Berita Nasional Terpercaya

Mulai 1 Oktober, Pendakian Gunung Semeru Wajib Mendaftar Via Online

0

HarianBernas.com ? Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur menjadi salah lokasi pendakian favorit para pendaki gunung. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini pun sempat menjadi lokasi syuting film ?5 Cm?.

Gunung Semeru termasuk dalam wilayah kerja Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini ramai dikunjungi pendaki domestik maupun wisatawan mancanegara. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mewajibkan seluruh calon pendaki Gunung Semeru untuk mengajukan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) secara online mulai 1 Oktober 2017 nanti.

“(Aturan itu) Untuk lebih memudahkan mengontrol kuota dan mengecek para pendaki (Gunung Semeru),” ujar Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Nova Elina, Senin (10/7/17) malam.

Ia menjelaskan per tanggal 1 Oktober, pihaknya juga akan menghapus pendaftaran pendakian secara langsung di pintu pendakian Gunung Semeru. Namun, prosedur baru pengajuan Simaksi tersebut masih dalam proses pembahasan lebih lanjut.

“Prosedurnya hampir sama. Hanya SOP (Standar Operasi Prosedur) akan kami sederhanakan. (Aturan baru ini) Masih dalam proses pembahasan untuk detailnya. Nanti kalau SOP-nya sudah di-updateakan saya infokan ya,” terangnya.

Simaksi adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki calon pendaki untuk bisa mendaki gunung di kawasan konservasi seperti di area taman nasional. Sebelumnya, para calon pendaki Gunung Semeru bisa melakukan pengajuan Simaksi secara langsung sebelum memulai pendakian. Namun, per 1 Oktober harus secara online. Pendakian Gunung Semeru bisa dilakukan melalui jalur Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.