Juneman Abraham: Beranilah Menjemput Krisis dalam Hidup karena Akan Membesarkan


17 Februari 2017

Juneman Abraham (sumber foto; istimewa)

HarianBernas.com - Juneman Abraham merasa sangat beruntung karena ia lahir pada tanggal yang sama (6 Juni)  dengan tanggal ulang tahun Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, serta memiliki nama keluarga Abraham yang merupakan Bapak dari Agama-agama Besar di dunia. Tidak heran, ia mengagumi kedua tokoh ini.

Saat SMP, ia “melahap” buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia dan Sewindu Dekat Bung Karno. Bung Karno, Proklamator RI, merupakan sosok yang “lengkap” di matanya. “Beliau memiliki wawasan dan spiritualitas global, perspektif yang menjangkau masa depan, mencintai orang kecil, lagi mendalami filsafat dan berjiwa seni,” ungkapnya ke Harian Bernas,(3/2).

Saat ini, pengagum Franz Magnis-Suseno ini menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara, psikolog sosial, dan aktif menjadi pengurus sejumlah himpunan psikologi, serta mitra sebagai penyunting penelaah pada sejumlah jurnal ilmiah nasional dan internasional. Saat ini, ia banyak menekuni bidang Psikologi Korupsi serta Psikoinformatika, yang dapat diakses karya-karyanya melalui www.juneman.me/publications, situs web pribadinya.

Cita-cita Juneman sewaktu kecil adalah menjadi dokter dan guru. Tidak kebetulan, ia menceritakan, ibu dan ayahnya pernah cukup lama menjadi guru bahasa dan mengajar dari rumah ke rumah. Cita-citanya sebagai dokter ia wujudkan dengan melamar sebagai mahasiswa program S1 di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Ia gagal dalam UMPTN pada waktu itu, lalu berefleksi, “Apakah benar, ‘dokter’ merupakan diri ke mana saya mengarah?”; tetapi langsung mengisi waktu dengan belajar bahasa Jerman dan Perancis serta teknologi web, sampai akhirnya ia menemukan bidang yang menjadi passion-nya saat ini, Psikologi—bahkan kini menjadi Kandidat Doktor Psikologi di universitas tempat ia pernah “jatuh”, Universitas Indonesia.

Juneman mulai mengajar sejak 2002 pertama kali di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sebuah lembaga sertifikasi keahlian di bidang web di Gedung Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, kala itu sebagai trainer bersertifikasi internasional dengan siswa karyawan dan karyawati dari berbagai jenis industri. Ini merupakan pengalaman yang unik karena pada waktu itu, ia masih duduk di Semester 1 Program Sarjana di Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI, Selemba, Jakarta.

Pengalaman sebagai trainer bersertifikat internasional itu, ia maknai sebagai titik balik kehidupan yang penting karena pada usia yang demikian belia, ia sedang “hot-hot”-nya bergulat untuk mencari jati diri, tapi ia justru sudah mulai mengasah jiwa, baik mendidik orang lain maupun mendidik diri sendiri. Ia kemudian semakin menyadari bahwa mengajar, dalam bidang apapun, adalah sebuah seni yang adiluhung dalam mengelola interaksi antar jiwa di dalam dan di luar kelas, termasuk dengan diri sendiri, untuk membidani lahirnya keagungan pembelajaran. “Apakah keagungan itu? Yakni sebuah pengertian yang mendalam akan diri sendiri, untuk menjadi diri sendiri, sekaligus memberikan diri kepada orang lain,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengalami titik balik yang penting di sekitar Peristiwa 27 Juli 1996, ketika ia duduk di SMP dan sering bersurat-suratan panjang dengan seorang sahabat, sebut saja “Katrin” (boleh jadi nama asli), dari Sekolah Santa Ursula. Hari ini, ia menganggap Katrin merupakan “guru”-nya ihwal berdialektika (berdiskusi, berdialog) dalam tulisan dengan metode bernalar dan mencapai kesimpulan dengan mempertimbangkan dengan cermat gagasan-gagasan baik yang mendukung maupun yang menggugat pemikirannya.

