Mengerjakan Secara Optimal Sesuatu yang Tengah Kukerjakan

Paulus Yesaya Jati - Sunti Melati
16 Juni 2017

GM Totok Hedi Santosa (sumber foto: istimewa)

HarianBernas.com-GM Totok Hedi Santosa kini aktif sebagai anggota dewan DPRD DIY dari Fraksi PDIP. Baginya, hidup itu mengalir saja. Dalam arus aliran itu, ia mengaku bertemu banyak hal. Di situ, akan ada hal baru, yang membuat kita mengalami progresi di dalam hidup dengan mengerjakan yang sedang kita kerjakan saat ini dengan baik-baik.

”Kalau saya hari ini menjadi anggota dewan, itu menjadi bagian cara saya untuk mengaktulisasi diri, melihat sesuatu di masyarakat, ada begini ada begitu. Saya merasa bahwa kayaknya penting bagi saya untuk ambil bagian. Kalau saya melakukan bisnis, itu bagian cara saya menjawab realitas hidup sehari-hari saya sebagai orang yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan keluarga. Kalau saya lebih dahulu bisnis dan kesenian dibandingkan minat di dalam politik. Di politik baru aktif di tahun 1997-1998 saat usia 35,” ungkapnya ke Bernas.

Sejak lulus SMA, pria kelahiran Sleman ini tinggal dan kuliah di Jakarta. Kawan-kawan seusianya ketika itu, tidak kuliah karena mereka bekerja. Namun, kalau berbicara hasil akhir sekarang ini, meski mereka SMA, apa yang mereka peroleh, entah itu ilmu pengetahuan di dalam perusahaan atau finansial, sama dengan yang lulus sarjana S1 atau S2, bahkan boleh dibilang mereka lebih. Meski karena tuntutan zaman, mereka lalu bekerja sambil kuliah.

“Saya meyakini bukan kuliah yang membuat mereka pintar, tapi experience mereka di perusahaan atau tempat mereka bekerja sehingga mampu membaca banyak hal, membaca peluang-peluang yang mungkin dilakukan untuk mereka lebih mampu mengaktualisasi diri. Hasil akhirnya, mereka memang bukan pejabat, tapi banyak menjadi pengusaha sukses di bidang, entah itu di konstruksi, perfilman, dst. Saya melihat perbandingan seperti itu,”imbuhnya.

Ia pun memiliki pandangan tersendiri terhadap sisi lain tentang orang Jogja yang kalau tidak sekolah, tidak bangga. Hal ini agak berbeda dengan orang Jakarta saat itu. Kalau sekarang, orang Jakarta sekolah karena tuntutan masuk di perusahaan harus S1. Kalau dulu, itu tidak menjadi wajib.

“Sementara yang sekolah S1 butuh 5 tahun lulus untuk menjadi pegawai. Yang ini sudah 5 tahun berpengalaman, dari situ sudah banyak membaca hal. Ketika terjadi perubahan, mereka punya survival-survivalnya tersendiri. Yang ingin saya katakan, saya bukan anti-pendidikan, tapi orang yang memuja-muja sekolah, bagi saya linear sekali cara berpikirnya. Tapi, saya mempercayai ilmu pengetahuan itu penting maka ideologi saya dalam mengelola pengetahuan itu, orang itu hanya harus mengerti 4 hal, yaitu pertama bahasa, kedua sejarah, ketiga matematika, dan keempat logika. Dari situ, orang sebenarnya cukup untuk membaca sesuatu sehingga memiliki peluang kalau mau,”ujarnya.

Dulu alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini pada dasarnya antipolitik karena waktu itu tidak ada politik di Indonesia. Politik dalam arti kesetaraaan. Politik dalam arti semua orang boleh mengajukan pendapat secara bebas, meski sekarang kebebasannya berlebihan.

