Berita Nasional Terpercaya

Diluncurkan BOB, Candi Borobudur dan Destinasi Wisata Sekitar Makin Tergarap

0

HarianBernas.com  ? Destinasi wisata Candi Borobudur yang sudah mendunia ini akan semakin terawat dan dikelola oleh manajemen baru. Pasalnya, potensi daerah menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Untuk potensi pariwisata di Jawa Tengah, Pemerintah meresmikan Badan Otorita Borobudur.

“Namanya BOB (Badan Otorita Borobudur). Dulu single destination, multi management. Sekarang single destination, single management,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (20/7/17).

BOB baru saja diresmikan oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Trimurti, Kompleks Candi Prambanan. Diungkapkan Menpar Arief Yahya, pembentukan BOB akan memudahkan pengembangan Candi Borobudur dan destinasi di sekitarnya.

Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 46 Tahun 2017 tentang pembentukan Badan Otorita Pengembangan Pariwisata Borobudur atau Badan Otorita Borobudur (BOB). Menurut Menpar ada dua tugas utama BOB.

“Tugasnya ada 2, Fungsi otoritatif di zona otorita seluas 300 hektar yang akan dibangun tourism resort dan fungsi koordinatif dalam pengembangan infrastruktur dan utilitas dasar di 4 KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) yaitu KSPN Borobudur-Yogya, KSPN Solo-Sangiran, KSPN Semarang-Karimunjawa dan KSPN Dieng,” terang Arief Yahya.

Harapannya BOB bisa mengelola potensi wisata, mengkoordinasikan pengelolaan pariwisata dengan lembaga-lembaga pengelola yang sudah ada sebelumnya termasuk melibatkan masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.