Juneman Abraham: Beranilah Menjemput Krisis dalam Hidup karena Akan Membesarkan

Penulis : Paulus Yesaya Jati
Editor : Elyandra Widharta
17 Februari 2017

Juneman Abraham (sumber foto; istimewa)

HarianBernas.com - Juneman Abraham merasa sangat beruntung karena ia lahir pada tanggal yang sama (6 Juni)  dengan tanggal ulang tahun Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, serta memiliki nama keluarga Abraham yang merupakan Bapak dari Agama-agama Besar di dunia. Tidak heran, ia mengagumi kedua tokoh ini.

Saat SMP, ia “melahap” buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia dan Sewindu Dekat Bung Karno. Bung Karno, Proklamator RI, merupakan sosok yang “lengkap” di matanya. “Beliau memiliki wawasan dan spiritualitas global, perspektif yang menjangkau masa depan, mencintai orang kecil, lagi mendalami filsafat dan berjiwa seni,” ungkapnya ke Harian Bernas,(3/2).

Saat ini, pengagum Franz Magnis-Suseno ini menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara, psikolog sosial, dan aktif menjadi pengurus sejumlah himpunan psikologi, serta mitra sebagai penyunting penelaah pada sejumlah jurnal ilmiah nasional dan internasional. Saat ini, ia banyak menekuni bidang Psikologi Korupsi serta Psikoinformatika, yang dapat diakses karya-karyanya melalui www.juneman.me/publications, situs web pribadinya.

Cita-cita Juneman sewaktu kecil adalah menjadi dokter dan guru. Tidak kebetulan, ia menceritakan, ibu dan ayahnya pernah cukup lama menjadi guru bahasa dan mengajar dari rumah ke rumah. Cita-citanya sebagai dokter ia wujudkan dengan melamar sebagai mahasiswa program S1 di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Ia gagal dalam UMPTN pada waktu itu, lalu berefleksi, “Apakah benar, ‘dokter’ merupakan diri ke mana saya mengarah?”; tetapi langsung mengisi waktu dengan belajar bahasa Jerman dan Perancis serta teknologi web, sampai akhirnya ia menemukan bidang yang menjadi passion-nya saat ini, Psikologi—bahkan kini menjadi Kandidat Doktor Psikologi di universitas tempat ia pernah “jatuh”, Universitas Indonesia.

Juneman mulai mengajar sejak 2002 pertama kali di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sebuah lembaga sertifikasi keahlian di bidang web di Gedung Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, kala itu sebagai trainer bersertifikasi internasional dengan siswa karyawan dan karyawati dari berbagai jenis industri. Ini merupakan pengalaman yang unik karena pada waktu itu, ia masih duduk di Semester 1 Program Sarjana di Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI, Selemba, Jakarta.

Pengalaman sebagai trainer bersertifikat internasional itu, ia maknai sebagai titik balik kehidupan yang penting karena pada usia yang demikian belia, ia sedang “hot-hot”-nya bergulat untuk mencari jati diri, tapi ia justru sudah mulai mengasah jiwa, baik mendidik orang lain maupun mendidik diri sendiri. Ia kemudian semakin menyadari bahwa mengajar, dalam bidang apapun, adalah sebuah seni yang adiluhung dalam mengelola interaksi antar jiwa di dalam dan di luar kelas, termasuk dengan diri sendiri, untuk membidani lahirnya keagungan pembelajaran. “Apakah keagungan itu? Yakni sebuah pengertian yang mendalam akan diri sendiri, untuk menjadi diri sendiri, sekaligus memberikan diri kepada orang lain,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengalami titik balik yang penting di sekitar Peristiwa 27 Juli 1996, ketika ia duduk di SMP dan sering bersurat-suratan panjang dengan seorang sahabat, sebut saja “Katrin” (boleh jadi nama asli), dari Sekolah Santa Ursula. Hari ini, ia menganggap Katrin merupakan “guru”-nya ihwal berdialektika (berdiskusi, berdialog) dalam tulisan dengan metode bernalar dan mencapai kesimpulan dengan mempertimbangkan dengan cermat gagasan-gagasan baik yang mendukung maupun yang menggugat pemikirannya.

