Juneman Abraham: Beranilah Menjemput Krisis dalam Hidup karena Akan Membesarkan


17 Februari 2017

Juneman Abraham (sumber foto; istimewa)

HarianBernas.com - Juneman Abraham merasa sangat beruntung karena ia lahir pada tanggal yang sama (6 Juni)  dengan tanggal ulang tahun Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, serta memiliki nama keluarga Abraham yang merupakan Bapak dari Agama-agama Besar di dunia. Tidak heran, ia mengagumi kedua tokoh ini.

Saat SMP, ia “melahap” buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia dan Sewindu Dekat Bung Karno. Bung Karno, Proklamator RI, merupakan sosok yang “lengkap” di matanya. “Beliau memiliki wawasan dan spiritualitas global, perspektif yang menjangkau masa depan, mencintai orang kecil, lagi mendalami filsafat dan berjiwa seni,” ungkapnya ke Harian Bernas,(3/2).

Saat ini, pengagum Franz Magnis-Suseno ini menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara, psikolog sosial, dan aktif menjadi pengurus sejumlah himpunan psikologi, serta mitra sebagai penyunting penelaah pada sejumlah jurnal ilmiah nasional dan internasional. Saat ini, ia banyak menekuni bidang Psikologi Korupsi serta Psikoinformatika, yang dapat diakses karya-karyanya melalui www.juneman.me/publications, situs web pribadinya.

Cita-cita Juneman sewaktu kecil adalah menjadi dokter dan guru. Tidak kebetulan, ia menceritakan, ibu dan ayahnya pernah cukup lama menjadi guru bahasa dan mengajar dari rumah ke rumah. Cita-citanya sebagai dokter ia wujudkan dengan melamar sebagai mahasiswa program S1 di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Ia gagal dalam UMPTN pada waktu itu, lalu berefleksi, “Apakah benar, ‘dokter’ merupakan diri ke mana saya mengarah?”; tetapi langsung mengisi waktu dengan belajar bahasa Jerman dan Perancis serta teknologi web, sampai akhirnya ia menemukan bidang yang menjadi passion-nya saat ini, Psikologi—bahkan kini menjadi Kandidat Doktor Psikologi di universitas tempat ia pernah “jatuh”, Universitas Indonesia.

Juneman mulai mengajar sejak 2002 pertama kali di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sebuah lembaga sertifikasi keahlian di bidang web di Gedung Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, kala itu sebagai trainer bersertifikasi internasional dengan siswa karyawan dan karyawati dari berbagai jenis industri. Ini merupakan pengalaman yang unik karena pada waktu itu, ia masih duduk di Semester 1 Program Sarjana di Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI, Selemba, Jakarta.

Pengalaman sebagai trainer bersertifikat internasional itu, ia maknai sebagai titik balik kehidupan yang penting karena pada usia yang demikian belia, ia sedang “hot-hot”-nya bergulat untuk mencari jati diri, tapi ia justru sudah mulai mengasah jiwa, baik mendidik orang lain maupun mendidik diri sendiri. Ia kemudian semakin menyadari bahwa mengajar, dalam bidang apapun, adalah sebuah seni yang adiluhung dalam mengelola interaksi antar jiwa di dalam dan di luar kelas, termasuk dengan diri sendiri, untuk membidani lahirnya keagungan pembelajaran. “Apakah keagungan itu? Yakni sebuah pengertian yang mendalam akan diri sendiri, untuk menjadi diri sendiri, sekaligus memberikan diri kepada orang lain,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengalami titik balik yang penting di sekitar Peristiwa 27 Juli 1996, ketika ia duduk di SMP dan sering bersurat-suratan panjang dengan seorang sahabat, sebut saja “Katrin” (boleh jadi nama asli), dari Sekolah Santa Ursula. Hari ini, ia menganggap Katrin merupakan “guru”-nya ihwal berdialektika (berdiskusi, berdialog) dalam tulisan dengan metode bernalar dan mencapai kesimpulan dengan mempertimbangkan dengan cermat gagasan-gagasan baik yang mendukung maupun yang menggugat pemikirannya.

