Berita Nasional Terpercaya

WOW! Ternyata Tanaman Ini Bisa Dengar di Manakah Sumber Air Berada

0

HarianBernas.com ? Hasil temuan yang menarik itu diambil dari para peneliti di University of Western Australia atau UWA. Mereka telah memperoleh bukti jika tanaman yang mereka uji dapat mengetahui dimanakan sumber air itu berada dan akarnya akan lengsung bergerak untuk mencari sumber tersebut.

Para peneliti tersebut juga bisa mengatakan jika tanaman itu bekerja dengan menggunakan sensor untuk mengetahui keberadaan sumber air. Dari Phys.org, di dalam studi tersebut telah diketahui jika tanaman dapat melakukan sensor getaran suara dari air yang mengalir melewati pipa atau air yang mengalir di dalam tanah.

Monica Gagliano menyebutkan jika di dalam studi mereka, tim tersebut mengambil sampel tanaman kacang polong kebun  (Pisum Sativum). Di dalam pengamatan yang dilakukan, para peneliti dari UWA tersebut menyebutkan bila makanan ini dapat mencari dan menemukan dimana sumber air serta sistem akan mereka dapat tumbuh mengarah ke sumber dengan memakai basis sensor suara atas sumber air itu.

Gagliano pun mengatakan jika Ia da tim sangat terkejut serta sungguh merasa luar biasa agar dapat menyadari tanaman tersebut dapat mendengar sumber air berada. Tetapi malah ketika tanah sedang lembab, Pisum Sativum malah tidak memberikan respons terhadap suara air yang sedang mengalir.

Peneliti menyebutkan jika studi mereka memperlihatkan jika interaksi tanaman atas lingkungan yang ada di sekitar kita malah lebih kompleks bila dibandingkan dengan yang dipikirkan selama ini.  

“Memang di dalam dunia hewan terdapat banyak panggilan kuat atas munculnya berbagai polusi lingkungan, dan sekarang kita pun tahu tanaman juga perlu untuk menjadi bagian dari studi ini,” tutup Gagliano.

Leave A Reply

Your email address will not be published.