Berita Nasional Terpercaya

Jangan Pernah Mengharapkan Hal Ini Dalam Suatu Hubungan

0

HarianBernas.com – Ketika Anda memiliki pasangan hal ini membuat Anda harus belajar tentang berbagai hal. Ketika Anda memiliki hubungan dengan lawan jenis, ini menuntut Anda untuk berusaha menekan ego satu sama lain. Ini tidak hanya dirasakan oleh Anda saja namun juga dirasakan oleh pasangan Anda.

Ego yang paling besar biasanya mampu membuat Anda dan pasangan mengalami konflik satu sama lain. Tahukah Anda, ekspektasi yang terlalu tinggi mampu membuat Anda dan pasangan Anda sering bertengkar. Ada berbagai macam ekspektasi yang seringkali Anda bayangkan bersama dengan pasangan Anda. Misalnya saja rencana yang sangat besar di masa depan ataupun kebiasaan kecil yang sering dilakukan.

Bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkan ekspektasi yang Anda inginkan. Semuanya tidak semudah membalikkan telapak tangan Anda. Ketika Anda memiliki suatu hubungan dengan lawan jenis, Anda diminta untuk tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kecewa nantinya dan meminimalisir konflik dengan pasangan.

Tidak ada salahnya untuk berharap pada pasangan Anda. Namun, jangan berharap terlalu tinggi karena taruhannya adalah hubungan Anda dan pasangan. Berikut ini adalah beberapa harapan yang tidak boleh dipikirkan dalam suatu hubungan, seperti yang dilansir dari keluarga.

1. Terbebas dari berbagai macam masalah

Hal pertama yang tidak boleh diharapkan dalam suatu hubungan adalah hubungan yang terbebas dari berbagai macam masalah. Ketika Anda memulai hubungan dengan lawan jenis, Anda tidak bisa terbebas 100% dari berbagai masalah. Mungkin ketika Anda melihat drama, banyak hubungan yang berjalan dengan sangat romantis. Namun perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa menghindari masalah begitu saja.

Hidup Anda bukanlah drama yang bisa di atur sesuka hati. Mereka yang terlibat dalam kehidupan Anda tidak bisa Anda atur begitu saja. Mereka memiliki sikap dan sifat yang berbeda satu sama lain. Inilah yang membuat masalah akan datang bergantian satu per satu. Ketika Anda memiliki masalah dengan pasangan Anda, jangan pernah memutuskan untuk menyudahi hubungan tersebut.

Justru Anda harus mengelola konflik dan menghadapinya dengan penuh kedewasaan. Ini akan membuat Anda memahami bahwa dunia ini tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Walaupun Anda menjalin hubungan dengan seseorang yang Anda cintai, tetap saja masalah akan datang satu per satu. Justru hubungan yang memiliki berbagai masalah akan menguji bagaimanakah dewasaan Anda.

2. Memiliki kondisi keuangan yang stabil selamanya

Hal kedua yang tidak boleh diharapkan dalam suatu hubungan adalah mempunyai kondisi keuangan stabil selamanya. Salah satu hal yang mampu membuat hubungan pernikahan menjadi hancur adalah kondisi keuangan yang tidak stabil. Setiap orang pasti berharap bahwa mereka memiliki kondisi finansial yang stabil selama-lamanya. Namun, ini tidak bisa dijamin 100%.

Ada berbagai hal yang mampu membuat kondisi keuangan keluarga menjadi buruk. Tentu saja Anda tidak mau memiliki kondisi keuangan yang buruk dengan pasangan. Ini hanya akan membuat hidup Anda semakin tersiksa. Untuk itu, hal yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan Anda bisa stabil adalah dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang.

Walaupun perencanaan keuangan sudah matang, Anda tetap dituntut untuk tidak meletakkan ekspektasi yang terlalu tinggi. Pikirkan berbagai kemungkinan terburuk apabila perencanaan keuangan tidak bisa dijalankan dengan baik.

3. Akrab dengan teman – teman Anda

Hal ketiga yang tidak boleh diharapkan dalam suatu hubungan adalah akrab dengan teman teman Anda. Anda tentu berharap orang yang ada di sekitar Anda menyukai pasangan Anda. Namun, biasanya ada beberapa pihak yang tidak suka dengan pasangan Anda. Tentu ini menjadi salah satu hal yang menyulitkan. Hal ini dikarenakan Anda tidak mungkin membahagiakan semua orang sekaligus.

