Juneman Abraham: Beranilah Menjemput Krisis dalam Hidup karena Akan Membesarkan


17 Februari 2017

Juneman Abraham (sumber foto; istimewa)

HarianBernas.com - Juneman Abraham merasa sangat beruntung karena ia lahir pada tanggal yang sama (6 Juni)  dengan tanggal ulang tahun Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, serta memiliki nama keluarga Abraham yang merupakan Bapak dari Agama-agama Besar di dunia. Tidak heran, ia mengagumi kedua tokoh ini.

Saat SMP, ia “melahap” buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia dan Sewindu Dekat Bung Karno. Bung Karno, Proklamator RI, merupakan sosok yang “lengkap” di matanya. “Beliau memiliki wawasan dan spiritualitas global, perspektif yang menjangkau masa depan, mencintai orang kecil, lagi mendalami filsafat dan berjiwa seni,” ungkapnya ke Harian Bernas,(3/2).

Saat ini, pengagum Franz Magnis-Suseno ini menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara, psikolog sosial, dan aktif menjadi pengurus sejumlah himpunan psikologi, serta mitra sebagai penyunting penelaah pada sejumlah jurnal ilmiah nasional dan internasional. Saat ini, ia banyak menekuni bidang Psikologi Korupsi serta Psikoinformatika, yang dapat diakses karya-karyanya melalui www.juneman.me/publications, situs web pribadinya.

Cita-cita Juneman sewaktu kecil adalah menjadi dokter dan guru. Tidak kebetulan, ia menceritakan, ibu dan ayahnya pernah cukup lama menjadi guru bahasa dan mengajar dari rumah ke rumah. Cita-citanya sebagai dokter ia wujudkan dengan melamar sebagai mahasiswa program S1 di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Ia gagal dalam UMPTN pada waktu itu, lalu berefleksi, “Apakah benar, ‘dokter’ merupakan diri ke mana saya mengarah?”; tetapi langsung mengisi waktu dengan belajar bahasa Jerman dan Perancis serta teknologi web, sampai akhirnya ia menemukan bidang yang menjadi passion-nya saat ini, Psikologi—bahkan kini menjadi Kandidat Doktor Psikologi di universitas tempat ia pernah “jatuh”, Universitas Indonesia.

Juneman mulai mengajar sejak 2002 pertama kali di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sebuah lembaga sertifikasi keahlian di bidang web di Gedung Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, kala itu sebagai trainer bersertifikasi internasional dengan siswa karyawan dan karyawati dari berbagai jenis industri. Ini merupakan pengalaman yang unik karena pada waktu itu, ia masih duduk di Semester 1 Program Sarjana di Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI, Selemba, Jakarta.

Pengalaman sebagai trainer bersertifikat internasional itu, ia maknai sebagai titik balik kehidupan yang penting karena pada usia yang demikian belia, ia sedang “hot-hot”-nya bergulat untuk mencari jati diri, tapi ia justru sudah mulai mengasah jiwa, baik mendidik orang lain maupun mendidik diri sendiri. Ia kemudian semakin menyadari bahwa mengajar, dalam bidang apapun, adalah sebuah seni yang adiluhung dalam mengelola interaksi antar jiwa di dalam dan di luar kelas, termasuk dengan diri sendiri, untuk membidani lahirnya keagungan pembelajaran. “Apakah keagungan itu? Yakni sebuah pengertian yang mendalam akan diri sendiri, untuk menjadi diri sendiri, sekaligus memberikan diri kepada orang lain,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengalami titik balik yang penting di sekitar Peristiwa 27 Juli 1996, ketika ia duduk di SMP dan sering bersurat-suratan panjang dengan seorang sahabat, sebut saja “Katrin” (boleh jadi nama asli), dari Sekolah Santa Ursula. Hari ini, ia menganggap Katrin merupakan “guru”-nya ihwal berdialektika (berdiskusi, berdialog) dalam tulisan dengan metode bernalar dan mencapai kesimpulan dengan mempertimbangkan dengan cermat gagasan-gagasan baik yang mendukung maupun yang menggugat pemikirannya.

