Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Mau Jadi Pengatur Lalu Lintas Udara? Baca Dulu Ulasan Berikut Ini

Mau Jadi Pengatur Lalu Lintas Udara? Baca Dulu Ulasan Berikut Ini

HarianBernas.com - Air traffic controller atau yang juga dikenal dengan pemandu lalu lintas udara merupakan salah satu jenis pekerjaan yang memiliki kaitan yang sangat erat dengan pilot atau penerbangan. Pemandu lalu lintas udara akan memberikan pelayanan lalu lintas udara agar tidak terjadi tabrakan antar pesawat.

Selain itu, pemandu lalu lintas udara juga bertugas untuk menjaga jarak pesawat yang satu dengan yang lain. Informasi mengenai rintangan, cuaca, navigasi, dan lain sebagainya juga akan diberikan oleh pemandu lalu lintas udara. Pilot akan terbantu tugasnya dengan adanya pemandu lalu lintas udara.

Dalam sebuah penerbangan, peranan pemandu lalu lintas udara sangatlah penting. Karena, pilot akan mengkomunikasikan semuanya dengan pemandu lalu lintas udara. Tidak hanya itu, kedaulatan negara juga harus dijaga oleh pemandu lalu lintas udara. Misalnya, ada pesawat asing yang masuk ke dalam suatu negara tanpa izin, maka pemandu lalu lintas udara harus mengkomunikasikannya pada angkatan udara.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris yang merupakan salah satu syarat dari international civil aviation organization. Namun, pada kenyataannya banyak negara yang menggunakan bahasa asal sendiri.

Bahasa inggris digunakan dengan tujuan untuk menghindari kesalahpahaman saat berkomunikasi. Namun, kemampuan berbahasa inggris yang baik tidak dimiliki oleh semua orang. Tentu saja bukanlah hal yang menyenangkan apabila adanya perbedaan bahasa antara pemandu lalu lintas udara dengan pilot. Mereka tidak akan mampu berkomunikasi dengan baik apabila ada perbedaan bahasa.

Inilah yang menjadi alasan mengapa bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang harus digunakan dalam komunikasi antara pemandu lalu lintas udara dengan pilot.

Berikut ini adalah ulasan mengenai pekerjaan menjadi seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara, seperti yang dilansir dari dunia kerja.

Tujuan adanya air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara

Rupanya, menjadi seorang pemandu lalu lintas udara ada tujuannya. Bahkan, tujuan dari seorang pemandu lalu lintas udara diatur oleh peraturan keselamatan penerbangan sipil di bagian 170. Tujuan dari adanya pemandu lalu lintas udara adalah mencegah tabrakan pesawat yang ada di area pergerakan rintangan yang ada di area tersebut, memberikan informasi dan saran untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara, mencegah tabrakan pesawat, mempertahankan dan mempercepat pergerakan lalu lintas, dan memberitahukan pada pihak yang berwenang apabila ada pesawat yang membutuhkan pertolongan.

Pembagian pelayanan lalu lintas udara

Ada 3 layanan dari pelayanan lalu lintas udara yang harus dikerjakan oleh pemandu lalu lintas udara.

1. Pelayanan pengendalian lalu lintas udara

Pelayanan ini terbagi menjadi tiga bagian.

A. Aerodrome controll service

Bagian yang pertama ini akan memberikan layanan dibidang flight information service, alerting service, dan air traffic control service. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh pesawat terbang yang berada di suatu bandar udara. Layanan ini akan memberikan informasi seperti landing, take off, text in, dan lain sebagainya. Pelayanan ini dilakukan di menara pengawas atau yang juga dikenal dengan control tower.

B. Approach controll service

Bagian yang kedua ini akan memberikan layanan sama seperti bagian pertama. Hanya saja, bagian yang kedua ini memberikan informasi kepada pesawat terbang yang sedang mengudara. Dia memberikan informasi, namun layanan ini juga memiliki peranan utama untuk menentukan apakah pesawat sudah mengikuti instrumen atau belum. Instrumen untuk pesawat terbang sendiri dikenal dengan istilah instrumen flight rule.

C. Area controll service

Bagian yang ketiga ini akan memberikan informasi sama seperti bagian 1 dan 2. Namun, bagian ketiga ini akan memberikan informasi pada para penerbang yang sedang menjelajah. Informasi juga akan diberikan terutama pada penerbangan terkontrol.

