Ormas Radikal di Ujung Tanduk

Editorial Harian Bernas - Thia Destiani
13 Juli 2017

Ilustrasi. (Sumber foto: Tim Grafis Bernas)

YOGYAKARTA, HarianBernas.com– Pemerintah akhirnya mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas yang menggantikan UU Nomor 17 tahun 2013. Melalui Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini pemerintah dapat mencabut izin atau membubarkan ormas yang tidak sejalan dengan prinsip dasar negara Pancasila dan NKRI. Apakah itu berarti nasib ormas radikal di Indonesia sedang berada di ujung tanduk?

Pada sisi lain, diterbitkannya Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini sekaligus mengingatkan fenomena yang terjadi pada awal reformasi. Saat itu, aparat sengaja membentuk ormas untuk menghadang para aktivis reformasi.

Dalam perkembangannya, kiprah ormas itu kian membesar dan menjadi-jadi. Ibarat memelihara anak macan, pemerintah akhirnya kewalahan menghadapinya. Lalu, ormas mana sebenarnya yang dibidik oleh Perppu nomor 2 tahun 2017 ini?

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengisyaratkan bahwa Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini mengatur kewenangan Kementerian Hukum dan HAM secara langsung mencabut izin ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

"Dalam Perppu ada azas contrario actus, maka lembaga yang memberikan izin dan mengesahkan ormas (Kemenkumham), diberikan kewenangan mencabut izin itu manakala ormas tertentu sudah melanggar ketentuan izin," ujar Wiranto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/7).

Wiranto menekankan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 ini dikeluarkan lantaran UU Ormas tidak lagi memadai dalam mencegah munculnya ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. "Lembaga yang memberi izin ormas harusnya yang punya wewenang mencabut dan membatalkan izin itu, dan hal ini yang tidak masuk dalam Undang-Undang 17 itu. Kemudian dalam undang-undang lama, ajaran bertentangan dengan Pancasila terbatas pada Atheisme, Marxisme Leninisme, padahal ada ajaran lain yang diarahkan untuk mengganti ideologi Pancasila dan UUD 1945 dan mengganti eksistensi NKRI," katanya.

Wiranto menegaskan Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini tidak bermaksud membatasi kebebasan ormas, bukan juga merupakan tindakan kesewenangan pemerintah atau upaya mendiskreditkan ormas Islam. Perppu semata-mata untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa, dan untuk menjaga eksistensi bangsa Indonesia.

"Perppu diarahkan untuk kebaikan. Pemerintah meminta masyarakat tetap tenang, menerima Perppu dengan jernih dan matang," ujarnya. Wiranto menekankan perlunya kewenangan dari lembaga pemberi izin ormas untuk melakukan pencabutan izin manakala ormas tertentu melanggar izin yang telah diberikan.

"Organisasinya yang bertentangan dengan Pancasila mana saja, itu nanti disampaikan oleh lembaga yang mengeluarkan izin, yakni ada di Kemenkumham dan sebagian di Kemendagri," kata Wiranto.

Sementara Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, menyatakan Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang Pembubaran Organisasi Kemasyarakatan yang dikeluarkan pemerintah, tidak ditujukan untuk salah satu ormas seperti Hizbut Tahrir Indonesia.

"Tidak hanya ditujukan untuk satu ormas saja,” katanya di Jakarta, Rabu (12/7). Yasona mengatakan, selama ini UU nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas sangat tidak memungkinkan dilakukannya pembubaran ormas sehingga diperlukan Perppu agar tidak terjadi hal yang tidak baik kedepan.

"Kami dengar pendapat dengan semua pakar,” ujarnya. Pada 8 Mei 2017, pemerintah mengumumkan mendukung pembubaran organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena organisasi berbadan hukum itu dianggap tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian, dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional. Meski Yasona Laoly menyatakan diterbitkannya Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini tidak ditujukan kepada Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), namun guru besar Fisipol UGM, Prof Purwo Santoso, dengan tegas menyebutkan bahwa penerbitan Perppu ini dilatarbelakangi oleh kiprah HTI selama ini, khususnya pada Pilkada Jakarta beberapa waktu lalu.