Pengalaman unik di pekerjaan sehari-hari digambarkan Juneman begitu kaya, khususnya ketika membimbing mahasiswa yang sedang menggarap skripsi dan mahasiswa yang menjadi asisten tetap penelitiannya. Pengalaman itu dirangkumnya sebagai menghadapi mahasiswa bukan hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai individu konkret dengan segala persoalan, duka, mimpi, kegembiraan, dan harapannya. Demikian pula hal yang sama terjadi ketika ia berperan sebagai pembicara dalam seminar atau workshop psikologi. Disebut unik karena interaksi dengan mahasiswi dan audiens tersebut membawa ia untuk terus-menerus mempertanyakan dirinya, “Siapakah saya dan apakah sumbangsih saya di dunia ini?”, sebuah pertanyaan eksistensial yang baginya sangat penting untuk tetap menjaga “kewarasan”-nya di tengah-tengah rutinitas dan perubahan sosial yang serba cepat. Dosen dengan berbagai peran kepemimpinan publik ini merasa tidak mudah terjebak dalam suasana hati yang negatif, karena di samping tekun melakukan refleksi (peremenungan), dengan berbagai peran yang disandangnya, ia mensyukuri keistimewaan yang dimilikinya, yakni banyaknya sahabat dan lapangan kehidupan yang selalu menyokongnya ketika sedang letih atau berbeban berat.

Motto “Ever Onward, Never Retreat!” (Sekali melangkah, jangan pernah menengok ke belakang!) terpatri dalam benak Juneman. Motto ini ia dengar pertama kali melalui media kaset yang memuat rekaman pidato Bung Karno dan kala itu batinnya sangat tersentuh. Itu sebabnya, persistensi atau kegigihan kini menjadi salah satu nilai yang paling dipeluknya. Tidak heran, dalam dunia maya, ia memiliki nickname Welsh J. Keincaled. Nama ‘Welsh Keincaled’ menunjuk pada sebuah artefak yang menyimbolkan kuda dengan punggung yang tangguh, yang selalu siap berjuang dan tak gentar menghadapi bahaya. Sedangkan huruf ‘J’ ia tambahkan sendiri, yang merupakan singkatan dari sebuah kata Jerman, Jetzt, yang artinya ‘sekarang’. “Maksudnya adalah jika ingin sukses, persistenlah hari ini, bukan persisten nanti, dan beranilah menghadapi bahkan menjemput krisis dalam hidup kita karena krisis-krisis itu yang akan membesarkan hidup kita, dalam bidang apapun yang kita tekuni, entah bidang personal, politik, bisnis, atau bahkan bidang spiritual,” jelasnya.

Bicara soal pencapaian, ia merujuk pada tulisan-tulisan ilmiahnya yang dikutip sebagai referensi oleh para peneliti di dunia. Sebagai peneliti muda, dengan debut menulis ilmiah pada 2008, saat ini ia telah menulis lebih dari 65 publikasi, baik berupa buku maupun artikel jurnal ilmiah, dengan h-index (impak publikasi) mencapai angka 3 di Google Scholar dan 1 di Scopus. Ia juga pernah menerima Best Paper Award dalam tiga konferensi internasional.

Baginya, makna dari pencapaian atas semua itu adalah bahwa sebagai dosen dan peneliti di Indonesia, orang Indonesia juga mampu turut berpartisipasi dalam konstruksi pengetahuan, bukan hanya konsumsi pengetahuan dan teknologi. Tidak jarang para peneliti dari berbagai negara menghubunginya untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau sekadar mengucapkan terima kasih atas tulisannya yang telah terbit. 

