“Teori Balon”, Filosofi Prof Habibie Membangun Kawasan Perekonomian Barelang


24 April 2017

Prof.Dr.Bacharuddin Jusuf Habibie (foto : asiabusinessinfo[dot]com)

HarianBernas.com – Prof. BJ Habibie, Ahli Mesin Jurusan Konstruksi Pesawat Terbang dari Technische Hoechschule (1960), Aachen, Jerman Barat, ketika kembali ke Indonesia melihat Batam sebagai daerah yang dapat dikembangkan menjadi sebuah kawasan industry teknologi. Ketika pemerintah Indonesia berniat mengembangkan pertumbuhan ekonomi, pada saat itu daerah-daerah industri baru yang potensil mulai dibuka.

Daerah tersebut termasuk di Kepulauan Batam Rempang Galang seraya mempermudah perijinan Penanaman Modal Asing (PMA). Pulau Batam yang jaraknya hanya 20 kilometer dari Singapura ternyata mempunyai potensi untuk dikembangkanmenjadi sebuah kawasan industry sehingga pemerintah Indonesia kemudian menetapkannya sebagai Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Di kawasan yang terdiri dari tiga pulau besar: Batam, Rempang, Galang inilah mulai didatangi pengusaha Indonesia antara lain untuk membangun real estate, industry produk teknologi dan lain sebagainya. Sementara pada abad-abad silam, perairan di sepanjang Selat Malaka merupakan Bandar Niaga Internasional.

Berbagai kapal dagang yang melayari kawasan tersebut, mengincar Kepulauan Riau yang kaya akan bauxit, timah serta minyak. Pada abad 16, Riau dan Tumasek (sekarang Singapura) diperintah Sultan Johor, yang kemudian memindahkan kekayaannya ke Pulau Batam agar tidak ditaklukkan oleh Raja Muda. Pada abad 17, Belanda dengan bantuan penduduk asli mengalahkan Portugis dan memperoleh hak control atas wilayah Sumatera Timur sehingga armada dagang Belanda bebas melayari Selat Malaka.

Berdasarkan perjanjian tahun 1745, Sultan Johor menyerahkan Kepulauan Riau kepada Belanda. Satu abad kemudian Selat Malaka menjadi rebutan antara Belanda dan Inggris yang dipimpin oleh Stamford Raffles. Ternyata kemashuran Selat Malaka di masa lalu membawa dampak positif bagi pengembangan bisnis dan perdagangan di perairan itu yang mata rantainya berasal dari Singapura.

Hal ini membawa dampak positif pula bagi Indonesia untuk mengembangkan industri di kawasan itu. Dan sejalan dengan ditetapkannya Batam sebagai KBN, sejak itu pula, Batam dibanjiri pengusaha sector pertanian, pertambangan, perumahan, perhotelan, transportasi, keuangan dan asuransi, serentak pula dibangun Bandara Internasional Hang Nadim.

Alhasil, Batam menjadi pintu ke-3 selain Jakarta dan Bali untuk masuknya wisatawan dari Singapura dan alternative lapangan kerja yang diburu masyarakat Indonesia, khsusnya dari Indonesia Bagian Timur. Peluang investasi kian terbuka ketika tahun 1997, Hongkong berintegrasi ke China dimana sebagian besar pemilik modal di Hongkong mulai melirik lahan investasi baru di Asia.

Bersamaan itu, Habbie yang lama bermukim di Eropa melihat bahwa kawasan Barelang (Batam-Rempang-Galang) mulai dapat dibangun jadi satu kesatuan ekonomi secara terintegrasi, mirip Benelux (Belgia-Netherlands-Luxemburg). Dari situ, muncul pemikiran untuk menarik ekonomi perdagangan dan pariwisata dari Singapura melalui konsep “Teori Balon".

Sebagai persiapan, Habibie membangun enam Jembatan Barelang untuk menghubungkan pulau Batam, Rempang, Galang (Barelang) dan pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Tonton, Pula Nipah, Pulau Setoko, dan Pulau Galang Baru. Maret 1979, tujuh bulan sebelum PT IPTN (Indonesia) dan CASA (Spanyol) mulai membangun kerjasama dalam pengembangan, produksi, sertifikasi dan pemasaran CN-235 sebagai Pesawat Komuter yang dikembangkan dengan filosofi desain “Big Aircraft in a Small Plane”. 