Pengalaman unik di pekerjaan sehari-hari digambarkan Juneman begitu kaya, khususnya ketika membimbing mahasiswa yang sedang menggarap skripsi dan mahasiswa yang menjadi asisten tetap penelitiannya. Pengalaman itu dirangkumnya sebagai menghadapi mahasiswa bukan hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai individu konkret dengan segala persoalan, duka, mimpi, kegembiraan, dan harapannya. Demikian pula hal yang sama terjadi ketika ia berperan sebagai pembicara dalam seminar atau workshop psikologi. Disebut unik karena interaksi dengan mahasiswi dan audiens tersebut membawa ia untuk terus-menerus mempertanyakan dirinya, “Siapakah saya dan apakah sumbangsih saya di dunia ini?”, sebuah pertanyaan eksistensial yang baginya sangat penting untuk tetap menjaga “kewarasan”-nya di tengah-tengah rutinitas dan perubahan sosial yang serba cepat. Dosen dengan berbagai peran kepemimpinan publik ini merasa tidak mudah terjebak dalam suasana hati yang negatif, karena di samping tekun melakukan refleksi (peremenungan), dengan berbagai peran yang disandangnya, ia mensyukuri keistimewaan yang dimilikinya, yakni banyaknya sahabat dan lapangan kehidupan yang selalu menyokongnya ketika sedang letih atau berbeban berat.

Motto “Ever Onward, Never Retreat!” (Sekali melangkah, jangan pernah menengok ke belakang!) terpatri dalam benak Juneman. Motto ini ia dengar pertama kali melalui media kaset yang memuat rekaman pidato Bung Karno dan kala itu batinnya sangat tersentuh. Itu sebabnya, persistensi atau kegigihan kini menjadi salah satu nilai yang paling dipeluknya. Tidak heran, dalam dunia maya, ia memiliki nickname Welsh J. Keincaled. Nama ‘Welsh Keincaled’ menunjuk pada sebuah artefak yang menyimbolkan kuda dengan punggung yang tangguh, yang selalu siap berjuang dan tak gentar menghadapi bahaya. Sedangkan huruf ‘J’ ia tambahkan sendiri, yang merupakan singkatan dari sebuah kata Jerman, Jetzt, yang artinya ‘sekarang’. “Maksudnya adalah jika ingin sukses, persistenlah hari ini, bukan persisten nanti, dan beranilah menghadapi bahkan menjemput krisis dalam hidup kita karena krisis-krisis itu yang akan membesarkan hidup kita, dalam bidang apapun yang kita tekuni, entah bidang personal, politik, bisnis, atau bahkan bidang spiritual,” jelasnya.

Bicara soal pencapaian, ia merujuk pada tulisan-tulisan ilmiahnya yang dikutip sebagai referensi oleh para peneliti di dunia. Sebagai peneliti muda, dengan debut menulis ilmiah pada 2008, saat ini ia telah menulis lebih dari 65 publikasi, baik berupa buku maupun artikel jurnal ilmiah, dengan h-index (impak publikasi) mencapai angka 3 di Google Scholar dan 1 di Scopus. Ia juga pernah menerima Best Paper Award dalam tiga konferensi internasional.

Baginya, makna dari pencapaian atas semua itu adalah bahwa sebagai dosen dan peneliti di Indonesia, orang Indonesia juga mampu turut berpartisipasi dalam konstruksi pengetahuan, bukan hanya konsumsi pengetahuan dan teknologi. Tidak jarang para peneliti dari berbagai negara menghubunginya untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau sekadar mengucapkan terima kasih atas tulisannya yang telah terbit. 

