Berita Nasional Terpercaya

3 Kiat Sembuhkan Stagnasi di Bisnis

0

HarianBernas.com ? Apakah kondisi perusahaan sedang mengalami masalah stagnasi yang bisa menjadikan bisnis tak lantas berkembang. Jika hal itu terjadi, hal itu berakibat tidak adanya inovasi serta kreativitas yang tak lagi berkembang yang membuat keadaan perusahaan menjadi stagnan.

Sebenarnya masalah stagnasi di dalam bisnis merupakan salah satu masalah yang paling sering dirasakan pengusaha. Kondisi seperti ini pun harus segera diperbaiki, sehinga kelamaan akan dapat dapat mengganggu bisnis juga. Bisnis pun akan lantas tertinggal jauh, kompetitor pun semakin melesat dan konsumen pun beralih kepada kompetitor. Jika sudah begini kita akan tertinggal jauh.

Supaya hal itu terjadi, lakukanlah 3 kiat ini yang dilansir dari detikfinance:

1. Evaluasi
Melakukan evaluasi atau mereview segala kegiatan usaha di dalam satu bulan paling akhir. Apakah di dalam periode itu bisa karena adanya kesalahan kebijakan yang diambil, lalu apakah terdapat dibagian di dalam bisnis yang tak sehat, dan apakah seluruh proses yang dijalankan telah sesuai dengan standar operasional yang ada.

2. Mengidentifikasikan masalah

Jika sudah melihat hasil evaluasi dikerjakan, Anda dapat memperoleh pokok permasalahan yang terjadi di bisnis Anda. Langsung identifikasikan critical point yang dapat menjadi penyebab stagnan. Apakah itu berasal dari faktor internal atau eksternal. Dengan melakukan identifikasi masalah maka Anda pun dapat menentukan langkah yang dapat diambil supaya bisa mengatasinya.

3. Review strategi pemasaran
Cobalah lihat kembali strategi pemasaran Anda, apakah masih pas untuk disesuaikan dengan kondisi saat ini atau masih harus diubah. Dengan adanya perkembangan bisnis, terlebih lagi pemasaran produk yang diperngaruhi dengan adanya ketepatan strategi pemasaran yang dibuat. Bila diperlukan, Anda dapat membuat sebuah survey untuk dapat mengetahui perubahan perilaku dari konsumen sehingga dapat menciptakan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.