Purwo Santoso menyatakan, latar belakang dikeluarkannya Perppu 2 tahun 2017 bersumber pada fenomena Pilkada DKI. Artikulasi yang diperlihatkan Ormas pada Pilkada Jakarta, ada mobilisasi sentimen keagamaan luar biasa dahsyat yang membuat ketegangan antar-kelompok dan menjadi sangat vulgar.

Salah satu ormas yang dimaksud Purwo adalah HTI yang dalam telaah akademik dan telaah intelijen telah mengagendakan khilafah yang menafikan Indonesia sebagai negara bangsa.

“Ketika keindonesiaan dianggap tak relevan, yang ada adalah orang Indonesia, bukan negara Indonesia. Keindonesiaan menjadi tidak penting. Yang penting adalah keislamannya. Inilah yang disebut dengan paham radikal,” kata Purwo saat dihubungi Bernas, Rabu (12/7).

Menurut Purwo, HTI adalah partai politik yang tidak ikut berpartai di Indonesia. Karena itu, alasan utama untuk membubarkan HTI karena memang dalam kiprahnya telah menafikan keindonesiaan.

Kiprah HTI dalam konteks Pilkada Jakarta dianggap telah membahayakan karena lebih mengutamakan artikulasi keislaman daripada keindonesiaan. Karena itu, fenomena yang terjadi pada Pilkada Jakarta beberapa waktu lalu akan dapat terulang pada Pilpres dan Pileg 2018 nanti.

Menurut Purwo Santoso, apa yang terjadi pada Pilkada Jakarta beberapa waktu lalu adalah sebuah latihan. Karena dianggap berhasil, maka kemungkinan akan dipraktikkan juga dalam skala nasional pada Pilpres dan Pileg 2018 dan diharapkan berhasil.

“Bahwa ada orang bernama Ahok yang kinerjanya bagus, namun kemudian diputarbalikkan menjadi kinerja itu tidak penting. Yang penting adalah keislamannya. Karena gerakan tersebut dianggap berhasil, maka tidak ada halangan untuk dipraktikkan dalam skala nasional,” ujarnya.

Lalu, apa komentar Hizbut Tahrir Indonesia soal dikeluarkannya Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini? Juru bicara HTI, Ismail Yusanto, menyebut Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini terbit tanpa landasan hukum yang kokoh.

“Yang terjadi saat ini adalah pemerintah kesulitan menghadapi ormas, lalu membuat peraturan sendiri. Ini preseden buruk,” kata Ismail Yusanto saat dihubungi Bernas dari Yogyakarta, Rabu (12/7) petang.

Menurut Ismail Yusanto, terbitnya Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini membawa Indonesia ke era diktator dan otoriter. “Ini ditunjukkan dengan sangat jelas dengan dihilangkannya proses peradilan dalam pembubaran ormas. (Melalui Perppu ini) Pemerintah menjadi satu-satunya pihak yang menuduh sekaligus memberi sanksi tanpa ormas yang bersangkutan bisa membela diri,” katanya kepada Bernas.

Pada Undang-undang Ormas yang lama, lanjut Ismail Yusanto, ada proses pengadilan sehingga tuduhan (bahwa ormas bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945) bisa dijawab dalam proses pengadilan. Kententuan itu dibuat untuk menghindari kesewenangan.

“Hari ini pemerintah menghilangkan pasal itu. Dengan kata lain, pemerintah ingin bertindak sewenang-wenang,” ujarnya. Menjawab tudingan bahwa AD/ART HTI bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, Ismail Yusanto dengan tegas menyatakan bahwa HTI tidak bertentangan dengan Pancasila.

“HTI adalah gerakan dakwah yang berasaskan Islam. Dalam undang-undang disebutkan bahwa ormas harus berasaskan Pancasila atau asal lain yang tidak bertentangan dengan Pancasila. Islam tidak bertentangan dengan Pancasila. Karena itu sungguh aneh jika pemerintah mau membubarkan HTI dengan tuduhan macam-macam,” ujarnya.

