Juneman Abraham: Beranilah Menjemput Krisis dalam Hidup karena Akan Membesarkan

Penulis : Paulus Yesaya Jati
Editor : Elyandra Widharta
17 Februari 2017

Juneman Abraham (sumber foto; istimewa)


HarianBernas.com - Juneman Abraham merasa sangat beruntung karena ia lahir pada tanggal yang sama (6 Juni)  dengan tanggal ulang tahun Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, serta memiliki nama keluarga Abraham yang merupakan Bapak dari Agama-agama Besar di dunia. Tidak heran, ia mengagumi kedua tokoh ini.

Saat SMP, ia “melahap” buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia dan Sewindu Dekat Bung Karno. Bung Karno, Proklamator RI, merupakan sosok yang “lengkap” di matanya. “Beliau memiliki wawasan dan spiritualitas global, perspektif yang menjangkau masa depan, mencintai orang kecil, lagi mendalami filsafat dan berjiwa seni,” ungkapnya ke Harian Bernas,(3/2).

Saat ini, pengagum Franz Magnis-Suseno ini menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara, psikolog sosial, dan aktif menjadi pengurus sejumlah himpunan psikologi, serta mitra sebagai penyunting penelaah pada sejumlah jurnal ilmiah nasional dan internasional. Saat ini, ia banyak menekuni bidang Psikologi Korupsi serta Psikoinformatika, yang dapat diakses karya-karyanya melalui www.juneman.me/publications, situs web pribadinya.

Cita-cita Juneman sewaktu kecil adalah menjadi dokter dan guru. Tidak kebetulan, ia menceritakan, ibu dan ayahnya pernah cukup lama menjadi guru bahasa dan mengajar dari rumah ke rumah. Cita-citanya sebagai dokter ia wujudkan dengan melamar sebagai mahasiswa program S1 di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Ia gagal dalam UMPTN pada waktu itu, lalu berefleksi, “Apakah benar, ‘dokter’ merupakan diri ke mana saya mengarah?”; tetapi langsung mengisi waktu dengan belajar bahasa Jerman dan Perancis serta teknologi web, sampai akhirnya ia menemukan bidang yang menjadi passion-nya saat ini, Psikologi—bahkan kini menjadi Kandidat Doktor Psikologi di universitas tempat ia pernah “jatuh”, Universitas Indonesia.

Juneman mulai mengajar sejak 2002 pertama kali di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sebuah lembaga sertifikasi keahlian di bidang web di Gedung Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, kala itu sebagai trainer bersertifikasi internasional dengan siswa karyawan dan karyawati dari berbagai jenis industri. Ini merupakan pengalaman yang unik karena pada waktu itu, ia masih duduk di Semester 1 Program Sarjana di Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI, Selemba, Jakarta.

Pengalaman sebagai trainer bersertifikat internasional itu, ia maknai sebagai titik balik kehidupan yang penting karena pada usia yang demikian belia, ia sedang “hot-hot”-nya bergulat untuk mencari jati diri, tapi ia justru sudah mulai mengasah jiwa, baik mendidik orang lain maupun mendidik diri sendiri. Ia kemudian semakin menyadari bahwa mengajar, dalam bidang apapun, adalah sebuah seni yang adiluhung dalam mengelola interaksi antar jiwa di dalam dan di luar kelas, termasuk dengan diri sendiri, untuk membidani lahirnya keagungan pembelajaran. “Apakah keagungan itu? Yakni sebuah pengertian yang mendalam akan diri sendiri, untuk menjadi diri sendiri, sekaligus memberikan diri kepada orang lain,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengalami titik balik yang penting di sekitar Peristiwa 27 Juli 1996, ketika ia duduk di SMP dan sering bersurat-suratan panjang dengan seorang sahabat, sebut saja “Katrin” (boleh jadi nama asli), dari Sekolah Santa Ursula. Hari ini, ia menganggap Katrin merupakan “guru”-nya ihwal berdialektika (berdiskusi, berdialog) dalam tulisan dengan metode bernalar dan mencapai kesimpulan dengan mempertimbangkan dengan cermat gagasan-gagasan baik yang mendukung maupun yang menggugat pemikirannya.