Prof Habibie mulai memperkenalkan “Teori Balon“ untuk mengembangkan perekonomian di Kepulauan Barelang. Dalam konsep yang untuk pertama kali dikemukakan di hadapan Menteri Senior Lee Kuan Yew. Prof Habibie yang meraih gelar Doktor Ingenieur dengan penilaian Summa Cumlaude (nilai rata-rata 10) dari Maschinenwesen, Aachen, Jerman Barat (1965) ini mengatakan, perekonomian Singapura dan kawasan sekitarnya diibaratkan “suatu system balon” yang dihubungkan satu sama lain dengan katup.

Alasan penggunaan katub yakni apabila salah satu balon terus menerus memuai, maka suatu saat tekanannya akan melebihi titik kritis sehingga bias pecah. Untuk mencegah agar balon pertama tidak pecah, maka balon ke-2 dapat mengambil kelebihan tekanan melalui katup dan dapat membesar tanpa menyebabkan balon pertama kempes.

Balon ke-2 yang mengambil kelebihan tekanan dari balon pertama juga akan terus membesar sampai tekanan kritis sehingga dapat dialirkan ke balon ke-3 melalui katup. Demikian pula balon ke-3, ke-4 dan seterusnya danseterusnya.

Balon pertama tentunya Singapura akan terus membesar karena perekonomiannya memang maju pesat sehingga boleh dialirkan ke Batam dan setelah membesar kemudian diberi katup agar bias dialirkan ke Rempang dan setelah membesar diberikatup lagi untuk dapat dialirkan ke Galang. Balon-balon itu, menurut Prof Habibie merupakan perekonomian suatu kawasan, akan mampu berkembang hingga tekanan kritisnya tanpa pecah atau dikempeskan balon lain.

Besar balon-balon itu tidak perlu semuanya sama karena besar maksimum perekonomian setiap daerah akan tergantung pada batas-batas sumber daya alam dan SDM yang tersedia. Singapura, seperti dikemukakan Prof Habibie kepada Menteri Senior Lee Kuan Yew akan mampu berkembang perekonomiannya secara terus menerus apabila dihubungkan dengan perekonomian Malaysia dan Batam dan ketiganya pun dapat terus dihubungkan dengan daerah lain untuk mengambil tekanan ekonomi yang lebih dari sana.

Itulah pemikiran Prof Habibie untuk pengembangan ekonomi kawasan, sementara ada juga yang bukan“TeoriBalon” tetapi menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya seperti Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura. Bahkan jauh sebelum muncul gagasan “TeoriBalon”, pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto mencoba menghubungkan jalur “Asian Highway” untuk menghubungkan Pantai Barat Malaysia, Sumatera Timur, Jawa (Jembatan Selat Sunda) dan Bali (Ketapang).

Namun dalam pelaksanaanya yang direncanakan untuk dibangun justru Jembatan Selat Sunda untuk menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Namun Presiden Soeharto saat itu mempunyai pandangan jauh ke depan, ingin melanjutkan hubungan sampai Bali. AQpa yang kemudian disebut dengan nama “Trinusa Bhima Sakti”.

Proyek ini berada di bawah pengawasan BPPT, Departemen Pekerjaan Umum dan Pemda Lampung dan juga sudah dilakukan studi pendahuluan. Meliputi aktivitas pemetaan geologi darat dan bawah laut, topografi bawah laut, survai hidro oceanografi termasuk transportasi keluar masuk kendaraan Merak-Bakauheni yang setiap Hari Raya selalu menimbulkan kemacetan berhari-hari karena ada penyempitan (bottle neck) di ujung Selatan Pulau Sumatera.

Namun proyek ini terhenti pada kepemimpinan Presiden SBY bahkan tidak dilanjutkan Presiden Joko Widodo karena lebih fokus membangun Indonesia sebagai Negara Maritim, membangun infrastruktur karena hal itu memang jauh lebih penting jika dikaitkan dengan prinsip keadilan dan pemerataan dalam pembangunan.Terutama antara Indonesia Bagian Timur (IBT) dan Indonesia Bagian Barat (IBB).

