Berita Nasional Terpercaya

Mengenang Victor Hugo, Sang Penyair Besar Pecinta Keadilan

0

HarianBernas.com ? Victor Hugo adalah seorang penyair dari Besancon, Perancis. Ia lahir pada tanggal 26 Februari 1802 yang terpilih menjadi Google Doodle pada hari ini (30/06/2017). Hugo merupakan seorang penyair besar yang sudah menghasilkan karya yang memukau seperti La Légende des siècles dan Les Contemplations.

Hugo pun memperoleh dukungan yang besar dari keluarganya ketika memilih jalan hidupnya untuk menjadi penyair. Secara kontinyu, banyak karya dari pria ini mengangkat isu tentang keadilan sosial, menentang hukuman mati pada masa kepemimpinan Napoleon Bonaparte dan menyuarakan suara orang yang tertindas.

Salah satu karya yang dikenal dan disukai banyak orang hingga saat ini adalah Novel Les Miserables yang menceritakan tentang kondisi politik sampai nasib orang yang dikecam serta dipinggirkan. Novel yang fenomenal itu dirilis pada tahun 30 Juni 1862 yang menjadi alasan mengapa wajah Victor Hugo menjadi Google Doodle pada hari ini.

Hugo pun dikenal juga sebagai public figure yang mempunyai pengaruh yang kuat di dunia politik. Suaranya yang lantang untuk memperjuangkan keadilan dan juga mengkritik keras Rati Victoria telah membuatnya diasingkan ke Saint Peter Port, Gueernsy di bulan Oktober 1855 sampai 1870.

Meski terasing, Victor Hugo tak putus asa untuk menghasilkan banyak karya. Ia bahkan dapat menambah beberapa buku seperti L?Homme Qui Rit dan Les Travailleurs de la Mer. Tidak ketinggalan 3 koleksi puisinya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.