Berita Nasional Terpercaya

Saat yang Tepat Untuk Membeli Tiket Akomodasi Liburan

0

HarianBernas.com – Akhir tahun semakin dekat, tentu saja membuat banyak orang akan memulai merayakan libur natal dan menyambut datangnya tahun baru. Tentu saja semua orang tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Agar tidak kehabisan tiket atau kenal tiket dengan harga mahal, banyak orang sudah memesan tiket perjalanan atau penginapan sejak jauh-jauh hari.

Pada sebuah agen perjalanan di Indonesia, pada akhir tahun 2016 lalu terdapat sekitar 60 juta pencarian penerbangan yang terjadi dalam kurun waktu 1 bulan. Negara yang menduduki peringkat pertama yang paling sering dicari adalah Hongkong, diikuti Paris dan Jeddah. Diperkirakan pada tahun 2017 ini wisatawan asal indonesia memilih Australia, Singapura, dan Thailand untuk destinasi wisata yang paling dinikmati untuk menghabiskan waktu liburan.

Berikut ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memesan tiket akomodasi dan perjalanan agar tidak perlu menguras kantong.

1. Mempertimbangkan faktor cuaca di negara tujuan

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum pergi berlibur adalah cuaca di tempat tujuan. Jangan sampai Anda kecewa karena cuaca yang ada di tempat tujuan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Apabila Anda ingin berlibur ke negara yang memiliki dua musim, maka Anda harus berantisipasi musim hujan dan musim panas.

Musim panas terjadi pada bulan maret hingga september. Sedangkan musim hujan terjadi di bulan Oktober hingga Februari. Hal ini berbeda apabila Anda ingin mengunjungi negara yang memiliki empat musim. Musim dingin akan datang di bulan Desember hingga Maret di negara belahan utara. Sedangkan di negara belahan selatan musim dingin datang di bulan Juni hingga September.

2. Mengenali siklus booking tiket

Pada dasarnya harga dari tiket perjalanan baik laut, darat, dan udara dipengaruhi oleh permintaan para wisatawan terhadap waktu berkunjung dan destinasi tujuan. Kedua hal ini menjadi komponen utama untuk menentukan harga tiket perjalanan. Sehingga Anda juga harus berhati-hati untuk membeli tiket disaat musim liburan.

Anda harus pintar-pintar mencari potongan harga dan diskon ketika membeli tiket perjalanan di musim liburan. Biasanya harga tiket perjalanan di musim liburan melambung cukup tinggi.

3. Mengatur jadwal perjalanan dengan cerdas

Sebelum memesan tiket perjalanan, Anda harus mengatur jadwal perjalanan dengan cerdas. Usahakan agar Anda tidak membeli tiket perjalanan pada peak season ( tanggal merah, hari raya keagamaan, dan liburan sekolah). Ketika Anda memesan tiket pada hari-hari tersebut biasanya akan sedikit diskon atau penawaran yang diajukan.

Namun ketika Anda membeli tiket di luar hari-hari tersebut maka Anda akan mendapatkan berbagai promo dan diskon. Tidak hanya harga tiket perjalanan yang lebih murah, Anda juga akan terhindar dari kepadatan yang kemungkinan terjadi di destinasi wisata Anda.

4. Mencari tahu tentang berbagai festival yang sedang diselenggarakan

Agar liburan Anda terasa berkesan, Anda bisa mencari tahu berbagai festival yang biasa diselenggarakan oleh tempat yang Anda kunjungi. Misalnya apabila Anda ingin liburan ke Bali, maka berliburlah di bulan mei sampai oktober. Karena pada bulan-bulan ini cukup banyak festival menarik yang diselenggarakan oleh masyarakat pulau bali.

5. Mengenali berbagai jenis penginapan

Penginapan terbagi menjadi 4 jenis (hotel, hostel, guest house, dan villa). Hotel merupakan akomodasi yang dikelola secara komersil. Hotel sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis dengan konsep bangunan yang berbeda-beda. Biasanya hotel memiliki pelayanan yang lebih lewah dibandingkan jenis penginapan lainnya.

Untuk hostel merupakan akomodasi penginapan yang mirip seperti asramah. Karena setiap kamar biasanya terdapat ranjang susun yang bisa menampung 20 orang. Apabila Anda memesan hostel, biasanya Anda akan mendapatkan harga yang murah. Bagi Anda yang berlibur dengan cara backpacker, maka sangat cocok untuk memesan hostel.

Sedangkan guest house merupakan sebuah penginapan yang bentuknya seperti rumah. Biasanya pihak guest house akan merancang penginapan sedemikian rupa agar pengunjung merasa seperti berada di rumah sendiri. Biasanya guest house banyak ditemukan di pinggir kota. Sedangkan untuk villa merupakan akomodasi penginapan yang cukup mewah dan luas.

Bagi Anda yang berlibur untuk mencari ketenangan dan bersama dengan keluarga, maka sangat cocok untuk menyewa sebuah vila. Biasanya bila dikelola oleh sebuah perusahaan, grup, maupun perorangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.