? Dunia komik Indonesia baru saja dibuat heboh beberapa hari ini, karena unggahan komik bertema asusila oleh komikus eksentrik Kharisma Jati (K.Jati). Dalam seri God You Must Be Joking yang terbaru, ia menampilkan karya satir dengan tema “Rela melakukan apapun demi anak? yang menampilkan gambar seorang ibu yang memperkosa anak balitanya sendiri, memaksanya ejakulasi di wajahnya, dan akhirnya berak di wajah sang balita.

Komik karya Kharisma Jati yang diunggahnya secara publik lewat Twitter menjadi bermasalah karena mengangkat karakter ibu dan anak dari komikus lain, Sheila Rooswitha Putri.

Sheila Rooswitha Putri dan Kharisma Jati adalah sama-sama komikus, tapi memiliki tema dan karakter cerita yang berbeda satu sama lain. Jati biasa menampilkan gambar dan cerita yang bertema radikal dan menguji toleransi dari pembacanya. Sementara Sheila adalah komikus yang menunjukkan cerita dan gambar keluarga yang terkesan hangat dan harmonis.

Masalah muncul ketika karakter kreasi Sheila dimunculkan dalam Twitter @KoprofilJati yang lalu dihapusnya, setelah netizen kebanyakan memberikan respon miring. Meskipun ada yang mengapresiasi, banyak yang memberikan kecaman terhadap komik Kharisma Jati yang disebar ke sosial media itu, sampai-sampai muncullah tagar untuk menunjukkan aksi solidaritas terhadap Sheila dengan #temennyaEmbu. Embu adalah karakter kreasi Sheila yang dimunculkan dalam versi asusila di komik Jati.

Kemarin (2/11), Jati akhirnya mengeluarkan permohonan maaf secara resmi lewat status Facebooknya, mengakui kebodohannya karena membuat karya semacam itu.

?Dengan ini saya menyatakan permintaan maaf sedalam-dalam kepada Mbak Lala Sheila Rooswitha dan keluarga, juga kepada pihak-pihak yang telah tersinggung oleh karya saya, baik yang terdahulu maupun yang belakangan ini muncul. Atas sebab itu saya bersedia menanggung apapun konsekuensi atas tindakan saya tersebut,? tulis Jati.

Dengan adanya pernyataan tersebut ia berharap para netizen dapat saling mengerti pendirian masing-masing, mengerti apa yang benar dan salah, juga mengerti sebab dan akibat dari suatu keputusan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada teman-temannya yang telah mendukung saya selama ini.

?Saya telah merusak diri sendiri, merugikan keluarga & teman, demi apa saya juga tidak tahu. Hanya kebodohan yang bisa membuat saya seperti ini. Semoga tidak terjadi dengan teman-teman sekalian. Semoga teman-teman sekalian tercerahkan,? imbuh komikus asal Jogja itu.

Banyak netizen menyambut baik aksi permohonan maaf Jati ini. Namun, mereka tetap berharap Jati bisa menghasilkan karya-karya yang penuh keunikan dan mencerdaskan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.