Juneman Abraham: Beranilah Menjemput Krisis dalam Hidup karena Akan Membesarkan


17 Februari 2017

Juneman Abraham (sumber foto; istimewa)

HarianBernas.com - Juneman Abraham merasa sangat beruntung karena ia lahir pada tanggal yang sama (6 Juni)  dengan tanggal ulang tahun Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, serta memiliki nama keluarga Abraham yang merupakan Bapak dari Agama-agama Besar di dunia. Tidak heran, ia mengagumi kedua tokoh ini.

Saat SMP, ia “melahap” buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia dan Sewindu Dekat Bung Karno. Bung Karno, Proklamator RI, merupakan sosok yang “lengkap” di matanya. “Beliau memiliki wawasan dan spiritualitas global, perspektif yang menjangkau masa depan, mencintai orang kecil, lagi mendalami filsafat dan berjiwa seni,” ungkapnya ke Harian Bernas,(3/2).

Saat ini, pengagum Franz Magnis-Suseno ini menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara, psikolog sosial, dan aktif menjadi pengurus sejumlah himpunan psikologi, serta mitra sebagai penyunting penelaah pada sejumlah jurnal ilmiah nasional dan internasional. Saat ini, ia banyak menekuni bidang Psikologi Korupsi serta Psikoinformatika, yang dapat diakses karya-karyanya melalui www.juneman.me/publications, situs web pribadinya.

Cita-cita Juneman sewaktu kecil adalah menjadi dokter dan guru. Tidak kebetulan, ia menceritakan, ibu dan ayahnya pernah cukup lama menjadi guru bahasa dan mengajar dari rumah ke rumah. Cita-citanya sebagai dokter ia wujudkan dengan melamar sebagai mahasiswa program S1 di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Ia gagal dalam UMPTN pada waktu itu, lalu berefleksi, “Apakah benar, ‘dokter’ merupakan diri ke mana saya mengarah?”; tetapi langsung mengisi waktu dengan belajar bahasa Jerman dan Perancis serta teknologi web, sampai akhirnya ia menemukan bidang yang menjadi passion-nya saat ini, Psikologi—bahkan kini menjadi Kandidat Doktor Psikologi di universitas tempat ia pernah “jatuh”, Universitas Indonesia.

Juneman mulai mengajar sejak 2002 pertama kali di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sebuah lembaga sertifikasi keahlian di bidang web di Gedung Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, kala itu sebagai trainer bersertifikasi internasional dengan siswa karyawan dan karyawati dari berbagai jenis industri. Ini merupakan pengalaman yang unik karena pada waktu itu, ia masih duduk di Semester 1 Program Sarjana di Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI, Selemba, Jakarta.

Pengalaman sebagai trainer bersertifikat internasional itu, ia maknai sebagai titik balik kehidupan yang penting karena pada usia yang demikian belia, ia sedang “hot-hot”-nya bergulat untuk mencari jati diri, tapi ia justru sudah mulai mengasah jiwa, baik mendidik orang lain maupun mendidik diri sendiri. Ia kemudian semakin menyadari bahwa mengajar, dalam bidang apapun, adalah sebuah seni yang adiluhung dalam mengelola interaksi antar jiwa di dalam dan di luar kelas, termasuk dengan diri sendiri, untuk membidani lahirnya keagungan pembelajaran. “Apakah keagungan itu? Yakni sebuah pengertian yang mendalam akan diri sendiri, untuk menjadi diri sendiri, sekaligus memberikan diri kepada orang lain,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengalami titik balik yang penting di sekitar Peristiwa 27 Juli 1996, ketika ia duduk di SMP dan sering bersurat-suratan panjang dengan seorang sahabat, sebut saja “Katrin” (boleh jadi nama asli), dari Sekolah Santa Ursula. Hari ini, ia menganggap Katrin merupakan “guru”-nya ihwal berdialektika (berdiskusi, berdialog) dalam tulisan dengan metode bernalar dan mencapai kesimpulan dengan mempertimbangkan dengan cermat gagasan-gagasan baik yang mendukung maupun yang menggugat pemikirannya.