Yang juga membanggakannya adalah keterlibatannya dalam penelitian di tujuh propinsi di Indonesia untuk mengetahui efektivitas sebuah program penanggulangan kemiskinan, yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah buku. Ia percaya bahwa Kemiskinan dan Ketimpangan merupakan isu yang mendesak untuk diurus dalam penelitian sosial. Oleh karena itu, ia akan terus mengembangkan riset-risetnya dalam tiga bidang utama, yakni Perilaku Korupsi—Seks—dan Konsumsi, karena ia menyimpulkan berdasarkan cermatannya bahwa ketiganya saling berjalin-berkelindan serta dengan satu dan lain cara berhubungan erat dengan soal-soal Kemiskinan dan Ketimpangan itu. Tantangan yang dihadapinya adalah mengintegrasikan ketiganya dengan bidang Psikoinformatika yang juga ditekuninya, khususnya mengantisipasikan bentuk-bentuk dan dinamika baru perilaku seksual, korupsi, dan konsumsi yang dimediasikan oleh teknologi.

Dalam Psikologi Korupsi, secara khusus ia menerbitkan karya tentang representasi makna-makna korupsi pada masyarakat Indonesia, lalu menyoroti tentang Kepalsuan Diri dan Emosi Moral sebagai fokus studinya. Menurutnya, gejala dasar yang urgen dan menantang untuk dijelaskan adalah “maling teriak maling”, yakni pengalaman “mental korup” keseharian—yang tidak harus selalu mengambil wujud berupa korupsi finansial—yang diiringi atau ditutupi oleh deklarasi diri bersih-dari-korupsi sambil menunjuk-nunjuk tentang betapa koruptifnya orang lain. Akibatnya, situasi jiwa tersebut secara akumulatif menghancurkan integritas, rasa malu dan rasa bersalah orang itu sendiri. Dengan tak kenal lelah, Juneman menyelidiki berbagai alur psikologi-sosial kompleks di balik gejala tersebut. Ia mengklaim bahwa banyak perilaku korupsi yang akan mampu dicegah sejak dini berbasis risetnya yang, harapannya, ujungnya akan bermuara pada meningkat pesatnya daya saing bangsa Indonesia tanpa korupsi.

Penggemar pertunjukan teater, jazz ringan, dan lagu-lagu Engelbert Humperdick dan Frank Sinatra ini memiliki mimpi untuk mentransformasikan tulisan-tulisan ilmiahnya ke dalam bahasa yang jauh lebih “nge-pop” agar dapat dinikmati oleh publik yang lebih luas serta membangun sebuah laboratorium psikologi sosial laboratorium psikologi sosial yang dapat dikelolanya secara langsung. Ia pun bergairah untuk terus memperjuangkan pendidikan bermakna bersama BINUS dan jejaringnya. 


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Bupati Berikan Arahan Pemilihan Lurah Serentak Secara Elektronik Tahun 2021

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, berikan pengarahan umum tentang Pemilihan Lurah Serentak secara elektronik Tahun 2021, di Pendopo Parasamya, Sleman, Senin (8/3/2021). Kegiatan tersebut dihadiri oleh 35 Lurah dari kelu ...

DIY

Penanganan Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri di DIY Dianggap Tak Maksimal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemda DIY telah memperpanjang durasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga 22 Maret 2021. Menurut Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, perpanjangan ini harus diimbangi dengan peningk ...

Politik

Rizal Ramli: Jangan Bicara Demokratis Bila di Internal Parpol Tidak Ada Demokratisasi

JAKARTA,BERNAS.ID - Tokoh nasional yang juga ekonom senior Rizal Ramli angkat bicara, soal polemik yang terjadi di Partai Demokrat Konflik partai yang diinisiasi salah satunya oleh Susilo Bambang Yudhoyono ini, sebenarnya sudah menu ...