Menurut Ismail Yusanto, dengan diterbitkannya Perppu Nomor 2 tahun 2017 ini pemerintah telah menghilangkan satu area yang bisa menguji segala macam tuduhan. Melalui Perppu ini, kata Ismail Yusanto, pemerintah sekaligus bertindak sebagai polisi, jaksa, hakim dan petugas Lapas.

Ismail Yusanto menolak saat diminta menyampaikan imbauan kepada anggota HTI berkait dengan keluarnya Perppu Nomor 2 tahun 2017. “Itu persoalan internal, nggak ada masalah. Saya justru ingin mengingatkan publik bahwa Perppu ini sangat berbahaya, ibarat pisau tajam yang bisa mengiris siapapun,” ujarnya.(*/nil/age)



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Internasional 3 Jam lalu

Penembakan Terjadi di Halaman Istana Presiden Filipina, Satu Orang Tewas

Bernas.id – Sebuah insiden penembakan terjadi dekat kediaman Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pada hari Selasa (26/9) waktu setempat. Demikian disampaikan seorang juru bicara keamanan Istana Malacanang. Menurut keterangan seorang ...

Umum 4 Jam lalu

Rekaman Kamera Tersembunyi Ungkap Perlakuan Kasar Pengasuh terhadap Bayi

Bernas.id – Bagi beberapa rumah tangga, kedua orang tua perlu bekerja untuk kelangsungan hidup dan kemajuan keluarga. Terkadang, pekerjaan sang ayah tidak cukup untuk menopang kebutuhan dan keinginan keluarga yang sedang bertumbuh. De ...

Teknologi 4 Jam lalu

Begini Wujud Jam Canggih 'Anti-Bahaya' yang Dipakai Militer Rusia

Bernas.id – Kemampuan komunikasi antar tentara dan pusat komando kini meningkat tajam berkat adanya jam tangan canggih buatan Rusia. Sebab hal tersebut dapat memungkinkan pihak militer bereaksi lebih cepat dan efisien terhadap bahaya. ...

Umum 4 Jam lalu

Kelompok Neo-Nazi 'Antipodean Resistance' Beraksi di Kampus Australia

Bernas.id – Antipodean Resistance, kelompok supremasi kulit putih Australia telah membuat geger karena memasang stiker di papan nama universitas di Tasmania sebagai kampanye nasional guna menyampaikan pesan fasisme mereka. Poster y ...

Umum 5 Jam lalu

Perkenalkan Frida, Anjing Penyelamat Belasan Nyawa dalam Gempa Meksiko. Ini Videonya

Bernas.id – Meksiko sampai saat ini masih berduka akibat ratusan korban tewas yang akibat gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter. Namun, siapa sangka ada seekor anjing penyelamat Angkatan Laut yang menjadi sumber inspirasi dan kebanggaan ...

Film 6 Jam lalu

Aktris Cantik Ini Dipilih untuk Perankan Pionir Fitness Betty Weider

Bernas.id – Aktris cantik Julianne Hough yang pernah membintangi "Dancing With the Stars"  dan "Grease Live!" telah bergabung dalam sebuah proyek film biopic yang berjudul "Bigger". Laman D ...

Nasional 6 Jam lalu

Kemenkeu: Aturan Biaya Isi Ulang Uang Elektronik Dukung Investasi Perbankan

JAKARTA, Bernas.id – Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan peraturan yang mengatur tentang biaya isi ulang uang elektronik  antarbank dan pihak ketiga sebesar Rp 1.500. Aturan harga isi ulang akan mulai berlaku pada 20 September ...

Nasional 6 Jam lalu

Negara-negara Lain Keluarkan 'Travel Advices' Pasca Gunung Agung Berstatus Awas

BALI, Bernas.id – Gunung Agung di Karangasem, Bali sudah mengeluarkan uap air yang menandakan adanya pergerakan magma ke atas. Bahkan, aktivitas kegempaan vulkanik dangkal dan dalam semakin tinggi. Baca Begini Travel Advice AS ...

