Berita Nasional Terpercaya

Jawab Tantangan Ketergantungan AC dengan Arsitektur Bioklimatik

0

HarianBernas.com – Pendingin ruangan tentu menjadi jawaban untuk negara-negara tropis dan beberapa subtropis berkembang yang ada di Asia seperti halnya Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Namun, salah satu firma arsitektur justru menganjurkan cara yang berbeda dengan yang lainnya untuk dapat membuat ruangan tetap terasa sejuk.

T3 Architecture Asia menjadi firma yang menyarankan cara yang berbeda untuk mendinginkan ruangan. Firma yang berkantor di Prancis dan Vietnam ini memang memfokuskan dirinya dengan latar belakang arsitektur bioklimatik. Arsitektur yang satu ini memang diklaim bisa membuat unit pendingin atau AC mempunyai energi yang lebih.

Dengan menggunakan topografi, vegetasi, lokal iklim, dan memanipulasi orientasi bangunan, perusahaan secara alami bisa membuat iklim di dalam ruangan terasa lebih nyaman. Dengan semakin berkembangnya waktu, arsitektur bioklimatik semakin disukai banyak kota di Asia.

Mencoba untuk Berpikir dengan Cara yang Tidak Sama

Charles Gallavardin, Direktur T3 Architecture Asia mengatakan jika pertama kali mencoba arsitektur bioklimatik ini di tahun 2005. Kala itu, ia bekerja sama dengan bank dunia untuk membuat sebuah gedung apartemen di Ho Chi Minh City.

Gedung tersebut mampu menampung 350 keluarga dan letaknya di sebuah lingkungan miskin sehingga tagihan AC menjadi hal yang harus dijauhi. Charles pun mengatakan, “Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membuat pendingin ruangan, bahkan untuk iklim yang panas layaknya Ho Chi Minh City. Dengan catatan, bangunan Anda dapat dibuat dengan baik.”

Dengan menutup koridor yang terbuka, atap yang mempunyai ventilasi, semacam isolasi yang kaya serat serta penggunaan bahan alami, tentu menjadikan gedung memiliki cahaya alami dan ventilasi yang cukup. Alhasil, bangunan tersebut tidak membutuhkan pendingin walaupun berada di negeri yang cukup panas layaknya Vietnam. Bangunan T3 bioklimatik bisa membuat suhu dapat lebih dingin dibandingkan suhu luar sekitar 5 derajat celcius dengan cara yang alami. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.