Pengalaman unik di pekerjaan sehari-hari digambarkan Juneman begitu kaya, khususnya ketika membimbing mahasiswa yang sedang menggarap skripsi dan mahasiswa yang menjadi asisten tetap penelitiannya. Pengalaman itu dirangkumnya sebagai menghadapi mahasiswa bukan hanya sebagai pelajar, tetapi juga sebagai individu konkret dengan segala persoalan, duka, mimpi, kegembiraan, dan harapannya. Demikian pula hal yang sama terjadi ketika ia berperan sebagai pembicara dalam seminar atau workshop psikologi. Disebut unik karena interaksi dengan mahasiswi dan audiens tersebut membawa ia untuk terus-menerus mempertanyakan dirinya, “Siapakah saya dan apakah sumbangsih saya di dunia ini?”, sebuah pertanyaan eksistensial yang baginya sangat penting untuk tetap menjaga “kewarasan”-nya di tengah-tengah rutinitas dan perubahan sosial yang serba cepat. Dosen dengan berbagai peran kepemimpinan publik ini merasa tidak mudah terjebak dalam suasana hati yang negatif, karena di samping tekun melakukan refleksi (peremenungan), dengan berbagai peran yang disandangnya, ia mensyukuri keistimewaan yang dimilikinya, yakni banyaknya sahabat dan lapangan kehidupan yang selalu menyokongnya ketika sedang letih atau berbeban berat.

Motto “Ever Onward, Never Retreat!” (Sekali melangkah, jangan pernah menengok ke belakang!) terpatri dalam benak Juneman. Motto ini ia dengar pertama kali melalui media kaset yang memuat rekaman pidato Bung Karno dan kala itu batinnya sangat tersentuh. Itu sebabnya, persistensi atau kegigihan kini menjadi salah satu nilai yang paling dipeluknya. Tidak heran, dalam dunia maya, ia memiliki nickname Welsh J. Keincaled. Nama ‘Welsh Keincaled’ menunjuk pada sebuah artefak yang menyimbolkan kuda dengan punggung yang tangguh, yang selalu siap berjuang dan tak gentar menghadapi bahaya. Sedangkan huruf ‘J’ ia tambahkan sendiri, yang merupakan singkatan dari sebuah kata Jerman, Jetzt, yang artinya ‘sekarang’. “Maksudnya adalah jika ingin sukses, persistenlah hari ini, bukan persisten nanti, dan beranilah menghadapi bahkan menjemput krisis dalam hidup kita karena krisis-krisis itu yang akan membesarkan hidup kita, dalam bidang apapun yang kita tekuni, entah bidang personal, politik, bisnis, atau bahkan bidang spiritual,” jelasnya.

Bicara soal pencapaian, ia merujuk pada tulisan-tulisan ilmiahnya yang dikutip sebagai referensi oleh para peneliti di dunia. Sebagai peneliti muda, dengan debut menulis ilmiah pada 2008, saat ini ia telah menulis lebih dari 65 publikasi, baik berupa buku maupun artikel jurnal ilmiah, dengan h-index (impak publikasi) mencapai angka 3 di Google Scholar dan 1 di Scopus. Ia juga pernah menerima Best Paper Award dalam tiga konferensi internasional.

Baginya, makna dari pencapaian atas semua itu adalah bahwa sebagai dosen dan peneliti di Indonesia, orang Indonesia juga mampu turut berpartisipasi dalam konstruksi pengetahuan, bukan hanya konsumsi pengetahuan dan teknologi. Tidak jarang para peneliti dari berbagai negara menghubunginya untuk berdiskusi, berkolaborasi, atau sekadar mengucapkan terima kasih atas tulisannya yang telah terbit. 