DIY

Presiden Jokowi akan Menyaksikan Vaksinasi Massal Budayawan dan Seniman di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan hadir menyaksikan secara langsung pemberian vaksinasi covid-19 kepada 500 budayawan dan seniman di Padepokan Bagong Kussudiarja, Daerah Istimewa Yogya ...

Budaya

Nyepi: Memberi Waktu Jeda untuk Bumi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Nyepi merupakan masa bagi umat Hindu khususnya di Indonesia untuk memberi waktu jeda bagi bumi. Nyepi adalah saat yang baik untuk memberikan jeda bagi ruang. Hal itu disampaikan oleh tokoh muda Hindu, I Ketut Teli ...

Ekonomi

Begini Cara Daftar NPWP Secara Online

BERNAS.ID - Kemudahan teknologi untuk saat ini mempermudah kita dalam melakukan semua aktivitas termasuk pengurusan surat-surat yang bisa dilakukan secara online, salah satunya pembuatan kartu NPWP. Kemudahan ini sangat membantu kita karena ...

Nasional

4 Bulan Tercatat 2 Juta Penduduk Pindah Domisili, Data Vaksin dan Bansos harus Diperbarui

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) mencatat bahwa selama 4 bulan terakhir telah terjadi tren pindah domisili. Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan jumlah ...

Kesehatan

Jambu Kristal Manjur Tangkal Covid-19 Dibantah Ahli Gizi

SLEMAN, BERNAS.ID - Viral di media sosial tentang khasiat jambu kristal yang bisa menangkal Covid-19. Tak sedikit orang yang percaya, kemudian mengkonsumsi jambu kristal. Namun Ahli Gizi, Aviria Eramilia membantah narasi jambu kristal ya ...

Olahraga

Pemain Ganteng Asal Argentina Perkuat PSS Sleman, Ini Alasannya

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemain yang datang dan pergi menjadi hal yang lumrah dalam sebuah klub sepak bola. Tentu banyak hal yang melatarbelakangi pemain sepak bola untuk memilih hengkang atau bermukim di sebuah klub. Belum lama ini, PSS Slem ...

DIY

Jadwal Perjalanan KA Daop 6 Ditambah Saat Momen Libur Pekan Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Guna mengantisipasi lonjakan penumpang jelang libur Isra Miraj pada Kamis (11/3/2021) yang disambung libur akhir pekan, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 siap menambah jadwal perjalanan kereta. Supriyanto selak ...

Lingkungan

Modifikasi Cuaca, Efektif Atasi Kebakaran Hutan di Riau dan Kalbar

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan melaksanakan rekayasa hujan melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Teknolog ...

Politik

Mengubah Pola Pikir Pimpinan Nasional Jawa Atau Non Jawa

JAKARTA, BERNAS.ID - Tampuk pimpinan negara selalu diduduki oleh orang-orang Jawa, kecuali BJ Habibie. Namun, Menristek zaman Soeharto menjadi presiden bukan karena dipilih melalui pemilu. Ia menjadi pengganti Soeharto yang lengser kar ...

DIY

Pandemi COVID-19 Akibatkan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan DIY Meningkat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus kekerasan terhadap perempuan di DIY kini kian meningkat. Hal ini rupanya didorong kuat oleh faktor pandemi COVID-19. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) D ...

Budaya

Peduli Bencana, 120 Seniman Jogja Gelar Bazaar Art

BANTUL, BERNAS.ID - Sebanyak 120 seniman lukis dan patung yang peduli dengan penderitaan sesama anak bangsa yang terdampak bencana menggelar pameran bersama di Cafe Kopi Macan Yusman, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul selama ...

Pendidikan

Cara Jitu Lulus Seleksi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

BERNAS.ID - Sebagian orang bermimpi untuk bisa berkuliah di luar negeri. Namun kebanyakan dari mereka menganggap jika kuliah di luar negeri membutuhkan banyak biaya dan prosesnya yang tidak singkat. Belum lagi harus mengumpulkan berbagai do ...