Pengalaman unik di pekerjaan sehari-hari digambarkan Juneman begitu kaya, khususnya ketika membimbing mahasiswa yang sedang menggarap skripsi dan mahasiswa yang menjadi asisten tetap penelitiannya. Pengalaman itu dirangkumnya sebagai menghadapi mahasiswa bukan hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai individu konkret dengan segala persoalan, duka, mimpi, kegembiraan, dan harapannya. Demikian pula hal yang sama terjadi ketika ia berperan sebagai pembicara dalam seminar atau workshop psikologi. Disebut unik karena interaksi dengan mahasiswi dan audiens tersebut membawa ia untuk terus-menerus mempertanyakan dirinya, “Siapakah saya dan apakah sumbangsih saya di dunia ini?”, sebuah pertanyaan eksistensial yang baginya sangat penting untuk tetap menjaga “kewarasan”-nya di tengah-tengah rutinitas dan perubahan sosial yang serba cepat. Dosen dengan berbagai peran kepemimpinan publik ini merasa tidak mudah terjebak dalam suasana hati yang negatif, karena di samping tekun melakukan refleksi (peremenungan), dengan berbagai peran yang disandangnya, ia mensyukuri keistimewaan yang dimilikinya, yakni banyaknya sahabat dan lapangan kehidupan yang selalu menyokongnya ketika sedang letih atau berbeban berat.

Motto “Ever Onward, Never Retreat!” (Sekali melangkah, jangan pernah menengok ke belakang!) terpatri dalam benak Juneman. Motto ini ia dengar pertama kali melalui media kaset yang memuat rekaman pidato Bung Karno dan kala itu batinnya sangat tersentuh. Itu sebabnya, persistensi atau kegigihan kini menjadi salah satu nilai yang paling dipeluknya. Tidak heran, dalam dunia maya, ia memiliki nickname Welsh J. Keincaled. Nama ‘Welsh Keincaled’ menunjuk pada sebuah artefak yang menyimbolkan kuda dengan punggung yang tangguh, yang selalu siap berjuang dan tak gentar menghadapi bahaya. Sedangkan huruf ‘J’ ia tambahkan sendiri, yang merupakan singkatan dari sebuah kata Jerman, Jetzt, yang artinya ‘sekarang’. “Maksudnya adalah jika ingin sukses, persistenlah hari ini, bukan persisten nanti, dan beranilah menghadapi bahkan menjemput krisis dalam hidup kita karena krisis-krisis itu yang akan membesarkan hidup kita, dalam bidang apapun yang kita tekuni, entah bidang personal, politik, bisnis, atau bahkan bidang spiritual,” jelasnya.

Bicara soal pencapaian, ia merujuk pada tulisan-tulisan ilmiahnya yang dikutip sebagai referensi oleh para peneliti di dunia. Sebagai peneliti muda, dengan debut menulis ilmiah pada 2008, saat ini ia telah menulis lebih dari 65 publikasi, baik berupa buku maupun artikel jurnal ilmiah, dengan h-index (impak publikasi) mencapai angka 3 di Google Scholar dan 1 di Scopus. Ia juga pernah menerima Best Paper Award dalam tiga konferensi internasional.

Baginya, makna dari pencapaian atas semua itu adalah bahwa sebagai dosen dan peneliti di Indonesia, orang Indonesia juga mampu turut berpartisipasi dalam konstruksi pengetahuan, bukan hanya konsumsi pengetahuan dan teknologi. Tidak jarang para peneliti dari berbagai negara menghubunginya untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau sekadar mengucapkan terima kasih atas tulisannya yang telah terbit. 

