Berita Nasional Terpercaya

Wisata Alam di Lampung yang Tidak Boleh Ketinggalan untuk Dikunjungi

0

HarianBernas.com – Ketika Anda mendengar kata Lampung, apa yang akan Anda pikirkan? Lampung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keindahan wisata alam. Banyak yang bilang bahwa Lampung merupakan surganya indonesia. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Lampung, maka tidak boleh melewatkan wisata alam di bawah ini.

1. Teluk Kiluan

Apa Anda ingin melihat lumba-lumba? Anda bisa berkunjung ke Teluk Kiluan untuk melihatnya. Teluk Kiluan menjadi salah satu tujuan observasi lumba-lumba di alam lepas. Adanya lumba-lumba di Teluk Kiluan rupanya sudah menyebar hingga ke kalangan turis mancanegara.

Bahkan teluk Kiluan menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer bagi kalangan backpacker. Untuk sampai ke Teluk Kiluan, rupanya Anda harus melewati rute yang cukup ekstrim. Teluk Kiluan ini terletak di pekon atau desa Kiluan Negeri, kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Dari Bandar Lampung Anda membutuhkan waktu 3 sampai 7 jam perjalanan untuk sampai ke desa ini. Perjalanan ditempuh dengan melewati rute perbukitan. Anda akan melewati teluk betung, markas, lempasing, desa bawang kelumbayan, padangcermin, dan sampai di Pekon Kiluan negeri. Sayangnya di desa ini sama sekali belum tersentuh jaringan PLN. Anda tidak akan menemukan sinyal pada smartphone Anda sebelum Anda naik ke atas bukit.

Salah satu hal yang mampu membuat Teluk Kiluan menarik adalah peran dari masyarakat yang sangat dominan. Di sini banyak warga yang menyediakan rumahnya untuk homestay bagi para pendatang. Salah satu mata pencaharian masyarakat di desa ini adalah peternak udang lobster, nelayan, menyewakan perahu, menyewakan alat snorkling, dan menyewakan alat alat untuk memancing.

2. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang adalah sebuah pulau yang ada di kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang sendiri terbagi jadi dua yaitu pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar.

Sesampainya di Pulau Pahawang Anda akan melihat berbagai keindahan alam yang tak tertandingi. Anda akan melihat pasir pantai yang putih, bukit dengan pepohonan yang hijau, dan air laut yang jernih dan segar. Bagi Anda yang hobi untuk snorkling, tidak usah ragu untuk melakukannya di sini. Di Pulau Pahawang ini terdapat sebuah jembatan alami yang dikenal dengan tanjung putus. Tanjung Putus inilah yang menghubungkan antara pulau Pahawang Kecil dengan Pulau Tanjung Putus. Sayangnya Anda hanya bisa melihat Tanjung Putus ketika air laut sedang surut.

Untuk berkeliling Pulau Pahawang, Anda perlu membayar ongkos sebesar rp 450.000. Anda sudah mendapatkan satu paket wisata yaitu mengunjungi Pulau Pahawang, snorkeling di Pulau Pahawang, berkunjung ke Pulau Kelagian Lunik, Pulau Kelagian, dan berbagai pulau yang ada di sekitar Pulau Pahawang. Dari Bandar Lampung Anda hanya memerlukan waktu 1 jam untuk sampai ke pelabuhan Ketapang.

3. Festival Krakatau

Salah satu perhelatan kebudayaan yang cukup terkenal dari provinsi Lampung adalah festival Krakatau. Setiap tahun festival Krakatau rutin diadakan. Festival Krakatau memamerkan berbagai tradisi dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Lampung. Selain itu festival Krakatau juga menjadi ajang promosi potensi pariwisata  kota dan kabupaten yang ada di Lampung.

Festival Krakatau juga diisi dengan atraksi seni tradisional, berbagai lomba, karnaval, dan pameran. Sejak tahun 1990, festival Krakatau sudah mengalami berbagai revisi. Sehingga jangan heran jika dari tahun ketahun terdapat beberapa perbedaan pada acara yang akan ditampilkan. Karnaval sendiri akan dimeriahkan dengan parade busana tradisional dari Suku Saibatin dan Pepadun. Kedua suku ini merupakan suku yang besar di Lampung. Salah satu kekasan seni tradisional Lampung adalah kesenian topeng tradisional tuping dan sakura.

Leave A Reply

Your email address will not be published.