Berita Nasional Terpercaya

Harus PD, Ini Caranya Biar Bisa Jualan Produk UKM ke Luar Negeri Secara Online

0

HarianBernas.com ? Ketika sudah sukses menjual produk UKM di dalam negeri maka hal yang wajar jika ingin menjualnya juga di luar negeri. Namun banyak UKM yang akhirnya minder jika harus bersaing dengan produk dari negara lain ketika berkompetisi secara global. Bisa jadi rasa tidak percaya diri timbul karena belum dapat mengetahui bagaimana caranya menjual produknya ke luar negeri melalui online.

Lantas bagaimanah caranya untuk memasarkan produk ke luar negeri melalui online?

Menyiapkan produk yang memang mempunyai kualitas global

Sebelum mempunyai rencana untuk bisa menjualkan produk UKM Anda ke luar negeri maka akan lebih baik jika dapat memastikan produk yang akan dikirimkan merupakan produk yang mempunyai kualitas global. Hal itu sangat penting, karena jika tak berkualitas maka bisa jadi produk Anda akan ditolak atau tidak dipesan ulang.

Memakai Search Engine Opfimization (SEO)

Buatlah toko secara online (website) yang menggunakan bahasa Inggris tetapi jika Anda ingin membidik negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resminya maka ikutilah bahasa setempat. Sebagai contohnya bahasa Tionghoa jika memang ingin melakukan ekspansi ke negeri Tiongkok atau Bahasa Perancis jika ingin memperluas usaha di negeri tempat menara Eiffel berada.

Dengan cara ini, Anda akan lebih gampang membidik pasar negara yang dituju. Lebih baik jika memakai dua bahasa sekaligus seperti bahasa Inggris atau bahasa negara yang dibidik. Setelah itu mulailah untuk melakukan riset pasar negara yang diinginkan.

Memakai iklan Google Adwords

Iklan Google adwords dapat dipakai untuk mempercepat promosi terlebih jika mampu untuk mengkombinasikannya dengan pemakaian bahasa yang tepat, target negara, SEO, kata kunci yang sama maka promosi produk yang Anda lakukan akan semakin gampang.

Tetapi terdapat hambatan bila memakai iklan Google Adword, yaitu adanya biaya testing. Tentu saja Anda pun harus mengatur anggaran sebaik-baiknya tetapi jangan beriklan dengan biaya yang mahal sebelum melakukan pengujian iklan terlebih dahulu sehingga tidak terlalu menghabiskan banyak uang.

Melalui Facebook Ads

Hal ini berbeda dengan pemakaian iklan Adword, Facebook Ads sendiri tak menggunakan kata kunci karena lebih berdasarkan media sosial Facebook. Keunggulan dari iklan Facebook Ads ini dinilai lebih memudahkan pemakainya agar bisa membidik target yang cukup detil dan tidak hanya sampai di suatu negara atau kota tujuan saja.

Walaupun begitu, Facebook Ads juga bisa untuk membidik calon konsumen Anda berdasarkan demografi, perilaku, profesi yang dapat diatur di dalam iklan yang kita unggah. Dengan cara ini tentu kita tak akan mengalami salah sasaran di dalam beriklan.

Melalui market place internasional

Anda pun dapat menjual produk ke luar negeri melalui market place layaknya Alibaba, Amazon dan OLX. OLX sendiri bukan hanya ada di Indonesia saja namun juga internasional. Kelebihan ketika menjual produk di market place internasional adalah volume lalu lintas yang tinggi, tingkat pertumbuhan yang pesat dan mudahnya bergabung di dalamanya.

Memang market place internasional mempunyai volume lalu lintas yang tinggi. Mereka biasaya sudah mempunyai kinerja yang strategis di dalam menyajikan produk sehingga akan lebih mendorong orang untuk membeli produk tersebut.

Itulah 5 cara mudah untuk menjadikan UKm Anda percaya diri untuk menjual produk Anda bisa laris manis dijual dalam pasaran global. Pastinya sebaik apapun pemasaran yang dilakukan, produk harus mempunyai kualitas yang baik terlebih dahulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.