Berita Nasional Terpercaya

Serunya Berwisata Sejarah di Cirebon

0

HarianBernas.com – Terdapat berbagai sumber yang sudah mengulas wisata di kota Cirebon. Kota yang terkenal dengan julukan kota udang ini memiliki berbagai destinasi wisata alam wisata kuliner, dan destinasi wisata buatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, Anda juga akan menemukan berbagai alat transportasi unik di kota udang ini.

Berikut ini adalah berbagai destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda berkunjung ke kota Cirebon.

1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Apabila Anda sedang berkunjung atau berlibur ke kota Cirebon, Anda tidak boleh melewatkan cagar budaya yang satu ini. Salah satu destinasi wisata sejarah yang sangat populer di kalangan masyarakat kota Cirebon adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam kota saja, bahkan wisatawan asal luar negeri pun berkunjung ke tamansari gua sunyaragi ini.

Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata yang masih dalam bagian Keraton Kasepuhan. Awalnya Taman Sari Gua Sunyaragi hanyalah taman air yang memiliki berbagai hiasan seperti patung gajah, air terjun, patung garuda, dan patung sunti. Sehingga, Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok bagi Anda para penggemar wisata sejarah.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Ketika Anda berkunjung ke Keraton Kasepuhan, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon. Di sini Anda akan disuguhkan wisata sejarah yang dipadukan dengan wisata religi di kota Cirebon. Tentu saja hal ini menciptakan suasana dan pengalaman tersendiri dalam liburan Anda.

Di halaman Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, Anda akan menemukan sumber air yang konon sama dengan sumber air zamzam. Masjid yang sudah berdiri pada zaman sunan gunung jati ini, dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit di kalangan masyarakat.

3. Museum Linggarjati

Ketika indonesia merdeka dari zaman penjajahan belanda, perjanjian linggarjati antara pihak indonesia dan pihak belanda. Perjanjian linggarjati ini membuktikan secara de facto bahwa bangsa indonesia sudah merdeka. Perjanjian ini dibuat pada tahun 1946.

Apabila Anda berkunjung ke Museum Linggarjati, Anda akan disuguhkan berbagai dokumentasi sejarah maupun peralatan yang ada pada zaman tersebut. Dahulu kala, perjanjian linggarjati ini dilaksanakan di kuningan. Saat ini lokasi perjanjian tersebut sudah berubah menjadi Museum Linggarjati yang ada di kaki gunung ciremai.

4. Keraton Kasepuhan

Salah satu destinasi wisata utama dari para wisatawan yang berlibur ke kota Cirebon adalah Keraton Kasepuhan. Dalam Keraton Kasepuhan terdapat sebuah alkulturasi Keraton Kasepuhan terletak di jalan jagasatru Cirebon dalam Keraton Kasepuhan Anda akan disuguhkan berbagai kebudayaan dari jawa, sunda, cina, hindu, arab, eropa, dan india.

Di depan Keraton Kasepuhan, Anda akan menemukan 2 patung macan putih yang berdiri dengan gagah. Rupanya kedua patung macan putih ini merupakan titisan kerajaan pajajaran.

5. Makam Sunan Gunung Jati

Tanpa dedikasi sunan gunung jati, kota Cirebon tidak akan semasyhur sekarang ini. Sunan gunung jati merupakan salah satu wali songo yang memiliki peranan yang cukup besar untuk menyebarkan agama islam di pulau jawa. Apabila Anda bertujuan untuk wisata ziarah di kota Cirebon, Anda bisa berkunjung ke Makam Sunan Gunung Jati.

Banyak yang mengatakan bahwa makam ini memiliki bentuk yang unik karena perpaduan budaya dari arsitekturnya. Makam Sunan Gunung Jati memiliki perpaduan arsitektur antara budaya cina, budaya jawa, dan budaya arab.

Leave A Reply

Your email address will not be published.