Pengalaman unik di pekerjaan sehari-hari digambarkan Juneman begitu kaya, khususnya ketika membimbing mahasiswa yang sedang menggarap skripsi dan mahasiswa yang menjadi asisten tetap penelitiannya. Pengalaman itu dirangkumnya sebagai menghadapi mahasiswa bukan hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai individu konkret dengan segala persoalan, duka, mimpi, kegembiraan, dan harapannya. Demikian pula hal yang sama terjadi ketika ia berperan sebagai pembicara dalam seminar atau workshop psikologi. Disebut unik karena interaksi dengan mahasiswi dan audiens tersebut membawa ia untuk terus-menerus mempertanyakan dirinya, “Siapakah saya dan apakah sumbangsih saya di dunia ini?”, sebuah pertanyaan eksistensial yang baginya sangat penting untuk tetap menjaga “kewarasan”-nya di tengah-tengah rutinitas dan perubahan sosial yang serba cepat. Dosen dengan berbagai peran kepemimpinan publik ini merasa tidak mudah terjebak dalam suasana hati yang negatif, karena di samping tekun melakukan refleksi (peremenungan), dengan berbagai peran yang disandangnya, ia mensyukuri keistimewaan yang dimilikinya, yakni banyaknya sahabat dan lapangan kehidupan yang selalu menyokongnya ketika sedang letih atau berbeban berat.

Motto “Ever Onward, Never Retreat!” (Sekali melangkah, jangan pernah menengok ke belakang!) terpatri dalam benak Juneman. Motto ini ia dengar pertama kali melalui media kaset yang memuat rekaman pidato Bung Karno dan kala itu batinnya sangat tersentuh. Itu sebabnya, persistensi atau kegigihan kini menjadi salah satu nilai yang paling dipeluknya. Tidak heran, dalam dunia maya, ia memiliki nickname Welsh J. Keincaled. Nama ‘Welsh Keincaled’ menunjuk pada sebuah artefak yang menyimbolkan kuda dengan punggung yang tangguh, yang selalu siap berjuang dan tak gentar menghadapi bahaya. Sedangkan huruf ‘J’ ia tambahkan sendiri, yang merupakan singkatan dari sebuah kata Jerman, Jetzt, yang artinya ‘sekarang’. “Maksudnya adalah jika ingin sukses, persistenlah hari ini, bukan persisten nanti, dan beranilah menghadapi bahkan menjemput krisis dalam hidup kita karena krisis-krisis itu yang akan membesarkan hidup kita, dalam bidang apapun yang kita tekuni, entah bidang personal, politik, bisnis, atau bahkan bidang spiritual,” jelasnya.

Bicara soal pencapaian, ia merujuk pada tulisan-tulisan ilmiahnya yang dikutip sebagai referensi oleh para peneliti di dunia. Sebagai peneliti muda, dengan debut menulis ilmiah pada 2008, saat ini ia telah menulis lebih dari 65 publikasi, baik berupa buku maupun artikel jurnal ilmiah, dengan h-index (impak publikasi) mencapai angka 3 di Google Scholar dan 1 di Scopus. Ia juga pernah menerima Best Paper Award dalam tiga konferensi internasional.

Baginya, makna dari pencapaian atas semua itu adalah bahwa sebagai dosen dan peneliti di Indonesia, orang Indonesia juga mampu turut berpartisipasi dalam konstruksi pengetahuan, bukan hanya konsumsi pengetahuan dan teknologi. Tidak jarang para peneliti dari berbagai negara menghubunginya untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau sekadar mengucapkan terima kasih atas tulisannya yang telah terbit. 

Yang juga membanggakannya adalah keterlibatannya dalam penelitian di tujuh propinsi di Indonesia untuk mengetahui efektivitas sebuah program penanggulangan kemiskinan, yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah buku. Ia percaya bahwa Kemiskinan dan Ketimpangan merupakan isu yang mendesak untuk diurus dalam penelitian sosial. Oleh karena itu, ia akan terus mengembangkan riset-risetnya dalam tiga bidang utama, yakni Perilaku Korupsi—Seks—dan Konsumsi, karena ia menyimpulkan berdasarkan cermatannya bahwa ketiganya saling berjalin-berkelindan serta dengan satu dan lain cara berhubungan erat dengan soal-soal Kemiskinan dan Ketimpangan itu. Tantangan yang dihadapinya adalah mengintegrasikan ketiganya dengan bidang Psikoinformatika yang juga ditekuninya, khususnya mengantisipasikan bentuk-bentuk dan dinamika baru perilaku seksual, korupsi, dan konsumsi yang dimediasikan oleh teknologi.

