Berita Nasional Terpercaya

6 Kegiatan yang Harus Anda Kurangi Agar Miliki Waktu yang Berkualitas dengan Keluarga

0

HarianBernas.com-Akhir-akhir ini, tidak sedikit dari Anda yang sulit untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan atau pekerjaan yang harus dilakukan sehingga membuat Anda menomorduakan keluarga. Akibatnya, kesempatan untuk berkumpul bersama dengan keluarga menjadi berkurang. Berikut ini adalah berbagai kegiatan yang harus Anda kurangi sehingga bisa memiliki waktu yang lebih luang untuk berkumpul bersama dengan keluarga, yaitu:

Bermain Game Online 

Mungkin terdapat berbagai permainan game online yang bisa dilakukan dengan bersama-sama. Namun, pada kenyataannya, kebanyakan orang lebih senang bermain game online seorang diri. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan salah seorang psikolog anak, Efnie Indiranie,”Bahwa permainan online secara tidak langsung melatih seseorang bersifat individualis dan menyebabkan seseorang kesulitan berinteraksi baik dalam keluarga maupun masyarakat.” 

Hobi 

Hobi adalah hal yang sangat menyenangkan ketika Anda melakukan sesuatu di waktu luang. Bahkan, banyak pihak menyarankan untuk mempunyai hobi. Namun, apabila memiliki cukup banyak waktu luang dan semuanya digunakan untuk melakukan hobi, tentu hal ini akan berdampak negatif pada keluarga. Waktu Anda akan habis untuk diri Anda sendiri daripada untuk keluarga. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda mulai membagi waktu kapan Anda harus melakukan hobi dan kapan Anda harus berkumpul bersama dengan keluarga.

Dunia Maya 

Di jaman yang modern ini, internet memang mampu memberikan Anda berbagai informasi dan hiburan yang menarik. Hiburan yang menarik ini membuat banyak orang untuk internetan dalam waktu yang lama. Mereka rela menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk menatap layar monitor. Namun, apabila dilihat dari segi kesehatan, kebiasaan ini adalah kebiasaan yang buruk. Salah satu dampak yang akan terjadi, akan terasa pada mata. Selain itu, waktu Anda untuk keluarga juga akan berkurang. 

Nonton Televisi 

Sebagian orang akan menghabiskan waktu luangnya untuk duduk berlama-lama di depan televisi. Padahal, kegiatan ini sangat tidak bermanfaat sama sekali. Kesehatan Anda akan terganggu ketika Anda terlalu banyak menonton televisi. Selain itu, waktu Anda untuk keluarga juga akan berkurang karena terlalu banyak menonton televisi. Untuk itu, Anda harus memanfaatkan televisi sebaik mungkin. Apabila sekiranya sudah cukup lama menonton, Anda coba untuk bercengkerama dengan seluruh keluarga Anda. Hal ini akan mempererat hubungan kekeluargaan Anda. 

Kerja Lembur 

Tak sedikit dari Anda yang rela untuk bekerja lembur agar memiliki penghasilan yang lebih. Rupanya, hal ini bukanlah solusi yang tepat. Tahukah Anda bahwa banyaknya waktu yang ada habiskan bersama dengan keluarga lebih berharga dibandingkan uang yang Anda peroleh. Selain itu, dengan kerja lembur, Anda mengurangi intensitas untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi kerja lembur. Anda bisa memanfaatkan waktu kerja lembur untuk berkumpul bersama dengan keluarga Anda. 

Bermain dengan Smartphone 

Di jaman yang modern ini, smartphone adalah salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang. Rasanya kurang lengkap jika Anda belum memiliki smartphone. Rupanya, smartphone inilah yang memunculkan ungkapan mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Terdapat berbagai kasus yang terjadi akibat seseorang terlalu banyak menggunakan smartphone, misal masalah kesehatan, keharmonisan rumah tangga menjadi buruk, bahkan kecelakaan di jalan. Untuk itu, cobalah mengurangi intensitas bermain smartphone, dan gunakan waktu Anda untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.