Berita Nasional Terpercaya

“Diselamatkan Oleh Kopi”, Tidak Sekedar Slogan Bagi Pengusaha Ini

0

KANADA, HarianBernas.com— Ada seorang  lelaki yang hidup di pergaulan bebas dan pernah nekat menjadi gelandangan, namun kini lelaki ini sukses berbisnis kopi dengan omset yang fantastis. Bagaimana kisahnya?

Lelaki ini bernama Francis O’Dea yang lahir pada tahun 1945 di kota Montreal Kanada. Pada saat Francis O’Dea berusia 20, ia pernah menjalani hidup sebagai seorang gelandangan yang hanya bisa mencari uang dari belas kasihan orang lain! Mungkin pertanyaan yang muncul dalam benak Anda adalah,

“ Bagaimana bisa ia menjadi gelandangan?”

Dalam sebuah wawancara, Francis O’Dea menceritakan bahwa ketika masih remaja, ia memilik masalah ketergantungan dengan alkohol atau minuman keras. Ia sebenarnya dilahirkan dari kalangan menengah, namun karena ketergantungannya itu, ia diusir dari rumah oleh ayahnya.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Suatu ketika, Francis O’Dea bahkan sampai nekat mencuri uang keluarganya sendiri demi memenuhi keinginannya akan barang haram itu. Masa kelamnya ternyata tidak berhenti sampai di situ. Ketika masih belasan tahun, Francis O’Dea bahkan pernah beberapa kali dilecehkan secara seksual, bahkan pelaku pelecehan seksual tersebut termasuk polisi dan pendeta!

Wah, malang sekali nasib Frank O’Dea kala itu bukan?

Tahukah anda, ketika Francis O’Dea diusir dari rumah, Frank masih berusia 20an, dan kala itu juga ia pernah menjalani profesi sebagai tenaga sales atau penjualan, sebelum akhirnya ia hidup menggelandang di jalanan kota Toronto, Kanada.

Namun, Francis O’Dea menyadari bahwa jika ia terus-terusan hidup seperti ini, maka ia bisa mati sebagai sampah masyarakat. Ia bisa menjadi seonggok mayat yang tak ada gunanya sama sekali bagi orang lain. Karena itu, ia memutuskan untuk bergabung dalam suatu kelompok pengembangan diri di Kanada, dan dari sanalah ia memulai proses perubahan dalam hidupnya.

Benar saja. Empat tahun kemudian, ia bersama mitranya, Tom Culligan, akhirnya bisa mendirikan outlet bernama Second Cup, yang pertama di sebuah mall di kota Toronto. Apa yang mungkin mengejutkan Anda adalah, mereka sama sekali tidak melakukan riset pasar; padahal kala itu penjualan kopi terus menurun. Tapi, mereka akhirnya bisa mengembangkan bisnis kedai kopi mereka hingga ke 11 negara. Omset pemasukan yang didapat juga tergolong besar, yakni mencapai 100,000 US Dollar per harinya. Luar biasa sekali bukan? Apakah hikmah yang bisa diambil oleh Frank O’Dea?

Dalam menjalani berbagai pengalaman pahit dalam hidupnya, Frank O’Dea telah ”diselamatkan oleh kopi”, seperti halnya judul sebuah artikel di sebuat situs Canada.com yang menyebutkan,”Coffee Saved His Life”. Ya, kopi telah menyelamatkan Francis O’Dea dari kehidupan jalanan yang keras, bahkan bisa membuatnya menjadi orang sukses.

 Tapi, apa yang sebenarnya bisa membuat Francis O’Dea sukses sampai sejauh ini?  Francis O’Dea sukses berkat filosofinya. Ia memiliki slogan dalam hidup, yaitu: ”Hope, Vision, Action.” Yang artinya, “Harapan, Visi, Tindakan”.

Pada saat Francis O’Dea masih meminta belas kasihan di jalan, ia tahu bahwa ia masih memiliki harapan. Dengan harapan tersebut, ia kemudian membuat suatu visi tentang masa depannya, dan setelah itu ia bertindak untuk mewujudkan impiannya.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.