Dalam Psikologi Korupsi, secara khusus ia menerbitkan karya tentang representasi makna-makna korupsi pada masyarakat Indonesia, lalu menyoroti tentang Kepalsuan Diri dan Emosi Moral sebagai fokus studinya. Menurutnya, gejala dasar yang urgen dan menantang untuk dijelaskan adalah “maling teriak maling”, yakni pengalaman “mental korup” keseharian—yang tidak harus selalu mengambil wujud berupa korupsi finansial—yang diiringi atau ditutupi oleh deklarasi diri bersih-dari-korupsi sambil menunjuk-nunjuk tentang betapa koruptifnya orang lain. Akibatnya, situasi jiwa tersebut secara akumulatif menghancurkan integritas, rasa malu dan rasa bersalah orang itu sendiri. Dengan tak kenal lelah, Juneman menyelidiki berbagai alur psikologi-sosial kompleks di balik gejala tersebut. Ia mengklaim bahwa banyak perilaku korupsi yang akan mampu dicegah sejak dini berbasis risetnya yang, harapannya, ujungnya akan bermuara pada meningkat pesatnya daya saing bangsa Indonesia tanpa korupsi.

Penggemar pertunjukan teater, jazz ringan, dan lagu-lagu Engelbert Humperdick dan Frank Sinatra ini memiliki mimpi untuk mentransformasikan tulisan-tulisan ilmiahnya ke dalam bahasa yang jauh lebih “nge-pop” agar dapat dinikmati oleh publik yang lebih luas serta membangun sebuah laboratorium psikologi sosial laboratorium psikologi sosial yang dapat dikelolanya secara langsung. Ia pun bergairah untuk terus memperjuangkan pendidikan bermakna bersama BINUS dan jejaringnya. 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Ekonomi

Perekonomian DIY Diperkirakan Menurun di Tahun 2020

YOGYA, BERNAS.ID–Peran swasta dan akademisi dalam menjaga kreativitas di bidang bisnis sangatlah penting untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab perekonomian DIY diperkirakan akan menurun tahun ini. H ...

DIY

Nasib Belasan KK Penghuni Huntap Desaku Menanti Tak Jelas, Tak Ada Bantuan Listrik dan Air

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID -Nasib warga hunian tetap (huntap) Program Desaku Menanti yang diinisiasi oleh Kementerian Sosial RI sejak tahun 2015 dengan dana Rp.1,2 miliar kini tidak jelas. Sebanyak 13 kepala keluarga (KK) yang masih bertahan di ...

DIY

Kantor Imigrasi Yogyakarta Akan Memulangkan WNA yang Terdeteksi Corona

SLEMAN, BERNAS.ID-Terkait virus Corona, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menyebut tidak ada penurunan permintaan paspor dari masyarakat untuk keluar negeri. Namun, bila ada warga negara asing (WNA) terdeteksi virus Corona, Kantor Imig ...

Hukum dan Kriminal

Pemkot Yogyakarta Bentuk Satgas Anti Klitih

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk membersihkan Kota Pelajar dari kejahatan klitih yang marak terjadi belakangan ini. Hal itu dibuktikan salah satunya dengan me ...

DIY

Pernyataan Sikap FPAN DPRD Sleman Atas Larangan Tepuk Anak Shaleh

SLEMAN, BERNAS.ID - Terkait surat Pemerintah Daerah DIY bernomor 420/1051 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY mengenai Larangan Peredaran Video "Tepuk Anak Shaleh" yang menimbulkan polemik dan keresahan di ...

Kesehatan

Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Vape atau Rokok Elektrik

JOGJA, BERNAS.ID- Majelis Tarjih  dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan fatwa yang tertuang pada surat keputusan Nomor 01/PER/I.1/E/2020 tentang hukum dari e-cigarette (Rokok elektrik) pada 14 Januari 2020 di Yogyaka ...

