Berita Nasional Terpercaya

Bukan Jamannya, ?Sentimental Moods Berani Rilis Album ?Semburat? Dalam Bentuk Kaset

0

HarianBernas.com ? Unit Ska Instrumental asal Jakarta Sentimental Moods baru saja selesai mem memproduksi album kedua mereka yang berjudul ?Semburat?. Yang unik, album yang digarap DoggyHouse Records ini selain sudah dirilis dalam format digital, juga bakal dirilis dalam dalam format CD dan kaset pita.

Martinus Indra Hermawan selaku General Manager DoggyHouse Records menyampaikan, lewat album bertajuk ini, Sentimental Moods (SM) menghadirkan beberapa lagu yang mempunyai nyawa (soul) dan kekhasannya sendiri. Dalam menerjemahkan nyawa setiap lagu itu, band berpersonel delapan orang ini menggunakan gaya serta aksen beragam, namun semua berbasis ritmis ska.

?Kadang SM bergaya tradisional lengkap dengan teknik-teknik serta progresi yang khas. Tapi di lagu lainnya, SM begitu liar dengan birama-birama yang jarang ditemui dalam ska. Pun bisa geram, marah, dan rada sarkastis lewat nada-nada cepat dan minor,? ungkap Martinus lewat rilis beritanya yang dikirm ke HarianBernas.com, Selasa 18 Juli 2017.

?Pokoknya disesuaikan dengan kebutuhan lagu yang mereka bawakan. Maklum, secara SM tak memiliki vokalis, sehingga aransemen serta pemilihan aksen menjadi begitu penting untuk menggambarkan emosi serta pesan tiap lagu. Kecuali tentu beberapa lagu yang memang sengaja dibuatkan lirik sebagai sebuah storytelling.?

Ia meneruskan Lhaiki, salah satu judul lagu berlirik dalam album tersebut mengisahkan seorang anak muda urban di Jakarta, yang kangen dengan kampungnya dan terus berusaha beradaptasi dengan kesibukan di Ibukota (diwakili dengan ?…memainkan musik ska dalam bahasa Jowo…?). Dibalut dengan warna etnik Jawa Timuran yang dinamis serta ber-beat ska, cerita anak muda urban ini begitu mengalir.

?Pilihan kata-kata apa adanya dengan bahasa jawa anak muda,? sambung Martinus.

Nuansa etnik memang sangat kental di album ini. Kehadiran instrumen-instrumen perkusi khas Indonesia seperti kendang, calung, hingga sitar Bali yang begitu mistis bisa dinikmati di album ini. SM sendiri memang dibantu Sabar Dagelong, seorang musisi yang memang memperdalam perkusi etnik selain sebagai vokalis juga gitaris sebuah band rock.

Setelah dirilis dalam bentuk digital di layanan-layanan streaming macam Spotify, iTunes, Joox, dan lainnya di April 2017 lalu, kini album Semburat juga dirilis dalam format fisik, dalam format fisik CD dan kaset yang didistribusikan ke hampir seluruh kota di Indonesia. Format yang beraneka ragam itu sengaja dipilih untuk mencerminkan keberagaman, seperti makna kata ?Semburat? yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki definisi ?percikan aneka warna dalam sebuah bidang…?.

?Jadi kini kini kita bisa menyimak 12 lagu plus 1 bonus track ungkapan personal tiap personel SM tersebut dalam banyak format,? imbuh Martinus.

Album CD dan kaset ?Semburat?  bisa dipesan secara online mulai tanggal 31 Juli 2017 melalui laman albumputranusantara atau lewat Doggy Shop.

Leave A Reply

Your email address will not be published.