2. Pelayanan informasi penerbangan

Pelayanan yang kedua merupakan salah satu pelayanan yang dilaksanakan dengan memberikan informasi maupun berita yang bermanfaat untuk keamanan, efisiensi, dan keselamatan bagi penerbangan.

3. Pelayanan keadaan darurat

Pelayanan yang ketiga merupakan salah satu pelayanan dalam keadaan darurat. Pelayanan ini akan menuntut pemandu lalu lintas udara untuk memberitahu instansi yang tepat apabila ada pesawat yang membutuhkan pertolongan.

 

Beban kerja

Dengan adanya pemandu lalu lintas udara, maka tugas yang dimiliki oleh pilot jauh lebih mudah. Hal ini dikarenakan pemandu lalu lintas udara akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan pilot saat terbang.

Tidak hanya itu, bagaimana pilot mengarahkan pesawat juga bergantung dengan berita dan instruksi yang diberikan oleh pemandu lalu lintas udara. Namun perlu diketahui bahwa menjadi seorang pemandu lalu lintas udara bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.

Hal ini dikarenakan ya allah yang ada dalam suatu pesawat menjadi tanggung jawab pemandu lalu lintas udara. Apabila 1 pesawat mampu menampung 200 orang setiap hari, dan ada 200 penerbangan maka 40.000 nyawa ada di tangan pemandu lalu lintas udara. Tentu saja jumlah ini tidak banyak dibandingkan dengan jumlah penerbangan yang ada di bandara internasional yang sibuk seperti san francisco, new york, dan lain sebagainya.

Tanggung jawab yang tinggi, disiplin, dan jam kerja yang diatur harus ditepati oleh seluruh pemandu lalu lintas udara. Pekerjaan menjadi seorang pemandu lalu lintas udara memiliki tanggung jawab yang sangat berat, menuntut mereka untuk tidak boleh merasa jenuh atau bosan saat bekerja. Apabila mereka merasa bosan, biasanya kinerja pekerjaan juga akan menurun.

Tidak hanya itu, seorang pemandu lalu lintas udara juga harus mampu mengelola rasa stres akibat beban menjadi seorang air traffic controller. Seorang pemimpin unit pemandu lalu lintas udara dan seluruh petugas evaluasi harus selalu waspada akan berbagai tanda stres yang menyerang dirinya dan anggota staf yang.

Mereka harus siap membantu apabila rekan kerja mereka mulai memperlihatkan tanda-tanda stres. Tentu saja, ini bukanlah hal yang mudah. Tidak harus mampu mengendalikan rasa bosan dan stres saja, pemandu lalu lintas udara juga tidak boleh membawa masalah pribadi saat bekerja. Hal ini dikarenakan, besar kemungkinan performa kerja akan menurun apabila seseorang bekerja dengan hati yang terlalu sedih. Anda juga tidak boleh menyimpan dendam.

Apabila Anda membalas dendam lewat pesawat, maka yang menjadi taruhan adalah nyawa seluruh orang yang ada di pesawat tersebut. Ada beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara seperti memberikan informasi tentang ketinggian pesawat permintaan izin penerbangan, pergerakan pesawat dari berangkat hingga mendarat, mengatur lepas landas pesawat, dan memberikan informasi penting lainnya yang berkaitan dengan penerbangan. Tekanan yang dirasa juga akan lebih berat apabila seorang pemandu lalu lintas udara bekerja di bandara internasional yang sangat ramai dan sibuk.

Gaji yang didapatkan seorang pemandu lalu lintas udara

Seperti yang sudah dibahas pada sebelumnya, bahwa tanggung jawab yang dimiliki oleh air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara sangatlah besar. Bahkan, menjadi seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara sama penting seperti seorang pilot. Kerjasama dan rasa kekeluargaan antar tim diperlukan dalam unit pemandu lalu lintas udara.

Karena tekanan dan tanggung jawab yang besar untuk menjadi seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara, gaji yang ditawarkan juga tidak main-main. Apabila Anda adalah seorang fresh graduate maka Anda bisa mendapatkan delapan juta rupiah setiap bulannya. Namun, apabila Anda sudah senior dan sudah lama bekerja menjadi seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara, maka Anda bisa mendapatkan gaji diatas 33 juta rupiah setiap bulannya.

Tentu saja ini bukanlah angka yang kecil bagi seseorang. Seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara harus mampu menenangkan emosi orang lain terutama rekan kerja agar performa kerja tim bisa tetap maksimal. Akan ada sanksi tersendiri apabila seorang air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara melakukan kesalahan.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru