Berita Nasional Terpercaya

WOW! Destinasi Wisata Keren Ini Dulunya Lokasi Bencana

0

Harianbernas.com – Bencana merupakan tragedi dalam hidup seseorang. Biasanya bencana selalu datang dengan diikuti dusta nestapa dan tangis kesedihan. Kenangannya selalu dijadikan sebuah catatan kelam tersendiri yang akan sulit untuk dilupakan masyarakat. Namun dari bencana alam yang terjadi Anda bisa mengambil hikmah bahwa dibandingkan alam semesta, manusia bukan apa-apanya.

Berbeda dengan bencana kemanusiaan, hal ini akan menunjukkan bahwa perbuatan manusia terkadang lebih kejam dibandingkan bencana alam.

Walaupun Anda terpaksa mengingat kenangan dan menghormatinya, namun lokasi bencana rupanya mampu menjadi sebuah destinasi wisata. Berikut ini adalah berbagai tempat yang dahulu terkena bencana dan sekarang menjadi destinasi wisata.

1. Wisata Rumah Teletubbies Di Dusun Nglepen Prambanan

Bagi Anda yang pada tahun 90-an hingga awal 2000, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya acara teletubbies. Dalam acara teletubbies terdapat sebuah rumah yang rupanya juga terdapat dalam dunia nyata. Rumah teletubbies ini terletak di sebelah selatan kompleks Candi Ratu Boko.

Rumah ini merupakan sebuah rumah tahan gempa yang dibangun pada tahun 2006 lalu. Rupanya di sekitar rumah domein tersebut ditanam berbagai pohon agar lingkungan semakin rindang. Totalnya terdapat 71 rumah domei yang terdapat di dusun ini. Dengan mengganti ongkos biaya sebesar Rp120.000 tiap malam, Anda sudah bisa menikmati berbagai hal. di sini

2. Museum Sisa Hartaku Di Jogja Dan Padang Pasir Merapi

Untuk mengingat letusan besar merapi pada tahun 2010 lalu, Anda bisa mengunjungi museum sisa hartaku dan padang pasir merapi. Pada tahun 2010, letusan merapi merupakan salah satu letusan yang sangat dahsyat dari gunung berapi teraktif.

Awan panas dan lava pijar terus bermunculan dan membuat setidaknya 353 orang tewas. Mbah Maridjan yang merupakan Juru Kunci Gunung Merapi juga ikut tewas. Akibatnya di sisi selatan gunung merapi muncul lautan pasir akibat erupsi ini.

Walaupun letusan gunung merapi dianggap sebagai bencana, masyarakat enggan untuk menjadikan daerah ini sebagai daerah terkutuk. Justru mereka menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi wisata.

3. Porong Sidoarjo

Masyarakat Porong Sidoarjo tidak mau berdiam diri melihat hartanya habis. Sehingga mereka merubah lokasi bencana lumpur menjadi sebuah tempat wisata. Anda bisa merasakan bagaimana tradisi bencana tersebut ketika Anda mengunjungi daerah ini.

Bencana lumpur ini sudah terjadi 10 tahun yang lalu. Semburan lumpur yang muncul rupanya berhasil menengelamkan 16 desa. Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk memperbaiki hidupnya. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah lokasi bencana menjadi lokasi wisata.

Diberbagai titik Anda bisa melihat terdapat patung dengan posisi tenggelam atau bahkan nyaris tenggelam. Patung-patung ini merupakan karya instalasi seniman yang pernah menggelar pameran disana. Yang terbaru merupakan Pulau Sarinah. Pulau ini muncul akibat lumpur sudah mengering. Di pulau baru ini masyarakat berniat untuk menanam berbagai tumbuhan.

4. Kapal Nelayan Yang Tersangkut Pada Atap Rumah

Tidak ada yang bisa melupakan bagaimana dahsyatnya Tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu. Tsunami ini berhasil mengempaskan berbagai benda lautan ke daratan. Bencana ini berhasil membuat setidaknya 230000 orang tewas.

Tsunami Aceh rupanya dipicu oleh gempa yang berkekuatan 8,3 skala liter di laut samudra hindia. Selanjutnya gempa ini berhasil memicu tsunami pada 14 negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak yang paling parah.

Untuk mengenang juga peristiwa ini, banyak lokasi bencana di Aceh yang dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Salah satunya ialah kapal diatas rumah. Kapal ini merupakan salah satu kapal nelayan yang terhempas di daratan ketika tsunami terjadi. Destinasi wisata ini diberi nama Kapal Apung Lampulo. Pemerintah kota Aceh sengaja mempertahankan kapal ini sebagai monumen peringatan tsunami Aceh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.