Yang juga membanggakannya adalah keterlibatannya dalam penelitian di tujuh propinsi di Indonesia untuk mengetahui efektivitas sebuah program penanggulangan kemiskinan, yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah buku. Ia percaya bahwa Kemiskinan dan Ketimpangan merupakan isu yang mendesak untuk diurus dalam penelitian sosial. Oleh karena itu, ia akan terus mengembangkan riset-risetnya dalam tiga bidang utama, yakni Perilaku Korupsi—Seks—dan Konsumsi, karena ia menyimpulkan berdasarkan cermatannya bahwa ketiganya saling berjalin-berkelindan serta dengan satu dan lain cara berhubungan erat dengan soal-soal Kemiskinan dan Ketimpangan itu. Tantangan yang dihadapinya adalah mengintegrasikan ketiganya dengan bidang Psikoinformatika yang juga ditekuninya, khususnya mengantisipasikan bentuk-bentuk dan dinamika baru perilaku seksual, korupsi, dan konsumsi yang dimediasikan oleh teknologi.

Dalam Psikologi Korupsi, secara khusus ia menerbitkan karya tentang representasi makna-makna korupsi pada masyarakat Indonesia, lalu menyoroti tentang Kepalsuan Diri dan Emosi Moral sebagai fokus studinya. Menurutnya, gejala dasar yang urgen dan menantang untuk dijelaskan adalah “maling teriak maling”, yakni pengalaman “mental korup” keseharian—yang tidak harus selalu mengambil wujud berupa korupsi finansial—yang diiringi atau ditutupi oleh deklarasi diri bersih-dari-korupsi sambil menunjuk-nunjuk tentang betapa koruptifnya orang lain. Akibatnya, situasi jiwa tersebut secara akumulatif menghancurkan integritas, rasa malu dan rasa bersalah orang itu sendiri. Dengan tak kenal lelah, Juneman menyelidiki berbagai alur psikologi-sosial kompleks di balik gejala tersebut. Ia mengklaim bahwa banyak perilaku korupsi yang akan mampu dicegah sejak dini berbasis risetnya yang, harapannya, ujungnya akan bermuara pada meningkat pesatnya daya saing bangsa Indonesia tanpa korupsi.

Penggemar pertunjukan teater, jazz ringan, dan lagu-lagu Engelbert Humperdick dan Frank Sinatra ini memiliki mimpi untuk mentransformasikan tulisan-tulisan ilmiahnya ke dalam bahasa yang jauh lebih “nge-pop” agar dapat dinikmati oleh publik yang lebih luas serta membangun sebuah laboratorium psikologi sosial laboratorium psikologi sosial yang dapat dikelolanya secara langsung. Ia pun bergairah untuk terus memperjuangkan pendidikan bermakna bersama BINUS dan jejaringnya. 


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan

Berikut Tanda-Tanda Gejala Malaise

SLEMAN, BERNAS.ID - Demam, batuk, tenggorokan gatal, dan pilek merupakan sejumlah gejala ringan yang kerap muncul pada infeksi Covid-19. Namun, selain gejala-gejala tersebut, ada salah satu gejala ringan yang disebut malaise.   ...

DIY

Begini Kesiapan Shelter Pasien OTG di Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Persiapan Shelter Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta di Rusunawa Bener Tegalrejo bisa dibilang telah selesai dan siap digunakan. Strategi logistik selama pasien OTG menjalani isolasi mandiri pun telah disusun. ...

Wacana

Polemik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh Wiastiningsih, WNI yang sedang kuliah di Tokyo. Sejak wabah Covid-19 terjadi akhir tahun 2019 di Wuhan dan meluas hampir ke seluruh penjuru dunia, semua lini kehidupan terdampak dan perlu beradaptasi agar kehidupan tetap berlangsung ...

UMKM

Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro dan Kecil

Para pengusaha mikro dan kecil akhirnya bernapas lega karena sejak 24 Agustus 2020, pemerintah sudah menyalurkan bantuan presiden (banpres) produktif bagi usaha mikro atau disebut Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM). Nilainya sebesa ...

DIY

Kini di Sleman ada Anjungan Mandiri Donor Darah

SLEMAN, BERNAS.ID - Seluruh anggota keluarga Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman melakukan aksi donor darah di GOR Pangukan, Tridadi, Sleman dalam memperingati HUT ke-75, Sabtu pagi (19/10/2020). Selain aksi kemanusiaan, PMI Kabupaten S ...

Kesehatan

Dilarang Dipakai, Ini Kelemahan Masker Scuba

SLEMAN, BERNAS.ID - Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher, dr Mahatma Sotya Bawono, M.Sc., Sp. THT-KL., menegaskan bahwa masker scuba tidak efektif dalam memberikan perlindungan terhadap penularan virus corona penyebab Co ...

DIY

Pemda Didesak Tingkatkan Perlindungan Dokter, Perawat dan Tenaga Kesehatan Lainnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hasil kontak tracing terkini yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah DIY mendapatkan 53 kasus baru positif Covid-19 pada Jumat (19/9/2020), yang membuat total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi 2.037 kasus. ...

Nasional

Komite Penanganan Covid10 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Bahas Fokus Penanganan di 8 Propinsi Prioritas

JAKARTA, BERNAS.ID - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengadakan Rapat Pleno rutin mingguan pada Jumat 18 September 2020. Seperti dilansir dalam siaran pers KPC-PEN, rapat membahas tindak lanjut da ...

Ekonomi

Airlangga Hartarto Optimis Ekonomi Indonesia Akan Lebih Cepat Membaik

Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meyakini dengan optimis bahwa ekonomi Indonesia akan semakin membaik, sejalan dengan progres optimalisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional.  Lebih detail Airlangga memaparkan i ...

DIY

Rinaldi di Mata Civitas UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Dosen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Stedi Wardoyo menceritakan tentang sosok Almarhum Rinaldi Harley Wismanu yang ditemukan tewas termutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Sela ...

DIY

Satgas Covid-19: 70 Persen Kasus Positif di DIY Didominasi OTG

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyampaikan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 41 orang, Kamis (17/9/2020).  " ...

DIY

Pedestrian Malioboro Diharapkan Terwujud Tahun Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY kini sedang mematangkan dan memperkuat formulasi rencana uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro mulai dari manajemen lalu lintas, pemenuhan kantong parkir, penataan sirip-sirip dan sebagainya pada ...

DIY

Empat Anggota Kena Covid-19, DPRD DIY Mengaku Tak Kendorkan Kinerja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Adanya kasus 4 orang positif Covid-19 di perkantoran di lingkup DPRD DIY merupakan pengingat yang penting, bahwa semua pihak harus bergerak serempak dalam menjalankan protokol kesehatan. Eko Suwanto selaku Ketua Komi ...

DIY

Kesaksian Orang-orang Dekat Rinaldi, Korban Mutilasi Kalibata City

SLEMAN, BERNAS.ID - Korban mutilasi, Rinaldi Harley Wismanu yang ditemukan di Apartemen Kalibata City Jakarta merupakan sosok pribadi yang baik dan penyayang. Hal ini diungkapkan oleh pamannya, Hutabarat yang merupakan suami dari adik Ibu A ...

Pilkada

Bawaslu Imbau Bapaslon Turunkan Alat Peraga Secara Mandiri

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman meminta KPU Kabupaten Sleman mengoptimalkan posko pelayanan pendaftaran pemilih selama proses pengumuman dan tanggapan masyarakat serta perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Bupati d ...

DIY

Beras Bansos Kemensos Mulai Didistribusikan di Kota Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bantuan beras dari Kemensos RI bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah didistribusikan di berbagai wilayah Kota Yogyakarta. Untuk mencegah kerumunan, pembagian dipecah hingga tingkat kecamatan dan kelurahan.& ...