Lifestyle

Perempuan Jomblo dan Janda Berisiko Tinggi Jadi Korban Love Scam

SLEMAN, BERNAS.ID - Penipuan berkedok cinta (love scam) semakin marak akhir-akhir ini. Kemajuan teknologi dan internet seperti media sosial semakin memudahkan praktek love scam. Ketua Pusat Kajian Law, Gender, and Society UGM, Sri Wiyant ...

Internet

Setiap Dusun di Sleman Akan Dipasangi WiFi

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 1.212 dusun di Kabupaten Sleman akan dipasang fasilitas internet gratis (Free WiFi). Program pemasangan fasilitas akan dikerjakan secara bertahap sampai tahun 2023. Sekretaris Diskominfo Sleman, Purwati menga ...

DIY

Ada Kampung Sayur di Jogja Loh, Salah Satunya Kampung Karangsari

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sekali-kali, berjalanlah di gang Mlati, Kampung Karangsari, Kalurahan Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Di sana, akan terlihat hamparan sayuran hijau serta buah-buahan yang ranum. Kawasan tersebut kerap dijadikan l ...

Kesehatan

10.000 Pedagang Pasar Sleman Diusahakan Vaksin Akhir Maret

SLEMAN, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman merencanakan vaksinasi sekitar 10 ribu pedagang pasar tradisional sebelum akhir Maret. Para pedagang itu berasal dari 42 pasar yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperinda ...

Kesehatan

Gangren, Gejala Covid-19 yang Baru. Ini Penjelasannya

SLEMAN, BERNAS.ID - Virus SARS CoV-2 tak dipungkiri bisa menyebabkan gangren pada pasien Covid-19. Virus korona dapat menyebabkan gangguan pembekuan/pengentalan darah (koagulopati) dan gangguan aliran pembekuan darah. Hal tersebut mempengar ...

DIY

Ratusan Perumahan di Sleman Belum Serahkan Fasos dan Fasum ke Pemkab

SLEMAN, BERNAS.ID - Di tahun 2020, tercatat baru ada 37 pengembang yang menyerahkan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) kepada Pemerintah Kabupaten Sleman. Padahal, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DP ...

Ekonomi

UPT Logam Jogja Mampu Ekspor Reflektor Lampu ke Panasonic Jepang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Logam yang dikelola Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Jogja secara rutin mampu mengekspor reflektor lampu rumah ke perusahaan Panasonic di Jepang. Kepala U ...

DIY

Kota Jogja Segera Miliki Mall Pelayanan Publik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mengoptimalkan pelayanan publik, Pemkot Jogja segera mengoperasikan mall pelayanan publik. Ini akan dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Jogja. Kepala Dinas Penanaman Moda ...

DIY

Forpi Kota Yogyakarta Minta SAH yang Rusak Diperbaiki

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kota Yogyakarta telah diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi bahkan dibeberapa tempat terjadi hujan es dengan ukuran sebesar kelereng pada Rabu (3/3/2021) siang. Salah satu akibat dari hujan deras tersebut memb ...

Pendidikan

5 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

BERNAS.ID - Menimba ilmu menjadi suatu hal yang wajib bagi para pelajar. Namun, tidak hanya para pelajar saja yang wajib melakukan aktivitas belajar. Mahasiswa, pekerja kantoran bahkan seorang dosen pun juga perlu melaksanakan kegiatan ...

DIY

BPBD Kota Yogyakarta : Waspadai Bencana Cuaca Ekstrim

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana pada cuaca ekstrem. Mulai dari banjir, pohon tumbang hingga hujan es seperti yang terjadi di sebagia ...

Kesehatan

Pakar Genetik: Varian Baru Covid-19 Inggris Tidak Perparah Pasien Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dua pekerja migran yang pulang ke Indonesia terdeteksi terinfeksi varian COVID-19 dari Inggris B117. Covid-19 B117 dicemaskan masyarakat karena dikabarkan cepat menular dengan tingkat penularannya 30-70 persen daripada C ...

