Berita Nasional Terpercaya

Pengen Usaha Bisa Melambung Tinggi? Stop Lakukan 3 Kesalahan Ini

0

HarianBernas.com ? Dalam dunia bisnis, pergerakannya memang sangat cepat. Hal inilah yang membuat pengusaha harus bisa membuat banyak keputusan serius yang juga harus cepat. Karena kurang bisa mengantisipasi hal itu, sebagian besar pengusaha gagal hanya dalam hitungan bulan di tahun pertamanya saja.

Dilansir dari Forbes, 90% startups sering kali mengalami kegagalan, bahkan di banyak kasus, seringkali mereka bertindak secara reaktif, bukan proaktif. Kalau sudah begitu, rasa menyesal pun datang belakangan.

Inilah 3 keputusan penting yang seringkali dilakukan terlambat oleh sang pengusaha dan pada akhirnya memengaruhi bisnis secara negatif, dikutip dari Lifehack:

Momen yang tepat untuk menggenjot bisnis

Salah satu masalah yang sering dilakukan oleh banyak pengusaha, yakni mereka tidak bisa memahami momen yang tepat untuk bisa menggenjot bisnisnya. Kala bisnis sedang berjalan dengan sangat baik, para pengusaha justru terlalu lama menanti agar bisa menarik pelatuk untuk meningkatkan skala bisnis yang mereka punyai ke level yang lebih tinggi.

Bukannya memperkerjakan lebih banyak karyawan aagar menunjang kerja yang jauh lebih besar, para pengusaha malah banyak melakukan sesuatu yang lain dan bisa dibilang malah menurunkan performa usahanya.

Memang betul untuk mengambil keputusan diperlukan kehati-hatian adalah hal yang benar, tetapi Anda pun harus memahami kapankah waktu yang tepat untuk menjadikan skala bisnisnya jauh lebih tinggi juga merupakan hal yang sangat penting.

Di dalam kasus yang lain, jika hal ini tidak diperhatikan lebih baik, bisa jadi Anda akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh lebih banyak uang. Tentu saja, hal yang perlu diwaspadai ialah kepuasaan pelanggan. Karena bila tidak mempunyai karyawan yang cukup untuk memberikan pelayanan maksimal, pelanggan akan merasa kecewa karena menunggu terlalu lama.

Bisa dibilang, keputusan meningkatkan skala bisnis menjadi faktor yang sangat penting karena jika gegabah meningkatkan usaha terlalu dini malah menjadi alasan paling umum penyebab kegagalan usaha. Untuk itu, sebelum mengerjakan keputusan itu, persiapkan diri sehingga ketika saatnya tiba Anda sudah siap.

Momen yang tepat untuk memperlambat bisnis

Bukan hanya ketika mengetahui kapan bisnis perlu digenjot, Anda pun harus memahami kapan usaha perlu ?slow down? atau memperlambat bisnis. Terlalu menggenjot usaha terus-menerus bukanlah hal yang baik. Jika hal itu dilakukan, bisa jadi Anda dan karyawan berada di level stress yang selalu tinggi. Tak ada salahnya untuk lebih memelankan laju usaha selama masih bisa diprediksi.

Di dalam dunia bisnis, perubahan dalam pengambilan keputusan untuk menggenjot performa atau memelankannya sangat bergantung dari pasar. Memang pasar sangat memengaruhi hal tersebut. Seorang pengusaha dapat saja membiarkan perubahan itu dan menjadikan usaha bangkrut atau selalu siap untuk mencoba beradaptasi dengan cara mengurangi intensitas bisnis supaya bisa mengikuti laju pasar.

Walaupun terasa menyakitkan, tetapi mengerjakan efisiensi menjadi langkah yang paling baik. Tentu akan lebih baik untuk mengurangi intensitas bisnis serta bertahan di dalam bisnis jauh lebih baik dibandingkan benar-benar kehilangan bisnis itu.

Wajib mempunyai jaminan asuransi

Seorang pengusaha yang baik harus menyadari apa yang menjadi kewajibannya. Salah satunya ialah asuransi. Anda tak pernah tahu kemungkinan apa yang dapat terjadi di hari-hari yang akan datang. Dengan mempunyai asuransi, tentu dapat memberikan jaminan tentang hal itu. Karena itulah miliki asuransi yang dapat dijadikan jaminan. Lebih baik mempunyai jaminan usaha dalam bentuk asuransi sebelum terlambat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.