DIY

DPRD DIY Konsisten Tak Mau Sebut Nama Anggota yang Positif Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, menegaskan, sesuai aturan, DPRD DIY tidak diperkenankan menyampaikan ke publik nama empat anggota dewan yang positif Covid-19. Keterbukaan pejabat soal Covid-19 d ...

Kesehatan

Pentingnya Mengenal Kemampuan Diri Sendiri

Pada dasarnya, tidak ada manusia yang terlepas dari masalah. Baik dengan keluarga, teman kerja bahkan lawan interaksi sosial. Jika dianalisa lebih lanjut, semua masalah tersebut terkoneksi langsung dengan diri sendiri. Kebanyakan orang tida ...

Kesehatan

Hindari Penularan Covid-19 di Rumah, Luhut Minta Pemda Siapkan Ini

BERNAS.ID - Luhut Binsar Pandjaitan selaku Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu meminta pemerintah daerah (pemda) untuk membangun pusat-pusat karantina untuk isolasi kasus konfirmasi Cov ...

Gen Z

CLC disebut Anak Tiri dari Cube Entertaiment, Ini Penyebabnya.

Crystal Clear atau lebih dikenal sebagai CLC adalah sebuah girl group beranggotakan 7 orang yang berjalan di bawah naungan agensi Cube Entertaiment. CLC terbentuk dan didebutkan pada tahun 2015 dengan 5 orang anggota, hingga pada tahun 2016 ...

Gen Z

Blackpink Dituduh Meniru Lagu Legendaris Queen, Ini Fakta dan Kebenarannya.

Blackpink memang tak pernah sepi dari sensasi. Nama girl group asal Korea Selatan, Blackpink tentu tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama para penggemar Kpop. Nama girl group yang diasuh oleh YG Entertaiment itu sendiri ...

Analisa Pilkada

Hari Ini Batas Perbaikan Berkas Bapaslon Bupati Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul meminta masing-masing tim bapaslon segera melakukan perbaikan kelengkapan dokumen bagi kandidat pilkada yang belum memenuhi syarat administratif. KPUD Gun ...

DIY

Di Sleman, Anak Ahmad Dhani Ungkap Cita-citanya Jadi Presiden di Tahun 2049

SLEMAN, BERNAS.ID - Ahmad Jalaluddin Rumi atau akrab disapa El Rumi mengatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden di tahun 2049. Saat itu, ia mengatakan umurnya telah mencapai 50 tahun. Pernyataan ingin menjadi presiden ini, ia ungka ...

DIY

Istri Ketua DPRD DIY Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Cobaan kembali menimpa Ketua DPRD DIY Nuryadi. Sang isteri tercinta, Sulastri, meninggal dunia pada Rabu (16/9/2020) pukul 09.06 WIB, pada usia 58 tahun. Almarhumah meninggal di Rumah Sakit Bethesda akibat penyakit g ...

DIY

Empat Anggota DPRD DIY Positif Covid-19, Gedung Dewan Ditutup 3 Hari

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - DPRD DIY mengadakan tes swab kepada 32 anggotanya, Sabtu (12/9/2020) akhir pekan lalu. Hasilnya, ditemukan ada empat orang anggota dewan yang positif Covid-19. "Saya tekankan, positif Covid-19 bukanlah sebuah ...

Bernas TV

FSPRTMM : Rencana Revisi PP 109/2012 Akan Hambat Industri Tembakau

Yogyakarta, BERNAS.ID – Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) meminta pemerintah untuk menunda penerapan regulasi terbaru pada Industri Hasil Tembakau (IH ...

Editorial

PSBB TOTAL LAGI UNTUK JAKARTA

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total mulai 14 September 2020 untuk seluruh wilayah Jakarta, meskipun banyak pihak tidak setuju dengan keputu ...