Biasanya ada beberapa sifat dan sikap dari pasangan Anda yang tidak disukai oleh orang lain. Ketika Anda ingin meminta saran apakah pasangan Anda adalah orang yang cocok untuk Anda, Anda hanya perlu meminta saran pada keluarga dan sahabat Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan memiliki banyak pemikiran tentang pasangan Anda.

Jangan lupa untuk meminta alasan ketika mereka tidak menyetujuinya. Biasanya, ada berbagai alasan yang membuat mereka tidak setuju akan pasangan yang Anda pilih. Apabila mereka tidak setuju karena pasangan Anda memiliki konflik yang mampu membuat masa depan Anda suram dan telah melanggar norma dan hukum, maka sebaiknya Anda mengikuti apa yang dikatakan oleh keluarga dan sahabat Anda. Mereka pasti ingin yang terbaik untuk masa depan Anda.

4. Memiliki standard yang tinggi

Hal keempat yang tidak boleh diharapkan dalam suatu hubungan adalah memiliki standar yang tinggi. Anda harus menanamkan pada diri Anda bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini. Pastikan Anda menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan Anda agar mereka juga tidak meletakkan ekspektasi yang terlalu tinggi pada Anda.

Cobalah untuk saling terbuka satu sama lain agar Anda tidak kecewa nantinya. Ungkapkan apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan Anda. Apabila Anda meletakkan ekspektasi yang terlalu tinggi pada pasangan Anda, ini hanya akan membuat hubungan Anda menjadi tegang, dan Anda sendiri merasa stres.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mengalami konflik dengan pasangan Anda yang tidak kunjung berakhir. Anda tidak akan pernah merasa puas selamanya. Setiap orang memiliki standar masing-masing dan proses untuk bertumbuh dan berkembang menjadi sosok yang dewasa. Hal yang harus dilakukan adalah berkompromi dengan keadaan dan bersabar.

Jangan sampai Anda meletakkan standar yang terlalu tinggi pada pasangan Anda. Apabila Anda meletakkan standar yang terlalu tinggi, dan pasangan Anda tidak mampu memenuhi standar tersebut, biasanya hubungan Anda akan berada diambang kehancuran.

5. Selalu sepakat satu sama lain

Hal kelima yang tidak boleh diharapkan dalam suatu hubungan adalah selalu sepakat satu sama lain. Tidak semua orang senang berdebat. Hal ini dikarenakan butuh energi yang tidak sedikit ketika Anda berdebat dengan orang lain. Akibatnya, beberapa orang berpikir bahwa ketika mereka sudah menjalin hubungan dengan orang yang dicintai, maka mereka akan selalu sepakat satu sama lain. Padahal, pola pikir yang Anda miliki dan pola pikir yang dimiliki oleh pasangan belum tentu sama.

Perbedaan pola pikir kerap kali menjadi hal yang mampu membuat pendapat Anda dan pasangan berbeda. Anda tidak perlu takut ketika harus berdebat dengan pasangan Anda. Namun pastikan perdebatan yang dilakukan adalah perdebatan yang dewasa. Justru dengan adanya perdebatan, kedewasaan Anda dan pasangan Anda diuji.

Selain itu, melalui perdebatan maka Anda bisa belajar bahwa ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan komunikasi dengan lebih efektif. Sederhana saja, ada berbagai perdebatan yang sebenarnya mungkin terjadi. Seperti menentukan tempat makan.

Mungkin Anda ingin makan di suatu restoran. Namun pasangan Anda ingin makan di warung makan pinggir jalan. Anda tidak boleh memaksakan pendapat Anda dan membuat pasangan setuju pada Anda. Diskusikan bersama untuk menentukan keputusan final.

6. Mengetahui apa yang Anda pikirkan

Hal keenam yang tidak boleh diharapkan dalam suatu hubungan adalah mengetahui apa yang dipikirkan oleh pasangan. Anda dan pasangan Anda bukanlah peramal ataupun dukun yang mampu membaca pikiran satu sama lain. Sehingga, apabila Anda memiliki suatu keinginan pastikan Anda mengatakannya pada pasangan Anda.

Katakan dengan jelas secara lisan apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda inginkan. Dengan begitu pasangan Anda bisa menjaga perasaan Anda dan berusaha untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan. Jangan sampai, pasangan Anda melakukan hal yang salah dan tidak Anda sukai hanya karena Anda tidak mengatakan apa yang Anda inginkan.

Jangan terlalu sering memberikan kode pada pasangan Anda. Tidak semua orang senang untuk membaca kode dan bisa membaca kode. Diperlukan tenaga yang tidak sedikit ketika seseorang harus menterjemahkan kode yang Anda berikan. Akan lebih baik jika Anda mengatakan yang terus terang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.