Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Bob Merdeka: Kerja Keras Tak Pernah Khianati Hasil

Bob Merdeka: Kerja Keras Tak Pernah Khianati Hasil

HarianBernas.com - Untuk menjalani bisnisnya, Dimas Ginanjar Merdeka alias Bob Merdeka meyakini sebuah motto yang terus menguatkan semangatnya untuk tak berhenti berusaha, yaitu Kerja Keras Tak Pernah Mengkhianati Hasil. “Motto ini saya pilih karena orang sering lupa bahwa tak ada kesuksesan atau hasil tanpa kerja keras. Banyak orang yang ingin hasilnya, tapi nggak mau kerja kerasnya. Kalau mau sukses, harus kerja keras,” ungkapnya ke Harian Bernas, (27/2).

Meski banyak mengalami jatuh bangun dalam bisnis, Bob Merdeka tak patah semangat untuk terus kerja keras seperti mottonya. Titik baliknya, ketika ia bertemu calon istri di reuni SMA dalam keadaaan bisnisnya yang sebelumnya bankrut. Di situlah, ia belajar untuk bangkit lebih banyak daripada jatuhnya.Penyuka hobi makan pedas ini rupanya menciptakan sebuah produk makanan berupa keripik pedas dengan brand Keripik Maicih. Rasa dari keripik ini pun luar biasa pedas, tak jauh-jauh dari hobinya yang gemar menyantap makanan pedas. Ia resmi mendirikan Maicih pada 10 Juni 2010. Maicih berhasil membawanya untuk sukses di dunia kuliner.

Setelah 6 tahun berdiri, saat ini Maicih telah banyak melakukan inovasi. Tujuannya, mencoba mewujudkan impian-impian lainnya untuk membangkitkan dunia bisnis di Indonesia sehingga membuka sebanyak mungkin lapangan kerja dan peluang bisnis. Salah satu yang dilakukan, dengan membuka gerai Warung Maicih di Jl. Soka No 5 pada tahun 2014, kemudian dilanjutkan dengan membuka Maicih Baso di Dago Bandung, dan Floating Market Lembang. Kini muncul inovasi varian terbaru, yaitu Batagor Kuah Instant Maicih. Tentu, masih ada banyak rencana bisnis yang akan dikembangkannya, yang semoga menjadi jalan rejeki dan manfaat untuk banyak orang.

Pria kelahiran 17 Agustus ini menceritakan tentang pengalaman uniknya di pekerjaannya saat ini. “Belum pernah kerja jika maksudnya pekerjaan seperti karyawan. Kalau yang dimaksud berkarya menjadi pengusaha, salah satu pengalaman uniknya adalah saat membuat logo Maicih yang hadap depan, prosesnya seru dan penuh kejutan,” tuturnya.  

Untuk mendukung bisnisnya, ia pun membangun habit khusus selama ini, yaitu terus mendalami public speaking, baca buku positif, dengar CD motivasi, silaturahim, dan berada di lingkungan positif. Ia juga menerangkan tentang alasan terus menekuni bidang pekerjaannya saat ini. “Karena suka, kalau sudah suka apapun tantangannya menjadi ringan,” imbuhnya.

Pendiri Maicih ini pun menceritakan tentang permasalahan yang sering dihadapinya dalam bidang pekerjaannya saat ini. “Manusia, paling banyak masalah terletak di hubungan dengan SDM baik karyawan, mitra, ataupun rival. Sikap mau belajar dan terus positif adalah kunci untuk masalah ini,terutama skill komunikasi dan leadership yang dibutuhkan,” ujarnya.

Sebagai pebisnis yang ingin terus melangkah maju di masa yang akan datang, Director Maicih ini pun memaparkan tentang tantangan yang akan dihadapi di bidang pekerjaannya ke depan.”Tantangannya adalah membangun tim yang lebih solid dan memiliki visi yang sama jauh ke depan. Sikapnya adalah menjaga soliditas tim yang ada sekarang sembari merekrut mitra yang baru yang punya visi yang sama,” ujarnya.

Business owner Tiens ini pun menjelaskan tentang bidang yang digeluti ini penting dilakukan dan dibagikan kepada masyarakat. ”Karena bisa membantu banyak orang menemukan dream-nya dan produknya menyehatkan untuk bisnis Tiens. Untuk Maicih pun sama, bisa memberikan dampak positif dengan membuka peluang kemitraan bisnis dan lapangan kerja. Intinya adalah memberi sumbangsih positif bagi ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Uniknya, ketika ditanya cita-citanya sewaktu kecil, rupanya Bob Merdeka menjawab bahwa sejak kecil memang ingin menjadi orang sukses, lalu saat remaja, semakin terbentuk untuk ingin menjadi pengusaha sukses. Pengagum sosok Nabi Muhammad SAW ini pun tak lupa membagikan inspirasi dan sarannya kepada yang membaca kisahnya ini. Untuk inspirasi, bergeraklah menuju impian dengan melakukan kebaikan demi kebaikan. Untuk saran yang ingin meraih kesuksesan seperti yang dicapai saat ini, kerja keras dan kerja cerdas,” katanya.

Untuk pencapaian yang paling membanggakan dalam usahanya, ia menjawab bahwa bisa menikahi sahabatnya yang menemani perjuangan bisnisnya selama ini. Untuk sosok yang berperan dan terus mendukung usahanya ini, ia menjawab bahwa sosok Ibu yang terus memotivasi untuk menjadi pengusaha sukses, kemudian istri yang selalu mendampingi sejak awal merintis Maicih hingga kini terus bahu-membahu. Lingkungan pun ternyata memengaruhi Bob Merdeka hingga menjadi seperti sekarang ini.”Sangat berpengaruh, itulah kenapa kita harus memilih lingkungan yang menguatkan dan memberdayakan,” ucapnya.

Penyuka hobi bercerita ini membocorkan tentang rencana atau project dalam waktu dekatnya impiannya.”Untuk project, ciptakan produk baru Maicih, kemudian sedang mengejar peringkat baru di Tiens. Untuk impian, membumikan Maicih dan menjadi Executive Director Tiens,” pungkasnya. 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Rumah Minimalis Mewah Diskon 20 Juta di Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Jogja

Rumah Minimalis Mewah Diskon 20 Juta di Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Jogja


Lebih Lengkap

Trending

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Rumah Minimalis Mewah Diskon 20 Juta di Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Jogja

Rumah Minimalis Mewah Diskon 20 Juta di Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Jogja


Investasi Tanah Terbaik di Jonggol Rp 60 Juta Bisa Diangsur 12 Kali

Investasi Tanah Terbaik di Jonggol Rp 60 Juta Bisa Diangsur 12 Kali


Tanah Kavling 100 m2 Murah di Bogor Hanya 60 Juta Gratis Pondasi

Tanah Kavling 100 m2 Murah di Bogor Hanya 60 Juta Gratis Pondasi


Rumah di Jogja Murah Angsuran Cukup 1 Jutaan

Rumah di Jogja Murah Angsuran Cukup 1 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru