Berita Nasional Terpercaya

Ingin Liburan di Australia? Kenali Dulu Negara Bagiannya Supaya Tak Tersesat

0

HarianBernas.com ? Australia menjadi salah satu negara favorit masyarakat Indonesia yang ingin pergi berlibur ke luar negeri. Berbagai pemandangan yang indah serta objek wisata yang menakjubkan membuat Negeri kangguru ini mempunyai daya tariknya tersendiri.

Namun untuk menambah keasyikan anda menjelajahi negara ini maka tak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam beberapa negara bagian Australia, sehingga Anda dapat menentukan lebih detil berita yang enak dikunjungi.

Australia terdiri dari 6 negara bagian dan 2 territory. Jika dilihat dari Besarnya jumlah penduduk maka urutan dari negara bagian dan teritory tersebut ialah New South Wales, Victoria, Queensland, Western Australia, South Australia, Tazmania, Australian Capital Territory dan northern territory.

New South Wales

Negara bagian pertua populasi yang sangat padat dan merupakan daerah pertama yang dikembangkan oleh bangsa Eropa. Sydney sebagai ibukotanya merupakan kota Kosmopolitan yang menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2000 dan di tahun 2015 yang lalu menjadi peringkat ketujuh untuk the World Most Livable Cities atau kota paling nyaman untuk ditinggali berdasarkan badan survei the economist intelligence Unit.

Kota ini mempunyai pelabuhan alami yang menunjukkan serta pindah yakni Sydney Harbour di mana terdapat Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Dua kota terbesar lainnya di New South Wales setelah Sidney ialah Newcastle dan Wollongong.

Jika berbicara iklim, iklim di Negara bagian ini Tidaklah terlalu panas ataupun terlalu dingin rata-rata temperaturnya ialah 12 derajat Celcius sampai 21 derajat Celcius.

Victoria

Victoria merupakan negara bagian paling kecil di Australia namun merupakan bagian kedua terpadat penduduknya. Ibukota dari Victoria adalah Melbourne yang merupakan kota Kosmopolitan kedua paling besar setelah Sidney. Kota ini pernah menjadi ibu kota Australia tahun 1901 sampai dengan 1927.

Dengan indahnya perpaduan gedung bergaya Victoria dan gedung pencakar langit yang modern maka di tahun 2015 Kota ini merupakan kota di peringkat pertama untuk kategori the World Most Livable Cities atau kota paling nyaman untuk ditinggali menurut badan survey the economist intelligence unit.

Iklim di Negara bagian ini sekitar 15 derajat Celcius sampai 30 derajat Celcius dengan cuaca yang sedikit sulit ditebak negara bagian ini pun mempunyai julukan kota dengan empat musim hanya dalam satu hari.

Queensland

Negara bagian kedua paling besar dan mempunyai penduduk paling padat ketiga ini mempunyai dua kota yang tidak asing lagi di Brisbane sebagai ibukotanya dan Gold Coast dimana Warner Bros dan Movie World.

Q1 building menjadi gedung paling tinggi di Australia dan juga merupakan gedung residensial paling tinggi di dunia juga terletak di Gold Coast. Iklim di Negara bagian ini berada di sekitar 14 derajat Celcius sampai 29 derajat Celcius.

Western Australia

Western Australia merupakan negara bagian paling besar, dengan luas wilayah meliputi sepertiga dari benua Australia. Perut sebagai ibu kotanya berada di peringkat ke-9 untuk kategori the World?s Most Livable Cities atau kota paling nyaman untuk ditinggali berdasarkan survey 2015 oleh the economist intelligence unit.

Negara bagian ini sangat kaya dengan hasil pertambangannya seperti besi, alumunium, minyak bumi dan gas. Negara bagian ini juga sangat kaya akan hasil pertanian dan perternakan seperti halnya wol, gandum, daging domba dan sapi perah.

Iklim di Negara bagian ini rata-rata sekitar 15 derajat Celcius sampai 27 derajat Celcius di mana tropis di bagian utara dan lebih bervariasi di bagian selatan karena mempunyai empat musim.