Pengalaman unik di pekerjaan sehari-hari digambarkan Juneman begitu kaya, khususnya ketika membimbing mahasiswa yang sedang menggarap skripsi dan mahasiswa yang menjadi asisten tetap penelitiannya. Pengalaman itu dirangkumnya sebagai menghadapi mahasiswa bukan hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai individu konkret dengan segala persoalan, duka, mimpi, kegembiraan, dan harapannya. Demikian pula hal yang sama terjadi ketika ia berperan sebagai pembicara dalam seminar atau workshop psikologi. Disebut unik karena interaksi dengan mahasiswi dan audiens tersebut membawa ia untuk terus-menerus mempertanyakan dirinya, “Siapakah saya dan apakah sumbangsih saya di dunia ini?”, sebuah pertanyaan eksistensial yang baginya sangat penting untuk tetap menjaga “kewarasan”-nya di tengah-tengah rutinitas dan perubahan sosial yang serba cepat. Dosen dengan berbagai peran kepemimpinan publik ini merasa tidak mudah terjebak dalam suasana hati yang negatif, karena di samping tekun melakukan refleksi (peremenungan), dengan berbagai peran yang disandangnya, ia mensyukuri keistimewaan yang dimilikinya, yakni banyaknya sahabat dan lapangan kehidupan yang selalu menyokongnya ketika sedang letih atau berbeban berat.

Motto “Ever Onward, Never Retreat!” (Sekali melangkah, jangan pernah menengok ke belakang!) terpatri dalam benak Juneman. Motto ini ia dengar pertama kali melalui media kaset yang memuat rekaman pidato Bung Karno dan kala itu batinnya sangat tersentuh. Itu sebabnya, persistensi atau kegigihan kini menjadi salah satu nilai yang paling dipeluknya. Tidak heran, dalam dunia maya, ia memiliki nickname Welsh J. Keincaled. Nama ‘Welsh Keincaled’ menunjuk pada sebuah artefak yang menyimbolkan kuda dengan punggung yang tangguh, yang selalu siap berjuang dan tak gentar menghadapi bahaya. Sedangkan huruf ‘J’ ia tambahkan sendiri, yang merupakan singkatan dari sebuah kata Jerman, Jetzt, yang artinya ‘sekarang’. “Maksudnya adalah jika ingin sukses, persistenlah hari ini, bukan persisten nanti, dan beranilah menghadapi bahkan menjemput krisis dalam hidup kita karena krisis-krisis itu yang akan membesarkan hidup kita, dalam bidang apapun yang kita tekuni, entah bidang personal, politik, bisnis, atau bahkan bidang spiritual,” jelasnya.

Bicara soal pencapaian, ia merujuk pada tulisan-tulisan ilmiahnya yang dikutip sebagai referensi oleh para peneliti di dunia. Sebagai peneliti muda, dengan debut menulis ilmiah pada 2008, saat ini ia telah menulis lebih dari 65 publikasi, baik berupa buku maupun artikel jurnal ilmiah, dengan h-index (impak publikasi) mencapai angka 3 di Google Scholar dan 1 di Scopus. Ia juga pernah menerima Best Paper Award dalam tiga konferensi internasional.

Baginya, makna dari pencapaian atas semua itu adalah bahwa sebagai dosen dan peneliti di Indonesia, orang Indonesia juga mampu turut berpartisipasi dalam konstruksi pengetahuan, bukan hanya konsumsi pengetahuan dan teknologi. Tidak jarang para peneliti dari berbagai negara menghubunginya untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau sekadar mengucapkan terima kasih atas tulisannya yang telah terbit. 

Yang juga membanggakannya adalah keterlibatannya dalam penelitian di tujuh propinsi di Indonesia untuk mengetahui efektivitas sebuah program penanggulangan kemiskinan, yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah buku. Ia percaya bahwa Kemiskinan dan Ketimpangan merupakan isu yang mendesak untuk diurus dalam penelitian sosial. Oleh karena itu, ia akan terus mengembangkan riset-risetnya dalam tiga bidang utama, yakni Perilaku Korupsi—Seks—dan Konsumsi, karena ia menyimpulkan berdasarkan cermatannya bahwa ketiganya saling berjalin-berkelindan serta dengan satu dan lain cara berhubungan erat dengan soal-soal Kemiskinan dan Ketimpangan itu. Tantangan yang dihadapinya adalah mengintegrasikan ketiganya dengan bidang Psikoinformatika yang juga ditekuninya, khususnya mengantisipasikan bentuk-bentuk dan dinamika baru perilaku seksual, korupsi, dan konsumsi yang dimediasikan oleh teknologi.

