Berita Nasional Terpercaya

Telaga Rambut Monte, Wisata Alam Indah di Kota Tempat Dimakamkannya Sang Proklamator

0

HarianBernas.com – Salah satu provinsi yang memiliki kabupaten dan kota terbanyak di indonesia adalah Jawa Timur. Selain itu, Jawa Timur juga memiliki berbagai wisata alam yang menarik. Tidak hanya terkenal dengan kota Malang yang memiliki Pulau Sempu dan pegunungan tengger. Kota Blitar, yang terletak di sebelah timur Malang, juga memiliki tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Ketika berbicara tentang kota Blitar, maka jangan hanya berpikir bahwa kota ini merupakan kota dimana presiden Ir. Soekarno dimakamkan. Salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kota Blitar adalah wisata alam Rambut Monte. Wisata alam ini merupakan salah satu wisata yang didominasi oleh telaga. Namun jangan samakan telah jadi wisata alam Rambut Monte dengan teladan lainnya.

Ketika Anda berkunjung ke wisata alam Rambut Monte, Anda akan disuguhkan keindahan alam dan dipadukan dengan suasana mistis. Kedua hal ini dipadukan sedemikian rupa hingga membuat Anda terkagum-kagum.

Wisata alam ini diberi nama Rambut Monte karena dilihat dari legenda, kisah mistis, dan fenomena alam. Wisata alam Rambut Monte terletak di desa krisik Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur banyak yang mengatakan bahwa wisata alam Rambut Monte ini merupakan wisata yang sangat unik. Terdapat beberapa versi cerita mengapa wisata alam ini diberi nama Rambut Monte. Wisata alam Rambut Monte sudah dibuka sejak tahun 1976.

Apabila dilihat dari sisi fenomena alam, kalimat Rambut Monte disertakan pada nama wisata alam ini karena terdapat sumber air dalam telaga berupa gelembung udara yang bentuknya mirip seperti monte. Wisata alam Rambut Monte tidak hanya berisi telaga saja. Terdapat 1 candi kecil yang sangat unik. Dahulu, dikisahkan bahwa terdapat perkelahian antara Mbah Monte dengan naga dan Rahwana. Pertarungan ini dimenangkan oleh Mbah Monte.

Akhirnya, Mbah Monte mengutuk rahwana dan naga menjadi candi yang berbentuk naga dan monyet. Belum ada sumber yang jelas yang menyebutkan asal usul dari candi Rambut Monte ini. Selain candi Rambut Monte, Anda juga akan menemukan yoni dan artefak lingga lambang dari kesuburan. Selain itu hal ini juga menandakan bahwa pada jaman kerajaan majapahit, tempat ini menjadi tempat ibadah umat Hindu.

Spot utama dari wisata alam Rambut Monte ini adalah telaga yang memiliki air yang sangat jernih. Bahkan Anda juga bisa melihat sumber air yang berada di tengah telaga. Sumber air ini akan memunculkan gradiasi yang sangat bagus antara hijau tosca dan biru. Selain memunculkan warna yang indah, telaga ini memiliki udara yang sangat sejuk karena terdapat banyak pohon tumbuh subur di sekitar telaga. Namun, Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di telaga wisata alam rambut model. Karena bagi warga sekitar, telaga ini merupakan telaga keramat.

Di telaga ini terdapat ikan purba yang sering disebut dengan Ikan Sengkaring. Warga sekitar percaya bahwa ikan ini merupakan jelmaan dari murid-murid Mbah Monte. Tidak hanya karena kelangkaannya, warga sekitar juga percaya bahwa Ikan Sengkaring merupakan jelmaan dari murid-murid Mbah Monte yang diminta untuk menjaga candi Rambut Monte. Sehingga, Anda tidak boleh sembarangan untuk menangkap dan mengkonsumsi Ikan Sengkaring.

Tidak hanya memiliki kisah mistis yang begitu luar biasa, kelestarian dari wisata alam Rambut Monte ini, juga harus dijaga dengan baik. Di sini Anda akan menemukan eksistensi Ikan Sengkaring, betapa jernihnya sumber mata air, dan candi Rambut Monte. Warga sekitar menerapkan peraturan bahwa tidak ada yang boleh menangkap dan mengkonsumsi Ikan Sengkaring secara sembarangan.

Selain itu, mereka juga melarang pengunjung untuk berenang untuk meminimalisir kemungkinan rusaknya habitat Ikan Sengkaring. Di dekat telaga ini terdapat sebuah kolam, di mana para pengunjung bisa berenang di sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.