Berita Nasional Terpercaya

Hentikan Hal yang Mengerikan Ini Kalau Gak Mau Baterai Smartphone Kamu Rusak Parah!

0

HarianBernas.com ? Android atau iPhone sering waktu pemakaiannya mengalami banyak masalah. Salah satunya ialah masalah baterai yang terlalu cepat habis. Tentu saja itu menjadi masalah yang dihadapi oleh sebagian besar penggunanya. Padahal kita sudah melakukan banyak hal untuk melakukan optimasi supaya baterai smartphone tetap awet.

Di samping rutin melakukan perawatan, setidaknya Anda dapat menunda untuk mengganti perangkat yang baru. Walaupun begitu, ternyata baterai pun tetap kehilangan kekuatannya. Bisa jadi ini adalah alasan umum mengapa baterai smartphone sangat cepat habis dan mudah rusak. Simak penjelasannya yah.

Inilah 5 sebab mengapa baterai smartphone mudah rusak

1. Kecerahan Layar Diatur Terlampau Tinggi

Sumber utama yang sering menyebabkan baterai smartphone sangat cepat habis adalah kecerahan layar yang ternyata diatur terlampau tinggi. Entah itu diatur dengan manual ataupun otomatis yang disesuaikan dengan kondisi ruangan dimana smartphone tersebut berada.

Bisa jadi hal itu menjadikan smartphone masih saja memberikan tingkat kecerahan yang sama ketika sedang berada di dalam rumah. Sebenarnya untuk dapat mengurangi konsumsi daya baterai karena adanya faktor kecerahan ialah dengan menyingkat waktu hidup layar sesudah kita berhenti untuk memakainya.

2. Smartphone Selalu Dipakai untuk Mencari Jaringan Wi-Fi

Pada saat smartphone selalu mencari sinyal Wi-Fi yang ada menjadi sebab mengapa baterai cepat kehabisan dayanya. Ketika kita tak dapat lagi memakai jaringan Wi-Fi atau di saat berada di daerah yang jauh dari area Wi-Fi maka akan lebih mematikan Wi-Fi supaya dapat mencegah smartphone bekerja lebih mencari sinyal yang sering tak dipakai.

3. Notifikasi Aktif Sepanjang Waktu

Coba mengevaluasi apa yang dikerjakan oleh smartphone kita di sepanjang hari. Jika smartphone itu dipaksakan menyala, bergetar atau memperlihatkan notifikasi, jika hal ini bisa dipastikan akan dapat menguras baterai dengan sangat cepat. Notifikasi yang aktif dinyalakan sepanjang hari akan sangat memperngaruhi baterai untuk lekas menghabiskan daya baterainya.

Setiap kali notifikasi bekerja bukan hanya memperlihatkan suara, sebagai contohnya lampu yang berkedap-kedip atau bergetar yang ternyata lebih cepat menghabiskan daya baterai bila dibandingkan memakai metode senyap.

Maka akan lebih baik untuk mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang dipakai. Cobalah untuk mengurangi jumlah notifikasi yang terdapat dalam aplikasi berita atau game yang biasanya akan tampak dari jumlahnya yang terlihat sangat banyak.

4. Aplikasi yang Terus Bekerja Walau di Latar Belakang

Tak ada salahnya untuk memeriksa aplikasi mana yang memakai daya baterai yang terbanyak. Untuk mengetahuinya adalah dengan masuk ke menu pengaturan serta pilihlah fitur aplikasi baterai yang ada di Android atau iOS.

Anda harus terus memerhatikan manakah aplikasi yang paling sering menghabiskan daya baterai, bisa jadi karena adanya kemungkinan aplikasi yang berjalan terus menerus di latar belakang sepanjang hari. Karena dapat saja berbagai aplikasi seperti Facebook, Email atau apapun justru menghabiskan baterai. Kita dapat menon-aktifkan aktifitas latar belakang aplikasi itu serta berharap masalah baterai tidak cepah habis.

5. Keseringan Memakai Aplikasi yang Justru Menguras Baterai

Jika kita memakai aplikasi Google Maps atau memperbolehkan izin aplikasi tersebut memakai fitur lokasi yang tanpa disadari menghabiskan banyak waktu. Apakah Anda menyadari jika menggunakan aplikasi tersebut akan menghabiskan daya baterai 2x lebih cepat habis.

Tentu saja hal itu bukanlah masalah yang besar memakai aplikasi yang membutuhkan GPS pada saat kita memerlukannya, tetapi pastikan kita tak terlalu banyak memakainya. Jika sedang tidak dibutuhkan, ada baiknya untuk menonaktifkannya selagi tak dibutuhkannya.

Hal itu pun berlaku sama dengan ditur streaming musik, tethering atau video di sepanjang waktu. Ada baiknya untuk menghindari permainan grafis yang memakai grafis yang terlampau berat atau memakai kamera yang terlalu lama karena hal tersebut akan membuat daya baterai akan lebih banyak terkuras.

Leave A Reply

Your email address will not be published.