Yang juga membanggakannya adalah keterlibatannya dalam penelitian di tujuh propinsi di Indonesia untuk mengetahui efektivitas sebuah program penanggulangan kemiskinan, yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah buku. Ia percaya bahwa Kemiskinan dan Ketimpangan merupakan isu yang mendesak untuk diurus dalam penelitian sosial. Oleh karena itu, ia akan terus mengembangkan riset-risetnya dalam tiga bidang utama, yakni Perilaku Korupsi—Seks—dan Konsumsi, karena ia menyimpulkan berdasarkan cermatannya bahwa ketiganya saling berjalin-berkelindan serta dengan satu dan lain cara berhubungan erat dengan soal-soal Kemiskinan dan Ketimpangan itu. Tantangan yang dihadapinya adalah mengintegrasikan ketiganya dengan bidang Psikoinformatika yang juga ditekuninya, khususnya mengantisipasikan bentuk-bentuk dan dinamika baru perilaku seksual, korupsi, dan konsumsi yang dimediasikan oleh teknologi.

Dalam Psikologi Korupsi, secara khusus ia menerbitkan karya tentang representasi makna-makna korupsi pada masyarakat Indonesia, lalu menyoroti tentang Kepalsuan Diri dan Emosi Moral sebagai fokus studinya. Menurutnya, gejala dasar yang urgen dan menantang untuk dijelaskan adalah “maling teriak maling”, yakni pengalaman “mental korup” keseharian—yang tidak harus selalu mengambil wujud berupa korupsi finansial—yang diiringi atau ditutupi oleh deklarasi diri bersih-dari-korupsi sambil menunjuk-nunjuk tentang betapa koruptifnya orang lain. Akibatnya, situasi jiwa tersebut secara akumulatif menghancurkan integritas, rasa malu dan rasa bersalah orang itu sendiri. Dengan tak kenal lelah, Juneman menyelidiki berbagai alur psikologi-sosial kompleks di balik gejala tersebut. Ia mengklaim bahwa banyak perilaku korupsi yang akan mampu dicegah sejak dini berbasis risetnya yang, harapannya, ujungnya akan bermuara pada meningkat pesatnya daya saing bangsa Indonesia tanpa korupsi.

Penggemar pertunjukan teater, jazz ringan, dan lagu-lagu Engelbert Humperdick dan Frank Sinatra ini memiliki mimpi untuk mentransformasikan tulisan-tulisan ilmiahnya ke dalam bahasa yang jauh lebih “nge-pop” agar dapat dinikmati oleh publik yang lebih luas serta membangun sebuah laboratorium psikologi sosial laboratorium psikologi sosial yang dapat dikelolanya secara langsung. Ia pun bergairah untuk terus memperjuangkan pendidikan bermakna bersama BINUS dan jejaringnya. 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Ribuan Orang Antre Panjang Untuk Salaman Dengan Sultan

Bernas.id - Antrean cukup panjang terlihat di kompleks Bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/6/2018) pagi. Pasalnya, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menggelar syawalan dengan acara open house. Ribuan warga berduyun-duyun data ...

Lifestyle

Tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati Jadi Trending Topik di HUT Presiden Jokowi

Bernas.id – Hari ini, pada tanggal 21 Juni 2018, Presiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke-57. Tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati pun menjadi trending topik di lini massa Twitter. Beragam ucapan selamat ulang tahun dan doa ...

DIY

Bupati Sleman Haturkan Belasungkawa Kepada Korban Kecelakaan Lava Tour

Bernas.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Bupati Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Sri Muslimatun berserta jajaran terkait menghaturkan rasa belasungkawa kepada wisatawan lava tour yang mengalami kecelakaan pada hari Selasa ...

Pendidikan

Lahirkan Puluhan Sarjana, Hingga Kini Desa Lante Tak Tersentuh Listrik PLN

Bernas.id--Sungguh ironis dan tragis. Itulah gambaran yang tepat dan pas bagi Desa Lante,  Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai Raya, Provinsi NTT. Betapa tidak, hingga saat ini desa yang telahi melahirkan puluhan sarjana yang seb ...

Ekonomi

Perpanjangan Jam Buka Pasar Beringharjo Bakal Dievaluasi

Bernas.id - Kepala Disperindag Kota Jogja Maryustion Tonang mengungkapkan, pihaknya dalam waktu dekat menggelar evaluasi atas uji coba Pasar Beringharjo yang buka sampai malam (pukul 21:00). Sebab, sejak awal diluncurkan April lalu, belum a ...

