Berita Nasional Terpercaya

Wow, Ada 4 Tipe Pemakai Facebook, Kamu Termasuk yang Mana?

0

HarianBernas.com – Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tidak pernah absen untuk membuka Facebook? Jika iya, berarti Anda termasuk salah satu dari 2 milyar orang yang mengunjungi media sosial buatan Mark Zuckerberg itu.

Terdapat berbagai alasan mengapa Facebook sangat sulit untuk ditolak. Bukan cuma untuk memamerkan foto ataupun berbagai status hati, kita ternyata dapat lebih mengerti dengan berbagai berita terkini lewat tautan yang dikirim oleh teman yang ada di lini masa.

Sekelompok profesor yang berasal dari Universitas Princetown telah mengungkapkan motivasi dari pemakai Facebook sehingga platform media sosial itu menjadi sangat besar. Dikutip dari Reader Digest, Tom Robinson selaku penulis utama mengatakan, mengapa media sosial dapat mengambil alih dunia dan mengapa saat ini orang lebih suka untuk memamerkan kehidupannya serta mengapa mereka suka melakukannya di Facebook.

Untuk bisa menjawab hal itu, Robinson beserta timnya kemudian menganalisa daftar 48 pertanyaan yang menggambarkan alasan mengapa orang menyukai Facebook. Setelah itu, setiap responden akan diwawancarai secara langsung sehingga para peneliti dapat memahami mereka lebih dalam.

Hasil penelitian tersebut, ungkap 4 tipe penggemar Facebook, yaitu:

Orang yang Gemar Menjalin Hubungan

Pemakai Facebook dengan tipe ini biasanya mengunggah serta merespon postingan orang lain supaya dapat meningkatkan hubungan pertemanan di dunia maya. Berbagai orang yang masuk di dalam kelompok ini sangat berkaitan dengan pernyataan jika Facebook dapat membantu untuk mengutarakan cinta serta perhatian kepada keluarga dan teman, begitu juga sebaliknya.

Orang yang Cuek

Terdapat jurang yang sangat besar antara kehidupan yang ada di dunia nyata dan maya. Biasanya, orang di dalam tipe ini tidak menganggap status, berbagi foto dan berbagai hal lainnya di wall. Tujuan dari tipe ini menggunakan Facebook adalah sebagai sarana untuk dapat memberitahu orang lain tentang apa yang terjadi di kehidupan mereka sehari-hari ataupun berita yang hangat dibicarakan.

Orang yang Gemar Mencari Perhatian

Mempromosikan diri merupakan prioritas utama dari pemakai Facebook dengan tipe yang satu ini. Mereka akan mengunggah video, foto dan teks supaya dapat mencari perhatian teman mereka. Responden dalam penelitian yang termasuk dalam tipe ini sangat memercayai jika semakin banyak ?like? yang diterima maka rekan-rekan yang dimilikinya telah menyetujui apa yang dilakukannya.

Orang yang Perhatian

Setipe dengan orang yang cuek, orang dengan tipe perhatian juga mempunyai alasan mengapa ia suka untuk membuka laman Facebook walaupun tidak pernah mengisi lini masa dengan berbagai unggahan.

Orang yang satu ini gemar untuk melihat-lihat serta mengikuti berbagai aktivitas orang lain. Hal itu tentu mirip dengan pengamat gaya yang ada di kehidupan nyata. Walaupun terkesan tidak aktif, dia ternyata mengetahui apa yang dilakukan oleh teman-temannya di lini masa.

Itulah 4 tipe dari pemakai Facebook menurut penelitian dari Tom Robinson beserta anggota tim lainnya. Setelah membaca berbagai tipe itu, tipe manakah yang termasuk dalam kepribadian Anda ketika memakai Facebook?

Para Peneliti mencatat bahwa kita dapat melakukan identifikasi tentang kepribadian di dalam Facebook, termasuk di lebih dari satu kategori. Sebagai contohnya, mereka yang masuk di dalam kategori pencari perhatian, tetapi pada tahap tertentu saja. Secara umum, kita nantinya hanya akan condong di satu kategori saja. Lalu, manakah yang sesuai dengan kepribadian Anda di Facebook?

Leave A Reply

Your email address will not be published.