Berita Nasional Terpercaya

Hati-hati! Perlakuan Ini Bisa Ganggu Psikologis Anak Anda

0

HarianBernas.com ? Orang tua pasti menginginkan dapat memberikan yang paling baik untuk sang anak. Terkadang apa yang Anda anggap itu baik mendatang dapat berdampak tidak baik untuk anak Anda terlebih permasalahan psikologinya.

Perlakuan yang buruk atau tidak baik akan tertanam ke dalam alam bawah sadar sang anak serta akan selalu menempel di dalam benaknya. Menu saja hal ini akan dapat mengembangkan sifat buruk pada anak Anda nantinya.

Bisa jadi anda tidak menyadari telah melakukan kesalahan di dalam mengajari anak Anda sendiri. Kesalahan itu ternyata dapat berakibat buruk untuk psikologi sangat. Untuk mengetahui lebih jelas apakah yang dapat mengganggu psikologi anak, Inilah 4 hal yang dapat mengganggu psikologi anak anda,

Mengkritik dengan kata-kata yang menjatuhkan mentalnya

Hindarilah untuk mengkritik atau menghakimi berbagai hal yang telah dilakukan oleh anak-anak. Bisa jadi ia tidak mengerti mana yang baik dan mana yang salah. Seandainya Anda tidak menyukai apa yang dilakukan olehnya, maka ucapkanlah kata-kata yang tidak menghakimi atau membuat dia drop.

Jika ingin mengkritik anak Pilihlah kata-kata yang membangun serta bijak dan bukan kata yang menjatuhkannya. Karena ketika anda selalu mengkritik apa yang dilakukannya terus-menerus maka ia akan cenderung gampang menyerah. Anda pasti tak ingin mempunyai anak tak mempunyai daya juang yang tinggi kan?

Menyuap sang anak dengan bentuk apapun

Sebaiknya hindari untuk membujuk anak anda dengan cara menyuap sebagai contohnya dengan memberikannya hadiah. Dengan menjanjikan sesuatu atau juga memberikan insentif supaya anak anda bisa meraih sesuatu hal sebelum Ia melakukan apa yang ditargetkan tentu hal tersebut akan mengajarkan kepadanya bahwa pembelajaran yang ia peroleh itu tidak ada manfaatnya.

Kalau Anda memang ingin memberikannya bahagia maka berikanlah ketika sang anak benar-benar telah mencapai sesuatu dan hindari sebelum anak memperoleh apa yang dicapainya.

Membanding-bandingkan anak anda dengan anak yang lain

Jangan pernah membandingkan anak anda dengan anak yang lain. Selalu camkan di dalam benak Anda jika setiap anak itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, apa yang anak anda lakukan belum tentu anak orang lain bisa dan hal itu juga sebaliknya. Yang paling penting bagi Anda yang membantu anak anda untuk membandingkan dirinya sendiri dengan pencapaiannya di masa lalu dan di masa sekarang.

Dengan cara ini ia akan dapat mengevaluasi dirinya sendiri, apa yang telah Ia kerjakan dan membawa hal yang positif untuk dirinya serta apa yang telah Ia kerjakan dan membawa hal negatif untuk dirinya. Dari sinilah ia akan dapat mengenal dirinya sendiri dan tidak merasa tertekan dengan orang lain. Cara ini akan lebih efektif untuk membuatnya berkembang lebih optimal.

Tidak mau memberikan pilihan kepada sang anak

Pada saat Anda tak pernah memberikan opsi atau pilihan pada sang anak makan itu akan membuatnya tidak mempunyai inisiatif. Jika hal ini terus dibiarkan maka ia pun tidak akan menjadi dewasa atau pun mandiri nantinya.

Coba untuk membiasakan selalu menawarkan pilihan pada anak di dalam setiap kesempatan. Mulailah dari hal yang simpel seperti memberikan pilihan ketika hendak memakai baju, dapat pula membuat Kania pilihan tentang makanan apa yang hendak dimakannya. Dengan cara ini ia pun dapat belajar bagaimana mempunyai sebuah tekad serta keteguhan hati demi mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.