Canisius Maran, Penulis, Pekerja Buku, Pemerhati Lingkungan Hidup dan Pembangunan Daerah, pernah aktif di Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Relawan WALHI dan menjadi pengelola beberapa media. Menyukai memoar orang-orang hebat, Iptek dan Pengembangan SDM, Pariwisata dan Lingkungan Hidup. “Dia Bagaikan Bara Api yang Dingin” adalah karyanya yang terpilih sebagai Pemenang Kedua Sayembara Kisah Nyata Majalah Femina Tahun 1986. Email: marancanisius@yahoo.com, Twitter: @marancanisius52


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Daerah

Panglima TNI Buka Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture 2019

JAKARTA, BERNAS.ID - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. secara resmi membuka “Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture tahun 2019” di Gedung Balai Sudirman,  ...

DIY

Terkait Peristiwa di Bantul, Polda DIY Belum Bisa Pastikan Itu Ritual Keagamaan atau Aliran Kepercayaan

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menyatakan ritual yang dilaksanakan sejumlah elemen masyarakat di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, sebagai ritual aliran kepercaya ...

DIY

Kasus Intoleransi yang Terulang Lagi di Bantul

BANTUL, BERNAS.ID - Kasus intoleransi kembali terjadi di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Seorang umat Hindu bernama Utiek Suprapti (57) dan sejumlah umat lainnya, mendapat penolakan dari warga ketika menggelar upacara Piodalan di rumahnya ...

DIY

Penggusuran PKL Gondomanan Diwarnai Kericuhan

YOGYA, BERNAS.ID - Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Brigejen Katamso, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta, Selasa (12/11/2019), diwarnai kericuhan. Pedagang menolak digusur oleh aparat. Sejak pukul 08.00 WIB, pedagang bersama ak ...

Politik

Meski Sudah Berpelukan, Pertarungan Jokowi-Paloh Belum Berakhir

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketegangan politik antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mereda setelah keduanya berpelukan di momen penutupan dan HUT Nasdem ke-8 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11 ...

Olahraga

Hapkido UAJY Raih Medali Emas di Ajang Kejurnas Hapkido IV 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hapkido Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), meraih 5 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu, dalam ajang Kejuaraan Nasional Hapkido ke-IV 2019, yang digelar di Kota Semarang ...

Hukum dan Kriminal

Pencuri Spesialis Rumah dan Kos Kosong Ditangkap di Sebuah Apartemen

SLEMAN, BERNAS.ID- Komplotan pencuri spesialis rumah kosong dan kos-kosan lintas propinsi asal Bandung Jawa Barat dibekuk jajaran Kepolisian Sektor Depok Timur Sleman Yogyakarta. Komplotan pencuri ini terdiri dari empat orang pelaku dengan ...

Daerah

168 Pati TNI AD Ikuti Wisuda Purnawira di Akmil Magelang

MAGELANG, BERNAS.ID - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyampaikan bahwa Wisuda Purnawira merupakan bentuk penghormatan yang tinggi terhadap kesempurnaan pengabdian para Perwira Tinggi (Pati) TNI AD. ...

Politik

Diskusi Publik : Tantangan Teknologi Digital pada Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Informasi dalam Rangka Redesain USO

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) menggelar Diskusi Publik dengan tema 'Tantangan Teknologi Digital pada Bidang Ekonomi ...

Wacana

HP Sebagai Istri Kedua

SUNGGUH sakral sekali barang yang bernama Handphone (HP), keberadaannya sangat dipuja-puja, bahkan sering kali HP diibaratkan sebagai istri kedua. Bagaimana tidak, seseorang akan terlihat panik dan merasa amat berdosa kala HPnya tidak te ...

DIY

Di Jogja, Menhan Resmikan Patung Jenderal Sudirman

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam rangka Hari Pahlawan di Banyuraden Gamping Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu malam 10 November 2019. " ...

DIY

Singgung Pahlawan Revolusi, AM Hendropriyono Sampaikan Pesan Sesepuh TNI

SLEMAN, BERNAS.ID- Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono merasa resah dengan pengaruh ideologi luar yang disebarkan oleh kaum yang mengaku beragama, tapi mengajarkan kebencian terhadap sesama anak bangsa. Ia menganggap ideo ...