“Dulu tidak ada situasi seperti itu sehingga saya memilih suatu wilayah, aku bisa berpendapat bebas. Waktu itu, wilayah kesenian. Kenapa menjadi anggota dewan saat ini, tahun 96-97 ada sesuatu yang mengguncang Indonesia. Pada saat itu, saya berpikir bahwa ini saatnya Indonesia berubah. Meski kecil, waktu itu, saya kepengen menjadi bagian berperan dari yang ikut mengubah dan memberi warna perubahan di Indonesia meski di daerah bukan di tingkat nasional. Itu titik balik Indonesia dari otoritarian menjadi demokrasi. Artinya, saya menjadi berminat karena di situ, secara setara, bisa mengajukan ide-idenya,” urainya.

Terus menekuni pekerjaan menjadi anggota dewan, ia merasa ada situasi di mana dirinya memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapat idealnya, meski mengalami banyak hal.

“Situasi ini, dulu hampir tidak ada. Semua sudah distel. Kalau sekarang ini tidak distel, tapi berbicaralah sesuai dengan pikiranmu yang cocok dengan hari nuranimu. Hati nuranimu ini tidak bisa lepas dari lingkungan sosial yang ada dan kita ketahui. Nah, di situlah yang membuat saya masih bertahan sampai hari ini. Artinya, saya memiliki mandat dan kebebasan, mandat secara bebas mengutarakan, mengusulkan sesuatu yang penting bagi masyarakat,” tuturnya.

Owner Mebel Antik ini memaparkan permasalahan yang paling sering dihadapi dalam bidang pekerjaannya.

“Kalau di dewan, politik itu pada dasarnya adalah negosiasi. Artinya, di sana itu ada begitu banyak kepentingan. Kepentingan itu secara teori ada kepentingan-kepentingan yang sangat spesial, dalam hal ini masyarakat yang kita wakili. Itu bagaimana kepentingan yang spesial ini dijadikan satu menjadi kepentingan yang lebih umum. Itulah masalahnya. Inilah fungsi agregasi, mengagregasi kepentingan yang unik-unik itu menjadi kepentingan yang lebih umum. Tidak mungkin setiap kepentingan dilakukan sendiri-sendiri, harus dijadikan umum padahal masyarakat kita berlapis-lapis dengan coraknya yang masing-masing. Pemerintahan tidak mungkin melakukan itu secara spesial-spesial, harus diberlakukan umum. Menyikapinya, ya berkompromi terhadap kepentingan yang coraknya sangat khusus itu menjadi lebih umum. Artinya, dibutuhkan suatu intelegensi untuk negosiasi memunculkan apa yang disebut produk-produk legislasi supaya kepentingan itu terjembatani,”paparnya.

Anggota dewan ini pun membagikan inspirasinya kepada yang membaca kisahnya ini.

“Saya tidak terlalu menginspirasi, tetapi yang ingin saya katakan, hidup itu mengalir saja. Siap terhadap apapun. Orang masing-masing memiliki jalannya. Tidak harus orang meraih sukses finansial, tapi tahanlah terhadap sesuatu yang dijalani. Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, sekali waktu untuk instropeksi, oke, tetapi itu bukan sumber utama referensi. Menjadi diri sendiri dan mengoptimalkan yang mungkin dari diri. Belajarlah pada semua orang,” bebernya.

Menurutnya, bidang pekerjaan sebagai anggota dewan penting dibagikan dan dilakukan karena sistemnya memang begitu, di mana rakyat itu memiliki wakil.

“Di dalam negara kita ini kan mengenal apa yang disebut perwakilan sehingga memang perlu orang-orang untuk mewakili mereka. Nah, di situlah yang kita wakili banyak sekali dan masing-masing kepentingannya juga berbeda. Balik lagi, kepentingan yang berbeda-beda itu diagregasi menjadi kepentingan yang lebih umum. Jadi, ini aku ada makanan, akan saya bagikan, tapi ada yang maunya bakso, maunya sate, maunya gado-gado, maunya ini itu macem-macem. Kita harus menjelaskan bahwa makanan ini dibagikan karena memenuhi standar gizi yang ada di bakso dan macam-macam makanan itu. Karena jumlahnya ribuan orang, tidak mungkin dong satu-satu saya memberi ada bakso dan ada mienya. Itulah yang saya harus jawab. Fungsinya, anggota dewan harus mampu memberi penjelasan bahwa tidak mungkin masyarakat meminta sesuatu yang sangat spesial dan hanya berlaku untuk masyarakat setempat itu. Nah, kalau itu tidak mungkin, ya harus memberi yang umum,” terangnya panjang.