Hukum dan Kriminal

Dampingi Ratusan Pencari Keadilan Sepanjang 2019, LKBH UII Siap Bantu Gratis Kaum Tak Mampu

YOGYA, BERNAS.ID - Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Islam Indonesia (UII) yang sudah berdiri semenjak tahun 1975 dan merupakan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) Kampus yang tertua di Indonesia, sampai sekarang masih eksi ...

DIY

Cegah Virus Korona, Adisutjipto Pasang Alat Body Thermal Scanner

SLEMAN, BERNAS.ID- Waspadai penyebaran virus korona yang berpotensi membawa penyakit pneumonia atau penyakit menular lainnya, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta memasang alat body thermal scanner di ter ...

Hukum dan Kriminal

Namanya Disebut dalam Sidang Kasus Korupsi, Ini Kata Ana Haryadi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pada sidang lanjutan operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus suap rehabilitasi saluran air hujan (SAH) Jalan Supomo, Kota Yogyakarta muncul nama Tri Kirana Muslidatun atau yang akrab disapa Ana Haryadi. Muncu ...

Politik

Ketua Fraksi Golkar: Pilih Wagub DKI Jangan Seperti Beli Kucing Dalam Karung

JAKARTA, BERNAS.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra sepakat menyodorkan dua nama, yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis. Kedua nama tersebut akan dipilih menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI pengganti Sandiaga Uno. Ket ...

Hukum dan Kriminal

Viral Video Ibu Tua Dianiaya di Pasar Prambanan, Ini Faktanya

SLEMAN, BERNAS.ID- Sejak kemarin Selasa (21/1), masyarakat Yogyakarta dibuat geram karena viralnya sebuah video di media sosial yang menayangkan ibu tua diperlakukan secara kasar, ditendang di sebuah pasar wilayah Sleman karena dituduh menc ...

DIY

Cantika Putri Winingsih, Bayi yang Dibuang Ibunya, Diserahkan ke Dinsos DIY

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepolisian Sektor Ngemplak Sleman menyerahkan temuan bayi berjenis kelamin perempuan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebelumnya, pada Senin (20/1) lalu ditemukan bayi di dalam kardus bekas m ...

Hukum dan Kriminal

Surati Jokowi, Aktivis Jogja Tuntut Menkumham Dicopot

YOGYA, BERNAS.ID-Keterlibatan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly dalam konferensi pers Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan terkait pembentukan tim hukum PDI Perjuangan melawan KPK beberapa hari lalu mendapat sejumlah kecaman. ...

Hukum dan Kriminal

PP Wonosobo-Jogja, Dua Buruh Tani Nekad Curi Sepeda Motor di Garasi

SLEMAN, BERNAS.ID- Dua buruh tani asal Wonosobo berinisial S (44) dan R (32) nekad mencuri sepeda motor di garasi milik Wiwin (41) warga Tempel Sleman pada hari Jumat dini hari, 17 Januari 2020 lalu. Kedua pelaku melakukan aksinya dengan me ...

Olahraga

Glagah Tropicolorun 2020 Siap Digelar Bulan Depan, Ditargetkan Diikuti 2000 Peserta

YOGYA, BERNAS.ID - Event Glagah Tropicolorun sebagai salah satu media promosi pariwisata Kabupaten Kulon Progo siap digelar kembali untuk ketiga kalinya. Glagah Tropicolorun 2020 siap digelar Minggu 09 Februari 2020 pukul 06.00 s.d 12.00 WI ...

Lifestyle

Ini Dia 8 Cafe nge-Hits di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi, Biar Nggak Kudet

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Rasanya kurang Up Date kalau kita ke Yogyakarta dan belum mengunjungi Cafe-Cafe yang ada di kota Gudeg ini. Selain kita bisa berfoto ria disana, Cafe kini bisa juga berfungsi sebagai working space, banyak orang-orang ...

DIY

Jogja Endemis Antraks, Perlu Kewaspadaan Tinggi

SLEMAN, BERNAS.ID- 27 warga Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah dinyatakan positif terkena antraks, bahkan salah satunya telah meninggal dunia, Kamis (16/1). Untuk itu, diperlukan kesiapsiagaan yang tinggi dari berbagai piha ...

DIY

Lidah Elektronik Terkecil di Dunia Ini Berasal dari Sleman, Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID- Elto (electronic tounge) namanya, sebuah alat multi fungsi untuk membuktikan keaslian produk-produk makanan seperti kopi luwak, teh, dan zam-zam, deteksi kontaminasi produk dan kehalalannya, serta deteksi narkotika. Lidah ...

Politik

Sebut Nama Wiranto dan Luhut, Kivlan Zein Mengaku Ada yang Ingin Bunuh Dirinya

JAKARTA BERNAS.ID - Kivlan Zein menepis tudingan dirinya sebagai dalang dari aksi makar aksi 21-22 Mei 2019. Dia juga membantah menargetkan pembunuhan terhadap empat pejabat negara. “Terlihat dari dakwaan penuntut umum tidak mengga ...

DIY

Sultan Sangat Menyesal Terjadi Yel-yel SARA di Pramuka

SLEMAN, BERNAS.ID- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X merasa kecewa dengan Pembina Pramuka asal Gunungkidul, Yogyakarta yang menjadi Pembina Kursus Mahir Lanjutan (KML) Kwarcab Kota Yogyakarta. Sebab, pe ...

DIY

Merawat Persatuan Itu dengan Menghargai Keberagaman

SLEMAN, BERNAS.ID- Persatuan menjadi hal yang penting bagi bangsa Indonesia karena sejak merdeka, Indonesia terdiri dari berbagai keberagaman, mulai dari suku, bahasa, dan agama. Untuk merawat perbedaan itu, persatuan bangsa Indonesia menja ...

Budaya

Oedipus Rex, Siap Tandai Kebangkitan Teater Alam

YOGYA, BERNAS.ID - Teater Alam Yogyakarta, tengah memasuki era kebangkitan. Di saat banyak teater seusia rontok dan tidak lagi berproduksi, kelompok teater yang didirikan Azwar AN, 4 Januari 1972 itu, siap beraksi lagi pada Sabtu, 18 Januar ...

Hukum dan Kriminal

Diduga Akan Berulah, Komplotan Geng Remaja Diamankan

JOGJA, BERNAS.ID- Setelah Jumat kemarin (10/2), Polda DIY berhasil mengungkap rangkaian tindakan perusakan dan penganiayaan yang dilakukan geng remaja bernama Street Geng, kini Polresta Yogyakarta kembali meringkus 10 remaja dari komplotan ...

Budaya

Sultan Berharap 414 Agenda Budaya 2020 Bisa Tumbuhkan Kemuliaan Peradaban Manusia

YOGYA, BERNAS.ID--Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meluncurkan Agenda Budaya DIY 2020, Jumat (9/1/2020). Sebanyak 414 agenda seni budaya yang dihelat seluruh DIY selama 2020 diharapkan bisa menjadi transformasi nilai luhur dalam men ...

Hukum dan Kriminal

Para Pelaku Perusakan dan Penganiayaan di Condongcatur dan Jalan Moses Ditangkap

SLEMAN, BERNAS.ID- Aparat kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil mengungkap rangkaian tindakan perusakan dan penganiayaan di 3 Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang terjadi pada hari Sabtu malam, 4 Januari 2020 lalu. Tiga TKP ...

Pendidikan

800 Pengajar Ikuti Konferensi Sekolah Katolik Unggul di Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pendidikan (Komdik) KWI, Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK), Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, dan Yayasan Terang Garam (Tegar) menetapkan melaksanakan Konferensi Sekolah Katolik Unggul tanggal 10-12 J ...

DIY

Jumlah Penerima Jaminan Perlindungan Sosial di Kota Jogja Menurun

YOGYA, BERNAS.ID- Jumlah keluarga yang menjadi sasaran program jaminan dan perlindungan sosial di Kota Yogyakarta turun 6,04 persen. Jumlahnya dari 15.282 keluarga pada 2019 menjadi 14.359 keluarga yang terdiri atas 45.725 jiwa pada 2020. ...