Dalam Psikologi Korupsi, secara khusus ia menerbitkan karya tentang representasi makna-makna korupsi pada masyarakat Indonesia, lalu menyoroti tentang Kepalsuan Diri dan Emosi Moral sebagai fokus studinya. Menurutnya, gejala dasar yang urgen dan menantang untuk dijelaskan adalah “maling teriak maling”, yakni pengalaman “mental korup” keseharian—yang tidak harus selalu mengambil wujud berupa korupsi finansial—yang diiringi atau ditutupi oleh deklarasi diri bersih-dari-korupsi sambil menunjuk-nunjuk tentang betapa koruptifnya orang lain. Akibatnya, situasi jiwa tersebut secara akumulatif menghancurkan integritas, rasa malu dan rasa bersalah orang itu sendiri. Dengan tak kenal lelah, Juneman menyelidiki berbagai alur psikologi-sosial kompleks di balik gejala tersebut. Ia mengklaim bahwa banyak perilaku korupsi yang akan mampu dicegah sejak dini berbasis risetnya yang, harapannya, ujungnya akan bermuara pada meningkat pesatnya daya saing bangsa Indonesia tanpa korupsi.

Penggemar pertunjukan teater, jazz ringan, dan lagu-lagu Engelbert Humperdick dan Frank Sinatra ini memiliki mimpi untuk mentransformasikan tulisan-tulisan ilmiahnya ke dalam bahasa yang jauh lebih “nge-pop” agar dapat dinikmati oleh publik yang lebih luas serta membangun sebuah laboratorium psikologi sosial laboratorium psikologi sosial yang dapat dikelolanya secara langsung. Ia pun bergairah untuk terus memperjuangkan pendidikan bermakna bersama BINUS dan jejaringnya. 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Politik

Darmizal: Ahok Jawab Tantangan dengan Kinerja

JAKARTA, BERNAS.ID - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipastikan akan menjadi petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kepastian itu didapat setelah Ahok bertemu Menteri BUMN Erick Thohir kemarin Rabu 13 Novemb ...

DIY

Bernas 73 Tahun Lahirkan Jurnalis Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hari Ulang Tahun (HUT) Bernas.id ke-73 tahun digelar manajemen yang dihadiri CEO Bernas.id, Putu Putrayasa, Pemimpin Redaksi Bernas.id, Ibrahim Umar, dan segenap karyawan dan wartawan di kantor Bernas.id kawasan kamp ...

Daerah

Heboh, Ada Aliran Bayar Rp300 Ribu Dapat Melihat Tuhan

MAMUJU, BERNAS.ID - Sebuah aliran atau ajaran kepercayaan di Mamuju, Sulawesi Barat, diadukan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ajaran itu mewajibkan pengikutnya membayar uang Rp300 ribu sampai Rp700 ribu untuk melihat Tuhan. Kehadiran a ...

DIY

Pemdes Condongcatur Gelar Sambang Kamling 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Condongcatur, Depok, Sleman, gelar sambang Kamling, Rabu (13/11/2019) malam. Ketika mengunjungi wilayah Gempol (rumah Harno RT 01/11) dan Pondok (pos ronda RT 01), Kepala Desa Condongcatur, Re ...

DIY

Kembangkan Potensi Siswa, Mu'allimaat Gelar Career Day

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kita harus belajar dengan giat dan menebar kebajikan serta kemanfaatan agar semakin takwa kepada Allah SWT. Hal itu disampaikan Dra Hj Shoimah Kastolani, anggota Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimi ...

Politik

Panglima TNI Terima Kunjungan Ketua KPU

JAKARTA, BERNAS.ID - Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos. dan Waka Babinkum TNI Brigjen ...

Budaya

Fahri Hamzah Berharap Bernas Jadi Soko Guru Jurnalisme di Indonesia

JAKARTA, BERNAS.ID - Mantan Wakil Ketua DPRI RI Fahri Hamzah berharap, diusianya yang ke 73 Harian Bernas bisa menjadi soko guru jurnalisme di Indonesia. "Sebagaimana kita ketahui Harian Bernas adalah koran yang usianya sudah sangat ...

DIY

Sambut Hari Ulang Tahun, Managemen Bernas Ziarah ke Makam Pendiri

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bernas yang ke 73 tahun managemen dan redaksi menggelar berbagai kegiatan. Salahsatunya, ziarah ke makam Mr Sumanang Surjowinoto, pendiri Bernas yang juga merupakan tokoh ...

Politik

Polri dan Pers Menjadi Lembaga yang Paling Tidak Dipercaya Masyarakat

JAKARTA, BERNAS.ID - Polri dan pers menjadi institusi atau lembaga yang paling tidak dipercaya oleh masyarakat. Hal ini terungkap dari hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Dari hasil survei itu, Polri yang sebelumnya men ...