Ketika ditanya tentang impian ke depan, ia mengaku tidak punya impian.

“Intinya, saya orang yang anti pencitraan. Lebih percaya terhadap, yang akan terjadi, terjadilah menurut kehendakMu. Q sera-sera, what ever will be, will be. Aku orang yang tidak punya bagaimana masa depan itu kulihat habis-habis. Mengalir. Aku ini hidup dengan empati di mana lingkungan kecilku dulu untuk bermimpi saja tidak mampu. Saya mengerjakan secara optimal menurut kemampuanku sesuatu yang tengah kukerjakan,” pungkasnya. 



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle 2 Jam lalu

Tiga Kemandirian Yang Akan Didapatkan di Pesantren, Berminat Mencoba?

Bernas.id – Dengan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai hari santri, geliat kehidupan pesantren pun menjadi sorotan. Peran para santri dan Kyai dalam upaya meraih kemerdekaan pun dimunculkan kembali. Perkembangan pesantren di I ...

Nasional 3 Jam lalu

Apa Pentingnya Hari Santri Harus Dirayakan?

Bernas.id - Mengapa harus ada Hari Santri? Apa keistimewaan santri sehingga mendapatkan perhatian penting pemerintah. Bahkan Presiden Jokowi menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Har ...

Pendidikan 9 Jam lalu

Dengan Mendukung Program Ini, Anda Berarti Turut Menyelamatkan Masa Depan Bangsa!

Bernas.id - Pustakawan Utama Perpus RI, Bapak Subekti Makdriani mengungkapkan bahwa berdasarkan studi Most Littered Nation In the World tahun 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Kenyataan ini menunjukka ...

Inspirasi 10 Jam lalu

Salah Kaprah! Busana Muslim Bukanlah Pakaian Arab

Bernas.id - Beberapa waktu lalu di Indonesia terjadi polemik panjang mengenai negara yang akan menjadi negara Arab karena sebagian orang-orangnya sudah berpakaian layaknya 'orang Arab'. Semakin panas perdebatan karena seorang a ...

Nasional 11 Jam lalu

Waduh, Apakah Profesi Petani Akan Punah?

Bernas.id –  Ketika mendengar kata desa, otak Anda akan segera menggambarkan bentangan sawah yang demikian hijau, hamparan terasiring sawah di wilayah pegunungan diiringi dengan hawa yang sejuk. “Stop! Bisa dih ...

Female 11 Jam lalu

Pesan Untuk Para Super Moms Zaman Now. Ternyata Nomor 6 Sangat Penting!

Bernas.id - Hai mommy zaman now! Di zaman milenial seperti ini makin banyak para moms yang berkarir di luar ataupun yang sambilan online job. Selain aktivitas di rumah yang membuat kepala pusing tujuh keliling ditambah pekerjaan k ...

Properti 19 Jam lalu

REI Mengapresiasi Program Sejuta Rumah yang Dijalankan 3 Tahun Pemerintahan Jokowi

JAKARTA, Bernas.id - Selama 3 (tiga) tahun program pemerintahan presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), sudah banyak capaian yang dilakukan pemerintahan tersebut, terutama dalam pengembangan program infrastruktur. Program sejuta ru ...

Properti 19 Jam lalu

Layaknya Memilih Pasangan, Begini Halnya Mencari Hunian di Era Milenial Ini

JAKARTA, Bernas.id - Anda mungkin pernah merasakan bagaimana sulitnya mencari pasangan? Nah..hal tersebut tidak jauh berbeda dengan bagaimana Anda mencari hunian atau rumah di zaman generasi milenial saat ini. Meskipun banyak program men ...