Budaya

Warga Larung Doa Keselamatan Bangsa dan Kelestarian Alam ke Sungai Progo

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejumlah warga pinggiran Kali Progo memohon doa keselamatan bangsa dan kelestarian alam agar terhindar dari marabahaya bencana alam dan wabah virus Covid-19. Para warga yang mayoritas berasal dari Dusun Kliran, Kisik, da ...

DIY

Kondisi Pengemudi Becak dan Andong Malioboro Semakin Berat 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kondisi pengemudi becak dan andong di kawasan Malioboro kini semakin berat. Pasalnya, setelah satu tahun pandemi COVID-19, kondisi dirasa tidak semakin membaik. Ketua Paguyuban Becak Motor Yogyakarta (PBMY), Parmi ...

Pariwisata

Sungai Winongo Bakal Dijadikan Tempat Piknik Asyik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bantaran Sungai Winongo Jogja bakal dikembangkan jadi kawasan wisata yang menarik. Ini sudah masuk dalam rencana kerja pembangunan Pemerintah Kelurahan Pringgokusuman 2022 yang ditetapkan dalam Musyawarah Rencana Pem ...

Lifestyle

4 Cara Memakai AutoCAD

BERNAS.ID – AutoCAD merupakan suatu perangkat lunak dari komputer CAD yang digunakan untuk menggambar 2 dan 3 dimensi yang kemudian dikembangkan oleh Autodesk. AutoCAD ini juga merupakan varian utama dari produk Autodesk serta ya ...

Lifestyle

Manfaat Kursus AutoCAD bagi Pemula

BERNAS.ID - Jika anda seorang mahasiswa jurusan teknik, pastinya tidak akan asing dengan gambar teknik. Bagi orang-orang teknik, gambar teknik merupakan alat komunikasi untuk menjelaskan suatu produk. Gambar teknik dibuat dengan membutuhkan ...

Kesehatan

Komitmen Indonesia Berantas Stunting, Ini Kuncinya

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Indonesia menegaskan, terus mendorong konvergensi program penurunan stunting dari pusat hingga tingkat desa, agar bisa menyasar sasaran program Rumah Tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1.000 ...

Lingkungan

172 Tahun Menghilang, Burung Pelanduk Kalimantan Ditemukan Kembali

JAKARTA, BERNAS.ID - Burung Pelanduk Kalimantan (Malacocincla Perspicillata) yang merupakan salah satu satwa endemik, diduga mengalami kepunahan sejak tahun 1848 atau 172 tahun yang lalu kembali ditemukan. Burung tersebut kembali dijumpai d ...

Kesehatan

Refleksi 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah umumkan kasus pertama covid-19 di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, tepat satu tahun yang lalu. Sejak saat itu pula pemerintah terus berupaya keras menangani pandemi covid-19 ini dengan memanfaatkan berbag ...

Hukum dan Kriminal

Bayi Dibiarkan Tewas Kepanasan di Maguwoharjo

SLEMAN, BERNAS.ID - Beralasan tak ada biaya, orangtua yang masih belum diketahui identitasnya tega membuang bayinya yang baru lahir di sebelah timur pertigaan Gang Semar RT05/RW44, Stan, Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Rabu (3/3/2021) ...

Kesehatan

Terkait Munculnya Varian Baru Corona, Begini Sikap Pemda DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mutasi virus Corona B.1.1.7 telah terdeteksi di Indonesia. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan RI terkait upaya antisipasi penyebaran varian baru Corona tersebut. Sekr ...

DIY

Yogyakarta Hujan Ekstrem Disertai Es, Ini Kata BMKG

SLEMAN, BERNAS.ID - Hujan angin ekstrem disertai butiran es terjadi di Kecamatan Turi Sleman dan Kota Yogyakarta, Rabu siang (3/3/2021) sekira pukul 12.15 WIB. Misalnya, untuk Sleman, terpantau hujan es di Dusun Turi Donokerto dan Babadan D ...