Daerah

Panglima TNI Buka Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture 2019

JAKARTA, BERNAS.ID - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. secara resmi membuka “Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture tahun 2019” di Gedung Balai Sudirman,  ...

DIY

Terkait Peristiwa di Bantul, Polda DIY Belum Bisa Pastikan Itu Ritual Keagamaan atau Aliran Kepercayaan

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menyatakan ritual yang dilaksanakan sejumlah elemen masyarakat di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, sebagai ritual aliran kepercaya ...

DIY

Kasus Intoleransi yang Terulang Lagi di Bantul

BANTUL, BERNAS.ID - Kasus intoleransi kembali terjadi di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Seorang umat Hindu bernama Utiek Suprapti (57) dan sejumlah umat lainnya, mendapat penolakan dari warga ketika menggelar upacara Piodalan di rumahnya ...

DIY

Penggusuran PKL Gondomanan Diwarnai Kericuhan

YOGYA, BERNAS.ID - Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Brigejen Katamso, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta, Selasa (12/11/2019), diwarnai kericuhan. Pedagang menolak digusur oleh aparat. Sejak pukul 08.00 WIB, pedagang bersama ak ...

Politik

Meski Sudah Berpelukan, Pertarungan Jokowi-Paloh Belum Berakhir

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketegangan politik antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mereda setelah keduanya berpelukan di momen penutupan dan HUT Nasdem ke-8 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11 ...

Olahraga

Hapkido UAJY Raih Medali Emas di Ajang Kejurnas Hapkido IV 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hapkido Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), meraih 5 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu, dalam ajang Kejuaraan Nasional Hapkido ke-IV 2019, yang digelar di Kota Semarang ...

Hukum dan Kriminal

Pencuri Spesialis Rumah dan Kos Kosong Ditangkap di Sebuah Apartemen

SLEMAN, BERNAS.ID- Komplotan pencuri spesialis rumah kosong dan kos-kosan lintas propinsi asal Bandung Jawa Barat dibekuk jajaran Kepolisian Sektor Depok Timur Sleman Yogyakarta. Komplotan pencuri ini terdiri dari empat orang pelaku dengan ...

Daerah

168 Pati TNI AD Ikuti Wisuda Purnawira di Akmil Magelang

MAGELANG, BERNAS.ID - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyampaikan bahwa Wisuda Purnawira merupakan bentuk penghormatan yang tinggi terhadap kesempurnaan pengabdian para Perwira Tinggi (Pati) TNI AD. ...

Politik

Diskusi Publik : Tantangan Teknologi Digital pada Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Informasi dalam Rangka Redesain USO

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) menggelar Diskusi Publik dengan tema 'Tantangan Teknologi Digital pada Bidang Ekonomi ...

Wacana

HP Sebagai Istri Kedua

SUNGGUH sakral sekali barang yang bernama Handphone (HP), keberadaannya sangat dipuja-puja, bahkan sering kali HP diibaratkan sebagai istri kedua. Bagaimana tidak, seseorang akan terlihat panik dan merasa amat berdosa kala HPnya tidak te ...

DIY

Di Jogja, Menhan Resmikan Patung Jenderal Sudirman

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam rangka Hari Pahlawan di Banyuraden Gamping Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu malam 10 November 2019. " ...

DIY

Singgung Pahlawan Revolusi, AM Hendropriyono Sampaikan Pesan Sesepuh TNI

SLEMAN, BERNAS.ID- Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono merasa resah dengan pengaruh ideologi luar yang disebarkan oleh kaum yang mengaku beragama, tapi mengajarkan kebencian terhadap sesama anak bangsa. Ia menganggap ideo ...

Wacana

Wayan Supadno : Jadi Pahlawan di Kampung Saja

YANG karena kehadirannya, bisa menjadi solusi konkret masalah riil pada masyarakat luas karena manfaatnya, atau multiplier effectnya luas dan jangka panjang, itulah manusia unggul, juga Pahlawan Indonesia kekinian. Entah karena apa sebab ...

Politik

Surya Paloh Enggak Berminat Jadi Capres 2024

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diusulkan oleh tujuh DPW Nasdem untuk maju di Pilpres 2024. Ketua DPP Nasdem Zulfan Lindan mengatakan Paloh tidak berkeinginan maju dalam kontestasi Pilpres 2024. “E ...

DIY

Masa Perang, Sardjito Selamatkan Vaksin Cacar Melalui Kerbau

JOGJA, BERNAS.ID- 7 November lalu, surat keputusan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Profesor Dr Sardjito telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, menyambut dengan rasa g ...