Highlight 6 Jam lalu

Segala Upaya Dilakukan Mark Zuckerberg, Tiongkok Tetap Tutup WhatsApp

Bernas.id – Selama ini Mark Zuckerberg terlihat sibuk melakukan pendekatan dengan Pemerintah Tiongkok. Ia terlihat beberapa kali mengunjungi negara Tirai Bambu agar dapat bertemu dengan pemimpin negara tersebut. Tak tanggung-tanggung, ...

Properti 7 Jam lalu

Developer Dapat Dipidanakan, Jika Tak Tepat Waktu Bangun Hunian

JAKARTA, Bernas.id - Pernahkah Anda membaca detail dalam perjanjian jual beli rumah dengan pihak pengembang? Mungkin karena banyak pernyataan dalam klausul tersebut, akhirnya kita mungkin melewati beberapa hal penting dalam perjanjian terse ...

Properti 7 Jam lalu

Menteri PUPR: Blacklist Pengembang Rumah Subsidi yang Nakal

JAKARTA, Bernas.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tak main-main untuk menindak tegas para pengembang nakal untuk rumah subsidi.  Pemerintah akan membentuk tim pengawas yang bertugas mengawas ...

Properti 7 Jam lalu

Tips Mengakali Apartemen Kecil Agar Tampak Luas

JAKARTA, Bernas.id - Mempunyai hunian merupakan impian semua orang. Apartemen merupakan hunian yang saat ini menjadi incaran masyarakat. Terlebih apartemen dengan tipe studio. Kendati ruangan apartemen tersebut kecil, namun saat ini apartem ...

Regional 8 Jam lalu

Temui Pengungsi Gunung Agung, Jokowi Serahkan Bantuan Senilai Rp 7,1 Miliar

BALI, Bernas.id – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Pulau Dewata, Bali pada Selasa (26/9/17). Kunjungan ini terkait beberapa agenda. Pertama, pria yang akrab disapa Jokowi itu m ...

Regional 8 Jam lalu

Ramai OTT Kepala Daerah, Begini Antisipasi Wali Kota Solo

SOLO, Bernas.id –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gencar melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepala daerah. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo pun melarang para tamu membawa tas atau kantong di ruangannya. "Intinya s ...

Nasional 8 Jam lalu

Jokowi Jajal Pakai Uang Elektronik di Gerbang Tol Salatiga, uang elektronik, e tol, kartu tol

SALATIGA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo menjajal langsung jalan tol Semarang-Solo seksi III, yakni ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer, Senin (25/9/17). Seperti pengguna jalan tol pada umumnya, Presiden pun mengikuti atura ...

Umum 8 Jam lalu

Wanita Tergemuk Sedunia Telah Meninggal

Bernas.id – Seorang wanita asal Mesir yang sempat membuat heboh sejagad karena dianggap wanita tergemuk sedunia dilaporkan telah meninggal di Uni Emirat Arab. Wanita bernama Eman Ahmed Abd El Aty sempat menjadi sorotan dokter ...

Umum 9 Jam lalu

Lucu, Tentara Filipina Pakai Cara 'Angry Bird' untuk Lempar Granat ke Maute

Bernas.id – Pendudukan kawasan Marawi di Filipina oleh gerilyawan Maute telah membuat negara ini berantakan. Orang kehilangan rumah mereka-dan bahkan kehidupan mereka. Presiden Filipina Rodrigo Duterte sampai mengumumkan situasi da ...

Properti 9 Jam lalu

5 Trik Jitu Pasangan Muda Kumpulkan DP Rumah Idaman

JAKARTA, Bernas.id - Setiap orang baik pribadi atau yang sudah berpasangan, pasti mendambakan sebuah hunian kelak. Terlebih bagi pasangan muda yang ingin menikah. Pasti angan-angan untuk segera mempunyai rumah sangat diharapakan, terutama b ...

