Berita Nasional Terpercaya

Selamat Tinggal Flash! Adobe Sudah Tentukan Tahun Kematiannya

0

HarianBernas.com ? Setelah dua puluh tahun menampilkan berbagai konten multimedia ke pemakai internet, Adobe Flash akan dimatikan pada tahun 2020 yang akan datang. Rencana itu langsung disampaikan oleh Adobe selaku pembuatnya.

Adobe memang akan memberhentikan update Flash, sedangkan dukungan terhadap platform multimedia ini juga tidak akan dilanjutkan oleh berbagai perambaan web.

Karena itulah, Adobe, Microsoft, Apple, Google dan Mozilla menyebutkan akan menurunkan dukungan terhadap Flash secara bertahap dalam waktu 3 tahun yang akan datang. Beberapa perusahaan yang masih memakai Flash juga diimbau untuk mau berganti ke alternatif yang lebih modern layaknya HTML5.

Dibuat lebih dari 20 tahun yang lalu, Flash sempat menjadi pilihan utama untuk para developer web dalam membuat berbagai konten multimedia, dimulai dari video player, game sampai aplikasi yang dapat berjalan di banyak browser.

Pada saat Adobe melakukan akuisisi Flash yang dahulu dimiliki Macromedia di tahun 2005, Flash sendiri sudah dipasang pada 98 persen PC yang berhubungan dengan internet. Dikutip dari reuters, popularitas Flash kemudian menurun setelah Apple memilih untuk tak mendukung platform itu pada iPhone. Hal itu dilakukan karena Flash menghabiskan daya baterai.

Kelemahan lainnya yang dimiliki oleh Flash adalah ?pintu? ajaib bagi para hacker untuk menyerang komputer sehingga dianggap platform yang tak aman. Karena itulah pemakai Flash pun menurun, padahal di tahun 2014, 80 persen masih memakai Flash. Angka itu terus menurun hingga saat ini hanya ada 17 persen saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.