Kesehatan

Ketua Umum IndoHCF: Butuh Inovasi Teknologi Pelayanan Kesehatan

JAKARTA,BERNAS.ID - Setelah melalui proses penjurian ketat, Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) program CSR dari PT IDS Medical Systems Indonesia menetapkan juara 1, 2, dan 3 IndoHCF Innovation Awards III-2019 dari empat kategori yang dipe ...

DIY

Ribuan Pesepeda dari Jogja Republik Onthel Keliling Kota Peringati Hari Pahlawan

YOGYA, BERNAS.ID – Guna mewujudkan kembali Kota Yogyakarta sebagai ikon kota sepeda, Jogja Republik Onthel kembali menggelar kegiatan 2 tahunan bertema ‘Raja Kaya, Jelajah Sepeda Wisata Sejarah’ pada 9-10 November 201 ...

Politik

FAMI Rekomendasikan Achmad Rifai Jadi Dewan Pengawas KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemilihan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir. Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk memimpin langsung tim internal yang bertugas menggodok nama-nama calon ...

Politik

Asal Muasal Nama Panggilan Jokowi Ternyata Dari Orang Prancis, Ini Ceritanya

JAKARTA, BERNAS.ID - Mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa panggilan akrab Presiden Joko Widodo, yakni Jokowi adalah singkatan atau inisial yang biasa diterapkan para politisi di Indonesia, seperti Susilo Bambang Yudhoyono me ...

DIY

Wamenag: 17 Tahun Menjadi Anggota DPR Itu Hanya Hobi

JOGJA, BERNAS.ID- Wakil Menteri Agama (wamenag) Republik Indonesia, Zainut Tauhid Sa’adi gowes bersama 2.300 guru dan tenaga pendidikan serta Aparatur Sipil Negara dari Kementerian Agama RI. Kegiatan bersepeda keliling kota Yogyakarta ...

Lifestyle

Jogja Volkswagen Festival 2019 Tampilkan Koleksi VW Klasik yang Super Unik

YOGYA, BERNAS.ID - Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 kini digelar pada 9-10 November 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta. Kegiatan dua tahunan dari Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) yang digelar sejak 2013 itu tahun in ...

DIY

Kemendes PDTT: Desa Harus Terbuka untuk Semua Kelompok

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah harus terus mendorong pertumbuhan desa inklusif dari sekarang. Ke depan, desa harus dapat memayungi seluruh kelompok kepentingan tanpa membedakan latar belakang ataupun kondisi fisik atau sosial anggota masyara ...

Politik

Ketua FKPT DIY : Jauhkan Milenial Dari Doktrin Radikalisme dan Terorisme

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mengamati paham radikalisme dan terorisme pada generasi milenial yang mulai berkembang pada masyarakat Indonesia khususnya pada pemuda dan kaum pelajar, Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria ...

Kesehatan

Kisah Gede Bayu Suparta dan Teknologi Radiografi Sinar-X Temuannya

YOGYA, BERNAS.ID - Tim Penelitian, Pengembangan dan Rekayasa (Litbangyasa) UGM yang dipimpin oleh Dr. Gede Bayu Suparta dari Departemen Fisika FMIPA UGM telah berhasil mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital untuk diagnose medis. ...

Ekonomi

Sosialisasikan ke Pelajar SMK, ILUNET Universitas Darma Persada Dorong Pengembangan Energi Terbarukan

JAKARTA, BERNAS.ID - Ikatan Alumni Energi Terbarukan (ILUNET) Universitas Darma Persada menggelar seminar bertema 'The Age of Renewables'. Seminar ini digelar di Ruang Serba Guna SMKN 26, Jalan Balai Pustaka, Jakarta Timur, Jum ...

Hukum dan Kriminal

Walikota Jogja Diperiksa KPK

YOGYA, BERNAS.ID-KPK kembali memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan suap proyek Pemeliharaan Saluran Air Hujan (SAH) Supomo, termasuk Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. KPK memeriksa adanya aliran dana dari Haryadi kepada tersangka jaks ...

DIY

Rektor Pertama UGM Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional

SLEMAN, BERNAS.ID- Setelah perjuangan selama 9 tahun sejak tahun 2011, Rektor pertama UGM, Prof Dr M Sardjito, MPH, dianugerahi gelar Pahlawan Nasional di Jakarta, Jumat (8/11). Sardjito diketahui fokus dan aktif di bidang pendidikan dalam ...

