Tak Sempat Memasak Setiap Hari, Coba Simpan Lauk Kering Sebagai Makanan Pendamping Nasi


02 Juli 2017

Kering Kentang (sumber foto: resepkuekering[dot]com)

HarianBernas.com – Bukan hanya enak, lauk kering juga dapat bertahan lama sehingga dapat menjadi solusi untuk Anda yang jarang memasak. Lauk kering memang dapat menjadi salah satu pilihan menu praktis. Memasak lauk kering akan meringankan tugas Anda ketika dalam keseharian tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak. Terdapat banyak sekali bahan makanan yang bisa digunakan untuk diolah menjadi lauk kering sebut saja tentang tempe, singkong, ubi jalar, mie, bihun, kelapa parut, dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun pembuatan laut kering ini tampak mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya lauk kering yang dibuat bisa menghasilkan masakan kering yang memuaskan. Ketahui juga bagaimana caranya supaya kering yang dibuat nantinya tak cepat basi dan bisa bertahan lama ketika disimpan. Berikut ini, beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membuat lauk kering:

  • Pemilihan bahan yang tepat

Pemilihan bahan yang berkualitas menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan sebelum mengolahnya menjadi lauk kering. Pemilihan bahan yang benar bisa mempengaruhi rasa serta daya tahan ketika disimpan nantinya.

Pastikan untuk memilih bahan baku yang segar, terbaik, dan baru supaya rasanya menjadi lebih enak dan tahan lama. Bumbu yang dipakai pun sebaliknya juga masih dalam keadaan segar seperti pemakaian bawang, jahe, cabai, daun salam, dan lainnya. Beberapa jenis sayuran pun dapat Anda campurkan ke dalam lauk kering yang dibuat, tetapi daya tahan simpannya tak selama lauk kering lainnya jika tidak dicampur dengan sayur.

  • Kering dan renyah

Agar hasil laut kering yang dibuat tetap dalam keadaan kering dan renyah, Anda dapat merendam bahan utama ke dalam larutan air kapur sirih terlebih lauk kering yang terbuat dari ubi, kentang, talas, dan umbi-umbian lainnya.

Larutan air kapur sirih akan bereaksi dengan pati yang terkandung dalam umbi-umbian itu sehingga teksturnya menjadi lebih padat ketika digoreng. Di samping itu, bahan lain yang bisa membantu untuk membuat lauk kering terasa renyah ialah gula. Proses karamelisasi yang terjadi saat gula dipanaskan akan membuat lauk menjadi agak keras dan renyah.

  • Pemakaian minyak

Perhatikanlah minyak goreng yang akan dipakai. Hampir semua proses pembuatan laut kering melewati tahap penggorengan. Minyak goreng yang dipakai juga ikut mempengaruhi rasa, penampilan, serta daya tahan hasil lauk pauk kering yang sudah diolah nantinya.

Pastikan untuk selalu memakai minyak goreng yang masih baru dan berkualitas. Yang dimaksud berkualitas adalah minyak goreng itu masih baru dan bukan minyak goreng yang sudah disuling bersih. Pemakaian minyak goreng jenis tersebut juga bisa membuat rasa lauk kering yang dihasilkan menjadi kurang lezat, tampilan hasil gorengan yang jelek, dan bila disimpan akan sangat mudah menjadi tengik dan bau.

  • Menggoreng

Kunci dari kesuksesan untuk membuat lauk kering ialah pada bahan utama yang digoreng hingga matang dan kering secara merata. Jika hasil gorengan tidak kering merata, selain rasanya yang kurang nikmat,  juga akan dapat berpengaruh pada daya tahan lauk kering itu sendiri.

 Hasil gorengan yang masih basah ataupun tidak kering merata akan dapat membuat lauk kering cepat berjamur dan tengik ketika disimpan. Karena itu wajib untuk memastikan jika Anda mengirisnya secara tipis dengan ketebalan yang sama dan menggorengnya dengan memakai api kecil sambil sesekali di balik supaya matang merata dan kering.

  • Pencampuran bumbu

Proses pembuatan lauk kering dilanjutkan dengan mencampurkan bahan utama dan bumbu. Panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu, lalu masukkan gula dan sedikit air untuk bisa melelehkan gula. Masak sampai mendidih dan gula mengental, kemudian masukkan bahan utama serta bahan lainnya. Masak dan aduk sampai tercampur dengan rata lalu dilanjutkan sampai mengering.