DIY

KDRT Mendominasi Kasus Kekerasan Perempuan Difabel yang Ditangani Ciqal Sepanjang 2019

YOGYA, BERNAS.ID - Sepanjang tahun 2019, Ciqal (Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disabilities/Pusat untuk Pengembangan Kegiatan yang Berkualitas dalam Kehidupan Penyandang Disabilitas) telah melakukan pendampin ...

Hukum dan Kriminal

Wahyu Setiawan Ditangkap KPK, KPU Gelar Rapat Pleno Khusus

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisioner KPU Wahyu Setiawan ditangkap KPK, Selasa (8/1/2020). Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya belum menentukan sikap terkait penangkapan itu. Kata Arief, KPU tidak melakukan pembahasan secara khusus soa ...

DIY

Pengurus PPJI Bantul Resmi Dilantik

BANTUL, BERNAS.ID - Sebanyak 32 orang pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Kabupaten Bantul resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Bantul, Suharsono dan Ketua DPD PPJI DIY, Sri Wahyuni ...

DIY

Sultan: Masalah TPST Piyungan Hanya Bisa Dituntaskan Lewat Industri

YOGYA, BERNAS.ID--Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan masalah penumpukan sampah di TPST Piyungan Bantul hanya bisa diselesaikan melalui industri yang saat ini sedang diupayakan melalui jalur kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU). Mas ...

DIY

Menristek Sebut Riset Perguruan Tinggi Indonesia Belum Optimal

JOGJA, BERNAS.ID- Riset dan pengabdian merupakan dua hal yang penting pada perguruan tinggi untuk memunculkan inovasi-inovasi di tengah Revolusi Industri 4.0. Riset diperlukan untuk memecahkan permasalahan di masyarakat melalui kerjasama de ...

Hukum dan Kriminal

Maling Ini Menggondol Sepeda Motor Lengkap dengan STNK dan BPKBnya

SLEMAN, BERNAS.ID- Terdesak kebutuhan hidup dan membayar hutang, TR (35) warga Sidoagung, Godean, Sleman nekad membobol rumah dan mencuri sepeda motor matic milik NL, warga Semingin Sumbersari, Moyudan, Sleman saat ditinggal pergi ke Pasar ...

Hukum dan Kriminal

Diduga 12 Siswi Menjadi Korban Pencabulan Oknum Guru PNS Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Sungguh tak terpuji perbuatan oknum PNS guru SD Kabupaten Sleman berinisial S (48) warga Margoagung Seyegan Sleman karena melakukan perbuatan cabul terhadap sekitar 12 siswinya. Perbuatan cabul yang dilakukan seperti mera ...

DIY

Stabilnya Pertumbuhan Penumpang dan Pesawat, Yogyakarta Masih Menjadi Destinasi Wisata

SLEMAN, BERNAS.ID- PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dan Bandara Internasional Yogyakarta menggelar apel penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Lapangan NDB Bandara Ad ...

DIY

DPRD DIY Berharap Walikota Jogja Bersihkan Sampah di Sungai

YOGYA, BERNAS.ID - Komisi A DPRD DIY Senin (6/1/2020) melakukan inspeksi mitigasi bencana, salah satunya ke Kali Buntung di Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Di sini, ditemukan banyak sampah yang diharapkan bisa segera dibersihkan o ...

Lingkungan

Warga Perumahan Wisma Tajur Pondok Kacang Ciledug Bersihkan Lingkungan Dari Lumpur Banjir

JAKARTA, BERNAS.ID - Pasca dilanda bencana banjir, warga kompleks Perumahan Wisma Tajur di Pondok Kacang Ciledug Kota Tangerang secara swadaya membersihkan lingkungan dan rumahnya dari lumpur serta timbunan sampah yang terbawa saat bencana ...

DIY

Berpotensi Terjadi Iklim Ekstrim, BPBD DIY Imbau Masyarakat Waspada

JOGJA, BERNAS.ID- Berdasarkan prediksi Bada Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mulai tanggal 1 sampai 7 Januari 2019 ke depan, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan an ...