DIY

Atap Toilet Titik Nol Retak, Kontraktor Mengaku Belum Tahu

Bernas.id - Jalur masuk toilet umum underground yang ada di kawasan titik nol kilometer Jogja ditutup, karena atap bangunan sudah retak sejak tiga bulan silam. Kontraktor pembangunan toilet underground Titik Nol mengaku belum mendapat lapor ...

DIY

Dishub Jogja Jaring 19 Juru Parkir Nakal Selama Libur Lebaran

Bernas.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja telah menjaring sebanyak 19 juru parkir (jukir) nakal selama libur Lebaran 2018.  Mereka dijaring karena menerapkan tarif di atas tarif dasar yang tercantum dalam Perda Kota Jogja No ...

DIY

Asap Bertekanan Lemah Masih Keluar Dari Puncak Merapi

Bernas.id - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, cuaca cerah menyelimuti Gunung Merapi, Rabu (20/6) pagi. Walau demikian, asap bertekanan lemah masih keluar dari puncak gunung itu. " ...

Ekonomi

Usai Lebaran, Pedagang Oleh-Oleh Diserbu Pemudik

Bernas.id -Libur panjang Lebaran membawa berkah bagi pedagang oleh-oleh di Jogja. Penjualan oleh-oleh seperti bakpia, aneka camilan hingga batik mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasanya.  "Kebetulan p ...

Olahraga

Tak Sebagai Pelatih Sepak Bola, Profesi Sehari-hari Pelatih Islandia Ini Cukup Bergengsi Lho

Bernas.id - Keberhasilan Islandia sebagai peserta Piala Dunia 2018 tidak lepas dari tangan dingin Heimer Hallgrimsson sebagai pelatihnya. Nyatanya, di Islandia, Heimer Hallgrimson justru berprofesi sebagai dokter gigi. Bagi Heimer, dikut ...

DIY

Malioboro Masih Padat Merayap

Bernas.id - Arus kendaraan di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta pada Selasa (19/06/2018) terpantau padat. Meskipun tidak sampai menyebabkan kemacetan, kendaraan yang mayoritas berplat luar kota kadang terhenti ...

DIY

Puncak Kepadatan Terminal Giwangan Diperkirakan H+7 Lebaran

Bernas.id - Puncak kepadatan penumpang arus balik di Terminal Giwangan pada masa Angkutan Lebaran 2018 didiperkirakan baru akan terjadi pada H+7 Lebaran. Diperkirakan, jumlah penumpang mencapai sekitar 21.000 orang. "Jumlah penumpan ...

Pariwisata

Dispar DIY Ikuti Danoje Festival di Korea

Bernas.id - Sebagai salah satu bentuk realisasi kesepakatan bersama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai anggota East Asia Tourism Regional Forum (EATOF), Dinas Pariwisata DIY mengikuti Danoje Festival Art, Cultural and Tourism Festival ...

DIY

Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jalur Wisata DIY Aman

Bernas.id-Pertamina memfokuskan pasokan bahan bakar minyak pada masa arus balik ini di jalur-jalur wisata di DIY. Ini karena di beberapa titik jalur wisata di DIY diperkirakan dipadati banyak kendaraan.  "Untuk itu, kami akan f ...

DIY

Tempat Parkir Andong di Malioboro Malah Dipakai Parkir Mobil Wisatawan

Bernas.id- Padatnya kawasan parkir Malioboro, termasuk kawasan parkir hotel yang penuh menyebabkan tempat becak dan andong menunggu penumpang di Malioboro kerap dijadikan tempat parkir mobil pemudik asal luar kota. Akibatnya kusir andong ta ...

DIY

KPU Jogja Mulai Umumkan DPS Pemilu 2019

Bernas.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta mulai mengumumkan dan menyosialisasikan hasil penetapan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2019 mulai hari ini hingga 14 hari ke depan. Ini supaya memperoleh tanggapan dari masyarak ...

DIY

Jalan Jogja-Solo Padat Merayap Empat Kilo

Bernas.id--Beberapa objek wisata di sekitar Prambanan kini ramai dikunjungi wisatawan. Ini membuat Jalan Solo-Jogja padat merayap hingga sekitar empat kilometer. Petugas Pos Pelayanan Prambanan Iptu Sutarta mengatakan diperkirakan puncak ...