  • Penyimpanan

Penyimpanan yang tepat akan dapat membuat laut kering yang dibuat menjadi tahan lama dan tetap terjaga kualitasnya. Caranya, setelah laut kering matang, biarkan lauk kering tersebut sampai benar-benar dingin. Kemudian, simpan lauk kering ke dalam wadah atau toples yang tidak basah dan pastikan menutupnya dengan rapat wadah penyimpanan tersebut.

Selain menyimpan di tempat kering dan sejuk, Anda juga dapat menyimpannya di dalam freezer dan pastikan untuk membungkusnya dalam sekali penyajian. Di saat menghilangkan rasa dinginnya, Anda dapat memanaskannya dalam microwave atau memakai wajan antilengket dengan menggunakan api yang kecil.

  • Alat untuk mengambil laut kering

Bukan hanya tempat menyimpan lauk kering, perhatikan pula alat yang dipakai untuk menyendok lauk kering tersebut. Pakailah sendok atau alat pengambilan yang bersih dan kering. Kondisi sendok atau alat pengambil makanan yang masih basah ataupun tidak bersih bisa mengurangi kualitas lauk kering.

Sendok yang basah bisa membuat air masuk ke dalam lauk kering. Sedangkan, pemakaian sendok yang kurang bersih atau memakai tangan dapat membuat bakteri berpindah ke laut kering sehingga bisa mengurangi kualitas dan mengurangi daya tahannya.

Resep Kering Kentang Pedas Manis

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah (sesuai selera)
  • 50 gram gula pasir
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh bubuk kaldu ayam
  • 1 sendok teh air asam jawa yang diencerkan
  • Garam dan minyak secukupnya

Cara membuat kering kentang pedas manis

  1. Goreng kentang hingga kering
  2. Semua bumbu yang telah dihaluskan lantas menumisnya sampai harum, setelah itu tuangkan air asam jawa, kaldu ayam serta garam. Aduklah dengan cepat. Usahakan memakai api sedang.
  3. Kecilkanlah apinya, kemudian masukkan kering kentang ke dalamnya, lalu tambahkan gula pasir. Aduk dengan cepat sampai rata.
  4. Angkat dan kemudian sajikan dengan masakan lainnya.

Tips membuat kering kentang dapat renyah dan tahan lama!

  • Jangan pernah di serut karena akan membuat hasil akhirnya menjadi menggumpal.
  • Sebaiknya dipotong dengan mengiris tipis kecil layaknya korek api
  • Campurkan sebanyak 1 sendok teh air kapur sirih dengan memakai air matang secukupnya, pastikanlah air matangnya dapat membuat semua kentang terendam. Setelah itu rendam kentang  di dalamnya selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, kentang diangkat dan cuci sekali saja dan tiriskan.
  • Pakailah gula pasir yang benar-benar halus supaya dapat cepat menyatu dengan kering kentang. Jika tak mempunyai gula halus, Anda dapat memblender gula pasir hingga menjadi gula halus.
  • Tuangkanlah minyak yang banyak ke dalam wajan supaya kentang dapat cepat kering karena dapat terendam seluruhnya ke dalam minyak. Tetapi jangan sampai memasukkan terlalu banyak kentang di dalam penggorengan karena ditakutkan akan dapat membuat kentang tak kering secara merata.

Itulah informasi tentang cara membuat lauk kering beserta resep kering kentang yang bisa dicona di rumah. Selamat mencoba!


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Politik

HUT RI ke-74, Jokowi: NKRI Jangan Dikorbankan Karena Beda Pilihan Politik

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo berpesan agar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dijaga dan jangan sampai dikorbankan. Ia tidak ingin adanya konflik karena perbedaan pilihan politik. “Keutuhan Negara Kesat ...

DIY

PKL Gelar Upacara HUT RI di Malioboro

YOGYA, BERNAS.ID - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Kaki Lima di Kawasan Malioboro mengadakan upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 di depan gerbang Kantor Gubernu ...