Wacana

Wayan Supadno : Jadi Pahlawan di Kampung Saja

YANG karena kehadirannya, bisa menjadi solusi konkret masalah riil pada masyarakat luas karena manfaatnya, atau multiplier effectnya luas dan jangka panjang, itulah manusia unggul, juga Pahlawan Indonesia kekinian. Entah karena apa sebab ...

Politik

Surya Paloh Enggak Berminat Jadi Capres 2024

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diusulkan oleh tujuh DPW Nasdem untuk maju di Pilpres 2024. Ketua DPP Nasdem Zulfan Lindan mengatakan Paloh tidak berkeinginan maju dalam kontestasi Pilpres 2024. “E ...

DIY

Masa Perang, Sardjito Selamatkan Vaksin Cacar Melalui Kerbau

JOGJA, BERNAS.ID- 7 November lalu, surat keputusan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Profesor Dr Sardjito telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, menyambut dengan rasa g ...

Kesehatan

Ketua Umum IndoHCF: Butuh Inovasi Teknologi Pelayanan Kesehatan

JAKARTA,BERNAS.ID - Setelah melalui proses penjurian ketat, Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) program CSR dari PT IDS Medical Systems Indonesia menetapkan juara 1, 2, dan 3 IndoHCF Innovation Awards III-2019 dari empat kategori yang dipe ...

DIY

Ribuan Pesepeda dari Jogja Republik Onthel Keliling Kota Peringati Hari Pahlawan

YOGYA, BERNAS.ID – Guna mewujudkan kembali Kota Yogyakarta sebagai ikon kota sepeda, Jogja Republik Onthel kembali menggelar kegiatan 2 tahunan bertema ‘Raja Kaya, Jelajah Sepeda Wisata Sejarah’ pada 9-10 November 201 ...

Politik

FAMI Rekomendasikan Achmad Rifai Jadi Dewan Pengawas KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemilihan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir. Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk memimpin langsung tim internal yang bertugas menggodok nama-nama calon ...

Politik

Asal Muasal Nama Panggilan Jokowi Ternyata Dari Orang Prancis, Ini Ceritanya

JAKARTA, BERNAS.ID - Mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa panggilan akrab Presiden Joko Widodo, yakni Jokowi adalah singkatan atau inisial yang biasa diterapkan para politisi di Indonesia, seperti Susilo Bambang Yudhoyono me ...

DIY

Wamenag: 17 Tahun Menjadi Anggota DPR Itu Hanya Hobi

JOGJA, BERNAS.ID- Wakil Menteri Agama (wamenag) Republik Indonesia, Zainut Tauhid Sa’adi gowes bersama 2.300 guru dan tenaga pendidikan serta Aparatur Sipil Negara dari Kementerian Agama RI. Kegiatan bersepeda keliling kota Yogyakarta ...

Lifestyle

Jogja Volkswagen Festival 2019 Tampilkan Koleksi VW Klasik yang Super Unik

YOGYA, BERNAS.ID - Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 kini digelar pada 9-10 November 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta. Kegiatan dua tahunan dari Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) yang digelar sejak 2013 itu tahun in ...

DIY

Kemendes PDTT: Desa Harus Terbuka untuk Semua Kelompok

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah harus terus mendorong pertumbuhan desa inklusif dari sekarang. Ke depan, desa harus dapat memayungi seluruh kelompok kepentingan tanpa membedakan latar belakang ataupun kondisi fisik atau sosial anggota masyara ...

Politik

Ketua FKPT DIY : Jauhkan Milenial Dari Doktrin Radikalisme dan Terorisme

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mengamati paham radikalisme dan terorisme pada generasi milenial yang mulai berkembang pada masyarakat Indonesia khususnya pada pemuda dan kaum pelajar, Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria ...

Kesehatan

Kisah Gede Bayu Suparta dan Teknologi Radiografi Sinar-X Temuannya

YOGYA, BERNAS.ID - Tim Penelitian, Pengembangan dan Rekayasa (Litbangyasa) UGM yang dipimpin oleh Dr. Gede Bayu Suparta dari Departemen Fisika FMIPA UGM telah berhasil mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital untuk diagnose medis. ...

Ekonomi

Sosialisasikan ke Pelajar SMK, ILUNET Universitas Darma Persada Dorong Pengembangan Energi Terbarukan

JAKARTA, BERNAS.ID - Ikatan Alumni Energi Terbarukan (ILUNET) Universitas Darma Persada menggelar seminar bertema 'The Age of Renewables'. Seminar ini digelar di Ruang Serba Guna SMKN 26, Jalan Balai Pustaka, Jakarta Timur, Jum ...