Pariwisata

Citarasa Kuliner Jawa Tempo Dulu dengan 40 Jenis Minuman Rempah di Pendopo nDe Luweh

Bernas.id - Bagi para wisatawan terutama pemburu kuliner ada satu tempat di Jogja yang menarik untuk dikunjungi, selain menyajikan menu makanan Jawa tempo dulu yang telah langka, rumah makan bernama Pendopo nDe Luweh, juga menyediakan 40 je ...

DIY

Puncak Arus Balik Terminal Jombor Diperkirakan H+4

Bernas.id - Puncak arus balik di Terminal Jombor, Sleman, diperkirakan akan terjadi pada Selasa (19/6) atau pada H+4 Lebaran. "Untuk hari Minggu ini kami perkirakan kenaikan penumpang belum seberapa," kata Penasihat Paguyuban A ...

Pariwisata

Sudah Ada Korban, Wisatawan di Pantai Baron Diminta Waspadai Ubur-Ubur

Bernas.id - Tim Pencarian dan Penyelamatan Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul mengimbau wisatawan mewaspadai ubur-ubur yang banyak muncul di kawasan pantai itu. Ketua SAR Linmas Wilayah II Pantai Baron Marjono di Gunung Kidul, Sabtu, me ...

Lifestyle

The Silversmith Workshop Kolaborasi HS Silver dengan Omah Dhuwur Restauran

Bernas.id - Sebagai perusahaan yang peduli terhadap warisan budaya Jawa, HS Silver 800-925 yang berada di Jalan Mondorakan, Kotagede, tepatnya di Yogyakarta sebelah tenggara ini, tidak hanya memproduksi kerajinan perak tetapi juga memiliki ...

DIY

Wisatawan di Jogja Diimbau Pakai Angkutan Umum

Bernas.id - Wisatawan yang ingun menghabiskan masa libur Lebaran di Kota Yogyakarta diimbau memperbanyak penggunaan angkutan umum. Ini dikarenakan keterbatasan lahan parkir dan agar tidak terjebak kepadatan lalu lintas. "Jenis angku ...

Budaya

6 Negara Ini Miliki Tradisi Unik pada Hari Lebaran

Bernas.id - Beberapa negara ini memiliki tradisi unik pada hari Lebaran. Untuk itulah momen Lebaran memang menjadi momen yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Ada banyak hal yang biasanya umat Islam lakukan ketika hari ra ...

DIY

Ribuan Umat Padati Salat Idul Fitri di Alun-Alun Utara

Bernas.id -Ribuan umat Muslim di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya Jumat (15/6/2016) pagi melaksanakan salat Idul Fitri di Alun-Alun Utara. Turut dalam salat tersebut, di baris terdepan, Gubernur DIY yang juga raja Kraton Yogyakarta Sri Sul ...

Budaya

Ribuan Peserta Meriahkan Lomba Takbir Keliling di Sleman

Bernas.id -Ribuan orang mengikuti Lomba Takbir Keliling yang diadakan untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Sleman pada Kamis (14/6) malam. Lomba Takbir Keliling kali ini menarik karena mengusung tema nilai-nilai jawa yang berpadu denga ...

DIY

Menuju Lebaran, Aktivitas Terminal Semakin Menurun

Bernas.id-Aktivitas kedatangan dan keberangkatan di Terminal Jombor Slemam semakin menurun sejak dari H-2 (kemarin) dan H-1 lebaran, hari ini. Sebelumnya puncak kesibukan kedatangan dan keberangkatan terjadi saat H-5 lebaran atau pada Mingg ...

Pariwisata

Rumah Heritage Ini Tawarkan Penginapan Sensasional Ala Priyayi Kraton Jogja

Bernas.id - Yogyakarta memang istimewa terutama dalam hal pariwisata. Destinasi wisata yang ada bisa dikatakan cukup lengkap, hamparan alamnya yang menawan, gunung, lembah, gua, dan pantai. Belum lagi wisata heritage, wisata budaya dan r ...