Properti 19 Jam lalu

Jokowi Pastikan, 2022 Seluruh Tanah di NTB Bersertifikat

MANDALIKA, Bernas.id - Program sertifikasi tanah di berbagai daerah tengah dijalankan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumnya, beberapa daerah juga telah dipastikan beberapa tahun ke depan, tanah yang belum memiliki sertifikat akan s ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Mau Diet Yang Anti Gagal? Ayo Lakukan 5 Langkah Ini!

Bernas.id - Cantik identik dengan langsing. Pepatah ini sudah mendarah daging bagi sebagian besar orang, terutama untuk kaum hawa. Berbagai cara dilakukan supaya mencapai tubuh yang ideal. Bukan tidak mungkin bermunculan cara yang ...

Nasional 19 Jam lalu

Salah Satu Bahasa Daerah di Indonesia Ini Bisa Go International, Lho!

Bernas.id - Pernahkah Anda berunjung ke Pulau Sulawesi? Di pulau berbentuk huruf K ini terdapat satu suku etnik yang populasinya paling banyak terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan. Ya, itulah Suku Bugis. Menurut Wikipedia, sejak abad ke-15 ...

Sudut Pandang 20 Jam lalu

Baca Sampai Habis, Tiga Kelebihan Pribumi Atas Non Pribumi.

Bernas.id - Akhir-akhir ini istilah pribumi sedang hangat diperbincangkan. Seolah-olah kata ini memicu kontroversi dan tidak boleh digunakan. Padahal pribumi atau bumiputera lazim digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pribumi, s ...

Inspirasi 24 Jam lalu

Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Pastikan Kamu Bisa Menggunakannya!

Bernas.id - Saat mendengar teriakan kebakaran di dekatmu, apa yang kamu lakukan? Ikut berteriak, berlarian ke sana kemari, menelepon petugas pemadam kebakaran atau malah menelepon mantan? Setidaknya butuh waktu sekitar 15 menit untu ...

Female 1 Hari lalu

Potensi Hamil Akan Meningkat Setelah Melakukan Enam Hal Ini !

Bernas.id - “Setiap bulan sepertinya sudah mengalami tanda-tanda kehamilan, haid sudah telat beberapa hari tiba-tiba datang bulan lagi, kenapa ya?" Pertanyaan ini banyak sekali terdengar dikalangan wanita ...

Mutiara Iman 1 Hari lalu

Jurus Jitu Membuat Penampilan Seperti Bidadari, Ayu Ting-Ting dan Syahrini Bakal Kalah !

Bernas.id - Di zaman now ini tak banyak yang rela berkorban melakukan apapun demi mempercantik tubuhnya. Bahkan rela membayar jutaan rupiah hanya untuk memutihkan wajah. Wajah glowing bak Ayu Ting-Ting atau Syahrini bukan lagi sekedar ...

Destinasi 1 Hari lalu

Menikmati Indahnya Salah Satu Kabupaten di Jawa Barat, Mau Ikut?

Bernas.id - Garut adalah sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki sejuta keindahan dari panaroma alam yang menakjubkan. Selain dari tempat yang sudah terkenal masih banyak yang tersembunyi dan masih banyak orang yang ...

Ekonomi Bisnis 1 Hari lalu

Sistem Ekonomi yang Lebih Pantas Sebagai Solusi Bukan Alternatif. Apakah itu?

Bernas.id - “Apa yang tidak logis adalah tidak riil dan apa yang tidak riil adalah tidak logis”. Argumentasi seperti ini adalah argumentasi dengan pendekatan positivistik, rasionalisme dan empirisme. Inilah epistemolog ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Awas, Melakukan Ini Bisa Mengakibatkan Kesuksesan. Beranikah Anda?

Bernas.id - Setiap hari kita berangkat bekerja, pergi pagi pulang sore dan bahkan pulang saat matahari telah terbenam. Itulah rutinitis setiap hari para pekerja baik laki-laki maupun perempuan. Dan bahkan seorang ibu pekerja harus berangkat ...