Nasional 9 Jam lalu

Sekjen Demokrat: Tak Ada Jalan Lain Presiden Harus Turun Tangan

JAKARTA, Bernas. id – Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin berpendapat bahwa partai pendukung pemerintah bisa menghentikan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK di DPR RI. Pihaknya menyesalkan si ...

Nasional 9 Jam lalu

Ratusan Anggota DPR Absen, Ketua Pansus Angket Laporkan Penyadapan KPK

JAKARTA, Bernas.id – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar rapat paripurna dengan salah satu agenda mendengar laporan Pansus Hak Angket KPK, di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selasa (26/9/17). Berdasarkan daftar hadir anggota DP ...

Properti 10 Jam lalu

Ini Fasilitas Mushola Bagi Pengguna Kereta Jarak Jauh

JAKARTA, Bernas.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meminta saran kepada kyai saat berkunjung ke Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah, Tegal, Jawa Tengah, terkait pembenahan transportasi umum. Saat ini, menteri perhubungan ters ...

Umum 11 Jam lalu

Patung Raksasa Gundam Unicorn Selesai Dibangun, Bisa Berubah Bentuk! Ini Videonya

Bernas.id – Awal tahun ini, patung raksasa Gundam RX-78-2 yang berada di Zepp DiverCity Tokyo telah dibongkar dan digantikan dengan patung Gundam Unicorn.Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya patung raksasa berukuran 1:1 dengan uk ...

Nasional 11 Jam lalu

Temui Petani di Salatiga, Jokowi: Untung 'Gede' itu Pasca Panennya

SALATIGA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo mengingatkan para petani agar tak berkutat pada proses penanaman melainkan pada proses bisnisnya. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Serikat Paguyuban Petani Qaryah Tha ...

Tokoh 11 Jam lalu

Wanita ‘Human Computer’ Ahli Matematika Dijadikan Nama Gedung di NASA

Bernas.id – NASA membuka sebuah gedung pusat penelitian terbaru. Nama gedungnya diambil dari nama seorang perempuan kulit hitam pertama yang membantu proyek perdana angkasa luar Amerika Serikat mengorbit Bumi. Bentuk penghargaan it ...

Internasional 11 Jam lalu

Letnan Jendral Rusia Tewas Dimortir ISIS

Bernas.id – Seorang letnan jenderal Rusia tewas terbunuh oleh serangan mortir ISIS di Suriah. Ini terjadi ketika dirinya tengah membantu militer negara pimpinan Bashar al-Assad itu. "Letnan Jenderal Valery Asapov berada di Tim ...

Nasional 13 Jam lalu

Sayangnya, Jokowi Tak Bisa Nikmati Keindahan Tol Berlatar Gunung Merbabu

SALATIGA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo telah meresmikan langsung tol Semarang-Solo seksi III atau ruas Bawen-Salatiga, Jawa Tengah pada Senin (25/9/17). Ruas tol sepanjang 17,6 kilometer ini sudah resmi dibuka untuk umum dan berta ...

Nasional 13 Jam lalu

Kasus E-KTP, KPK Bawa 200 Bukti Dalam Kardus di Sidang Praperadilan

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa belasan kardus berisi bukti-bukti terkait penetapan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP. Ada sekitar 200 bukti penetapan dan dugaan keterlibatan ...

Regional 13 Jam lalu

Hari Ini Kawasan Malioboro Sepi Pedagang Hingga Tukang Becak, Ada Apa?

YOGYAKARTA, Bernas.id – Malioboro selalu ramai dengan pejalan kaki, pedagang kaki lima, dan kendaraan yang lalu lalang hari ini, Selasa (26/9/17) berbeda dari biasanya. Sepi, itulah yang menggambarkan suasana pagi ini di kawasan Malio ...

Nasional 13 Jam lalu

H-2 Masa Kerja Berakhir, Rekomendasi Pansus Angket KPK Belum Rampung

JAKARTA, Bernas.id – Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di DPR belum bisa membuat kesimpulan maupun rekomendasi terkait tugas dan kewenangan KPK meski masa kerjanya akan segera berakhir. Alasannya, K ...

