Berita Nasional Terpercaya

Yuk Belajar dari Kisah Hebat 4 Pengusaha yang Berawal dari Nol

0

HarianBernas.com ? Terdapat 2 jenis pengusaha. Pengusaha pertama ialah yang memang sudah memperoleh warisan usaha yang berasal dari orang tuanya. Pengusaha ke-2 ialah orang yang memulai bisnis dari 0. Anda bisa mendapatkan contoh dari 4 pengusaha yang merintis di zona UKM ini:

1. Bob Sadino

Almarhum Bob Sadino adalah salah satu pengusaha sukses yang berawal dari nol. Ia rela untuk pontang panting ketika memulai usaha bisnis. Sempat merasakan menjadi karyawan perusahaan BUMN selama 9 tahun, Bob akhirnya memilih untuk keluar dari pekerjaan yang dilakoninya dan memilih menjadi pengusaha.

Pria ini mengawali bisnisnya dari menyewa mobil sampai menjadi seorang buruh bangunan. Walaupun berat tapi hal itu membuah kan hasil. Ia melihat sebuah ceruk dari bisnis peternakan ayam. Melalui modal pinjaman yang berasal dari tetangganya yang juga tertarik untuk berbisnis peternakan.

Bob pun mengawali usahanya dari berdagang telur negeri. Karena keuletan yang dimiliki oleh Bob, usahanya berjalan sangat sukses dan bisa membuat Kem-Chicks yang merupakan sebuah supermarket terkenal yang menjual berbagai produk pertanian serta peternakan.

2. Gibran Rakabuming

Ini adalah nama anak pertama dari Joko Widodo, Presiden Indonesia saat ini. Walaupun sang ayah juga dikenal sebagai pengusaha sukses tak lantas membuat Gibran mendompleng bisnis sang ayah. Ia pun berambisi membuat usaha sendiri yang ada dibidang catering serta wedding organizer.

Berawal dari meminjam bank sebagai modal awalnya, Ia ingin membuktikan dirinya bisa hidup mandiri. Dari 7 proposal permohonan yang diajukan kepada bank ternyata hanya 1 yang mau memodalinya. Dari modal bank inilah Gibran membuat Chili Pari.

Pada awalnya Ia hanya melayani pesanan di dalam jumlah kecil, tetapi dengan berkembangnya usaha yang dimilikinya dapat menangani order besar hingga ribuan orang. Kini Ia pun merambah bisnis martabak manis Markobar dan juga casing smartphone.

3. Susi Pudjiastuti

Siapa yang tidak mengenal kesuksesan bisnis dari pengusaha perikanan dan penerbangan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di masa Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Pengusaha yang hanya mempunyai ijazah SMP karena DO di saat SMA.

Ia lebih memilih untuk berbisnis dengan menjadi pedagang pengepul ikan di Pangandaran. Perhiasan yang dimilikinya untuk menjadi modal bisnis tersebut. Ternyata semakin hari usahanya kian maju. Akhirnya dengan keberanian, Susi meminjam modal dari bank dan membeli sebuah pesawat supaya gampang mengangkut produk lautnya. Ternyata Ia malah bisa membeli beberapa pesawat dan membuat maskapai Susi Air.

4. Sunny Kamengmau

Pria yang berasal dari NTT (Nusa Tenggara Timur) sukses menciptakan serta memasarkan tas yang diberi merek Robita. Tas ini justru sangat dikenal di Jepang dan menjadi koleksi para sosialitas kelas atas yang ada di negara sakura.

Sunny sendiri sama seperti Susi yang tidak pernah lulus SMA. Hanya karena kenekatan saja, Ia memlih pergi ke Bali dan menjadi tukang sapu di hotel yang ada di pulau dewata. Ketika bekerja di hotel, Ia rajin belajar bahasa Jepang dan Inggris.

Ternyata menjadi tukang sapu di hotel itu membuat Sunny dapat bertemu dengan pengusaha asal Jepang yang meminta dirinya menjadi pemasok tas kulit di Jepang. Akhirnya kini Ia mempunyai usaha dengan memperkerjakan 100 karyawan.

Itulah kisah 4 pebisnis sukses yang berawal dari UKM dan kini telah menjadi bisnis yang besar. Tidak adanya modal bukan menjadi masalah bagi mereka karena mereka yakni bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.