Berita Nasional Terpercaya

Wisata Kuliner Aceh yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

0

HarianBernas.com – Aceh merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan tersendiri. Ketika Anda berkunjung ke Aceh, Anda akan menemukan pemandangan yang tidak bisa dilihat di daerah lain. Selain memiliki pemandangan yang indah, Aceh juga sangat terkenal dengan kulinernya.

Berikut ini adalah kuliner aceh yang sayang jika dilewatkan seperti yang dilansir dari acehtourismagency.

1. Sanger

Sanger merupakan salah satu jenis minuman yang cukup terkenal di Aceh. Boleh jadi minuman ini hanya dapat ditemukan di tempat lain. Sanggar, juga dikenal dengan istilah kopi sanger. Pada umumnya sanger mirip seperti cappucino. Mungkin jika dilihat sekilas, sanggar terlihat seperti kopi susu biasa. Namun jika Anda rasakan, kopi sanger memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan kopi lainnya.

2. Kembang Loyang

Makanan ini terbuat dari tepung roti yang dipadukan dengan telur dan gula dan pati santan. Adonan kembang loyang ini di aduk hingga rata. Setelah itu, cetakan kembang loyang akan dicelupkan ke dalam adonan dan digoreng dengan minyak panas. Biasanya, kue ini sering disajikan ketika ada acara hajatan. Kue ini sangat terkenal di pelosok desa yang ada di aceh.

3. Rujak Aceh Samalanga

Rujak ini diberi nama seperti itu karena bisa Anda temukan di seluruh penjuru aceh. Tidak hanya di desa saja, rujak aceh samalanga bisa ditemukan di kota sekalipun. Samalanga adalah sebuah kecamatan yang ada di kabupaten bireuen.

Keunikan dari rujak Aceh samalanga ini adalah pada citarasanya. Ketika Anda mencicipi rujak aceh samalanga Anda akan merasakan rasa manis pedas, dan asam sekaligus. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rujak aceh samalanga ini sama seperti rujak pada umumnya. Yaitu pepaya, mangga, bengkoang, kedondong jambu air, dan timun.

Hal yang membedakan hanyalah bumbu yang digunakan. Rujak Aceh samalanga menggunakan cabe rawit, garam, gula aren yang cair, asam jawa pisang batu, kacang tanah, dan rumbia atau salah aceh.

4. Kue Bhoi

Kue bhoi merupakan salah satu makanan dari aceh besar yang sudah dikenal oleh masyarakat aceh. Bentuk dari Kue Bhoi bervariasi. Ada yang menyerupai bintang, ikan, bunga, dan lain sebagainya. Kue bhoi merupakan salah satu kuliner yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh ketika para wisatawan berkunjung ke Aceh.

Selain dijadikan sebagai buah tangan, Kue Bhoi juga sering dijadikan sebagai kue ketika ada acara besar atau pesta. Biasanya, Kue Bhoi dihargain Rp5.000. Tidak jarang ketika calon pengantin pria akan menyerahkan bingkisan seserahan, calon pengantin pria akan memberikan Kue Bhoi. Sayangnya, proses pembuatan dari kue bhoi ini cukup rumit. Dibutuhkan keuletan dan kesabaran untuk membuat Kue Bhoi terasa sedap.

5. Manisan pala

Salah satu makanan aceh yang tidak boleh Anda lewatkan adalah manisan pala. Makanan ini sering dijadikan sebagai makanan ringan dan termasuk dalam manisan buah-buahan. Tidak perlu teknologi yang canggih untuk membuat manisan pala. Manisan pala seringkali dijadikan sebagai usaha kuliner bagi para pengusaha baru.

Di Aceh, terdapat beberapa daerah yang menghasilkan pola. Daerah penghasil pala inilah yang memelopori pembuatan manisan pala. Namun saat ini, manisan pala sudah diproduksi oleh industri rumah tangga maupun perusahaan yang bisa ditemukan di beberapa lokasi di aceh.

Tidak hanya diolah menjadi manisan saja, pala juga bisa menjadi minyak yang mampu membuat luka cepat menutup diri saat ini, terdapat berbagai produk yang menggunakan pala sebagai bahan dasarnya.

6. Pisang Sale

Pisang merupakan tanaman hortikultura yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Pisang yang sudah matang bisa diolah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah disalin. Pisang sale merupakan salah satu makanan tradisional daerah khas aceh. Anda bisa menjumpai banyak pisang sale di daerah kabupaten aceh timur.

Daerah penghasil pisang sale. Proses pembuatannya adalah dengan menjemur pisang yang sudah dikupas kulitnya dan dilakukan pengasapan. Hal ini membuat pisang sale tahan lebih lama. Selanjutnya, pisang tersebut akan dilumuri rasa dan aroma dari pisang sale sendiri memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa mengkonsumsi pisang sale dengan digoreng tepung, atau dimakan langsung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.