Yang juga membanggakannya adalah keterlibatannya dalam penelitian di tujuh propinsi di Indonesia untuk mengetahui efektivitas sebuah program penanggulangan kemiskinan, yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah buku. Ia percaya bahwa Kemiskinan dan Ketimpangan merupakan isu yang mendesak untuk diurus dalam penelitian sosial. Oleh karena itu, ia akan terus mengembangkan riset-risetnya dalam tiga bidang utama, yakni Perilaku Korupsi—Seks—dan Konsumsi, karena ia menyimpulkan berdasarkan cermatannya bahwa ketiganya saling berjalin-berkelindan serta dengan satu dan lain cara berhubungan erat dengan soal-soal Kemiskinan dan Ketimpangan itu. Tantangan yang dihadapinya adalah mengintegrasikan ketiganya dengan bidang Psikoinformatika yang juga ditekuninya, khususnya mengantisipasikan bentuk-bentuk dan dinamika baru perilaku seksual, korupsi, dan konsumsi yang dimediasikan oleh teknologi.

Dalam Psikologi Korupsi, secara khusus ia menerbitkan karya tentang representasi makna-makna korupsi pada masyarakat Indonesia, lalu menyoroti tentang Kepalsuan Diri dan Emosi Moral sebagai fokus studinya. Menurutnya, gejala dasar yang urgen dan menantang untuk dijelaskan adalah “maling teriak maling”, yakni pengalaman “mental korup” keseharian—yang tidak harus selalu mengambil wujud berupa korupsi finansial—yang diiringi atau ditutupi oleh deklarasi diri bersih-dari-korupsi sambil menunjuk-nunjuk tentang betapa koruptifnya orang lain. Akibatnya, situasi jiwa tersebut secara akumulatif menghancurkan integritas, rasa malu dan rasa bersalah orang itu sendiri. Dengan tak kenal lelah, Juneman menyelidiki berbagai alur psikologi-sosial kompleks di balik gejala tersebut. Ia mengklaim bahwa banyak perilaku korupsi yang akan mampu dicegah sejak dini berbasis risetnya yang, harapannya, ujungnya akan bermuara pada meningkat pesatnya daya saing bangsa Indonesia tanpa korupsi.

Penggemar pertunjukan teater, jazz ringan, dan lagu-lagu Engelbert Humperdick dan Frank Sinatra ini memiliki mimpi untuk mentransformasikan tulisan-tulisan ilmiahnya ke dalam bahasa yang jauh lebih “nge-pop” agar dapat dinikmati oleh publik yang lebih luas serta membangun sebuah laboratorium psikologi sosial laboratorium psikologi sosial yang dapat dikelolanya secara langsung. Ia pun bergairah untuk terus memperjuangkan pendidikan bermakna bersama BINUS dan jejaringnya. 



SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Ekonomi

5 Tips Berbisnis Minuman Kekinian Siap Saji Agar Tidak Kalah Saing

Bernas.id – Minuman kekinian yang biasanya dijual secara cepat saji kian menjamur terutama di kota-kota besar. Berbagai merk dan rasa seolah serupa satu dengan yang lainnya. Kebanyakan, minuman kekinian tersebut memiliki lebih dari 3 ...

Ekonomi

Denni Puspa Purbasari: Kartu Prakerja Bukan Bantuan Sosial

BERNAS.ID JAKARTA- Beberapa orang salah mengira bahwa, Kartu Prakerja diibaratkan sebagai bantuan sosial.  Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari meluruskan, Kartu Prakerja adalah semacam beasis ...

Ekonomi

Ari Dwipayana : Kartu Prakerja Harus Adaptif dalam Situasi Pandemi

  BERNAS ID JAKARTA - Kartu prakerja harus dilihat sebagai bagian dari policy reform. Sederhananya sebagai sebuah terobosan dalam menghadapi masalah struktural yang cukup panjang.    Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat K ...

Pariwisata

Ingin Lekas Piknik? Ini Tips Aman Liburan Saat New Normal

BERNAS.ID - Sudahkah berniat ingin berwisata di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB)? Larangan bepergian karena mencegah penyebaran Covid-19 sejak Maret 2020 lalu membuat masyarakat harus bertahan di rumah. Apalagi ketika daerah men ...

Lifestyle

Bukan Karena Kehabisan BBM Lalu Diisi Bensin Eceran! Begini Klarifikasi Setwapres

BERNAS.ID - Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar mengklarifikasi soal video mobil Wakil Presiden yang diduga kehabisan bahan bakar dan diisi bahan bakar eceran. Rekaman video yang sudah viral tersebut akhirnya diluruska ...