DIY

Lift yang Dinaiki Putus Kabel, Ketua DPRD DIY Dilarikan ke Rumah Sakit

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua DPRD DIY Nuryadi mengalami kecelakaan saat menggunakan lift di kompleks kantornya pada Selasa (15/9/2020).  Nuryadi yang belum diketahui kondisinya akibat kecelakaan itu langsung dibawa ke rumah sakit untu ...

Lifestyle

Film Mulan Melawan Aktivis Hong Kong, Tagar #Boycott Mulan Trending Topic

Para penggemar film Disney mungkin tak akan asing dengan salah satu film dari serial Disney Princess, Mulan. Menceritakan tentang seorang perempuan muda bernama Mulan  yang tinggal bersama keluarganya di pedesaan yang indah. Semua paka ...

Ekonomi

Sri Sultan: Perekonomian Harus Tetap Bergerak Jika Tidak Ingin Alami Resesi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ekonomi global yang pada triwulan kedua 2020 telah terkontraksi cukup besar akibat pandemi Covid-19, pada triwulan ketiga juga diprediksi masih mengalami penurunan. Ditargetkan pada triwulan keempat perekonomian ...

Nasional

Presiden Lantik 20 Duta Besar

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo melantik 20 duta besar Republik Indonesia (RI) untuk sejumlah negara sahabat. Pelantikan para duta besar tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 14 September 2020. Pengangkatan pa ...

Hukum dan Kriminal

Usai Layani Tamu, PSK Asal Solo Tewas di Hotel Kawasan Depok Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Seorang Pekerja Seks Komersial (PSK), inisial DP (40) warga Solo, Jawa Tengah, ditemukan tewas usia melayani tamunya di sebuah hotel kawasan Depok Sleman sekira pukul 05.00 pagi, Minggu (13/9/2020). Pihak kepolisian masi ...

Ekonomi

Ekonomi Kota Jogja Kini Mulai Menggeliat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Aktivitas ekonomi di Kota Yogyakarta setelah sekitar satu semester terdampak pandemi COVID-19 dinilai mulai menggeliat. Meski demikian belum maksimal karena tidak terjadi secara merata di seluruh bidang usaha. &ld ...

DIY

BKKBN Ajak Keluarga di Sleman Cegah Covid-19, Dimulai dari Ketahanan Keluarga

SLEMAN, BERNAS.ID - Setiap perilaku anggota keluarga memegang peranan penting ketika beradaptasi dalam kebiasaan baru guna mencegah penularan Covid-19. Kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan akan memperkuat ketahanan keluarga.  Ke ...

DIY

Anggota DPRD DIY Agus Sumartono Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kabar duka datang dari instansi DPRD DIY. Anggota DPRD DIY dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Agus Sumartono meninggal dunia. Kabar berpulangnya tokoh yang biasa disapa Gus Ton itu disampaikan akun terkon ...

Kesehatan

Kegiatan Berkumpul Warga Picu Penyebaran Klaster Keluarga

SLEMAN, BERNAS.ID - Ancaman penyebaran Covid-19 dari klaster keluarga semakin meningkat. Munculnya klaster ini menunjukkan bahwa Covid-19 telah masuk ke satuan unit terkecil dalam masyarakat. Epidemiolog UGM, Bayu Satria Wiratama, SKed, ...

DIY

Jalan Kemasan Kotagede Ditutup Akhir Bulan Ini

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Akses Jalan Kemasan di Kota Yogyakarta akan ditutup selama pekerjaan fisik revitalisasi saluran air hujan atau drainase berlangsung. Penutupan dimulai dari sisi selatan pada akhir September 2020. “Penut ...

Pariwisata

Hotel di DIY Sudah Rasakan Imbas Rencana PSBB Jakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai Senin (14/9/2020), sudah dirasakan dampaknya pada pelaku pariwisata di DIY khususnya di bidang perhotelan. Namun mereka menegaskan ...