Pariwisata

Warga Sleman Senang Alat Pertahanan Utama TNI Digeser ke JCM

SLEMAN, BERNAS.ID- Ada yang berbeda di halaman Jogja City Mall (JCM), siang ini, Sabtu tangal 17 Agustus 2019. Deretan alat utama sistem pertahanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tampak dipajang di jalan masuk utama mall dalam rangka memp ...

DIY

Unik, Seluruh Petugas dan Peserta Upacara Bernama Agus

JOGJA, BERNAS.ID- Upacara 17 Agustus 2019 di halaman Museum TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta kali ini sungguh unik. Istimewanya, para peserta dan petugasnya bernama Agus semua. Agus Raka, Ketua Komunitas Agus Bumi Indonesia mengatakan b ...

Politik

Bocoran dari Seorang Sahabat, Kaltim Jadi Ibu Kota RI yang Baru

JAKARTA, BERNAS.ID - Seorang sahabat yang berprofesi sebagai konsultan lingkungan hidup mendadak diperintahkan untuk ‘terbang’ ke Kalimantan Timur. Awalnya dia tidak tahu untuk kepentingan apa diperintahkan datang ke salah satu ...

Hukum dan Kriminal

Gara-gara Kasus Suap Impor Bawang Putih, Pejabat Kementan Dicopot

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) mencopot sejumlah pejabat di Ditjen Holtikultra yang diduga terkait kasus suap impor bawang putih. Pencopotan para pejabat itu bagian dari langkah mitigasi risiko. Kementan membantah ...

Ekonomi

Bekraf Siapkan Pelaku Startup Pemula agar Berdaya Saing dan Inovatif

SLEMAN, BERNAS.ID- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) 2019 di Convention Hall Fisipol, UGM, 16-17 Agustus 2019. Kegiatan ini diikuti sekitar 110 peserta dari penjaringan. Program BEKUP 2019 mer ...

Ekonomi

Wakil Walikota Minta Warga Jogja Manfaatkan Bulan Bebas Denda Tunggakan PBB

YOGYA, BERNAS.ID- Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta wajib pajak yang masih memiliki tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk memanfaatkan program Bulan Bebas Denda yang hanya berlaku selama Agustus 2019. &l ...

Lifestyle

Ribuan Motor Antik Siap Kumpul di Djogjantique Day 2019

YOGYA, BERNAS.ID- Komunitas Motor Antique Club Indonesia (MACI) Yogyakarta kembali menghadirkan event nasional bertajuk Djogjantique Day 2019. Ajang ini  akan berlangsung di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada 23-25 Agustus mendatang ...

Kesehatan

Fasilitas Olah Terbatas, Limbah Medis yang Menumpuk Ancam Kesehatan Masyarakat

SLEMAN, BERNAS.ID- Kuliah perdana Prodi Magister Ilmu Kemasyarakatan (IKM), FK-KMK UGM mengajak mahasiswa untuk membahas kebijakan pengolahan limbah medis dari rumah sakit dan fasilitas kesehatan masyarakat seperti puskesmas dan klinik. Par ...

Politik

Pancasila Sudah Tegas dan Final, Jangan Keseringan Dibahas Lagi

SLEMAN, BERNAS.ID - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta Pancasila tidak dijadikan tujuan, melainkan sebuah dasar yang perlu dipahami dan dihayati. Menurutnya, Pancasila sudah sangat tegas, tapi masih saja ada menafsirkannya berbeda s ...

DIY

Naik KA Prameks dan Batara Kresna Gratis saat HUT RI

YOGYA, BERNAS.ID - PT KAI siap menggratiskan tiket untuk sejumlah kereta lokal dan perintis selama satu hari bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Di Daerah Operasi 6 Yogyakarta ada dua kereta yang digratiskan, yakni ...

Politik

Pesan dari Buya Syafii untuk Jokowi: Cari Menteri yang Petarung

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertamu ke kediaman tokoh nasional, Syafii Maarif di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (15/8/2019) pagi. Dalam kesempatan itu, Buya Syafii menitipkan pesan ke JK untuk disampai ...

Pendidikan

JK Ingin Pembahasan Pancasila Tidak Dipersulit Agar Mudah Dipahami

SLEMAN, BERNAS.ID- UGM melalui Pusat Studi Pancasila kembali mengadakan Kongres Pancasila XI bertajuk "Aktualisasi Pancasila dalam Merajut Kembali Persatuan Bangsa" di Balai Senat, Kamis 15 Agustus 2019. Dalam Kongres Pancasila ...