DIY

Jokowi Resmikan Bendungan Kamijoro di Kulonprogo

KULONPROGO, BERNAS.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kamijoro didampingi Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X. Rombongan datang ke Bendungan Kamijoro yang dibangun di a ...

Budaya

Sambut Tahun 2020, Kyai Adisutjipto Dikirab

SLEMAN, BERNAS.ID- Jelang pergantian tahun, Bandara Internasional Adisutjipto menyelenggarakan Kirab Kereta Kencana Kyai Adisutjipto, Selasa (31/12). Kirab kali ini menjadi penyelenggaraan yang ketiga, sejak Kereta Kencana Kyai Adisutjipto ...

Hukum dan Kriminal

Miris, Para Pelaku Klitih Masih Berstatus Pelajar SD dan SMP

SLEMAN, BERNAS.ID- Polisi mengamankan 6 remaja yang diduga melakukan klitih di Jalan Wates, Ambarketawang, Gamping, Sleman, tepatnya di depan Hotel Bahari sekitar pukul 00.45 WIB malam dini hari, Selasa (31/12). Diamankan satu buah gir yang ...

Hukum dan Kriminal

Ditinggal Kerja, Motor Warga Sleman Digondol Maling

SLEMAN, BERNAS.ID - Aksi pencurian kendaraan bermotor terjadi di Dusun Temon, RT 03 RW 023, Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (21.12) lalu. Korbannya ada RR Eni Kadarwasiati (49). Peristiwa berawal pukul 09.00 WIB korban menin ...

Politik

Keluarga Jokowi-Ma'ruf Maju Pilkada, Busyro Ingatkan Prinsip Politik Ini...

YOGYA, BERNAS.ID- Di samping putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga hendak maju Pilkada 2020. Merespons hal itu, Ketua PP Muhamma ...

Lingkungan

Wakil Walikota Yogyakarta Resmikan Ikanisasi Warga Bantaran Sungai Code

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah sempat dibersihkan dan diberi ikan beberapa waktu lalu, kini saluran irigasi sungai Code yang melintas di wilayah RW 18 Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, oleh Wakil Walikota Yogy ...

Pariwisata

Ikon Baru Malioboro: Malio Terrace Tongkrongan Kekinian Nan Asik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Siapa yang tidak kenal jalan Malioboro yang berada di Kota Yogyakarta, kawasan yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta? Tempat itu sangat terkenal sebagai tujuan wisata yang ...

Pendidikan

Mahasiswa Harus Kembangkan Literasi Data dan Teknologi

BANTUL, BERNAS.ID - Mahasiswa harus mempersiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0 dengan mengembangkan literasi data dan teknologi, yakni dengan terampil memanfaatkan dan mengolah data, menerapkannya ke dalam teknologi, dan kemudian m ...

Hukum dan Kriminal

Terekam CCTV, Pencuri dengan Modus Pecah Kaca Diringkus

JOGJA, BERNAS.ID- Dua pelaku pencuri spesialis pecah kaca mobil berinisial IR (37) warga Sulawesi Utara dan SB (36) warga Jawa Timur harus berurusan dengan aparat setelah aksinya terekam kamera CCTV. Keduanya ditangkap petugas di sebuah kos ...

DIY

Menteri Perhubungan Bernyanyi Hibur Penumpang di Stasiun Tugu Yogyakarta

YOGYA, BERNAS.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi datang meninjau Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (28/12/2019) siang. Dalam kesempatan singkat ini Menhub sempat menghibur penumpang kereta api (KA) dengan menyanyikan lagu berj ...

Ekonomi

Rias@ Corner, Upaya Aisyiyah Lakukan Pemberdayaan dan Pemenuhan Kebutuhan Muslimah

YOGYA, BERNAS.ID - Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PP Aisyiyah selama setahun ini telah merancang suatu program yang melahirkan pengusaha wanita muslimah yang bergerak di bidang penjualan, ...

Politik

Panglima TNI Terima Laporan Kenaikan Pangkat 15 Perwira Tinggi

JAKARTA, BERNAS.ID - Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 15 Perwira Tinggi TNI, bertempat di Ruang Hening Gedung Soedirman, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/12/20 ...