Inspirasi 1 Hari lalu

LDR Malah Bisa Mengobati Rindu ? Coba Saja Kalau Tak Percaya

Bernas.id - Jarak dan waktu selalu mampu menghadirkan rindu, entah kepada orang tua, saudara, pasangan kekasih, sahabat dan segala orang yang kita cintai dalam hidup ini. Tak jarang rindu yang hadir selalu mampu menyiksa batin. Mungkin ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Patut Dicoba! Potensi Mendulang Rupiah Dari Banjir Petanahan

Bernas.id – Hujan yang mengguyur selama 2 hari di Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, pada Senin-Selasa tanggal 16-17 Oktober 2017 menyisakan genangan air di Desa Karangduwur dan sekitarnya. Air yang menggenang meliputi ...

Film 2 Hari lalu

Begini Gagahnya Chris Hemsworth memimpin Pasukan Berkuda di Trailer ‘12 Strong’

Bernas.id – Warner Bros baru saja merilis trailer perdana dari film 12 Strong. Ini adalah sebuah film perang berlatar kisah runtuhnya gedung World Trade Center pada tahun 2001 yang lalu. Trailer ini memperlihatkan karakter yan ...

Nasional 2 Hari lalu

KPK Masih Jadi Idola, Ini Kecurigaan ICW Soal Mulusnya Densus Tipikor

JAKARTA, Bernas.id - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyarankan agar pembentukan tim Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) dikaji kembali. "Ini harus dikaji lebih dalam. Ini masuk lembaga sendiri atau mau memperk ...

Nasional 2 Hari lalu

Anggota Komisi III: JK Subjektif Tolak Densus Tipikor, Tapi Hak Beliau

JAKARTA, Bernas.id – Anggota Komisi III DPR RI M Nasir Djamil menilai penolakan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) terlalu subjektif. "Itu kan subjektif sekal ...

Nasional 2 Hari lalu

Bagaimana Mengawasi Densus Anti Tipikor?

JAKARTA, Bernas.id - Sistem pengawasan terhadap Detasemen Khusus Anti Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) oleh Polri masih menjadi tanda tanya. "Saya tidak tahu bagaimana mereka mengendalikan tim ini. Itu soal besar dan belum ter ...

Nasional 2 Hari lalu

Resmikan KEK Mandalika, Jokowi Beri Tugas Ini ke Pemda

LOMBOK, Bernas.id – Presiden Joko WIdodo melakukan meresmikan sebuah kawasan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia pun meminta Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak Internasional Tourism Development Corpo ...

Ekonomi Bisnis 2 Hari lalu

Cukup 3 Jam, Izin Investasi di KEK Mandalika Rampung

LOMBOK, Bernas.id – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi beroperasi pada Jumat (20/10/17). KEK Mandalika dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia T ...

Nasional 2 Hari lalu

Begini Kekhawatiran ICW Soal Densus Tipikor yang Dinilai Terburu-buru

JAKARTA, Bernas.id – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai Polri terburu-buru mengusulkan pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi Tipikor (Tipikor). Hal ini disampaikan oleh Wakil Koordinator ICW Agus Sunarya ...

Nasional 2 Hari lalu

Beraksi Lagi, Menteri Susi Bakal Tenggelamkan 90 Kapal Pencuri Ikan

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menggelamkan 90 kapal asing atau pencuri ikan di lautan Indonesia. Selama tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo – Wapres Jusuf Kalla, Susi sudah menengg ...

Kecantikan 2 Hari lalu

Nenek 73 Tahun ini Dinobatkan Jadi Ratu Kecantikan

Bernas.id – Pada umumnya, kontes kecantikan yang diselenggarakan menampilkan sosok wanita muda, cantik bertubuh langsing dan berkulit mulus. Namun, faktanya ada ajang semcam itu yang ditujukan untuk kaum lansia di Amerika Serikat ...

Menulis 2 Hari lalu

Menjadi Penulis Itu Mudah, Inilah Beberapa Syaratnya

Bernas.id - Banyak orang yang ingin menjadi seorang penulis, tetapi masih bingung ingin mengawalinya dari mana. Takut akan adanya writer block, takut ide kepenulisannya hilang, dan lain sebagainya. Jika kamu termasuk ke dalam salah seo ...