Hukum dan Kriminal

Walikota Jogja Diperiksa KPK

YOGYA, BERNAS.ID-KPK kembali memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan suap proyek Pemeliharaan Saluran Air Hujan (SAH) Supomo, termasuk Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. KPK memeriksa adanya aliran dana dari Haryadi kepada tersangka jaks ...

DIY

Rektor Pertama UGM Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional

SLEMAN, BERNAS.ID- Setelah perjuangan selama 9 tahun sejak tahun 2011, Rektor pertama UGM, Prof Dr M Sardjito, MPH, dianugerahi gelar Pahlawan Nasional di Jakarta, Jumat (8/11). Sardjito diketahui fokus dan aktif di bidang pendidikan dalam ...

Politik

Emrus Sihombing Sarankan Nasdem Perbaiki Relasi Koalisi dengan Jokowi

JAKARTA, BERNAS.ID - Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing menilai, pesan 'khusus' yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam acara HUT ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, J ...

Pendidikan

Sosiolog UGM: Unjuk Rasa Generasi Milenial Lemah

SLEMAN, BERNAS.ID- Aksi unjuk rasa mahasiswa yang banyak diikuti generasi milenial beberapa waktu lalu dan masif di beberapa kota di Indonesia memiliki kelemahan. Salah satunya, aksi unjuk rasa  yang terjadi di Yogyakarta seperti #Geja ...

Lifestyle

JIHW ke-11 Coba Hadirkan Atmosfir Baru

YOGYA, BERNAS.ID - Jogja International Heritage Walk (JIHW), kegiatan jalan kaki berskala Internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association siap digelar lagi. Tahun ini, JIHW ke-11 diselenggarakan tanggal 16-17 November, den ...

DIY

Di Jogja, Wapres Ma'aruf Tengok Wakil Ketua MUI

JOGJA, BERNAS.ID- Sekira pukul 2 siang, Kamis (7/10), Wakil Presiden Ma'aruf Amin mampir ke Yogyakarta di sela-sela kunjungan dan peresmian sebuah rumah sakit di Magelang, Jawa Tengah. Selama kurang lebih 20 menit, Wapres Ma'aruf me ...

Lingkungan

Tim PKM FBS UNY Raih Emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan bimbingan Dosen Pendidikan Bahasa Jerman, Wening Sahayu, berhasil meraih emas kategori presentasi dan meraih ...

Hukum dan Kriminal

Polda Kepri Bekuk Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

RIAU, BERNAS.ID - Wakapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah mengungkapkan, tim gabungan dari Satgas 2 Dit Tipid narkoba Bareskrim Polri, Dit Resnarkoba Polda Kepri Dan Polres Tanjungpinang berhasil mengamankan 4 ora ...

DIY

Pelayanan dan Inovasi DPMP Pemkot Jogja Diakui Pemerintah Pusat Yang Terbaik

YOGYA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta baru saja menerima penghargaan dalam bidang pelayanan publik terbaik kota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Selasa 5 November 2019 lalu. Pengharg ...

Lifestyle

Super Beetle 74 German Look, Lucky Draw Jogja Volkswagen Club 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Volkswagen Club Yogyakarta akan kembali menggelar Jogja Volkswagen Festival (JVWF) di Jogja Expo Center, pada tanggal 9 dan 10 November 2019 bertepatan dengan Hari Pahlawan. JVWF 2019 kali ini menghadirkan lucky draw ...

Politik

Munas Golkar Disarankan Melalui Musyawarah

JAKARTA, BERNAS.ID - Direktur Eksekutif EmrusCorner, Emrus Sihombing mengatakan, siapapun yang akan menjadi Ketua Umum partai Golongan Karya alias Golkar lima tahun kedepan hendaknya bisa merawat kebersamaan diinternal Golkar yang sudah mak ...

Pendidikan

UAD Yogyakarta Gelar DIES Training Course on Management of Internationalisation

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Director DAAD Regional Office Indonesia, Thomas Zettler dan Director International Office, Leibniz Universitat of Hannover, Germany, Dr. Birgit Barden-Laufer mempercayakan kepada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyak ...