Nasional 13 Jam lalu

Situs Nikah Siri Beri Fasilitas Ini, Polisi Tunggu Laporan Aliran Keuangan

JAKARTA, Bernas.id – Polisi akan meminta bantuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri rekening pemilik situs nikah siri, yakni Aris Wahyudi. "Penyidik dalam pemeriksaan ke depan akan mencoba ...

Umum 14 Jam lalu

Parah! Belanja di Luar Negeri, WNI Tak Malu Hindari Lapor Bea dan Cukai di Bandara

JAKARTA, Bernas.id – Kepala Bea dan Cukai Bandara Seokarno-Hatta, Erwin Situmorang membeberkan bahwa hampir semua warga negara Indonesia (WNI) yang bepergian dari luar negeri memilih jalur hijau. Artinya, tidak ada barang bawaan yang ...

Nasional 14 Jam lalu

Ini 3 Pertimbangan dan Catatan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

JAKARTA, Bernas.id – Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan dimulai tahun depan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan awal 2018 pemerintah akan melakukan pembebasan jalur-jalur kereta dari perlintasan sebidang. Pasalnya ...

Properti 14 Jam lalu

Jokowi Resmikan Tol Bawen-Salatiga

JAKARTA, Bernas.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Tol Bawen-Salatiga Senin (25/7/2017) yang ditandai dengan penekanan tombol sirine. Ruas Tol Bawen-Salatiga yang disebut memiliki panorama terindah se-Indonesia dengan lat ...

Nasional 15 Jam lalu

10 Tahun Mengabdi, PTT Satpol PP Belum Diangkat Jadi PNS

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Hidayatullah menyampaikan ada 1.000 pegawai tidak tetap (PTT) dari 5.000 anggota Satpol PP yang belum diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). ...

Kecantikan 17 Jam lalu

Cantik Tak Cuma Wajah,Tapi Juga yang Satu Ini...

Bernas.id - Biasanya orang akan lebih memperhatikan wajah dibandingkan tubuh, sebab wajah dapat dikatakan sebuah etalase tubuh. Wajah cantik merona dan segar pasti akan menarik perhatian walaupun tubuh tak proporsional. Hal ini juga terjadi ...

Kecantikan 18 Jam lalu

5 Langkah Mudah Perawatan Wajah di Pagi Hari

Bernas.id - Perawatan wajah rutin secara harian memang sangat penting untuk dilakukan terlebih di pagi dan malam hari.Untuk perawatan kulit wajah pagi hari dapat dilakukan beberapa langkah sebagai berikut: Gunakan Susu Pembersih Susu ...

Nasional 1 Hari lalu

Cara Kemenhub Kumpulkan Investasi Asing

JAKARTA, Bernas.id – Pemerintah terus menggenjot infrastruktur transportasi di berbagai daerah. Salah satu yang dimanfaatkan pemerintah untuk mencari dana adalah menawarkan investasi di Indonesia. Pertemuan Menteri Transportasi Asi ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Waspada 6 Makanan Ini Jadi Berbahaya Jika Dipanaskan

Bernas.id - Biasanya, ketika memasak terlalu banyak di pagi hari dan tidak bisa langsung menghabiskannya, orang Indonesia memiliki kebiasaan tersendiri untuk memanaskan makanan di sore harinya. Alhasil, masakan di pagi hari bisa dijadikan m ...

Internasional 1 Hari lalu

Tangkal Radikalisme, Pakistan Akan Pantau Khotbah Jumat

Bernas.id –  Pakistan berencana mengatur khotbah Jumat di berbagai masjid di negara tersebut. Tujuannya supaya para ulama dapat menyampaikan topik keagamaan yang sebelumnya sudah disetujui oleh pemerintah. Prakarsa itu dicanan ...