Pendidikan

Menkominfo Gelorakan Perlawanan Terhadap Hoaks

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menggelorakan perlawanan terhadap hoaks (berita palsu) kepada masyarakat Indonesia karena berbahaya. Ia mencontohkan, Polsek di Madura yang dibakar massa gara-gara ...

DIY

BMKG Yogyakarta Sosialisasi Agroklimat untuk Ketahanan Pangan

JOGJA, BERNAS.ID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengadakan sosialisasi Agroklimat kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kabupaten Kulonprogo dengan total pe ...

Olahraga

Hidupkan Kembali Olahraga Tradisional, Kodim 0912/Kutai Barat Gelar Lomba Panahan Sumpit

KUTAI BARAT, BERNAS.ID - Kian memudarnya olahraga panahan sumpit di masyarakat menjadi perhatian tersendiri bagi Kodim 0912/ Kutai Barat. Guna melestarikan kembali budaya asli Kalimantan ini dan dalam rangka memperingati HUT RI ke 74, Kodim ...

Hukum dan Kriminal

Kemampuan Jenderal Polisi Bintang 2 Ini Dibutuhkan Pimpin KPK

JAKARTA,BERNAS.ID - Wakil Kepala Badan Reaerse dan kriminal Mabes Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Antam Novambar menjadi salah satu perwira aktif Polri yang sejauh ini lolos tahapan seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pember ...

Pendidikan

Di UPN, Menhan Ingin Ada Kurikulum Pancasila

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu menegaskan bahwa sudah menjadi tugas kita bersama untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa, terutama kalangan mahasiswa. Untuk itu, ia member ...

Budaya

Film "Bumi Manusia" Banyak Dikritik, Hanung Bramantyo Cuek Bebek

SLEMAN, BERNAS.ID - Hanung Bramantyo, sutradara film "Bumi Manusia" mengakui, sejak pemutaran perdana film "Bumi Manusia" di Surabaya, Jumat (9/8/2019) lalu, banyak kritik ditujukan kepadanya. Namun ia merasa cuek, karen ...

Politik

Demokrat Merapat Ke Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ?

JAKARTA,BERNAS.ID - Partai Demokrat membuka diri masuk dalam Kabinet Kerja jilid II yang akan segera dibentuk Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan, setelah dilakukan pembicara ...

Politik

Waketum Gerindra Sebut Penumpang Gelap Isapan Jempol

JAKARTA,BERNAS.ID - Kabar adanya penumpang gelap di kubu Prabowo kembali dibantah. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono menyatakan, tidak ada penumpang gelap yang selama ini berkembang. "Nggak ada, wong merek ...

DIY

Legislator PKB: Petani di Sleman Barat Sering Tidak Panen, Menderita

SLEMAN, BERNAS.ID- Wawan Prasetya, legislator dari PKB yang dilantik hari ini, Senin (12/8) di Pendopo Parasamya, Kabupaten Sleman mengatakan petani di Sleman sering tidak bisa panen, khususnya di daerah Sleman barat karena serangan hama ti ...

Politik

Pembentukan Fraksi Jadi Agenda Awal DPRD Kota Jogja Usai Dilantik

YOGYA, BERNAS.ID - Sebanyak 40 Caleg Terpilih DPRD Kota Yogyakarta dilantik dalam rapat paripurna pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Yogyakarta masa jabatan tahun 2019-2024, Senin (12/8/2019). Para anggota dewan yang baru menjadikan ...

Hukum dan Kriminal

Ibu Beranak 1 Raup Rp22 Juta dengan Modal Screenshot Transfer Palsu

SLEMAN, BERNAS.ID- Ibu beranak satu berinisial KH (23), warga Tegal Jawa Tengah harus berurusan dengan berwajib karena melakukan penipuan secara online melalui aplikasi Line terkait pembelian barang alat-alat rumah tangga, kosmetik, atau sp ...

Hukum dan Kriminal

Ngaku-ngaku Pemilik Galeri Batik Ternama, Warga Kalasan Tipu Korbannya Ratusan Juta

SLEMAN, BERNAS.ID- Seorang pria berinisial DH (41), warga Kalasan, Sleman, harus berurusan dengan hukum setelah melakukan penipuan melalui aplikasi chatting WhatsApp dengan mengaku sebagai pemilik usaha batik Hamzah Batik dengan total kerug ...

