Berita Nasional Terpercaya

Inilah Sejumput Sejarah Tradisi Idul Fitri di Indonesia

0

HarianBernas.com ? Lebaran adalah nama yang dikenal di tanah air untuk menandakan hari raya Idul FItri. Sedangkan lebaran itu sendiri berasal dari tradisi Hindu yang mempunyai makna usai, habis, atau selesai. Biasanya pada hari ini kita merayakannya dengan kebiasaan memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) dan bersilahturahmi dengan sanak saudara.

Jika dilihat dari sejarahnya sendiri, THR lahir di tahun 1951 karena persoalan ekonomi yang menyusahkan ditambah lagi situasi politik yang tidak jelas. Namun sekarang THR adalah hak yang harus didapatkan oleh para pekerja.

Selain itu ada pula tradisi mudik yang sebenarnya telah ada sejak zaman Majapahit. Walaupun sekarang itu menjadi tren untuk melakukan urbanisasi besar-besaran, para perantau dari Majapahit pun melakukan hal yang sama setelah sukses menaklukan daerah dan pulang ke Jawa untuk bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.

Untuk baju baru ketika lebaran, berdasarkan penuturan Nugroho Notosusanto dan Marwati Djonoed Poeponegoro yang dikutip dari buku Sejarah Nasional Indonesia, tradisi ini dikerjakan sudah sejak abad ke 16 yang ada di keluarga kerajaan Banteng.

Kala itu, keluarga kerajaan berharap memakai baju baru sebagai penanda suka cita di saat hari raya yang lantas ditanggapi oleh penduduk dengan makna baju baru adalah tanda kembali fitri setelah melakoni ibadah puasa.

Silahturahmi atau halal bihalal dalam hari raya pun diperkenalkan pertama kali oleh Mangkunegara. Namun untuk pemakaian kata halalbihalal sendiri baru diketahui di tahun 1948 oleh K.H Wahab Chasbullah yang berasal dari permintaan Presiden Soekarno untuk mencari penyebutan dari silahturahmi demi mendapatkan keharmonisan hubungan.

Itulah sejarah beberapa tradisi yang dilakukan ketika hari raya idul fitri atau lebaran. Pastinya tradisi ini harus terus dilakuan karena merupakan simbol betapa manusia Indonesia adalah masyarakat yang mudah memaafkan dan senang bertegur sapa dengan sanak saudara, teman dan orang sekitar. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.