Berita Nasional Terpercaya

Bidik Masyarakat Daerah, Bukalapak Segera Luncurkan Fitur BukaEmas

0

HarianBernas.com – Pada minggu kedua bulan Juli 2017 mendatang, Bukalapak berencana akan segera meresmikan fitur terbarunya yakni BukaEmas. Hadirnya fitur ini membuat para pengguna bisa membuka tabungan emas Antam dengan cara online mulai dari 0,005 gram.

Achmad Zaky selaku Founder sekaligus CEO Bukalapak mengatakan bahwa yang menjadi alasan mengapa pihaknya menghadirkan fitur BukaEmas ini karena mereka ingin menghadirkan sebuah platform jual beli emas yang simpel. Dengan demikian diharapkan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat di daerah.

Hadirnya fitur ini pun para pengguna juga dapat membeli emas tidak hanya secara tunai saja karena di sana disediakan opsi cicilan. Kemudian tabungan emas akan disimpan di dalam virtual box milik Antam, dan para pengguna baru bisa menarik emas simpanannya dalam bentuk fisik jika minimal sudah mencapai sebesar 0,5 gram.

Akankah jadi saingan Pegadaian?

Kelita ditemui di Restoran Rampai, Jakarta, Zaky menjelaskan bahwa karena proses pembukaan tabungan emas di BukaEmas ini dilakukan secara online, fitur ini dinilai tidak bersaing dengan produk tabungan emas milik Pegadaian. Ini (BukaEmas) full teknologi. Kalau tabungan emas Pegadaian kan harus datang, gitu enggak sih? Kayaknya offline banget. Beda pasar saja sih. Kita menyasarnya benar-benar lewat teknologi.

Sejauh ini, bagi para calon nasabah yang tertarik dan ingin membuka tabungan emas di Pegadaian biasanya calon nasabah harus datang ke kantor cabang dengan melampirkan fotokopi indentitas diri serta mengisi formulir pembuatan rekening.

Sumber lain menghubungi ke pihak Pegadaian dan menanyakan apakah mereka memiliki rencana untuk mengembangkan produk tabungan emas dengan menyediakan layanan pembukaan rekening tabungan emas secara online. Tetapi sayangnya ketika ditanyai hal tersebut pihak dari Pegadaian pun belum memberikan informasi.

“Sampai dengan saat ini saya belum pernah mendengar bahwa ada marketplace lain yang menyediakan layanan seperti Bukalapak ini. Dan dari fitur yang akan kami hadirkan pada pertengahan Juli nanti, kami berharap dalat menjadi marketplace pertama yang menyediakan fitur tabungan emas ini. Hingga kini, baru ada e-commerce seperti Bhinneka yang menjual produk logam mulia emas Antam. Hal yang membedakan dari layanan yang disediakan oleh Bhinneka dengan fitur BukaEmas sendiri kalau dk Bhinneka mereka hanya melayani pembelian secara tunai atau kredit, dan bukan bentuk dalam tabungan emas. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan fitur BukaEmas di mana mereka menyediakan tabungan emas kepada para penggunanya yang nantinya wujud emasnya bisa diambil ketika sudah mencapai minimal 0,5 gram “, ujar Zacky.

Profit dari selisih harga

“Kehadiran fitur BukaEmas sendiri akan mendatangkan profit bagi Bukalalak melalui selisih harga jual beli emas. Dan dari selisih tersebut, antara Bukalapak dan Antam sudah sepakat mengenai pembagian keuntungan keduanya”, jelasnya.

Lebih lanjut Zacky menjelaskan bahwa ada harga jual tentu saja ada juga harga beli. Biasanya antara harga jual dan harga beli itu ada selisihnya. Dan Antam mengambil dari hasil selisihnya. Lalu kamk dikasih bagian dari Antam. Kemudian kalau ada pengguna yang membeli emas, Antam dapat margin, kita juga dapat bagian. Revenue kita dari penjualan emas sama selisih (harga) jual beli.

Konsep yang diterapkan ini dinilai Zacky kurang lebih hampir sama dengan konsep yang mereka terapkan pada Bukareksa Pada fitur Bukareksa, Bukalapak tidak menarik biaya dari pengguna. Namun mereka sudah mendapat profit dari kesepakatan pembagian keuntungan dengan Bareksa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.