Ekonomi

Milenials, 5 Bakat Seni Ini Bisa Jadi Bisnis di Era New Normal, lho.

Bernas.id – Seseorang yang punya keterampilan seni seringkali dipandang kurang bisa menghasilkan uang atau memiliki pekerjaan yang bagus. Seperti halnya keterampilan lain, seni juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang jika kamu bisa me ...

Kesehatan

Gugus Tugas: Tempat Tertutup Itu Berpotensi Penularan Covid-19, Ini Tips Pencegahannya

BERNAS.ID - Udara dingin dan ruang yang tertutup akan meningkatkan potensi terjadinya penularan virus corona melalui udara. Hal ini disampaikan oleh anggota Tim Pakar Medis Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Budiman Bela.  &q ...

Kesehatan

Soal Lonjakan Jumlah Pasien Positif, Begini Penjelasan Ketua Gugus Tugas Nasional

BERNAS.ID - Tambahan pasien positif Covid-19 di Indonesia beberapa hari belakangan ini menjadi sorotan karena angkanya sempat melampaui 2.000. Misalnya, kemarin Kamis (9/7/2020) dilaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanya ...

Kesehatan

Akhirnya Indonesia Bisa Produksi Rapid Test! Begini Keunggulan dan Harganya

BERNAS.ID - Indonesia mampu memproduksi alat tes cepat (rapid test) yang unggul secara kualitas maupun harga dibandingkan produk impor. 1 unit alat pendeteksi Covid-19 buatan anak bangsa ini harganya Rp 75.000.  Hal ini disampaikan ...

Inspirasi

Gerald Sebastian dalam Festival Mahakarya Ulas Awal Mula Menjadi Youtuber Hingga Mendapat Jutaan Subscriber

Bernas.id – Universitas Mahakarya Asia kembali menyelenggarakan Festival Mahakarya bertajuk ‘How to Survive as Millenials and Love Yourself’ dengan dua narasumber muda yaitu Gerald Sebastian, co-Founder and Business D ...

Ekonomi

Hai Millenials, 7 Ide Bisnis Ini Bisa Bantu Selamatkan Bumi, Lho!

Bernas.id – Sebagai generasi milenial kamu harus mulai berpikir selangkah lebih maju jika ingin berbisnis. Membangun bisnis tidak hanya mencari profit tapi juga bermanfaat untuk sesama. Lebih jauh lagi, berbisnis akan lebih bermakna j ...

Pendidikan

Sekolah di Kota Jogja ini Hanya Punya Sedikit Siswa Baru, Sebagian Berkebutuhan Khusus.

YOGYA, BERNAS.ID - SMP dan SMA Gotong-Royong, sekolah swasta yang berada di kawasan Tegalrejo Kota Yogyakarta ini kembali tidak memperoleh jumlah siswa yang banyak, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Hingga Jumat (10/7/20 ...

Ekonomi

Sejumlah Rp30 Triliun Uang Negara Ditempatkan di 4 Bank Milik Negara (Himbara) Sebagai Upaya Percepatan PEN

Bernas.id – Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional oleh Kementerian Koperasi dan UMKM yang menganggarkan dana sebesar Rp123,46 triliun, hingga tanggal 9 Juli 2020 penyaluran dana PEN mencapai 6,82% yaitu sebesar Rp8,42 triliun. Penyalura ...

Kesehatan

Makin Waspada Penularan Covid-19 Lewat Udara, Jubir Pemerintah Minta Masyarakat Lakukan Ini

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto kembali mengingatkan penularan virus corona bisa terjadi melalui droplet orang yang sakit Covid-19 maupun orang yang terinfeksi virus corona tet ...

Kesehatan

Klaster Secapa AD Sebabkan Lonjakan Kasus Baru di Jabar, Mayoritas OTG

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 mencapai 2.657 kasus pada Kamis (9/7/2020) kemarin. Hal ini karena ada tambahan dari klaster Sekolah Calon P ...

Ekonomi

6 Instansi Penyalur KUR Mengajukan Surat Tagihan Pembayaran Kepada KemenKopUKM Terkait Penyerapan Dana PEN untuk UMKM

Bernas.id – Penyaluran dana PEN untuk Koperasi dan UMKM per tanggal 9 Juli 2020 sudah mencapai 6,82% naik dari 0,20% pada awal Pusat Informasi Pemulihan Koperasi dan UMKM diluncurkan yaitu pada tanggal 2 Juli 2020 melalui lintas kemen ...

Nasional

Unggah Foto di Instagram! Jokowi dan Prabowo Bagikan Momen Kunjungan Kerja ke Kalteng

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo telah mengunjungi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Kamis (9/7/2020) kemarin. Pada kunjungan kerja kali ini, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu didampingi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo ...

DIY

Tambah 8 Pasien Positif Covid-19 di DIY, Semuanya Warga Bantul

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 8 orang pada Kamis (9/7/2020). Sehingga total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY menjadi 357 orang ...

Lifestyle

Fan Theory : GFriend, sebuah kesepian berujung pengorbanan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah backstory yang dalam telah menjadi lahapan sehari hari bagi para fans dari girlgroup GFriend. Source Music Entertaiment, agensi yang menaungi grup tersebut tak pernah bosan menghadirkan berbagai sisi ...

Kesehatan

Penularan Covid-19 Tanpa Disadari dari Orang Positif Tanpa Gejala

BERNAS.ID - Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah telah memberlakukan berbagai langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19. Potensi penularan dari orang-orang yang tidak memiliki gejala ...

Hukum dan Kriminal

Mayat Mahasiswa S3 Ditemukan di Kamar Indekos

YOGYA, BERNAS.ID--Mayat seorang pria ditemukan di sebuah indekos di kawasan Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta Rabu (8/7) sekitar pukul 17:30 WIB. Diduga, korban yang merupakan mahasiswa S3 di sebuah perguruan tinggi negeri Islam di Jogja ter ...

Ekonomi

Kementerian Koperasi UKM Alokasikan Dana PEN Sebesar Rp123,46 Triliun dalam 6 Kategori

Bernas.id - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia mengalokasikan anggaran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khusus untuk Koperasi dan UMKM sebesar Rp123,46 triliun tersebar di lintas kementerian/lembaga, ...

DIY

Dikabari Ada Penggembungan dari BPPTKG, BNPB Peringatkan Empat Kabupaten untuk Siap Siaga Merapi

SLEMAN, BERNAS.ID- Terkait data aktivitas Gunung Merapi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menemui Bupati Sleman, Sri Purnomo untuk koordinasi terkai ...

Kesehatan

Ada Karyawan Positif Tanpa Gejala di Kemendikbud, Begini Penjelasan Dirjen Dikti

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto membeberkan bahwa lonjakan kasus baru Covid-19 di Indonesia didominasi oleh orang tanpa gejala atau gejala minimal. Gejala minimal yang dimaksud seperti hanya mera ...

Sintesa

Dialog Cucu dan Kakek tentang Potensi Genius Teman-teman di Desa

Oleh:  Prof. Sudjarwadi Cucu Aleita sedang mendengarkan Nenek Yatica yang menceritakan bacaan resep-resep masakan yang menurut Nenek merupakan pilihan lauk lezat, sekaligus membuat sehat. Kakek duduk di sebelahnya, hanya ikut menden ...

Kesehatan

Bertambah 1.853 Pasien Positif Covid-19, Jubir: Sebagian Besar Gejala Minimal

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan ada 1.853 kasus baru pasien positif Covid-19, sehingga totalnya mencapai 68.079 orang per Rabu (8/7/2020). "Penambahan kasus positif ...

DIY

Sembuh dari Covid-19, Empat Anggota Polda DIY Lakukan Donor Plasma Darah untuk Kemanusiaan

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam rangka bakti kesehatan, keempat siswa SIP (Sekolah Inspektur Polisi), anggota Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 mendonorkan plasma darahnya (convalescent) di RSU ...

