Berita Nasional Terpercaya

Membaca “Kelebihan” Karakter Melankolis

0

HarianBernas.com – Dalam rangka sertifikasi DISC, saya membaca buku mengenai DISC. Saat membaca ada 1 statement yg menarik hati saya yaitu :

“Although they may be very effective in solving complex problems, they may spend far too much time analysing simple issues”.
(terjemahan : Walaupun mereka sangat efektif untuk memecahkan masalah-masalah yang kompleks, tetapi terkadang mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menganalisa hal-hal sederhana)

Karakter dominan saya adalah Cermat/ C/ Melankolis.
Saat baca tulisan diatas, saya nyengir-nyengir meringis, karena saya pernah mengalami situasi yang seperti itu.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Bagi saya, untuk menganalisa hal kompleks, itu sebuah tantangan & sangat menarik. Saya bisa berdiam diri di depan komputer/ kertas untuk menganalisa dan membuat rencana. (kemarin saat kembali dari bali – flight sekitar 1,5 jam – yang saya lakukan adalah membuat rencana untuk perusahaan training yang akan saya rintis tahun depan. semua langkah sudah dibuat dengan cukup rapi hingga bulan Juni tahun depan).

Saya pernah ikut meeting yang bahasannya berputar-putar selama lebih dari 1 jam, saya putuskan untuk mengerjakan hal lain di laptop saya. Ketua meeting (setelah beberapa lama frustasi) akhirnya memanggil saya n bertanya, “koq ga komentar. menurut kamu gimana?”

Saya cuma jawab “Lah, ini sudah dibahas di meeting sebelumnya. Sekarang cuma muter-muter aja. Keputusan kan sudah diambil seperti ini.. bla bla bla”. Saya jelaskan dengan singkat, jelas dan padat. Setelah itu, ketua rapat menggangguk-angguk & topik itu selesai. Kita bisa (akhirnya) melanjutkan ke topik yang lain.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Saya juga pernah, diminta melakukan analisa terhadap sebuah usaha milik teman , dia pusing untuk manage, setelah dia curhat selama lebih dari 2 jam, saya bilang “Okay, ga usah pusing. jadi begini… bla bla bla”…  Dan dia gantian bingung, masalah yang kelihatannya kompleks, dapat terurai dalam waktu singat dengan jelas dan gamblang.

TETAPI, dalam memutuskan hal-hal sederhana, terkadang saya over-analyze
Kisahnya begini, sewaktu saya mau membeli flashdisk baru, saya diberikan 2 merk, merk K & S. Kedua-duanya mirip, sama-sama merk ternama, yang satu sistemnya di putar, yang satu ditekan masuk. Yang satu lampunya hijau, yang satu lampunya orange. Harga kurang lebih sama. Kualitas kurang lebih sama.

Saya butuh waktu 10 menit untuk memutuskan mau beli yang mana. itu pun saat udah ambil keputusan, masih ragu-ragu…. hihihi…. (istri saya sampai bingung, lah ini mo beli flashdisk doang, bukan mo milih paket menikah, lama bingits)

Yah, itulah salah satu “kelebihan” orang dengan karakter Cermat/ Melankolis. Bisa menganalisa hal yang kompleks dalam waktu singkat,
Tapi untuk analisa hal sederhana, kadang butuh waktu terlalu lama..

Ini ceritaku. Apa ceritamu?

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

Leave A Reply

Your email address will not be published.