DIY

Sambut Lebaran, UPT Malioboro Bentuk Lima Satgas

Bernas.id - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto mengatakan, pihaknya telah membentuk lima satgas yang disiapkan untuk menyambut libur lebaran di kawasan Malioboro. Ada Satgas Harga, Satgas Ketertiban Umum, Satgas Parkir, Sa ...

DIY

Satpol PP Jogja Siap Tindak Tegas PKL Malioboro yang Nakal

Bernas.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja siap menindak pedagang kaki lima kuliner di kawasan Malioboro yang "nakal". Pedagang akan dikenai sanksi tegas apabila terbukti menaikkan harga tidak wajar selama libur ...

DIY

Konsumsi Pertamax DIY Naik 17 Persen

Bernas.id-Konsumsi pertamax di wilayah DIY-Jawa Tengah selama masa angkutan mudik Lebaran lebih tinggi 17% dari konsumsi normal harian. Walau masa angkutan baru beberapa hari berlangsung, konsumesi pertamax di wilayah ini tercatat mencapai ...

DIY

Dishub Jogja Himbau Agar Tarif Parkir Persil Pribadi Sewajarnya

Bernas.id - Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho mengatakan, kapasitas parkir di Kota Yogyakarta terbatas sehingga dimungkinkan tidak semua kendaraan wisatawan bisa tertampung di tempat parkir yang ada, selama libur ...

DIY

Lahan Parkir Alternatif di Sekitar Malioboro Disiapkan

Bernas.id - Kapasitas parkir di Kota Yogyakarta untuk mendukung wisata saat libur Lebaran bakal berkurang karena sedang ada pekerjaan pembangunan di dua lokasi parkir yang berada di kawasan Malioboro. Meski demikian, sudah disiapkan lahan p ...

Ekonomi

Hadapi Lebaran, Pedagang Pasar Beringharjo Siapkan Stok Melimpah

Bernas.id - Pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta khususnya pedagang pakaian dan suvenir sudah menyiapkan stok dagangan cadangan untuk menghadapi libur lebaran. Mereka siap mengantisipasi lonjakan jumlah wisawatan yang datang. "P ...

Pariwisata

Bakpia Djava Bagikan Takjil Gratis

Bernas.id - Bakpia Djava membagikan takjil gratis kepada para pengguna jalan yang melintas di Jalan Adisutjipto Yogyakarta. Kegiatan berbagi takjil ini dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Dikatakan Marketing Djava, Ninis pembagian t ...

Budaya

Makna Upacara Tumplak Wajik Keraton Jogja

Bernas.id - Keraton Yogyakarta melaksanakan Upacara Tumplak Wajik menjelang Garebeg Sawal Dal 1951 untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri 2018. Kegiatan Tumplak Wajik ini dilaksanakan untuk mengawali pembuatan gunungan yang menjadi sarana ...

DIY

Dindukcapil Yogyakarta Tetap Buka Layanan Adminduk Saat Cuti Bersama

Bernas.id- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta tetap membuka layanan administrasi kependudukan saat cuti bersama yang dipusatkan di kantor dinas tersebut di Kompleks Balai Kota Yogyakarta. “Jenis l ...

DIY

Dishub Jogja Jaring Enam Jukir Liar

Bernas.id - Sebanyak enam juru parkir (jukir) liar terjaring operasi penertiban oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta. Mereka kini diproses yustisi dengan diajukan ke sidang tindak pidana ringan. “Keenam juru parkir liar ...

Pariwisata

Dinas Pariwisata DIY Siapkan Empat Posko Informasi Wisata

Bernas.id - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan empat posko informasi wisata. Ini sebagai pusat pelayanan wisatawan dari luar kota selama libur Lebaran 2018. "Semua informasi mengenai destinasi wisata bisa ditanya ...

DIY

Wajah Pasar Beringharjo Kini

Bernas.id - Pasar Beringharjo, rutinitas para pedagangnya tak pernah sepi. Dari pintu masuk sisi barat, ramah para pedagang yang menawarkan ragam pakaian batik, tas, atau topi anyaman menyambut para pengunjung. Benedik Cahyo S, Kepala Bi ...