Daerah

Merapi Aktif Lagi, Begini Perintah Ganjar Bersiap Hadapi Erupsi di Tengah Pandemi

SEMARANG, BERNAS.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan agar para jajarannya bersiap mengantisipasi bencana alam gunung meletus. Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta suda ...

DIY

Didominasi Kontak Langsung, Ada 7 Tambahan Pasien Positif Covid-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 7 pasien positif Covid-19 pada Selasa (7/7/2020). Hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di DIY, total pasien posit ...

Inspirasi

Putu Nanda Tergabung dalam Komunitas TEAJ: Mempertaruhkan Keselamatan Demi Nyawa Orang dalam Ambulans

Bernas.id – Pada hakikatnya manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Di sinilah peran manusia agar bisa saling membantu antar sesama untuk menciptakan harmonisasi dalam kehidupan. Perilaku saling membantu kepada ...

Inovasi

Dikenalkan Ventilator Karya Bangsa, Sri Sultan Sindir Birokrasi Pemerintah Suka Barang Impor

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Sri Sultan Hamengkubuwono X mengapresiasi produk ventilator karya peneliti UGM. Menurut Sri Sultan, produk alat kesehatan karya anak bangsa perlu didorong untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor. Namun be ...

Kesehatan

Tingginya Angka Kematian, Doni Monardo: Covid-19 Itu Seperti Malaikat Pencabut Nyawa

BERNAS.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat kematian karena terinfeksi virus corona di Indonesia ada 3.241 orang. Terhitung sejak 2 Maret hingga 7 Juli 2020. Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Nasional menyampaik ...

DIY

Tambahan Pasien Positif Covid-19 di DIY Karena Kontak Langsung, Warganet Gelisah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 8 pasien positif Covid-19, Senin (6/7/2020) sore. Jumlah pasien positif Covid-19 di DIY pun men ...

Kesehatan

Muhammadiyah Ingatkan Bahwa Wabah Covid-19 Belum Berakhir

YOGYA, BERNAS.ID—Hingga tanggal 5 Juli 2020 kemarin, angka Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 63.749 kasus terkonfirmasi positif, bertambah 1.607 kasus dari hari sebelumnya dengan jumlah total yang meninggal mencapai 3.171 orang. Me ...

Olahraga

Jogja Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Sultan Alihkan Anggaran ke Covid-19

YOGYA, BERNAS.ID -PSSI telah mengumumkan dibatalkannya penggunaan stadion Mandala Krida sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021 dengan pertimbangan FIFA khawatir akan status Gunung Merapi yang bisa erupsi sewaktu-waktu. Menanggapi h ...

Inspirasi

Sarita Sutedja 'Upnormal' Beberkan 3 Kunci Suksesnya dalam Berwirausaha saat Festival Mahakarya

Bernas.id - Upnormal, adakah yang asing dengan brand ini? Rasanya hampir semua orang pernah dengar dan tahu apa itu Upnormal. Yup, tepat sekali. Upnormal adalah tempat nongkrong dengan menu makanan indomie kekinian. Sarita Sutedja yang m ...

Ekonomi

5 Tips Bermanfaat Atur Keuangan Pribadi saat New Normal

Bernas.id - Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat sektor kesehatan harus bekerja keras tapi juga mempengaruhi sektor ekonomi. Semua lapisan masyarakat dengan berbagai penghasilan dan pengeluaran terdampak covid-19. Untuk mengatasi masalah te ...

DIY

Demo Minta Pembatalan RUU HIP Dilakukan Ormas Jogja Lagi

YOGYA, BERNAS.ID– Puluhan orang dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) di DIY berkumpul di titik nol kilometer Jogja, Senin (6/7/2020). Mereka kembali berunjukrasa di masa pandemi ini dengan aspirasi menolak adanya Rancangan Unda ...

Lifestyle

Mahasiswa Susah Menabung Jika Masih Suka dengan 5 Kebiasaan IniĀ 

Bernas.id – Tujuan menabung bukan serta merta untuk bisa kaya tapi memiliki keuangan yang sehat. Bisa menabung artinya kamu bisa memprioritaskan mana yang kebutuhan mana yang sekadar keinginan. Jika ingin hidup tenang karena mempunyai ...

