Berita Nasional Terpercaya

Wisata Pahlawan yang Wajib Anda Coba

0

HarianBernas.com – Apakah Anda suka berwisata? Bagaimana dengan berwisata sekaligus mengenang jasa para pahlawan? Apa saja wisata sejarah hari pahlawan? 

Upacara dan seremonial memang telah melekat untuk memperingati hari pahlawan. Tetapi, Anda dapat pula mengisi Hari Pahlawan dengan wisata sejarah hari pahlawan untuk dapat mengenal para pahlawan secara lebih dekat. Setiap daerah mempunyai museum yang sesuai dengan peristiwa yang berkaitan. Sekarang ini, museum bukanlah menjadi tempat untuk meletakkan peninggalan benda-benda bersejarah, namun juga sebagai tempat berwisata dan berfoto bersama. 

Berikut ini beberapa tempat wisata sejarah hari pahlawan, seperti museum, yang memiliki kaitan dengan peringatan Hari Pahlawan Indonesia. 

Museum Satria Mandala
Wisata sejarah hari pahlawan yang pertama adalah museum Satria Mandala. Museum Sarria Mandala secara khusus adalah museum yang banyak menyimpan berbagai benda sejarah milik Tentara Nasional Indonesia pada masa perjuangan dahulu. Koleksi di museum ini tak hanya sekedar meriam tempur yang pernah digunakan untuk mengusir para penjajah saja tapi juga samapi pada koleksi kendaraan seperti helikopter sampai pesawat terbang yanh sempat dioperasikan pada masa penjajahan dapat Anda temukan di Museum Satria Mandala. 

Tidak mengherankan apabila Museum Satria Mandala sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk pemotretan dikarenakan koleksi kendaraan tempurnya yang sangat lengkap dan juga ikonik. Harga tiket untuk masuk ke Museum Satria Mandala pun sangat terjangakau. Museum Satria Mandala berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 14, Jakarta Selatan. 

Museum Perjuangan 10 November
Wisata sejarah hari pahlawan yang kedua yaitu Museum Perjuangan 10 November. Museum Perjuangan 10 November ini berada persis terletak di Jalan Pahlawan Surabaya. Lokasi Museum Perjuangan 10 November berdekatan dengan Satsiun Pasar Turi dan kantor Gubernur Surabaya. Tidak hanya kumpulan atau koleksi foto-foto kuno dan bersejarah saja. Melainkan, museum ini mempunyai beberapa koleksi barang milik salah satu pahlawan Indonesia yaitu Bung Tomi sampai koleksi senjata yang pernah digunakan oleh Bung Tomo semasa zaman perjuangan. 

Museum Fatahilah
Wisata sejarah hari pahlawan yang ketiga yaitu Museum Fatahillah. Museum Fatahillah ini menjadi salah satu tempat yang paling instagrammable di Jakarta. Lokasi dari Museum Fatahillah sangat mudah untuk diakses baik dengan menggunakan Commuter Line dari Stasiun Kota ataupun dapat pula dengan menggunakan Transjakarta. Anda hanya perlu berjalan kaki sesaat untuk dapat sampai ke Museum Fatahillah yang terletak di Jakarta ini. Sesuai dengan namanya, museum ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah Jakarta. 

Tak hanya itu saja, Anda dapat pula melihat koleksi sejarah, Anda dapat pa piknik bersama dengan keluarga tercinta Anda dengan menyewa sepeda tua, atau dapat pula berfoto ria dengan patung-patung manusia yang didandani dengan aksesori dari para tentara dengan seragam tentara tempo dulu. 

Museum Sumpah Pemuda
Wisata sejarah hari pahlawan yanh keempat yaitu Museum sumpah Pemuda. Museum Sumpah Pemuda ininlah yang menjadi sebuah saksi bisu tentang bersatunya perbedaan para pemuda dari berbagai suku bangsa dan etnis. Museum ini terletak di Jalan Kranar Raya, Jakarta Pusat. Selain diorama dan lukisan. Anda dapat pula melihat kembali urutan dari peristiwa Sumpah Pemuda secara utuh lewat berbagai bukti yang hingga kini masoh terawat dengan baik. 

Museum Bahari
Wisata sejarah hari pahlawan yanh kelima adalah Museum Bahari. Tempat ini merupakan cikal bakal perdagangan kota Batavia selama masa VOC. Museum ini dulunya hanyalah sebuah gedung penyimpanan untuk meletakkan hasil bumi dan siap untuk dikirim kd luar negeri. Lokasi dari museum ini sangat dekat dengan Sunda Kelapa, Pasar ikan, Jakarta Utara. Di museum Bahari Anda dapat melihat langsung tentang replika Pinisi yang sangat membanggakan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.