Berita Nasional Terpercaya

3 Hal yang Membuat Uang Anak Kos Cepat Habis

0

HarianBernas.com – Bagi Anda yang merupakan anak perantauan, Anda pasti diberi uang setiap bulannya oleh orang tua Anda. Biasanya, uang bulanan ini seringkali habis saat masih di tengah bulan. Mendadak, pengeluaran Anda jadi tidak terkendali ketika Anda menerima uang bulanan.

Dompet Anda lama-kelamaan semakin menipis apabila menjelang akhir bulan. Tentu hal ini akan membuat Anda kewalahan di akhir bulan nantinya. Karena, hidup Anda tidak hanya sampai tengah bulan bahasa. Anda harus ekstra hemat apabila uang bulanan Anda sudah hampir habis di tengah bulan.

Penting hanya untuk memperhatikan apa saja aktivitas yang membuat uang bulanan Anda cepat habis di tengah bulan. Ini akan membuat Anda lebih mengendalikan pengeluaran Anda ketika baru menerima kiriman dari orang tua.

Berikut ini adalah berbagai macam kegiatan yang sebenarnya menguras dompet Anda, seperti yang dilansir dari economic things.

1. Minuman kemasan

Hal pertama yang membuat uang bulanan Anda cepat habis adalah sering membeli minuman dalam kemasan. Sekarang ini, cukup banyak minuman kemasan yang bukan air putih.

Biasanya, harga yang paling murah yang ditawarkan oleh perusahaan sebesar Rp. 3.000. Apabila Anda membelinya sesekali, mungkin tidak terlalu terasa efeknya. Namun apabila Anda selalu membeli minuman kemasan setiap harinya ini akan membuat uang bulanan Anda cepat habis.

Tahukah Anda, bentuk minuman seperti ini rupanya tidak menyehatkan bagi tubuh Anda. Rasanya yang enak dan harganya yang tinggi membuat banyak konsumen rela membelinya. Rupanya, minuman berasa ini membuat Anda menjadi lebih haus sehingga ingin minum lebih banyak.

Apabila Anda ingin mengkonsumsi minuman berasa, maka belilah minuman yang belum jadi. Ini dinilai lebih hemat dibandingkan Anda membeli minuman dalam kemasan.

2. Kuota data

Hal kedua yang membuat uang bulanan Anda cepat habis adalah kuota data. Sekarang ini, kuota data menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Rasanya tanpa kuota di smartphone Anda, maka Anda tidak bisa melakukan apa-apa.

Mungkin beberapa dari Anda membeli kuota data Rp.50.000 per bulan. Namun ada juga yang harus mengeluarkan uang lebih dari Rp.50.000 setiap bulannya hanya untuk kuota data. Anda juga belum tentu menggunakan seluruh kuota yang Anda beli. Cobalah untuk memanfaatkan sinyal wifi yang ada di sekitar Anda. Ini akan membuat Anda menjadi lebih hemat untuk membeli kuota data.

Apabila di tempat Anda berhenti ada koneksi wifi, maka cobalah untuk mematikan paketan data, dan sambungkan dengan koneksi wifi. Ini akan membuat Anda menjadi lebih hemat sehingga Anda tidak perlu membeli kuota di akhir bulan.

Biasanya ada beberapa orang yang kuota datanya sudah habis sebelum masanya. Ini menandakan bahwa Anda tidak busa mengontrol penggunaan internet.

3. Air galon

Hal ketiga yang membuat uang bulanan Anda cepat habis adalah air galon. Ketika Anda baru pertama kali menjadi anak kos, tidak ada salahnya jika Anda membeli air galon yang bermerek.

Namun, setiap bulan Anda pasti akan kehabisan air minum. Beberapa dari Anda akan pergi ke minimarket atau ke toko kelontong untuk membeli air galon yang baru. Padahal, sebenarnya Anda tidak perlu membeli air minum galon yang baru. Anda hanya perlu membelinya di depot isi ulang, harga yang di bandrol tentu berbeda jauh.

Air yang didapatkan memiliki kualitas dan rasa yang tidak berbeda jauh. Air minum di depot isi ulang tentu sudah memenuhi standar. Ada bisa menghemat uang sebanyak sepuluh ribu rupiah setiap pembelian di depot isi ulang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.