Inspirasi

Festival Mahakarya: Pentingnya Pendidikan bagi Millennials di Era New Normal oleh Wirda Mansur dan Sarita Sutedja

Bernas.id - Festival Mahakarya yang dilaksanakan kemarin (5/7) secara live di kanal Youtube berlangsung sangat seru dengan dua penyaji muda, sukses, dan berpengalaman, Wirda Mansur direktur WakeUpMakeUp dan Sarita Sutedja founder Upnor ...

Desa

Dani Pristiawan dalam KKD Seri Khusus: Inklusivitas Masyarakat Salamrejo, Kulonprogo dalam Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Leluhur Serta Kearifan Lokal

Bernas.id – Minggu, 5 Juli 2020 Webinar Kongres Kebudayaan Desa mengangkat tema ‘Inklusi Sosial: Mewujudkan Masyarakat Inklusif dalam Tatanan Indonesia Baru’. Webinar kali ini dipimpin oleh seorang moderator Abdi Suryan ...

Editorial

Adaptasi dan Pemulihan

Pandemi Covid-19 ini memang extra ordinary disaster. Ia berukuran mikro, tak tampak kasat mata, namun mampu mengguncang peradaban manusia secara global. Hampir semua aspek kehidupan manusia terdampak dengan adanya pandemi, dari keseha ...

Inspirasi

Wirda Mansur, Belum Genap 20 Tahun Sudah Jadi Direktur

Bernas.id - Muda, berbakat, plus punya usaha sendiri. Keren. Begitu kira-kira yang akan kita katakan begitu mengenal sosok Wirda Mansur, gadis cantik dengan segudang prestasi. Bagaimana tidak, di usianya yang belum genap 20 tahun sudah jadi ...

Lifestyle

9 Tips Memakai Make Up dengan Aman di Masa New Normal

Bernas.id – Bagi sebagian perempuan, berada di rumah saja selama PSBB atau lockdown beberapa bulan kemarin memmbuat kosmetik alias make up mereka awet. Jangankan blush on, eye shadow, dan eyeliner pakai bedak atau lipstik pun sangat j ...

Kesehatan

5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Meski Beraktivitas Berat di New Normal

Bernas.id – Beraktivitas di luar rumah karena sudah memasukai era new normal bukan berarari pandemi sudah berakhir. Segala aktivitas bisnis dibuka dengan alasan menjaga roda perekenomian tetap berputar bukan karena corona sudah benar- ...

Lifestyle

Fan Theory : Dark Story dibalik Music Video Crossroads GFriend adalah Kematian?

GFriend adalah sebuah grup beranggotakan 6 member di bawah asuhan agensi Source Music Entertaiment yang kini diakuisisi oleh BigHit Entertaiment. GFriend sendiri debut pertama pada tahun 2015 dan hingga saat ini sudah menyandang banyak reko ...

Lifestyle

Begini Saran Gugus Tugas Soal Tingginya Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Umum

BERNAS.ID - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro menyampaikan masyarakat perlu menjaga diri dari penularan Covid-19 saat menggunakan transportasi umum. Hal ini disampaikan saat konferensi pers da ...

Pendidikan

Intip 5 Rahasia Kiat Modifikasi RPP di Masa Pandemi

Bernas.id - Dengan tekad membekali guru-guru untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran 2020-2021, maka Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seri Webinar di platform Zoom da ...

Lifestyle

4 Kunci Sederhana Bersatu Lawan Covid-19 Ala Wapres Ma'ruf Amin

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah terus mempercepat langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia. Apalagi dampak terhadap mas ...

DIY

Total Pasien Positif Covid-19 di DIY Jadi 324 Orang, Angka Kesembuhan Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penularan virus corona masih terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini ditandai dengan adanya tambahan kasus baru setiap harinya. Dilaporkan ada tambahan 4 pasien positif Covid-19 pada Jumat (3/7/2020 ...