Berita Nasional Terpercaya

Ingin Sukses Membangun Startup? Pelajari 4 Hal Ini Agar Tidak Gagal

0

HarianBernas.com – Di era digital seperti saat ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah 'startup', sebuah rintisan bisnis yang berbasis teknologi. Bahkan saat ini startup mulai tumbuh menjamur di Indonesia.

Tidak mengherankan jika kini banyak orang, terutama anak muda yang mencoba peruntungannya untuk membangun startup mereka sendiri. Karena startup memang sedang menjadi trend, tentu akan terlihat keren jika di usia muda sudah mampu membuat startup yang bisa dikenal banyak orang. Terlebih lagi ada sokongan dana baik dari pemerintah atau pun Venture Capital (VC), sebuah dana segar yang diberikan kepada startup yang memiliki potensi besar yang tengah berkembang.

Namun untuk membangun sebuah startup tentu bukan suatu yang mudah, terlebih lagi untuk bertahan di tengah parsaingan ribuan bahkan jutaan startup yang kini tengah berkembang. Meski pun sebenarnya sebuah kegagalan adalah sesuatu yang wajar dalam membangun sebuah bisnis, namun ada baiknya Anda mencoba mengantisipasi kegagalan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang tertarik atau tengah membangun sebuah startup agar terhidar dari kegagalan:

1. Jangan Asal Pilih Co-Founder

Membangun sebuah startup bukanlah sebuah hal yang bisa dikerjakan seorang diri, terkecuali Anda seorang yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Namun dalam kentayaan sangat sedikit startup yang hanya dikerjakan oleh satu orang. Kebanyakan dari pendiri startup membentuk sebuah tim.

Jika Anda ingin mencari seorang co-founder untuk membantu Anda dalam membangun startup, pastikan bahwa calon co-founder tersebut satu visi dengan Anda. Seorang co-founder adalah orang yang akan bersama-sama dengan Anda dalam susah atau pun senang dan bersama-sama memajukan startup. Jika co-founder tidak satu visi, akan banyak timbul masalah yang menghambat perkembangan startup Anda. 

Co-founder merupakan salah satu kunci keberhasilan startup Anda, oleh karena itu jangan membuat kesalahan di awal, jangan sembarangan memilih partner.

2. Lakukan Riset Pasar

Jika Anda sudah mempunyai sebuah ide untuk startup, maka lakukanlah riset terlebih dahulu terhadap produk Anda. Tidak harus kepada khalayak luas, bisa saca mencoba produk Anda kepada teman dekat atau orang-orang sekitar Anda. Catat dan pelajari tanggapan mereka. Hal tersebut bisa membantu Anda dalam membuat persiapan sebelum melempar produk ke pasar. Ingatlah, apa yang terjadi di sekitar Anda bisa menjadi sebuah datang yang sangat penting.

3. Ciptakan Ruangan Kerja yang Baik

Di era digital, kadang kita merasa pertemuan atau tatap muka secara langsung dapat digantikan dengan kantor virtual seperti halnya grup di aplikasi chating. Namun sebagai sebuah tim, ada baiknya Anda mengadakan pertemuan/tatap muka secara rutin. Jika Perlu buatlah semacam kantor atau ruang kerja untuk tim Anda, mungkin ini akan memakan biaya, namun cukup efektif untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan memiliki startup yang Anda rintis.

4. Carilah Mentor yang Sesuai dengan Bidang Startup Anda

Beberapa orang mungkin akan merasa bisa menangani permasalahan yang muncul, namun untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu, lebih baik Anda belajar dari orang yang sudah perpengalaman. Dalam hal ini, mentor menjadi sangat penting untuk memberikan arahan, agar startup Anda tidak melakukan hal yang sia-sia dan terhindar dari kesalahan yang hanya akan merugikan Anda.

Oleh karena itu, carilah mentor yang tepat dan teliti. Di mana mentor tersebut memiliki pengalaman yang lebih dalam bidang startup yang sedang Anda bangun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.