Menulis 2 Hari lalu

Ternyata Kesulitan Bisa Jadi Menghasilkan, Begini Caranya

Bernas.id - Tak ada orang yang sempurna. Semua pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tentunya dua hal tersebut berbeda-beda tiap individu. Ada yang mungkin punya kelebihan dalam bidang akademik, namun kurang di aktivitas. Atau sebalikn ...

Umum 2 Hari lalu

Berani Berumahtangga di Usia Muda, Why Not?

Bernas.id - Zaman dahulu, menikah di usia dini adalah hal yang biasa dilakukan. Orang tua mencarikan jodoh dan menikahkan putrinya yang bahkan masih duduk di bangku SD. Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba saja keluarga pria datang m ...

Inspirasi 2 Hari lalu

Wahai Penuntut Ilmu, Jangan Abaikan Ini Jika Engkau Ingin Selamat

Bernas.id – Anda adalah penuntut ilmu, namun tak menghargai dan mengabaikan ilmu selain di bidang anda? Jika begitu, jangan katakan Anda seorang penuntut ilmu. Seorang penuntut ilmu adalah orang yang selalu belajar dan mencari tahu ...

Lifestyle 2 Hari lalu

Hobi yang Satu Ini Tak Ada Gunanya, Yuk Hentikan!

Bernas.id - Hari-hari ini banyak sekali orang yang mudah marah. Baper, kata anak sekarang. Apalagi bila sudah menyangkut soal fanatisme. Apapun yang dilakukan orang yang tidak sepemahaman, semua tampak salah. Begitupun sebaliknya. Kesa ...

Inspirasi 2 Hari lalu

Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Jika Ingin Punya Anak Kembar. Mau Coba Nomor 5?

Bernas.id - Siapa sih yang tidak ingin punya bayi kembar? Dianugerahi satu bayi saja senangnya bukan main, apalagi jika sampai dua sekaligus, berwajah mirip dan bertingkah menggemaskan. Tetapi tidak semua orang berpotensi memiliki bayi ...

Female 2 Hari lalu

Waspada! Sindrom Ini Mengintai Para Mamah Muda

Bernas.id - Pernahkan Anda mendengar atau melihat seorang ibu depresi pasca melahirkan atau bahkan anda sendiri pernah mengalaminya? Jika iya maka itulah yang disebut dengan baby blues syndrome. Baby blues syndrome atau dikenal ju ...

Inspirasi 2 Hari lalu

Orang Hebat yang Terlahir dari Pesantren, Siapa Saja?

Bernas.id - Pesantren adalah asrama tempat santri atau tempat murid-murid belajar mengaji. Pesantren merupakan institusi pendidikan tertua di Indonesia. Dari pesantrenlah orang-orang hebat negeri ini dilahirkan. Telah banyak tokoh ...

Properti 2 Hari lalu

Hunian Seharga Mobil Keluarga Ada di 8 Perumahan Ini

JAKARTA, Bernas.id - Generasi milenial saat ini, banyak disuguhkan dengan tawaran hunian di berbagai perumahan di wilayah penyanggah Ibu Kota Jakarta. Namun, meskipun banyaknya tawaran menggiurkan dari pada pengembang, generasi ini juga men ...

Properti 2 Hari lalu

Wakil Walikota Depok Murka Temukan Perumahan Tak Punya Izin

JAKARTA, Bernas.id - Perumahan elite di wilayah Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat diketahui belum dilengkapi izin alias bodong. Mengetahui kejadian tersebut, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, murka alias marah besar.  “Be ...

Properti 2 Hari lalu

Industri Properti Hunian Jabodetabek Belum Signifikan di Kuartal III Tahun Ini

JAKARTA, Bernas.id - Program hunian sejuta rumah yang dijalankan pemerintahan presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) masih terus dikebut. Namun, dalam industri ini belum ada kenaikan yang berarti, malahan diprediksi nilai penjualannya ...

