Berita Nasional Terpercaya

Ada Santa Claus di Bawah Laut Manado?

0

MANADO, HarianBernas.com ? Puluhan penyelam yang mengenakan kostum topi Santa Claus memadati Pantai Kalasey, Kecamatan Mandolan, Minahasa, pada Sabtu (3/12/16). Santa Claus itu datang dari berbagai komunitas selam di Sulawesi Utara.

Ada 54 penyelam sibuk mengangkat meja jaring besi yang di atasnya sudah terdapat beberapa semen. Mereka akan menanam koral di dasar Laut Manado yang menjadi bagian dari 40 tahun Nusantara Diving Center serta reuni alumni 2016.

“Selain melakukan monitoring dan transplantasi koral, kami juga melakukan bersih-bersih di laut dan pantai selama dua hari, Ibadah Pra Natal dan doa bersama untuk pioner penyelam di Sulut, almarhum Loky Herlambang,” jelas koordinator perayaan 40 tahun Nusantara Diving Center (NDC) Ferry Kamu.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan cara untuk menjaga laut. Selain itu, hal yang paling sederhana adalah para penyelam dilarang menginjak koral bahkan merusaknya. Lebih lanjut, transplantasi koral dilakukan di kedalaman sekitar 10 hingga 12 meter di spot Marinir yang ada di Pantai Kalasey, Minahasa. Kegiatan berlangsung selama 50 menit.

Menurut laporan koordinator kegiatan transplantasi koral, Maxi Jeger menjelaskan pertumbuhan koral di spot Marinir termasuk cepat. Ia menyampaikan kini pertumbuhannya bisa mencapai 5 centimeter dan sudah menjadi rumah ikan-ikan.

?Empat meja jaring baru juga sudah kami tanam di area sana,” jelas Maxi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.