Pendidikan

Mahasiswa KKN UGM Hilang di Sungai Rungan Kalteng

JOGJA, BERNAS.ID- Humas Protokol Universitas Gadjah Mada (UGM) mengabarkan adanya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada (UGM) yang hanyut di Teluk Pulau Kaja atau Pelabuhan Sei Gohong, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Mi ...

Budaya

Joko Anwar Angkat Superhero Lokal Gundala ke Kancah Internasional

SLEMAN, BERNAS.ID - Film terbaru karya sutradara Joko Anwar,Gundala siap tayang pada 29 Agustus 2019 mendatang. Meskipun baru akan ditayangkan pada akhir bulan ini, film yang diangkat dari cerita karakter pahlawan super Indonesia gubahan ...

DIY

KAI ESPORT EXHIBITION Goes to Jogja 2019 Dibuka di JEC

BANTUL, BERNAS.ID - Gelaran KAI ESPORT EXHIBITION Goes to Jogja resmi dibuka pada Sabtu (10/8/2019) di Jogja Expo Center (JEC). Gelaran yang menjadi gelaran esport pertama yang diselenggarakan PT KAI ini merupakan perwujudan nyata o ...

Ekonomi

Ignite The Nation, Mesin Lokomotif Penciptaan Kreator Lokal dengan Karya Inovatif

SLEMAN, BERNAS.ID- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Ignite The Nation, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di GRHA Saba Pramana, Sabtu 10 Agustus 2019. Ignite ...

Lifestyle

Game Online Bisa Memberikan Hidup yang Lebih Menjanjikan bagi Milenial

SLEMAN, BERNAS.ID- Dulu bermain game identik dengan hal negatif bagi anak-anak karena membuat malas belajar. Kini, hal itu sudah berbalik 180 derajad karena semakin diapresiasinya para pemain setelah menorehkan prestasi di turnamen e-sport ...

Politik

Waspada Poros Baru, Rusak Poros Teuku Umar-Kertanegara

JAKARTA,BERNAS.ID - Berkembang wacana terbentuknya poros Kartanegara (kediaman Prabowo Subianto) dan Teuku Umar (kediaman Megawati), pasca pertemuan Prabowo dan Megawati. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono menyatakan,&n ...

Politik

Ada Nama Risma, Ini Daftar Pengurus DPP PDIP 2019-2024

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan dan melantik pengurus DPP PDIP Periode 2019-2024. Struktur pengurus tetap berjumlah 27 posisi. Pelantikan dilakukan di Grand Inna Bali Beach ...

Budaya

Ustadz Yusuf Mansur, Khatib Pada Sholat Idul Adha Di Masjid Istiqlal

JAKARTA,BERNAS.ID - Pemerintah resmi menetapkan perayaan Idul Adha jatuh pada Minggu (11/8/2019). Pada sholat Idul Adha yang digelar di Masjid Istiqlal, Ustadz Yusuf Mansur dijadwalkan menjadi khatib pada salat Idul Adha 1440 H ...

Politik

Survey Cyrus Network: 58% Responden Survei Setuju Ormas Anti Pancasila Dibubarkan

JAKARTA, BERNAS.ID - Cyrus Network merilis hasil survei nasional mengenai pendapat publik terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dari hasil survei menyatakan 47% publik menilai Pancasila sebagai alat perekat dan pemersat ...

Pendidikan

KSAD Saksikan 10 Formasi Simbol Persatuan Indonesia di UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Ribuan mahasiswa baru (maba), Universitas Gadjah Mada (UGM), membentuk formasi simbol persatuan setiap sila Pancasila dengan ukuran besar di Lapangan Pancasila, Grha Sabha Pramana. Sebanyak 8.408 maba UGM berkreasi membua ...

Politik

Prabowo Ikut Rapat dengan Parpol Pendukung Jokowi?

BALI, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengikuti pertemuan antara Jokowi dengan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Apa yang dibicarakan? Hal itu terungkap dari akun Facebook Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono ta ...