Wisata 1 Hari lalu

5 Makanan Ini Dibawa Orang Indonesia Ketika Pelesir ke Luar Negeri

Bernas.id - Sekarang ini tidak sedikit orang Indonesia yang mampu melakukan travelling ke berbagai negara yang memiliki empat musim seperti di Belanda, Inggris, Jerman, Jepang, dan berbagai negara empat musim lainnya. Walaupun memiliki hobi ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Tak Banyak Dipahami, Ini 4 Fakta Dibalik Tanggal Kadaluwarsa Makanan

Bernas.id – Sebagai konsumen, tentu wajib selalu waspada dengan memeriksa tanggal kadaluarsa dari makanan atau minuman kemasan yang akan dibeli. Misalnya saja, ketika akan membeli keripik kemasan, cek dulu tanggal kadaluwarsanya. Bias ...

Umum 1 Hari lalu

Begini Travel Advice AS Terkait Potensi Erupsi Gunung Agung

Bernas.id –  Gunung Agung di Bali kini memiliki Level IV atau Awas. Ini adalah tingkatan paling tinggi dan dipastikan gunung itu akan erupsi. Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak bisa memastikan ...

Nasional 1 Hari lalu

Kata Mendagri Soal Maraknya OTT Kepala Daerah oleh KPK

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku prihatin dengan rentetan kepala daerah yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT). Terbaru, KPK menangkap Wali Ko ...

Nasional 1 Hari lalu

PT Pindad: Ada Kontrak Pembelian Senjata dengan BIN dan Polri

JAKARTA, Bernas.id – PT Pindad pun angkat bicara terkait pemesanan senjata oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut Sekretaris Perusahaan PT Pindad Bayu A. Fiantori, BIN telah memesan 517 pucuk senjata. "Benar, ada kontrak d ...

Nasional 1 Hari lalu

Korban Kecelakaan Usia Muda, Menhub Ingatkan Peduli Keselamatan Berkendara

MEDAN, Bernas.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Hal ini mengingat jumlah korban kecelakaan lalu lintas adalah masyarakat yang masih berusia muda. Pernyataan ini disampa ...

Kecantikan 1 Hari lalu

Tak Cuma Enak, 3 Bahan Alami Ini Percantik Kulit Wajah Kamu

Bernas.id - Biasanya, pemakaian masker wajah dilakukan setelah melakukan proses peeling. Memang antara peeling dan masker selalu berkaitan. Dua aktivitas ini merupakan satu rangkaian dan umumnya menjadi satu paket ketika berada di salon mau ...

Regional 1 Hari lalu

Kepala PVMBG: Tanda-Tanda Gunung Agung akan Meletus

BALI, Bernas.id - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menyampaikan tanda-tanda terjadinya letusan Gunung Agung di Karangasem, Bali. Ia menyebutkan sudah terjadi gempa yang dirasakan sampai ke pos pantau. ...

Teknologi 1 Hari lalu

Makin Diminati Pasar, Ini Keunggulan Furukawa Battery yang Tak Dimiliki Aki Lain

Bernas.id - Penjualan aki motor dan mobil milik Furukawa Battery tumbuh secara drastis. Bahkan, pada semester I/Tahun 2017 lalu, DIY-Jateng  mencatat penjualan sebesar 5 ribu unit bulannya. Menurut Assistance Departement Head P ...

UMKM 1 Hari lalu

Capai Kemenangan Persaingan, Pebisnis Wajib Perhatikan 5 Tips Ini

Bernas.id - Semua pebisnis tentunya ingin agar bisnis yang dimilikinya mampu berkompetisi dan tetap eksis dalam jangka waktu yang panjang. Tapi kenyataannya tidak semua pebisnis mampu untuk mempertahankan bisnisnya karena salah mengelola da ...

Nasional 1 Hari lalu

Tarif Isi Ulang Antarbank Bisa Beratkan Masyarakat, Ini Usulan DPR

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bidang ekonomi dan keuangan, Taufik Kurniawan mengingatkan agar pemerintah memerhatikan kebijakan tambahan biaya saat isi ulang atau top up uang elektronik sebesar Rp 1 ...