Pariwisata

Pelaku Wisata Jogja Alami Nol Income, Perlu Bantuan Pemerintah

SLEMAN, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 membuat para pelaku wisata di Yogyakarta tak memiliki penghasilan (income) karena ada pembatasan-pembatasan kegiatan. Beberapa pelaku wisata pun banting stir ke pekerjaan lain untuk mengais rejeki. Mu ...

Kesehatan

MUI Sleman Periksa Kehalalan Ratusan Sampel Jajanan Sekolah, Ini Hasilnya

SLEMAN, BERNAS.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sleman dan Pusat Studi Hatren (Halalan Toyiban Riset and Education) UII Yogyakarta melakukan penelitian terhadap ratusan sampel jajanan dari sejumlah sekolah di Kabupaten Sleman. Sampel jaja ...

Analisa Pilkada

Perlu Perhatikan Perkembangan Kasus Covid-19, Jubir Satgas: Agar Tidak Terjadi Malapetaka

JAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta agar pemerintah daerah (Pemda) memperketat aktivitas politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Pilkada merupakan pesta demokrasi yang melibatkan ...

Analisa Pilkada

KPU Siapkan Peraturan Pelarangan Iklan Kampanye Melalui Media Sosial

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini tengah mempersiapkan ketentuan yang melarang iklan kampanye pilkada pada media sosial. Hal ini terungkap dalam uji publik rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang perubahan a ...

Analisa Pilkada

72 Petahana Peserta Pilkada 2020 Mendapat Teguran Mendagri Karena Dinilai Langgar Protokol Kesehatan

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 72 incumbent atau petahana dalam pilkada serentak 2020 mendapatkan teguran keras dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian karena dinilai telah melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seb ...

DIY

Kurangi Penumpukan, Dishub Sleman Tambah Kuota 110 Kendaraan Per Hari

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perhubungan menambah kuota pendaftaran uji berkala kendaraan setiap harinya untuk upaya penyelesaian uji berkala kendaraan yang tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Penambaha ...

Kesehatan

Tingkatkan Imunitas, Bupati Sleman Ajak Warga Giat Olahraga di Tengah Pandemi

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2020, Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengajak warga Sleman untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat Sleman. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Sl ...

DIY

Pemkot Yogyakarta Minta Kunjungan Kerja dari Wilayah Zona Merah Ditunda Dulu

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta meminta agar kunjungan kerja dari instansi lain di luar Yogyakarta khususnya yang berasal dari wilayah zona merah Covid-19 ditunda terlebih dahulu. Sebab Pemkot Yogyakarta sedang mengantis ...

DIY

Deklarasi Pemakaian dan Pembagian 300 Ribu Masker oleh Satpol PP DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komisi A DPRD DIY, Satpol PP DIY dan BPBD DIY melakukan deklarasi pemakaian masker, Jumat (11/9/2020) di DPRD DIY. Usai deklarasi, sebanyak 300 ribu masker dibagikan kepada masyarakat secara bertahap oleh Satpol PP D ...

DIY

Realisasi Penyaluran Bansos Tunai di Jogja Meningkat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Realisasi penyaluran bantuan sosial tunai periode dua di Kota Yogyakarta yang dilakukan pada akhir Agustus mencapai 98 persen. Ini lebih tinggi dibanding realisasi penyaluran pada periode pertama sebanyak 95 per ...

DIY

Razia Masker, 3 Warga Diberi Sanksi Sosial

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Perijinan Modal, Dinas Sosial, dan Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman menjadi sasaran inspeksi mendadak (sidak) Bupati Sleman, Sri Purnomo, bersama Kasatpol PP Kabup ...

Analisa Pilkada

Banyak Bacakada Pilkada 2020 Positif Covid-19, Peneliti Perludem Beri 2 Usulan

JAKARTA,BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum atau KPU menyebut sebanyak 60 bakal calon kepala daerah yang akan maju dipilkada 2020 dinyatakan positif Covid-19.  Bakal Cakada ini tersebar di 21 provinsi dari 32 Pro ...