Pendidikan

Semakin Profesional, Guru Dituntut Definisikan Ulang Pekerjaannya

Bernas.id – Dalam Focus Group Discussion bertema Guru dan Profesionalitas, St Kartono menegaskan bahwa perihal profesionalitas guru menjadi penting sejauh bertolak dari fakta dan situasi riil di lapangan, Aula Dewan Perwakilan Daerah ...

DIY

Wisatawan Kawasan Merapi Diminta Parkir Kendaraan Hadap Jalur Turun

Bernas.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman meminta wisatawan ke destinasi di kawasan lereng Gunung Merapi untuk memarkir kendaraan menghadap ke arah keluar atau arah turun jalur evakuasi. Ini terkait status Merapi yang ...

Pariwisata

Perluas Informasi Wisata, PHRI Sleman Edarkan Direktori Wisata di Bandara

Bernas.id - Ingin lebih memperkenalkan destinasi wisata dan penunjangnya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II untuk penyebaran direktori wisata yang ada di Kabupaten Sleman. ...

Pendidikan

Launching Majalah Pundi, PR Besar Pendidikan Indonesia

Bernas.id - Selain mengadakan Focus Group Discussion dengan tema Guru dan Problematika Profesionalitas, Yayasan Pegiat Indonesia Indonesia juga melaunching Majalah Pegiat Pendidikan Indonesia (PUNDI), Aula Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, ...

DIY

Para Sniper Bagikan Takjil di Titik Nol Yogyakarta

Bernas.id - Gabungan beberapa elemen masyarakat Yogyakarta yang menamai dirinya Solidaritas Inti Persaudaraan (Sniper) membagikan takjil gratis kepada pengguna jalan yang melintasi Jalan Malioboro hingga titik nol kilometer Yogyakarta, Seni ...

DIY

Danramil 07/Umbulharjo Pantau Arus Mudik di Terminal Giwangan

Bernas.id - Komandan Koramil (Danramil) 07/Umbulharjo Kodim 0734/Yogyakarta Mayor Kav Cecep Saepudin, S.Sos memantau pergerakan kedatangan pemudik di Pos Pelayanan Lebaran 2018 Polresta Yogyakarta yang berada di Terminal Giwangan Yogyakarta ...

DIY

Domapan Dioperasionalkan dari Taman Pintar Kelilingi Malioboro

Bernas.id - Pemerintah Kota Yogyakarta mengoperasionalkan moda transportasi wisata "domapan" selama, menjelang, dan sesudah Lebaran 2018. Ini dilakukan untuk menambah daya tarik kawasan Malioboro. "Angkutan wisata ini diop ...

Kesehatan

Jelang Lebaran, Stok Darah Menipis

Bernas.id - Stok darah yang tersedia di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Sleman menipis menjelang lebaran. Padahal, kebutuhan dan permintaan darah menjelang lebaran cukup tinggi. Staf Unit Transfusi Darah PMI Sleman Ari Yesi ...

DIY

Posko Mandiri RAPI Lokal Mlati Ikut Bantu Para Pemudik

Bernas.id -  Dalam rangka bantuan komunikasi Lebaran 2018, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) lokal Mlati, Sleman, Yogyakarta ikut berperan membantu masyarakat yang mudik. Posko RAPI Lokal Mlati ini terletak di sisi selatan Jalan Li ...

Kesehatan

Dua Puskesmas ini Tetap Buka 24 Jam Meski Libur Lebaran

Bernas.id - Dua puskesmas di Kota Yogyakarta akan tetap disiagakan selama 24 jam setiap hari meskipun libur Lebaran. Keduanya adalah puskesmas Tegalrejo dan Jetis. “Dari 18 puskesmas yang ada di Kota Yogyakarta, dua di antaranya te ...

DIY

Maruarar Sirait Santuni Anak Yatim di Yogyakarta

Bernas.id - Usai menggelar pertemuan dengan kader Taruna Merah Putih yang merupakan sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Magelang, Jawa Tengah, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Maruarar Sirait memberikan santu ...