Berita Nasional Terpercaya

Mudah Investasi Emas Batangan Bagi Pemula

0

HarianBernas.com – Apa kabar para pembaca Bernas, senang sekali bisa menulis lagi pada kesempatan kali ini. Baiklah langsung saja, kesempatan kali ini saya akan bagikan pengalaman saya dalam mencoba berinvestasi di emas seperti saya tulis juga di blog saya www.indonesiakuhebat.com.

Kali ini, saya akan bagikan pemikiran saya tentang cara hidup ideal dalam investasi emas. Seperti yang sudah saya tulis dalam latar belakang blog ini bahwa tidak ada hidup yang ideal, tapi kita bisa berusaha untuk mendekati ideal.

Banyak sekali beredar tulisan-tulisan tentang cara berinvestasi emas, beternak emas, ataupun berkebun emas. Dalam tulisan itu dijelaskan cara-cara berinvestasi emas dengan cara yang kelihatan mudah dan hasil yang menggiurkan, tapi ingatlah dalam setiap tulisan atau teori pasti ada asumsi yang digunakan dan pada kenyataanya hidup ini sangat dinamis, banyak bisa berubah dan banyak hal bisa terjadi.

Nah, dari pemahaman itulah dan dari pengalaman investasi emas, saya akan bagikan apa yang sudah pernah saya lakukan. Investasi di emas ini termasuk bagus karena sudah terbukti emas tidak terpengaruh inflasi. Artinya, bila saat ini Anda membeli emas 5 gram seharga 100 ribu di mana 100 ribu saat ini bisa membeli semangkok bakso maka 5 tahun kemudian bila Anda menjual emas yang 5 gram tadi maka Anda akan mampu setidaknya membeli semangkok baso walaupun harga bakso 5 tahun, kemudian misalnya 200rb.

Itulah untungnya investasi emas, uang Anda akan terlindungi dari inflasi. Nah, itu enaknya investasi emas, lalu apa tidak enaknya? Seperti yang kita tahu, dualitas selalu ada di kehidupan ini seperti ada siang ada malam, ada sedih ada senang, begitu juga dengan investasi emas. Dari yang pernah saya lakukan, kesulitan dari investasi emas ini adalah merealisasikan keuntungan seperti yang kita harapkan karena asumsi dari investasi emas itu adalah saat kita mau merealisasikan keuntungan, emas yang kita investasikan kita jual ke pasar (pembeli langsung), tapi pada kenyataanya sangatlah susah atau bisa dibilang perlu effort lebih untuk menjual emas secara langsung ke pembeli karena kita bukan toko emas.

Orang ragu, apakah emas kita asli atau palsu, beda bila yang menjual adalah toko emas. Saat kesulitan menjual emas ke pembeli langsung itu, kita pasti tergoda untuk menjual emas ke toko emas agar cepat dapat uang tunai walaupun dengan konsekuensi potongan 3-10 persen dari harga pasar. Itu yang terjadi pada saya. Namun, bila kita menyimpan emas lebih dari lima tahun, investasi emas akan tetap lebih menguntungkan dibanding deposito bank.

Saya sarankan juga sebelum memutuskan untuk berinvestasi di instrument yang satu ini, kita harus menambah pengetahuan kita terlebih dahulu dengan membaca sebanyak mungkin literasi dan bertanya ke sebanyak mungkin pakar investasi yang sudah terbukti hidupnya sejahtera (bukan bertanya ke orang yang hidupnya belum sejahtera walaupun pekerjaannya adalah perencana keuangan atau penjual produk investasi apalagi bertanya ke orang yang menjual produk investasi emas karena sangat terkait dengan target perjualannya).

Berdasarkan pengalaman, saya kesulitan dalam investasi emas agar keuntungan maksimal saat menjual kembali emas itu ke pembeli langsung. Namun, selebihnya sangatlah bagus bila kita mulai berinvestasi, selamat mencoba! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.