Politik

Emrus Sihombing Sarankan Nasdem Perbaiki Relasi Koalisi dengan Jokowi

JAKARTA, BERNAS.ID - Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing menilai, pesan 'khusus' yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam acara HUT ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, J ...

Pendidikan

Sosiolog UGM: Unjuk Rasa Generasi Milenial Lemah

SLEMAN, BERNAS.ID- Aksi unjuk rasa mahasiswa yang banyak diikuti generasi milenial beberapa waktu lalu dan masif di beberapa kota di Indonesia memiliki kelemahan. Salah satunya, aksi unjuk rasa  yang terjadi di Yogyakarta seperti #Geja ...

Lifestyle

JIHW ke-11 Coba Hadirkan Atmosfir Baru

YOGYA, BERNAS.ID - Jogja International Heritage Walk (JIHW), kegiatan jalan kaki berskala Internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association siap digelar lagi. Tahun ini, JIHW ke-11 diselenggarakan tanggal 16-17 November, den ...

DIY

Di Jogja, Wapres Ma'aruf Tengok Wakil Ketua MUI

JOGJA, BERNAS.ID- Sekira pukul 2 siang, Kamis (7/10), Wakil Presiden Ma'aruf Amin mampir ke Yogyakarta di sela-sela kunjungan dan peresmian sebuah rumah sakit di Magelang, Jawa Tengah. Selama kurang lebih 20 menit, Wapres Ma'aruf me ...

Lingkungan

Tim PKM FBS UNY Raih Emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan bimbingan Dosen Pendidikan Bahasa Jerman, Wening Sahayu, berhasil meraih emas kategori presentasi dan meraih ...

Hukum dan Kriminal

Polda Kepri Bekuk Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

RIAU, BERNAS.ID - Wakapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah mengungkapkan, tim gabungan dari Satgas 2 Dit Tipid narkoba Bareskrim Polri, Dit Resnarkoba Polda Kepri Dan Polres Tanjungpinang berhasil mengamankan 4 ora ...

DIY

Pelayanan dan Inovasi DPMP Pemkot Jogja Diakui Pemerintah Pusat Yang Terbaik

YOGYA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta baru saja menerima penghargaan dalam bidang pelayanan publik terbaik kota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Selasa 5 November 2019 lalu. Pengharg ...

Lifestyle

Super Beetle 74 German Look, Lucky Draw Jogja Volkswagen Club 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Volkswagen Club Yogyakarta akan kembali menggelar Jogja Volkswagen Festival (JVWF) di Jogja Expo Center, pada tanggal 9 dan 10 November 2019 bertepatan dengan Hari Pahlawan. JVWF 2019 kali ini menghadirkan lucky draw ...

Politik

Munas Golkar Disarankan Melalui Musyawarah

JAKARTA, BERNAS.ID - Direktur Eksekutif EmrusCorner, Emrus Sihombing mengatakan, siapapun yang akan menjadi Ketua Umum partai Golongan Karya alias Golkar lima tahun kedepan hendaknya bisa merawat kebersamaan diinternal Golkar yang sudah mak ...

Pendidikan

UAD Yogyakarta Gelar DIES Training Course on Management of Internationalisation

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Director DAAD Regional Office Indonesia, Thomas Zettler dan Director International Office, Leibniz Universitat of Hannover, Germany, Dr. Birgit Barden-Laufer mempercayakan kepada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyak ...

Pendidikan

PSM Atma Jogja Torehkan Prestasi di Ajang Internasional BCFC

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau yang dikenal dengan PSM Atma Jogja kembali mengukir prestasi di kancah Internasional dalam ajang  Busan Choral Festival and Competition (BCFC) yang di ...

Hukum dan Kriminal

Curi Handphone, Warga Murangan VII Dicokok Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Anggota kepolisian dari Polsek Sleman berhasil membekuk pelaku pencurian  sebuah handphone di Dusun Ngancar, Desa Tridadi, Sleman. Pelaku berinisial K tersebut tercatat sebagai warga Dusun Murangan VII RT 01/22 Desa ...

Politik

Pengamat : Bebasnya Sofyan Basir Bukti Lemahnya KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Pengamat politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam menilai bebasnya mantan Dirut PT. PLN (persero) Sofyan Basir hari ini merupakan bukti masih adanya kelemahan di Komisi Pemberantasan Korups ...

DIY

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan Bidang Pelayanan Publik Terbaik dari KemenPANRB

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam bidang pelayanan publik terbaik kategori Kota.  Penghargaan itu ...