Pendidikan

PSM Atma Jogja Torehkan Prestasi di Ajang Internasional BCFC

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau yang dikenal dengan PSM Atma Jogja kembali mengukir prestasi di kancah Internasional dalam ajang  Busan Choral Festival and Competition (BCFC) yang di ...

Hukum dan Kriminal

Curi Handphone, Warga Murangan VII Dicokok Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Anggota kepolisian dari Polsek Sleman berhasil membekuk pelaku pencurian  sebuah handphone di Dusun Ngancar, Desa Tridadi, Sleman. Pelaku berinisial K tersebut tercatat sebagai warga Dusun Murangan VII RT 01/22 Desa ...

Politik

Pengamat : Bebasnya Sofyan Basir Bukti Lemahnya KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Pengamat politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam menilai bebasnya mantan Dirut PT. PLN (persero) Sofyan Basir hari ini merupakan bukti masih adanya kelemahan di Komisi Pemberantasan Korups ...

DIY

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan Bidang Pelayanan Publik Terbaik dari KemenPANRB

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam bidang pelayanan publik terbaik kategori Kota.  Penghargaan itu ...

Lingkungan

Pushidrosal Kawal Sandar Perdana Kapal Cruise Sun Princess di Pelabuhan Gilimas

LOMBOK, BERNAS.ID - Untuk pertama kalinya, kapal Cruise Sun Princess berhasil sandar di Terminal Gilimas Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (5/11/2019) pukul 07.00 WITA. Kapal tersebut sandar di dermaga Gilimas dengan menggunakan peta navi ...

Olahraga

Pesilat Tapak Suci UAD Kembali Meraih Juara Umum I Nasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melalui pesilatnya berhasil menyabet 9 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu dalam 2 kelas pada 10th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2019 yang berlangsung di Ka ...

Politik

Sinergikan Umat Islam dengan Semua Unsur, ICMI DIY Menggelar Dialog Ketahanan Nasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Organisasi Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (ICMI Orwil DIY) menggelar Dialog Ketahanan Nasional dengan mengusung tema Meningkatkan Peran Ormas Islam dalam Menjaga Ketahanan N ...

Politik

FORMAMA: Jokowi Tak Perlu Ditekan Keluarkan Perppu KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua umum Forum Masyarakat Maluku (FORMAMA) Arnold Thenu, menilai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak akan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) untuk membatalkan Undang-Undan ...

Kesehatan

Ironis, Masalah Gizi Justru Terjadi di Daerah Penghasil Pangan

WONOSOBO, BERNAS.ID - Status gizi Indonesia saat ini tengah menjadi perhatian banyak pihak. Secara umum, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar oleh Kementerian Kesehatan tahun 2018, sebanyak 3.9% mengalami gizi buruk (severe malnutrition) ...

DIY

KSAU: Wing Day Bukanlah Akhir Perjuangan Perwira

SLEMAN, BERNAS.ID-Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM, melantik 19 penerbang muda lulusan Sekbang (sekolah penerbang) Angkatan 96 PSDP (Prajurit Sukarela Dinas Pendek) TNI Angkatan 32 dan 13 Navigator lulusan ...

Hukum dan Kriminal

Perampas HP di Depan Rumdin Bupati Sleman Ditangkap

SLEMAN, BERNAS.ID- Nekat melakukan penodongan dan merampas HP terhadap dua korbannya di kawasan depan Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Sleman, Jl Candi Gebang Beran Kidul Sleman dengan senjata tajam jenis parang, MI (19) warga Krajan Mlati Slema ...

Budaya

Extreme dan Power Trip Gemuruhkan Kawasan Kridosono

YOGYA, BERNAS.ID - Jogjarockarta, festival musik cadas yang telah memasuki tahun ketiga kembali digelar di Stadion Kridosono Jogja. Kali ini sederetan band dalam negeri dan dua dari mancanegara, yakni Extreme dan Power Trip, membuat suasana ...

Pendidikan

Di Jogja, Menhub Jelaskan Konsep Smart City dan Smart Mobility

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan konsep Smart City dan Smart Mobility menjadi salah pilihan yang tepat untuk diterapkan di perkotaan karena dapat mengefisienkan perjalanan masyarakat. Konsep terse ...