Properti 2 Hari lalu

Perekonomian Indonesia 2018 Diperkirakan Terbantu dari Sektor Industri Ini

JAKARTA, Bernas.id - Perekonomian Indonesia, pada tahun ini dianggap lesu. Belum lagi perekonomian di tahun mendatang yang dianggap semakin berat. Meski ada pertumbuhan ekonomi, namun diprediksi nilainya tidak terlalu tinggi dan dibawah eks ...

Properti 2 Hari lalu

Jokowi Targetkan Kejar Ketertinggalan Infrastruktur, 9700 Pekerja Konstruksi Disertifikasi

JAKARTA, Bernas.id - Pemerintah terus menggenjot program pengembangan infrastruktur di segala lini. Kendati masih dibilang masih tertinggal, tapi Pemerintah terus berusaha agar infrastruktur Indonesia lebih baik ke depannya. Terkait hal ...

Properti 2 Hari lalu

Kondisi Perekonomian, Pengaruhi Generasi Milenial Mempunyai Hunian

JAKARTA, Bernas.id - Program infrastruktur hunian, yang tengah di genjot Pemerintah terus dilakukan. Namun, kendalanya adalah perekonomian yang saat ini semakin sulit, mempengaruhi generasi milenial dapat memiliki sebuah hunian. Meskipun ...

Kuliner 2 Hari lalu

Menikah dengan Orang Padang? Makanan Ini Wajib Tersedia di Meja Makan

Bernas.id - Masih ingat dengan kuliner asli Aceh dan Sumatera Utara yang telah lalu dibagikan? Kali ini jalan-jalan kuliner nusantara akan berlanjut ke daerah selanjutnya. Daerah manakah itu? Ya, Padang! Tak usah berlama-lama, mari kit ...

Mutiara Iman 2 Hari lalu

Yakin Mau Nunggu Sampai Suci? Muslimah Wajib Baca !

Bernas.id - Setiap umat Islam sudah mengetahui dengan jelas apa yang dilarang dan diperintahkan di dalam agama, yang membedakan satu dengan lainnya adalah tingkat ketaatan dari masing-masing individu. Misalnya saja sudah jelas di dalam ...

Umum 2 Hari lalu

Pemikiran Ekonomi yang Sengaja Dihilangkan Dari Sejarah Ekonomi Dunia

Bernas.id - “Ekonomi Islam telah berkembang sejak masa Nabi Muhammad saw, meskipun di masa itu dan selama masa intelektual Islam klasik belum disusun sebagaimana keilmuan modern.” Adam Smith (1723-1790) dikenal sebagai p ...

Lifestyle 2 Hari lalu

Meski Sepele, Ternyata Aktivitas Ini Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Fisik dan Jiwa Kita!

Bernas.id – Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Baik sehat fisik maupun jiwanya. Sehat fisik bisa kita peroleh dengan gemar berolahraga, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan lain-lain. Sedangkan sehat jiwanya, ...

Pendidikan 2 Hari lalu

Program Ini DIharapkan Mampu Memperbaiki Karakter Generasi Penerus Indonesia. Apakah Itu?

Bernas.id - Maraknya penyalahgunaan narkoba, meningkatnya pergulan bebas di kalangan remaja, pencurian yang dilakukan anak remaja. Kekerasan pada pelajar, pornografi dan porno aksi, tawuran antar pelajar, serta masalah sosial lainnya y ...

Lifestyle 2 Hari lalu

Mau Diet Sekaligus Dapat Bonus? Begini Caranya

Bernas.id - Pernah tidak ketika kita makan sedikit tapi badan tetap menggendut? Apa lagi kalau makan banyak seketika jarum timbangan bergerak kearah kanan, dan tidak sedikit pula ada orang yang sudah makan sebanyak apapun tapi ber ...

Pendidikan 2 Hari lalu

Beginilah Kondisi Pendidikan di Indonesia, Kata Apa yang Cocok?

Bernas.id - Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah amanat dari Undang-Undang Dasar. Satu kosa kata yaitu 'mencerdaskan' sudah termasuk sebagai tugas berat apalagi ditambah dengan kehidupan bangsa. Cakupannya bukan lagi personal m ...