Daerah

Gara-gara Beda Pilihan Politik, Makam Dipindahkan

PALEMBANG, BERNAS.ID - Sebuah makam di Serigeni Lama, Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, dipindahkan keluarga karena alasan beda pilihan calon Kepala Desa (Kades). Camat Kayuagung Dedy Kurniawan mengatakan m ...

DIY

Mesjid Nur Maunah Gunungkidul Dapat Bantuan Sapi Berbobot 1 Ton dari Jokowi

JOGJA, BERNAS.ID- Mesjid Nur Maunah, Gunungkidul, Yogyakarta, mendapat kesempatan yang istimewa di hari Idul Adha nanti karena menerima bantuan sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa seekor sapi gemuk berwarna hitam jenis Simmetal s ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tetapkan Anak Buah Mega Sebagai Tersangka Suap Impor Bawang

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan I Nyoman Dhamantra sebagai tersangka kasus dugaan suap impor bawang putih. Selain Nyoman Dhamantra, KPK juga menetap ...

Politik

Sah, Megawati Jadi Ketua Umum PDIP Lagi

DENPASAR, BERNAS.ID - Megawati Soekarnoputri secara resmi dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024. Prosesi pengukuhan Megawati dilakukan tertutup dalam acara Kongres V PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bal ...

Hukum dan Kriminal

Suap Proyek Meikarta, Eks Presdir Lippo Cikarang Jadi Tersangka

JAKARTA, BERNAS.ID - Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto, ditetapkan sebagai tersangka kasus suap perizinan proyek Meikarta. Bartholomeus ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa KPK, namun tidak ditahan. Bar ...

Kesehatan

Perlu Deteksi Dini, Angka Autisme Meningkat Secara Global

SLEMAN, BERNAS.ID- Di Indonesia diperkirakan ada sekitar 4 juta orang menderita austisme. Autisme merupakan gangguan perkembangan otak yang ditandai dengan adanya gangguan dan kesulitan kepada penderita untuk berinteraksi sosial, kesulitan ...

Ekonomi

Wakil Walikota Yogyakarta : Gandeng Gendong bukan Program Belas Kasihan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema Peran Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan Lembaga Agama Islam dalam ...

DIY

Rangkaian Kemanunggalan TNI dan Rakyat di Sorosutan Diakhiri

YOGYA, BERNAS.ID - Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Jogja mengadakan upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Lapangan Sidokabul, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kamis (8/8/2019). Upacara d ...

Politik

Prabowo Hadiri Kongres V PDI P, Fadli Anggap Biasa Saja

JAKARTA,BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menghadiri Kongres V PDI Perjuangan di Bali.  Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, diundang dalam sebuah perhelatan internal partai itu hal bia ...

Hukum dan Kriminal

Titik Terang Viral Video Penjambretan Emak-emak

SLEMAN, BERNAS.ID- Sejak hari Selasa (6/8) lalu, masyarakat Yogyakarta dibuat penasaran terkait tempat, waktu, dan identitas emak-emak yang menjadi korban penjambretan dalam sebuah rekaman CCTV yang viral di akun Instagram Ndorobeii. Namun, ...

Hukum dan Kriminal

Pura-pura Akan Sedekah Anak Yatim, Kuras Isi ATM Korban

SLEMAN, BERNAS.ID- AB (56), warga Rungkut Kidul Surabaya dan AW (50), warga Sawahan Surabaya harus berurusan dengan hukum karena melakukan pencurian dengan pemberatan, menukar kartu ATM, lalu menguras isi saldo rekening korbannya. Kedua pel ...

Pendidikan

Menteri PPN/Bappenas Resmikan Peluncuran Sekolah Terintegrasi Berpola Asrama dan Demontrasi Telemedicine

JAYAPURA, BERNAS.ID – Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi fokus utama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Seluruh penjuru Indonesia, termasuk Papua, menjadikan kesejahteraan manusia sebagai fok ...

Politik

Sepertinya Megawati Bersedia Jadi Ketua Umum PDIP Lagi

DENPASAR, BERNAS.ID - Megawati Soekarnoputri mengisyaratkan dirinya bersedia memimpin kembali PDI Perjuangan selama lima tahun ke depan. Sikapnya ini sesuai dengan aspirasi dari seluruh DPD dan DPC PDIP. "Apakah Ibu Megawa ...