South Australia

Negara bagian ini mempunyai ibukota di Adelaide dengan ekonomi paling besar di bidang industri, teknologi pertahanan dan juga penelitian. Pabrik general motor Holden perusahaan mobil Australia juga letaknya di negara bagian ini.

Olahraga yang paling digemari di Australia adalah Australian football atau dikenal dengan sebutan Australian Rules atau Footy dengan jumlah partisipan paling banyak dari wilayah ini. Adelaide berada di peringkat ke-5 dalam kategori the world?s most livable Cities atau kota paling nyaman untuk ditinggali menurut survei paling baru tahun 2015 oleh the economist intelligence unit. Iklim di Negara bagian ini berkisar di antara 15 derajat Celcius sampai 29 derajat Celcius.

Tasmania

Tasmania adalah sebuah pulau yang letaknya di sebelah selatan dari daratan Australia dengan ibukotanya bernama Hobart. Sejak tahun 2002 Pulau ini bisa diseberangi dari Melbourne dengan kapal Ferry bernama spirit of Tasmania dengan durasi 10 jam sampai Hobart, jika memakai pesawat terbang maka waktu tempuhnya hanya 1 jam.

Australian Capital Territory

Negara bagian ini merupakan pusat pemerintahan Australia dan tempat kedutaan besar asing berada. Canberra adalah ibukota negara Australia yang berada di negara bagian ini. Australian Capital Territory mengalami 4 musim di setiap tahunnya, yakni hangat di musim gugur, panas kering di musim panas, sejuk di musim gugur, dingin, terkadang bersalju di musim dingin.

Northern Territory

Negara bagian ini mempunyai keadaan alam yang bervariasi dari jajaran batuan-batuan yang polos, ngarai yang besar, bukit-bukit pasir yang luas, Laguna yang dalam, sungai, jurang serta bukit-bukit batu yang tinggi.

Ibukota Northern Territory dialah Darwin dan kota di Australia inilah yang paling dekat dengan Indonesia. Iklim di Negara bagian ini berkisar antara 11 derajat Celcius sampai 35 derajat Celcius.

Jika berbicara tentang masyarakat Australia, maka penduduk negara ini berjumlah lebih dari 22 juta jiwa dan sebagian besar tinggal di beberapa kota Sepanjang pesisir bagian timur yang menghadap Samudra Pasifik.

Jika melihat dari keturunan penduduk Australia maka sebagian besar merupakan keturunan Inggris dan Irlandia. Kemudian ada juga keturunan Skotlandia, Italia, Jerman dan Tiongkok. Tentu saja itu semua menjadikan  Australia menjadi negara dengan aneka macam budaya.

Sedangkan untuk transportasi di Australia bisa dibilang negara ini telah mempunyai sistem transportasi umum yang sangat luas dan juga baik. Seperti halnya bis, kereta api, kapal feri, dan tram untuk kota seperti ini adalah Melbourne, Adelaide dan Sidney.

Fakta menarik tentang Australia ialah negara ini mempunyai lebih dari 6 ribu spesies lalat, lebih kurang 4 ribu spesies semut dan sekitar 350 spesies rayap di Australia. Selain itu karakter kartun yang terkenal yakni Tasmanian Devil memang benar-benar ada dan mempunyai kekuatan rahang sama seperti kekuatan rahang buaya.

Selain itu, di Australia terdapat pula Great Barrier Reef dimana menjadi pembangunan organik paling besar di bumi. Ada juga objek wisata yang terkenal di Australia yakni Sydney Opera House yang mempunyai otot dengan berat lebih dari 161 ribu ton.

Itulah beberapa hal menarik tentang Australia yang perlu Anda ketahui. Ada baiknya sebelum menjadikan Australia sebagai tempat liburan anda maka kenalilah berbagai hal yang menarik di negara kangguru ini. Dengan hal tersebut membuat anda semakin menikmati waktu liburan di negara tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.