Ekonomi

Ternyata Pemkot Jogja Belum Miliki Rencana Pembangunan Industri Kota

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Di tengah pandemi COVID-19 tahun 2021, Pemkot Yogyakarta terus menyusun program unggulan untuk membangkitkan lagi sektor UMKM. Namun sayangnya Kota Jogja hingga kini belum memiliki Rencana Pembangunan Industri Kota ( ...

Lifestyle

4 Manfaat Sertifikasi Profesi Bagi Pekerja

BERNAS.ID - Bagi anda yang ingin terjun dalam sektor pekerjaan, hendaknya anda sebagai calon pekerja memerlukan kecakapan khusus karena kapabilitas saja tidak mencukupi. Hal ini ada baiknya anda juga harus merasakan manfaat sertifikasi prof ...

Nasional

Cara Registrasi Kartu Prakerja, Ini Syarat dan Ketentuannya

BERNAS.ID - Kartu Prakerja merupakan suatu program pengembangan kompetensi berbentuk bantuan biaya yang difokuskan untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK serta para pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensinya. Program pemerin ...

Nasional

Pakar: Perpres Miras Banyak Dampak Negatifnya

SLEMAN, BERNAS.ID - Peraturan Presiden (Perpres) No.10 Tahun 2021 tentang investasi minuman keras (miras) dipandang akan lebih banyak mendatangkan dampak negatif daripada sisi positifnya. Perpres tersebut menuai pro dan kontra di masyarakat ...

Pendidikan

Disdikpora DIY Mulai Susun Juknis PPDB 2021

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY kini tengah menyusun petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di DIY. Walau demikian, Disdikpora DIY memastikan PPDB yang ak ...

Nasional

Ustad Yusuf Mansur Meyakini Perpres Miras Akan Dicabut, Ini Katanya

JAKARTA, BERNAS.ID - Menuai polemik di masyarakat, Presiden Joko Widodo mencabut Peraturan Presiden No.10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Aturan tersebut menjadi kontroversial karena memuat kebijakan investasi minuman keras ...

Kesehatan

Pelaku Usaha Jasa Pariwisata Jogja Jalani Vaksinasi Covid-19 Massal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pelaku usaha jasa akomodasi wisata yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Benteng Vredeburg, Selasa (2/3/2011). Ini merupakan bagian dari vaksi ...

Nasional

Gaduh Izin Investasi Miras di Indonesia

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Jokowi pada tanggal 2 Februari 2021 lalu telah meneken Perpres No 10 Tahun 2021 tentang bidang usaha penanaman modal yang salah satunya mengatur soal penanaman modal minuman beralkohol, diantaranya memperb ...

Nasional

Jokowi Resmi Cabut Poin Perpres Investasi Miras

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus poin dalam Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang mengatur pembukaan investasi industri minuman keras (miras) yang mengandung alkohol. Ha ...

Politik

Fraksi PKS DPRD Kota Yogyakarta Tegas Tolak Perpres Investasi Miras

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pelonggaran izin investasi industri minuman keras (Miras) seperti tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken Presiden Jokowi pada 2 Februari 2021 ...

Kesehatan

Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

BERNAS.ID - Memiliki bekas jerawat pada wajah dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Dengan begitu, banyak orang mencari cara dan menghilangkan bekas jerawat adalah solusinya. Bekas jerawat pada umumnya tidak mudah untuk ...

Inspirasi

Cara Wujudkan Impian Menjadi Penulis

BERNAS.ID – Penulis yaitu sebutan untuk orang yang melakukan pekerjaan menulis ataupun menciptakan suatu karya sendiri. Sedangkan menulis ialah kegiatan yang dilakukan untuk membuat huruf melalui media kepenulisan guna mengungkap ...